10+ Cara Mengatasi Malware Paling Ampuh

10+ Cara Mengatasi Malware Paling Ampuh

Ada banyak cara mengatasi malware yang perlu diketahui agar perangkat, seperti komputer hingga laptop mendapatkan serangan malware. Sebagai informasi, malware adalah sebuah perangkat lunak atau program yang dirancang untuk memasuki sebuah sistem, jaringan, atau perangkat elektronik.

Melihat dari pengertian di atas, dapat diketahui bahwa malware juga berpotensi menyerang suatu sistem, seperti website, hosting, hingga domain. Meskipun berbagai layanan hosting Indonesia saat ini telah dilengkapi dengan stkamur keamanan yang tinggi. Namun, tetap saja serangan Malware berpotensi masuk ke dalam website kamu, membuat ruang.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi malware agar website, hosting, hingga domain yang dimiliki tetap aman dari jenis kejahatan siber. Ingin tahu informasi lebih lengkapnya? Berikut Dewaweb sudah merangkum penjelasannya hanya untuk kamu.

Baca juga: 10 Antivirus Terbaik Ampuh Atasi Malware di Laptop Windows & MacOS

1. Scanning Virus

Cara mengatasi malware pertama yang dapat dilakukan adalah mendaftarkan website melalui Google Webmasters. Webmasters memiliki berbagai fitur mumpuni, seperti adanya kemampuan untuk mengecek keamanan situs secara menyeluruh.

Selain itu, Webmasters juga mempunyai fitur Malware Diagnostic yang dapat kamu pakai ketika website kamu diblokir oleh Google. Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah scanning Malware dengan menggunakan fitur antivirus bawaan cloud hosting murah dan memasang program antivirus ke dalam perangkat yang sering kamu gunakan untuk berinteraksi dengan VPS server.

2. Update Komponen

Secara berkala, lakukanlah pengecekan untuk melihat pemberitahuan update komponen versi terbaru untuk diterapkan ke dalam server. Dengan melakukan update komponen secara rutin, kamu dapat menghindari serangan Malware, dimana virus ini biasanya masuk ke dalam website dengan memanfaatkan komponen yang belum mendapatkan pembaruan.

3. Back up Data

Selalu ingatkan diri kamu untuk membackup semua data dalam perangkat. Kamu dapat menggunakan media penyimpanan tambahan atau memanfaatkan fitur backup data online pada layanan hosting cepat Indonesia. Dengan melakukan back up, semua data kamu dapat terselamatkan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Bagaimana Website Dapat Diserang Malware?

4. Bijak Menggunakan WiFi

Cara mengatasi malware lainnya yang dapat dilakukan dalam mencegah Malware adalah saat mengakses server melalui jaringan WiFi publik. Sebaiknya, kamu hanya login dalam jaringan WiFi privat saja karena WiFi publik cenderung lebih mudah diserang Malware. Selain itu, selalu amankan juga password kamu dengan menggunakan berbagai program penyimpanan password.

5. Gunakan Firewall

Keberadaan Firewall di antara perangkat komputer dan jaringan juga dapat kamu manfaatkan. Sekalipun kamu sering merasa tidak nyaman menyalakan Firewall karena membatasi aktivitas surfing, namun Firewall cukup efektif menghindari serangan malware. Nah, tidak ada salahnya bila kamu sekarang mengaktifkan fitur yang satu ini.

6. Hapus program yang tidak dikenali

Meskipun sudah melakukan proses scanning, kamu bisa mengatasi malware dengan cara menghapus program yang tidak dikenali. Terkadang tanpa disadari, ketika kamu mengunduh file dari internet, ada beberapa program yang langsung terunduh dan terpasang secara otomatis di perangkat kamu. Oleh karena itu, kamu bisa membuka program dan software melalui perangkat. Kemudian, bukan menu Settings > Apps dan langsung uninstall program yang tidak kamu kenali. Menghapus program ini bisa menjadi langkah tepat untuk mengatasi malware.

7. Matikan koneksi internet

Ketika malware menyerang perangkat atau website, pastikan untuk segera mematikan koneksi internet yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar terhindar dari transmisi dan pencurian data melalui koneksi tersebut. Seperti yang sudah disebutkan pada poin ke-4, tidak jarang hacker memanfaatkan koneksi wifi umum untuk menyebarkan malware dan mencuri data dari perangkat yang terhubung. Itu sebabnya, sangat penting untuk berhati-hati ketika menggunakan koneksi wifi umum dan matikan koneksi tersebut apabila terindikasi keanehan pada perangkat tersebut.

Baca juga: Jenis dan Penyebab Malware Pada Website

8. Aktifkan safe mode

Safe mode adalah fitur yang digunakan oleh suatu perangkat untuk memperbaiki kerusakan atau ancaman. Dengan mengaktifkan safe mode, kamu bisa mengatasi perangkat supaya terhindari dari malware. Ketika menggunakan safe mode, perangkat akan memuat program dan layanan yang diperlukan untuk mengatasi kerusakan yang ada. Selain mengatasi malware, perangkat juga bisa beroperasi lebih cepat. Berikut cara untuk masuk ke dalam safe mode.

  1. Reset komputer atau laptop
  2. Tekan ‘F8’ di keyboard
  3. Pilih preferensi safe mode yang diinginkan

9. Reset browser

Cara mengatasi malware yang lainnya, yakni dengan mereset browser. Sebetulnya, reset browser adalah kegiatan yang perlu untuk dilakukan secara rutin untuk mengatasi dan menghilangkan malware dari browser. Langkah-langkah yang perlu dilakukan pun cukup mudah, terlebih jika kamu pengguna Google Chrome, yakni:

  1. Buka halaman ‘Settings’
  2. Temukan pilihan ‘Advanced’
  3. Kemudian, pilih ‘Reset dan Clean Up’

Apabila kamu menggunakan Mozilla Firefox, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka menu ‘Help’
  2. Tekan tombol ‘Troubleshooting Information’
  3. Pilih ‘Refresh Firefox’
  4. Browser berhasil di reset

10. Reset system restore

Tidak hanya browser saja yang perlu di reset, system restore juga perlu di reset. Sebab, system restore dapat mengembalikan sistem dari perangkat kamu ke konfigurasi titik poin terakhir restore disimpan. Ketika sudah melakukan reset, jangan lupa untuk mengaktifkan kembali system restore untuk menghidupkan perangkat kamu dan file yang ada pada sistem akan tergantikan dengan konfigurasi baru.

11. Gunakan Windows Defender

Windows Defender adalah aplikasi keamanan gratis dari Microsoft yang berfungsi untuk menahan dan mendeteksi virus. Fitur ini beroperasi hanya pada sistem operasi komputer Windows saja. Dengan menggunakan Windows Defender, kamu bisa mengatasi malware yang akan masuk ke dalam perangkat. Berikut langkah-langkah menggunakan Windows Defender.

  1. Buka menu ‘Settings’ pada komputer
  2. Kemudian, tekan ‘Update & Security’
  3. Lalu, pilih ‘Windows Security’
  4. Untuk melakukan scanning, kamu bisa memilih ‘Virus & Threat Protection’

Baca juga: 12 Jenis Virus Komputer Berbahaya dan Cara Mengatasinya

Sudah Paham Bagaimana Cara Mengatasi Malware?

Malware yang hinggap di suatu perangkat atau sistem jaringan komputer tidak bisa ditebak begitu saja. Maka itu, sekalipun layanan web hosting terbaik sudah semakin canggih dalam menghindari serangan Malware, sebaiknya kamu tetap waspada dengan melakukan beberapa langkah menghindari dan membersihkan website dari malware di atas. Maka, kinerja website kamu akan tetap lancar untuk diakses oleh semua orang, dan data kamu pun akan tersimpan aman di dalamnya. Selamat mencoba!