10 Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di Perangkat Kamu

10 Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di Perangkat Kamu

Pernahkah kamu menemui kendala akses WiFi ditolak sehingga tidak dapat terhubung ke internet? Tentu sangat mengganggu, bukan? Apalagi jika berhubungan dengan kebutuhan pekerjaan yang mengharuskan kamu terhubung ke jaringan WiFi. Jangan khawatir, ada banyak cara mengatasi WiFi menolak akses yang bisa kamu lakukan.

Kebanyakan orang menggunakan paket data atau WiFi untuk mengakses internet. Namun, secara garis besar penggunaan WiFi dinilai jauh lebih hemat daripada membeli paket data bulanan. Stabilitas internet pun jauh lebih baik serta bandwidth-nya dapat diatur sesuai kebutuhan. Meski begitu, terkadang WiFi mengalami masalah seperti tidak dapat tersambung karena penolakan akses.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Tenang, di artikel ini Dewaweb akan menjawab pertanyaan tersebut secara ringkas menggunakan kalimat yang mudah dipahami. Ikuti langkah-langkahnya dan simak sampai selesai, ya!

Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses

cara mengatasi wifi menolak akses

Ketika akses perangkat milikmu ditolak, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Solusinya cukup mudah karena tidak memerlukan aplikasi atau perangkat tambahan. Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah cara mengatasi WiFi menolak akses.

1. Pastikan koneksi ke jaringan WiFi yang tepat

Sebelum mengatasi masalah penolakan akses, pastikan ulang jaringan WiFi yang hendak dihubungkan sudah tepat. Periksa apakah namanya sudah benar atau malah mencoba terhubung ke jaringan lain. Jika salah memilih jaringan, tentu saja password yang digunakan tidak akan cocok dan aksesnya secara otomatis ditolak.

2. Restart router

Cara selanjutnya untuk mengatasi WiFi menolak akses adalah restart router atau modem. Mungkin terbilang kuno, namun merestart router terkadang bisa berfungsi dan lumayan ampuh. Di bawah ini langkah-langkahnya:

  • Nonaktifkan router atau modem dengan cara menekan tombol power.
  • Tunggu sekitar 5-10 detik, kemudian nyalakan kembali.
  • Router membutuhkan sedikit waktu agar dapat berjalan normal, ditandai dengan lampu indikator yang menyala stabil.
  • Setelah itu, coba hubungkan ulang perangkat ke jaringan WiFi.

3. Pastikan password benar

Jika cara sebelumnya sudah dilakukan namun WiFi tetap saja menolak akses, pastikan password yang digunakan benar. Perhatikan password atau kata sandi lebih rinci, termasuk simbol hingga besar dan kecilnya huruf. Terdengar sepele, namun tak sedikit orang mengalami kendala karena salah memasukkan kata sandi.

4. Aktifkan mode pesawat

Mode pesawat atau airplane mode juga bisa menjadi solusi mengatasi akses WiFi ditolak. Terkadang cara ini cukup ampuh sebagai penghubungan ulang jaringan, baik data seluler maupun WiFi. Berikut ini cara mengaktifkan mode pesawat:

  • Usap layar atas perangkat untuk membuka bilah notifikasi.
  • Aktifkan airplane mode dengan cara mengetuk ikon gambar pesawat.
  • Tunggu setidaknya 5-10 detik, lalu nonaktifkan kembali.
  • Aktifkan kembali WiFi dan coba masukkan password.

5. Forget network

Jika akses WiFi masih bermasalah, kamu dapat mencoba forget network atau lupakan jaringan. Langkah ini bertujuan untuk menghapus akses jaringan yang sebelumnya pernah terhubung. Berikut ini cara melupakan jaringan:

  • Masuk ke menu pengaturan WiFi.
  • Tekan dan tahan nama jaringan hingga muncul beberapa opsi.
  • Pilih ‘Forget Network’ atau ‘Lupakan Jaringan Ini’.
  • Akses sudah terhapus, kemudian coba hubungkan ulang jaringan. Jangan lupa masukkan password dengan benar.

Baca Juga: Panduan Singkat Cara Mengganti Password Wifi untuk Semua Provider [Update 2022]

6. Periksa pengaturan waktu

Biasanya, pengaturan waktu pada smartphone diubah secara otomatis ketika terhubung ke internet. Periksa apakah pengaturan waktu sudah tepat atau belum. Agar tidak repot, kamu dapat men-setting waktu otomatis lalu periksa pemilihan zonanya. Jika kamu berada di wilayah Indonesia, pilih zona waktu +7 GMT atau UTC.

7. Restart perangkat

Cara lain mengatasi WiFi menolak akses adalah melakukan restart perangkat atau smartphone. Metode ini bertujuan untuk menyegarkan ulang, sebab bukan tidak mungkin kendala berasal dari sistem perangkat. Kamu pun pasti sudah tahu cara restart smartphone, bukan? Tekan tombol kunci layar hingga muncul beberapa menu pilihan, kemudian ketuk ‘Mulai Ulang’.

8. Menambah user limit

Pada umumnya, router secara default membatasi akses sebanyak 32 pengguna saja. Jumlah akses pengguna ini bisa kamu atur manual di menu admin router atau modem. Jika memang akses telah menyentuh batas jumlah pengguna, kamu dapat menambahkan hingga memblok akses pengguna lain.

9. Periksa akses terblokir

Cara selanjutnya ditujukan bagi pengguna saja (bukan pemilik WiFi). Kamu tidak bisa mengakses jaringan jika IP perangkat telah diblokir oleh pemilik WiFi. Jika IP benar-benar di-blacklist, sebaiknya kamu meminta izin terlebih dahulu kepada admin atau pemilik.

10. Menghubungi customer service

Semua metode di atas sudah dilakukan namun masih tidak ada perubahan? Menghubungi layanan pelanggan merupakan cara terakhir mengatasi WiFi menolak akses. Hubungi CS provider lalu sampaikan masalah yang kamu alami sejelas mungkin. Mereka akan membantu via telepon atau bahkan datang langsung ke lokasimu.

Baca Juga: Trik Aman dan Nyaman Menggunakan WiFi Publik

Penyebab WiFi Menolak Akses

Ada banyak penyebab masalah WiFi menolak akses pada perangkat, diantaranya sebagai berikut:

  • Jumlah akses dibatasi. Seperti yang telah Dewaweb singgung bahwa WiFi memiliki batas jumlah user. Jika pengguna sudah mencapai maksimal kapasitas, maka akses perangkat berikutnya akan ditolak.
  • Perangkat diblokir. Penyebab lainnya yaitu IP perangkatmu telah diblokir atau di-blacklist pemilik WiFi. Pemilik bisa memantau secara real time siapa saja yang sedang mengakses jaringan. Pengguna yang identitasnya tidak diketahui biasanya ditambahkan ke daftar hitam dan tidak diberikan izin akses.
  • Router bermasalah. Penolakan akses juga bisa terjadi apabila terdapat masalah pada router. Titik masalah pun cukup luas, mencakup komponen-komponen router atau modem itu sendiri. Dalam kasus ini, sebaiknya kamu hubungi customer service untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Perangkat bermasalah. Selain router, masalah pada perangkat juga bisa menjadi penyebab akses WiFi ditolak. Masalah yang dimaksud bervariasi, baik dari software maupun hardware. Bukan hanya penolakan akses, untuk kasus lebih parah fitur WiFi di perangkat bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali.

Baca Juga: Mengenal Sistem Jaringan WPA2-PSK dalam Keamanan WiFi

Kesimpulan

Nah, sampai disini kamu tentu mulai mengerti penyebab dan cara mengatasi WiFi menolak akses di perangkat. Penolakan akses secara garis besar disebabkan oleh adanya masalah pada router, perangkat, atau pengaturan modem itu sendiri. Kamu dapat mencoba beberapa metode di atas untuk memperbaikinya. Jika merasa kesulitan, hubungi customer service untuk penanganan lebih lanjut. Semoga membantu dan salam sukses online, ya!