Cara Menggunakan acronis Backup di cPanel

Aktivitas backup dan restore tentu tidak asing bagi seseorang yang berkutik dengan teknologi, bagaimana tidak, data adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Ada beberapa cara untuk melakukan backup, namun pada artikel ini kami ingin membahas mengenai Acronis Backup.

Ada banyak sekali hal yang dapat membuat data hilang, pastinya akan sangat membingungkan jika tidak memiliki aplikasi atau software backup.

Dewaweb menyediakan Acronis Backup dengan teknologi yang sangat canggih. Dengan menaruh services Acronis Backup di berbeda server jauh lebih aman ketimbang menggunakan Backup dengan satu server yang sama.

Tentang Acronis Backup

Acronis adalah backup software yang saat ini populer untuk digunakan baik untuk Small-Medium Business, maupun Enterprise.

Software inipun melakukan backup secara otomatis setiap harinya, jadi untuk Anda yang menggunakan CMS WordPress, tidak perlu lagi mengaktifkan backup dari Softaculous, karena Acronis melakukan backup ke seluruh file yang ada di File Manager dan Database.

Acronis Backup: Restore

Sebelum melakukan restore, pastikan Anda memiliki account hosting dan domain yang aktif di Dewaweb. Hal yang pertama harus dilakukan adalah login ke cPanel account hosting Anda. Kemudian klik menu Acronis Backup.

Kemudian akan muncul beberapa tanggal point backup yang tersedia. Pilih salah satu point backup yang ingin di restore.

Loading the backup. This may take a while. Artinya adalah kita perlu menunggu sampai point backup tersebut di mount, karena teknologi ini menarik data dari server Dewaweb khusus untuk storage backup, kemudian di mount ke account hosting Anda.

Akan tampil beberapa tipe backup, yaitu; Files, Database, Mailboxes dan Mail Forwaders. Pilih tipe mana yang akan di restore.

Tipe Restore

Pada tipe Files akan tersedia file yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Ceklis pada file atau directory yang ingin di recover (restore) atau di download.

Pada tipe Database akan tersedia database yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Ceklis pada database yang ingin di recover (restore) atau di download.

Pada database ini jika di recover akan melakukan restore ke seluruh table yang ada pada database tersebut.

Pada tipe Mailboxes akan tersedia mailbox pada email account yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Ceklis pada email account yang ingin di recover (restore) atau di download mailboxesnya.

Pada Mailboxes ini jika di recover akan melakukan restore isi Inbox dari email account tersebut.

Pada tipe Mail Forwarders akan tersedia forwarders pada email account yang dapat dilakukan restore pada tanggal yang dipilih. Ceklis pada email forwarders yang ingin di recover (restore) atau di download forwardersnya.

Pada Forwarders ini yang di recover (restore) atau di download adalah settingan pada menu Forwarders di cPanel.

Kesimpulan:

Dengan fitur Acronis Backup yang disediakan Dewaweb ini akan sangat membantu Anda dalam management file, karena jika suatu saat Anda tidak sengaja menghapus file maupun database akan sangat mudah dilakukannya recovery melalui fitur yang disediakan Dewaweb ini.

Fitur terbaru ini juga disediakan dengan free, tidak ada biaya tambahan untuk semua paket hosting.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar Acronis Backup atau ingin berbagi pengalaman dalam menggunakannya, silakan tinggalkan komentar di kolom komen di bawah artikel ini. Jangan sungkan juga ya untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin Anda baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!

Cloud Hosting Tercepat di Indonesia