Cara Mengelola Domain di Dewaweb

Cara Mengelola Domain di Dewaweb

Domain adalah elemen penting dalam pembuatan website. Bagaimana tidak, tanpa domain, alamat website-mu hanya akan dalam bentuk alamat IP yang sangat sulit diingat. Namun selain itu, manajemen domain juga penting kamu pahami. Kamu bisa mempelajari cara mengelola domain di Dewaweb melalui artikel ini.

Domain

Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi server. Ketimbang menampilkan alamat IP yang terdiri dari rangkaian angka acak, kini kita dapat menyewa nama domain untuk menggantikannya. Jika ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai domain, kamu bisa membaca artikel Apa Itu Domain? Kenali, Domain adalah Hal Penting!

Ada beberapa level domain, yaitu:

  • Top-Level Domain (TLD) memiliki beberapa ekstensi domain sesuai dengan tujuannya masing-masing.
  • Global Top-Level Domain (gTLD) yaitu domain yang dapat digunakan untuk seluruh pengguna di dunia.
    Contoh Global Top-Level Domain:
    – .com (Commercial)
    – .net (Network)
    – .org (Organization)
    – .info (Info)
  • Country Code Top-Level Domain (ccTLD) domain yang khusus hanya dapat digunakan pada masing-masing negara. Tambahan informasi, kamu juga bisa mendapatkan domain gratis untuk beberapa ccTLD berikut dari Dewaweb.
    Contoh Country Code Top-Level Domain untuk Indonesia:
    – .id (Personal)
    – .co.id (Perusahaan atau Instansi)
    – .web.id (Personal)
    – .ac.id (Universitas atau Lembaga Pendidikan)
    – .sch.id (Sekolah)

Persiapan

Sebelum mengelola domain di Dewaweb, kamu harus terlebih dulu mendaftarkan akun di Client Area Dewaweb. Setelah itu, pilih nama domain sesuai keinginanmu di halaman domain murah Dewaweb dan lakukan pembelian nama domain.

Mengelola Domain di Dewaweb

Setelah mempunyai nama domainmu sendiri, sekarang kamu dapat mengunjungi kembali client area dan lakukan login.

Client Area: Dashboard

mengelola domain di dewaweb dasbor klien

Laman ini akan menampilkan beberapa informasi singkat mengenai Saldo Kredit, Layanan/Produk kamu yang aktif dan beberapa quick menu yang berguna.

Client Area: Manage Domains

mengelola domain di dewaweb manajemen domain

Di menu ini kamu dapat melihat jumlah domain yang kamu miliki dengan statusnya masing-masing. Untuk mengelola domainnya, kamu perlu klik obeng di sebelah kanan status.

Client Area: Mengelola Domain

mengelola domain di dewaweb overview

Jika mengklik salah satu domain, kamu akan sampai di halaman ini yang menampilkan Overview atau informasi mengenai salah satu domainmu.

Auto Renew

mengelola domain di dewaweb auto renew

Fitur Auto Renew digunakan untuk melakukan perpanjangan otomatis. Kalau statusnya “Diaktifkan” maka saat jatuh tempo kamu akan menerima invoice perpanjangan domain secara otomatis.

Namun, kalau kamu mematikan fitur Auto Renew, maka saat jatuh tempo kamu tidak akan menerima invoice perpanjangan domain. Hal ini biasanya membuat domain otomatis expired atau sudah tidak berlaku lagi.

Nameservers

mengelola domain di dewaweb nameservers

Jika ingin mengelola nameserver atau mengubah nameserver, kamu perlu mengklik menu Nameservers di sidebar sebelah kiri. Setelah itu, untuk menggunakan atau mengarahkan domain ke hosting dewaweb, kamu perlu mengubah nameserver-nya ke:

ns1.dewaweb.com

ns2.dewaweb.com

ns3.dewaweb.com

Atau klik pada pilihan “Gunakan nameserver default”.

Jika kamu ingin mengarahkan ke VPS, kamu perlu mengarahkan nameserver-nya ke Default Registrar Dewaweb. Untuk mengetahui nameserver-nya kamu bisa menghubungi Ninja Support Dewaweb dengan menyebutkan nama domain kamu beserta informasi nameserver default registrar yang harus digunakan.

Registrar Lock

  mengelola domain di dewaweb registrar lock

Fitur Registrar Lock memungkinkan domain kamu tidak akan ditransfer ke luar tanpa otorisasi atau persetujuan kamu sehingga status Registrar Lock ini wajib diaktifkan jika kamu tidak memiliki niat untuk memindahkan atau transfer domain ke luar Dewaweb.

Add-on

mengelola domain di dewaweb addon

Fitur Add-on digunakan untuk menambah layanan tambahan untuk domain kamu, misalnya Whois Privacy Protection.

Informasi Kontak

mengelola domain di dewaweb info kontak

Informasi Kontak berguna untuk memperlihatkan informasi kontak kamu ke publik jika kamu menggunakan Whois Privacy Protection pada domain yang kamu miliki. Email Admin Kontak juga berguna untuk keperluan verifikasi email serta approval transfer domain

Private Nameserver

mengelola domain di dewaweb private nameserver

Fitur Private Nameserver ini berguna untuk kamu yang ingin memiliki Child Nameserver, yaitu ketika kamu memiliki nameserver sendiri yang dapat diarahkan ke IP yang kamu inginkan. Contoh:

ns1.dewiweb.net

ns2.dewiweb.net

Fitur Private Nameserver sangat berguna untuk para developer atau reseller domain.

DNS Management

mengelola domain di dewaweb dns management

Fitur DNS Management adalah fitur yang memungkinkanmu melakukan perubahan pada DNS domainmu. Biasanya DNS Management digunakan jika domain kamu mengarah ke luar Dewaweb atau kamu tidak memiliki akun hosting.

Jika kamu memiliki VPS and ingin mengarahkan domain kamu ke VPS, maka kamu bisa mengubah nameserver-nya ke default registrar sesuai informasi pada section menu Nameservers, kemudian tambahkan DNS berikut:

Host Name: (kosongkan)

Tipe Record: A (Address)

Alamat: IP-Server

Host Name: www

Tipe Record: A (Address)

Alamat: IP-Server

Tipe Record yang ada meliputi: A Record, MX Record, CNAME Record, TXT Record, SPF Record, URL Redirect.

EPP Code

mengelola domain di dewaweb kode epp

Fitur Kode EPP (Authorization Code) adalah kode yang digunakan untuk keperluan transfer domain. Kamu harus menjaga kode EPP ini dengan baik, karena setiap domain mempunyai kode EPP yang berbeda dan unik. Kode ini biasanya dikirimkan ke email terdaftar atau ditampilkan secara langsung setelah kamu mengklik menu tersebut.

Simpulan

Mengelola domain di Dewaweb tidaklah sulit, karena menu-menunya mudah dimengerti dan ada informasi setiap menu yang dapat membantu kamu melakukan navigasi dan pengaturan terhadap domain. Melalui artikel ini, semoga kamu dapat mengerti menu-menu yang dapat membantu kamu untuk mengelola domain di Dewaweb.

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!