Cara Menggunakan Acronis Backup di cPanel Dewaweb

Lebih dari 30 ribu website kena hacked atau malware setiap harinya dan sebagian besar adalah website dengan CMS WordPress. Hanya butuh waktu 10 menit untuk seorang hacker menjebol password dengan 6 karakter.

Website yang kena malware biasanya akan lebih lambat diakses dan seringkali tampilannya pun bisa berantakan karena ada file-file yang dirusak. Ini akan menyebabkan kerugian secara finansial dan banyak waktu terbuang.

Sebagai layanan cloud hosting kelas dunia dengan sertifikat ISO 27001, keamanan data website pelanggan sangat penting, karena itu Dewaweb memberikan perlindungan terbaik untuk semua website pelanggan, yaitu dengan menggunakan Acronis Backup, salah satu teknologi enterprise backup terbaik saat ini, tanpa biaya tambahan!

Semua website yang dihosting di Dewaweb secara otomatis dibackup setiap hari, minggu dan bulan dengan penyimpanan data sampai 3 bulan ke belakang di cloud storage yang terpisah networknya, sangat aman, dan mudah untuk melakukan recovery kapanpun dibutuhkan.

Acronis Backup melakukan backup secara otomatis setiap harinya, jadi untuk kamu yang menggunakan CMS WordPress, tidak perlu lagi mengaktifkan backup dari Softaculous, karena Acronis melakukan backup ke seluruh file yang ada di File Manager dan Database.

Baca juga: Manfaat dan Cara Backup Data Website

Video Tutorial Acronis Backup

Apabila kamu lebih menyukai instruksinya melalui membaca, kamu dapat melanjutkan membaca artikel ini.

Acronis Backup: Restore

Sebelum melakukan restore, pastikan kamu memiliki account hosting dan domain yang aktif di Dewaweb. Hal yang pertama harus dilakukan adalah login ke cPanel account hosting kamu. Kemudian klik menu Acronis Backup.

Asset Blog Dewaweb

Kemudian akan muncul beberapa tanggal point backup yang tersedia. Pilih salah satu point backup yang ingin di restore.

Asset Blog Dewaweb

Loading the backup. This may take a while. Artinya adalah kita perlu menunggu sampai point backup tersebut di mount, karena teknologi ini menarik data dari server Dewaweb khusus untuk storage backup, kemudian di mount ke account hosting kamu.

Akan tampil beberapa tipe backup, yaitu; Files, Database, Mailboxes dan Mail Forwaders. Pilih tipe mana yang akan di restore.

Baca juga: Panduan Menggunakan JetBackup di cPanel

Asset Blog Dewaweb

Tipe Restore Acronis Backup

Pada tipe Files akan tersedia file yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Ceklis pada file atau directory yang ingin di recover (restore) atau di download.

Asset Blog Dewaweb

Pada tipe Database akan tersedia database yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Ceklis pada database yang ingin di recover (restore) atau di download.

Pada database ini jika di recover akan melakukan restore ke seluruh table yang ada pada database tersebut.

Asset Blog Dewaweb

Pada tipe Mailboxes akan tersedia mailbox pada email account yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Ceklis pada email account yang ingin di recover (restore) atau di download mailboxesnya.

Pada Mailboxes ini jika di recover akan melakukan restore isi Inbox dari email account tersebut.

Asset Blog Dewaweb

Pada tipe Mail Forwarders akan tersedia forwarders pada email account yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Ceklis pada email forwarders yang ingin di recover (restore) atau di download forwardersnya.

Pada Forwarders ini yang di recover (restore) atau di download adalah settingan pada menu Forwarders di cPanel.

Baca juga: 5 WordPress Backup Plugin Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

Asset Blog Dewaweb

Kesimpulan

Dengan fitur Acronis Backup yang disediakan Dewaweb ini akan sangat membantu kamu dalam management file, karena jika suatu saat kamu tidak sengaja menghapus file maupun database akan sangat mudah dilakukannya recovery melalui fitur yang disediakan Dewaweb ini. Fitur terbaru ini juga disediakan dengan free, tidak ada biaya tambahan untuk semua paket hosting.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar Acronis Backup atau ingin berbagi pengalaman dalam menggunakannya, silakan tinggalkan komentar di kolom komen di bawah artikel ini. Jangan sungkan juga ya untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!