Pengertian Canva, Fitur, dan Panduan Cara Menggunakannya

Pengertian Canva, Fitur, dan Panduan Cara Menggunakannya

Bagi kamu para pemula di dunia desain, aplikasi Canva adalah platform terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain pertamamu. Yap, platform ini memang terkenal akan kemudahan dan keramahannya bagi para pemula.

Ditambah lagi, Canva bersifat gratis! Tidak perlu repot membeli atau mencari versi bajakan, Canva bisa langsung digunakan hanya dengan Sign Up saja. Sangat mudah, bukan?

Selain itu, Canva juga dilengkapi fitur-fitur gratis yang cukup powerful untuk desain. Apa saja fitur-fitur gratis tersebut? Bagaimana cara menggunakan Canva? Apa manfaat menggunakan Canva? Semuanya akan dibahas di sini, langsung simak!

Apa Itu Canva?

Canva adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai desain konten visual untuk website atau blogmu secara gratis.

Jika menggunakan Canva, kamu tidak perlu kemampuan desain profesional karena tersedia berbagai fitur gratis yang mudah digunakan sehingga proses membuat desain akan lebih mudah dan cepat.

Canva menawarkan berbagai fitur, seperti untuk mengedit gambar dan mengatur layout, template untuk banner atau sampul buku, serta segudang stok foto. Lebih jauh, Canva juga memiliki user interface yang ramah sehingga pengguna bisa mempelajari dengan cepat.

Berkat kemudahannya untuk digunakan, platform ini berhasil merebut hati lebih dari 60 juta pengguna aktif bulanan dari 190 negara di dunia sejak 2013. Dari jutaan orang yang mengetahui apa itu Canva, sudah lebih dari 7 miliar desain berhasil tercipta.

Canva sebenarnya memiliki dua versi, yaitu berbayar (pro) dan gratis. Namun, kamu sudah dapat menikmati berbagai fitur tanpa perlu membeli versi premiumnya. Fitur-fitur tersebut juga akan dijelaskan di artikel ini.

Manfaat Canva

Setelah mengetahui pengertian Canva, sekarang kita akan membahas manfaat menggunakannya. Adapun manfaat dan kegunaan Canva adalah:

  1. Mampu menciptakan desain apapun dengan mudah dibandingkan platform desain lain.
  2. Membuat presentasi seperti PowerPoint dengan lebih banyak elemen.
  3. Mendesain poster, flyer, iklan, brosur, business card, newsletter, postcard, hingga invoice untuk kebutuhan bisnis dan sebagai digital marketing tools.
  4. Mengedit video untuk berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, Pinterest, LinkedIn, dan YouTube.
  5. Membuat konten di Instagram untuk feed, Story, dan Ads dengan pilihan animasi (dinamis) atau statis (tidak bergerak).
  6. Mendesain postingan, cover, Ads, event cover, Facebook video, dan story Facebook.
  7. Membantu menyusun format resume, CV, portofolio, proposal, sertifikat, serta berbagai kartu dan undangan.
  8. Menyusun infografis, mind map, kolase foto, virtual background, format kalender, worksheet, planner, peta konsep, dan wallpaper/background layar gadget.

Fitur-Fitur Gratis Canva

Ada beberapa fitur gratis pada Canva yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik desain kamu. Berikut beberapa fitur gratis Canva:

1. 250.000+ template gratis

Dalam versi gratis, Canva berani memberikan fitur lebih dari 250 ribu template untuk berbagai jenis konten visual. Contoh-contoh template konten visual ini seperti banner website, slide presentasi, konten medsos (Instagram, Facebook, Youtube), poster, infografis, dan masih banyak lagi.

2. Ratusan ilustrasi dan icon

Selain template, Canva juga menyediakan lebih dari ratusan unsur desain berupa ilustrasi dan icon dengan gratis. Ilustrasi 2D, 3D, bahkan GIF tersedia di sini.

3. Kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB

Canva adalah satu-satunya aplikasi desain yang menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB secara cuma-cuma. Fitur ini penting untuk memungkinkan pengguna menyimpan hasil desain kreasi mereka.

Fitur ini sangat bermanfaat, terutama jika kamu memiliki format konten yang sering dipakai. Dengan menyimpannya, kamu tidak perlu membuatnya dari awal dan hanya perlu melakukan penyesuaian beberapa elemen saja.

Jika dibandingkan dengan penyimpanan Canva Pro sebesar 100 GB, penyimpanan 5 GB ini mungkin terkesan sedikit. Namun, kamu dapat menyiasatinya dengan langsung mengunduh hasil desain kamu setelah selesai membuatnya.

4. Kustomisasi teks

Canva menyediakan kustomisasi teks dengan font beragam. Kamu bisa menambahkan teks dan mengganti font sesuai tema yang digunakan saat membuat desain. Terdapat ratusan font gratis yang bisa kamu gunakan.

text insertion canva dewawebSelain ucapan seperti contoh pada gambar di atas, kamu juga bisa menambahkan informasi penting hingga kalimat call-to-action (CTA) untuk mengajak pembaca melakukan suatu tindakan, seperti membeli, menonton video testimoni, mendaftar, dan sebagainya.

5. Beragam pilihan background

Dengan Canva, background atau latar belakang desain milikmu tidak membosankan. Terdapat beragam pilihan gambar dan tone warna yang siap meramaikan desain-desain kamu.

Kamu juga dapat menyesuaikan setiap background yang digunakan seperti mengatur kontras, meningkatkan intensitas warna, hingga mengatur transparansi pada latar belakang yang dipilih.

Cara Menggunakan Canva

Usai mengetahui pengertian Canva, manfaat, hingga fiturnya, sekarang kita akan mempelajari cara membuat desain online gratis di Canva. Berikut langkahnya:

1. Sign up ke Canva

Kamu memerlukan sebuah akun untuk menggunakan Canva. Kamu bisa menggunakan email atau Facebook untuk Sign up di Canva. Jika belum punya, kamu bisa membuat email terlebih dahulu. Berikut langkah untuk Sign Up Canva:

  • Akses web Canva di canva.com atau buka aplikasi Canva.
  • Klik tombol ‘Sign Up’ yang ada di pojok kanan atas.
  • Terdapat tiga pilihan; menggunakan Gmail, Facebook, ataupun email. Pilihlah salah satu yang kamu sudah punya, misalnya Sign up with Email.
  • Isilah kolom yang diminta dengan benar dan pastikan kamu membuat password yang kuat. Setelah itu, tekan tombol ‘Get started’.
  • Selanjutnya masukkan kode rahasia yang dikirimkan ke email-mu. Kamu bisa mengeceknya di kotak masuk email.
  • Selamat, kamu sudah masuk ke beranda akun Canva milikmu! Tampilan beranda akan terlihat seperti di bawah:

beranda canva

Selanjutnya, kamu sudah bisa mulai membuat desain milikmu sendiri. Simak terus untuk mengetahui cara membuat desain pertamamu di Canva!

2. Pilih kebutuhan penggunaan Canva

Saat membuat desain di Canva, kita bisa melakukannya dengan dua cara yaitu menggunakan template yang sudah ada ataupun membuatnya dari awal (dari kanvas kosong).

  • Jika kamu ingin menggunakan template yang sudah ada, kamu bisa pilih menu ‘Template’ yang berada di sebelah kiri.

template di canva

  • Sementara jika kamu ingin membuat desain sendiri yang benar-benar dari awal, kamu bisa langsung klik ‘Create a design’ yang terletak di pojok kanan atas.

create a design

Kamu juga bisa memanfaatkan template layout di Canva untuk ukuran desain. Misalnya layout untuk presentasi, Facebook, poster, flyer, sertifikat, portofolio, dan masih banyak lagi. Pilihlah layout yang sesuai dengan keperluanmu.

membuat design gratis canva memilih layout

Baca Juga: Layout: Tata Letak dalam Desain, Ini Elemen dan Contohnya

3. Membuat desain

Langkah selanjutnya adalah membuat desain. Contoh desain berikut menggunakan template layout presentasi berukuran 1920 x 1080 pixels (16:9).

cara menggunakan canva - step 3

Pada menu bar di sebelah kiri, kamu akan menemukan beberapa pilihan untuk mempercantik desain milikmu. Berikut beberapa menu beserta fungsinya:

  • Elements: untuk menambahkan hiasan atau ornamen pada desain. Elemen dapat berupa garis, bangun datar, frame, dan sebagainya.
  • Upload: untuk mengunggah media seperti foto yang bisa ditambahkan ke dalam desain.
  • Text: untuk menambahkan tulisan.
  • Draw: untuk menggambar berbagai bentuk dengan bebas.
  • Audio: untuk menambahkan suara atau backsound.

4. Download hasil desain

Jika proses mendesain sekiranya sudah selesai, kamu bisa langsung men-download-nya ke dalam berbagai format dokumen. Berikut langkahnya:

  • Pilih tombol ‘Share’ di pojok kanan atas.

download hasil desain

  • Kemudian pilih ‘Download’ yang terletak di bagian agak bawah.
  • Lalu tentukan tipe dokumen sesuai kebutuhan, misalnya PNG, JPG, atau PDF.
  • Klik ‘Download’.

Selesai! Hasil unduhan akan tersimpan ke desktop kamu. Biasanya akan tersimpan di folder download.

Buat Desain Milikmu dengan Canva!

Itu dia pengertian Canva, manfaat, sampai cara menggunakannya. Canva adalah salah satu aplikasi untuk desain terpopuler karena sifatnya yang mudah digunakan terutama bagi pemula.

Dengan tutorial cara menggunakan Canva di artikel ini tentunya kamu sudah mulai mengerti ‘kan cara membuat desain yang simple? Yuk coba buat desain dengan Canva!

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!