Cara Mengatur Plugin All-n-one SEO untuk WordPress

Optimasi website adalah sangat penting untuk meningkatkan performa dalam website maupun blog yang kamu kelola. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan peringkat website di halaman hasil mesin pencarian. Salah satu cara yang bisa kamu terapkan adalah dengan memasang All in one SEO Pack. Lalu, bagaimana cara mengatur All in one SEO Pack ini? Simak ulasannya berikut.

Cara melakukan pengaturan

Sebagai langkah awal, kamu harus instalasi dan mengaktifkan plugin All in one SEO Pack. Caranya adalah dengan login ke dashboard admin WordPress. Lalu, lanjutkan dengan memilih Plugins > Add New.  Kemudian di kolom pencarian, kamu bisa mengetikkan All in one SEO dan setelahnya kamu bisa klik pada tulisan Install Now di All in one SEO Pack. Tunggulah sampai proses instalasi selesai untuk dapat mengaktifkannya dan setelah selesai barulah kamu bisa klik Activate.

Kini plugin kamu sudah aktif dan secara otomatis ditambahkan di menu sebelah kiri terutama di admin area WordPress. Konfigurasi plugin yang sudah diinstal tersebut bisa dilakukan dengan cara klik All in one SEO > General Settings. Lalu akan muncul di halaman tersebut pengaturan-pengaturan dasar. Memang, bagi pemula hal ini akan nampak membingungkan, namun kamu cukup menekan ikon tanda tanya yang muncul. Setidaknya pengaturan yang bisa kamu ubah sesuai dengan kebutuhan website di antaranya adalah sebagai berikut.

  • General setting

Beberapa pilihan dalam menu general setting yang akan muncul saat kamu memasang All in one SEO Pack di antaranya adalah Canonical URL’s yang mana bila ini diaktifkan website lebih aman dari penalti Google untuk URL beda dengan konten yang sama. Kemudian untuk No Pagination for Canonical URL’s akan menghapus pagination dari URL canonical. Lalu, kamu bisa menambahkan Enable Custom Canonical URL’s. Jika kamu menggunakan Use Schema.org Markup dapat menampilkan rich snippets pada kolom hasil pencarian.

  • Homepage setting

Homepage setting dalam All in one SEO Pack juga terbagi menjadi dalam dua bagian yakni home tittle dan home description. Home Tittle adalah SEO meta tiitle untuk homepage dan akan muncul di browser bagian atas saat halaman diakses. Sementara untuk Home Description atau biasa disebut dengan meta description yang menampilkan deskripsi di search engine ketika halaman website diketik.

  • Tittle setting

Bila kamu ingin tampilan judul terlihat lebih baik maka perlu diperhatikan pula pada bagian ini. Ada tiga hal yang akan muncul di sini yakni Rewrite Titles yang dan memungkinkanmu memodifikasi judul pada tiap jenis konten. Selanjutnya ada Capitalize Titles dapat mengubah setiap kata pada judul dan Homepage Title Format pada kolom ini kamu bisa mengubah format dari page title. Ketiga bagian tersebut akan aktif secara default.

  • Custom post type setting

Pada menu ini ada empat pilihan yang bisa disesuaikan yakni SEO for Custom Post Types untuk mengaktifkan All in one SEO Pack dan bekerja dengan cara custom post types yang ada di websitemu. Kemudian ada SEO on only these post types yang berfungsi hanya memilih jenis postingan tertent dan Enable Advanced Options yang bisa kamu tambahkan pilihan baru berupa custom titles.

  • Display Setting

Dalam display setting terdapat tampilan Show Column Labels for Custom Post Types yang akan menampilkan kolom-kolom terkait SEO. Mulai dari tittle, keywords, dan description. Adanya kolom Nonindex Settings juga sangat membantu kamu untuk mencegah search engine melakukan indeks pada konten maupun link yang bisa mengarah ke website lainnya, sehingga dapat terjadi bounce rate. Kemudian, setelah semua langkah tersebut kamu lakukan jangan lupa untuk tekan tombol save.

Baca Juga: 5 WordPress Backup Plugin Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

Dari ulasan di atas kesimpulannya adalah mengatur All in one SEO Pack dapat dilakukan dengan mudah. Akan tetapi, bagi pemula meskipun terlihat sulit, kamu tidak perlu khawatir karena tutorial dan ulasan ini dapat membantu. Untuk menunjang website, kamu juga membutuhkan penyedia hosting terbaik di Indonesia agar website dapat berjalan dengan baik.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia