Categories: Development & Security Tips & Tricks Website & Development

Cara Menggunakan FileZilla, Panduan Dewaweb

FileZilla adalah software bersifat open source yang biasa dipakai orang-orang buat melakukan transfer atau memindahkan data dari atau ke akun web hosting penggunanya. Software yang satu ini bisa dipakai secara gratis dan bisa menolong Anda dalam melakukan perpindahan file berukuran besar dengan cepat dan tentunya aman.

Kebanyakan web host yang beredar di pasaran punya storage atau kapasitas penyimpanan yang dibatasi ketika si penggunanya butuh upload file baik lewat PHP maupun  Script. Tapi tenang saja, sebenarnya keterbatasan semacam itu bisa saja diatasi, Filezilla ini bisa dimanfaatkan. Anda jadi bisa upload file menggunakan FTP. Bisa dibilang, software ini sangat bermanfaat dan meringankan tugas para pengembang website/developer.

Program dari FileZilla FTP ini juga mudah untuk digunakan. Inilah mengapa software tersebut banyak sekali penggunanya dan bervariatif tipe penggunanya, mulai dari newbie sampai orang-orang yang kemampuan teknisnya sudah cukup bagus. Selain itu, kelebihan FileZilla FTP adalah sudah bisa diintegrasikan pada beragam sistem operasi semacam Windows, Linux, Mac OS X, BSD, dan lain-lain. Software ini juga bahkan tersedia dalam berbagai macam bahasa. Terakhir, soal fitur FileZilla sudah kasih paketan lengkap mulai dari Site Manager, Transfer Queues, Bookmarks, dan masih banyak yang lainnya.

Baiklah, langsung saja ikuti ketiga langkah menggunakan atau mengaktifkannya, berikut ini!

  1. Mengunduh/Donwload FileZilla

  • Kemudian Anda buka FileZilla dengan klik file yang sudah Anda download pada folder komputer/perangkat Anda. Lalu akan ada tampilan seperti berikut dan klik “Agree” untuk lanjut ke langkah berikutnya.

  • Jika sudah, Anda akan dibawa secara otomatis ke langkah berikutnya untuk instalasi. Anda tinggal tunggu sampai proses install selesai.

2. Menambahkan Website ke Site Manager

  • Untuk memulai langkah kedua ini, silakan menuju ke CPanel yang akunnya sudah disediakan web host Anda. Berikut kami menggunakan contoh pada web host kami, Dewaweb. Jika sudah masuk ke CPanel, carilah opsi “FTP Accounts” dan klik supaya bisa lanjut ke langkah berikutnya lagi.

  • Setelahnya, coba gulirkan page hingga paling bawah dan temukan bagian “Special FTP Accounts” dan klik opsi bertulisan “Configure FTP Client” disamping file home/ Anda.

  • Kemudian, carilah logo merah FileZilla dan klik opsi dibawah gambar logo itu yang bertulisan “FTP Configuration File” di tombol warna biru seperti pada gambar yang kami cuplik di bawah ini.

  • Barulah Anda klik menu “File” dan setelahnya klik menu “Import”. Selanjutnya pilih file yang sudah Anda download di langkah sebelumnya. Temukan file FTP Configuration Anda di folder komputer/perangkat Anda.

3. Mengaktifkan FTP Server

  • Untuk terkoneksi dengan FTP Server, silakan klik menu “File” dan setelahnya klik menu “Site Manager” seperti pada gambar yang kami cuplik di bawah ini.

  • Jika sudah silakan klik “My Site” dan akan muncul kotak dan info seperti di gambar yang kami cuplik di bawah ini. Cobalah klik tombol “Connect” di pojok kanan bawah.

  • Jika berhasil, Anda sudah bisa terhubung.

Selain mengetahui cara menggunakan filezilla, Anda juga bisa membaca berbagai artikel menarik dari kami yang lainnya terkait pengembangan web dan hosting:

Mengenal Nextcloud Private Cloud Storage

Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Cara Memilih Hosting Terbaik

Simpulan

Dengan membaca artikel atau blogpost ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada untuk menggunakan FileZilla. Jika Anda terkendala oleh hambatan tertentu pada saat mengerjakan langkah-langkahnya, silakan tanyakan lewat kolom komentar kami. Khusus bagi klien Dewaweb, Ninja kami juga siap membantu Anda 24/7.

Oh ya, baca juga berbagai artikel menarik dari kami yang lainnya soal pengembangan bisnis dan pengembangan website. Lewat berbagai konten blog Dewaweb, kami ingin membantu Anda mewujudkan kesuksesan online di era digital. Itulah bentuk komitmen kami sebagai penyedia jasa web hosting Indonesia dan VPS Indonesia berkualitas. Selamat mengembangkan usaha Anda ya, semoga berhasil!



Yasha

Share
Published by
Yasha

Recent Posts

  • Content Marketing
  • Digital Marketing

Kamu Wajib Paham! Inilah Bedanya Copyright, Trademark, dan Patent

Copyright adalah hal penting dalam dunia bisnis yang harus diperhatikan agar bisnis berjalan lancar dan bisa mendapatkan keuntungan yang pantas.…

7 hours ago
  • Business
  • Online Business

Inilah Bedanya Investasi Saham dengan Trading Saham

Investasi menjadi kata yang sering didengar pada beberapa waktu terakhir hingga detik ini. Hal ini dikarenakan terbukanya jalan lebar di…

1 day ago
  • Digital Marketing
  • Tips & Tricks

Android vs iOS: Mana yang Lebih Sesuai dengan Kebutuhan Kamu?

Bidang smartphone telah cukup kacau selama dekade terakhir. Menyusul rilis iPhone asli pada tahun 2007, pasar menjadi berantakan. Banyak perusahaan…

2 days ago
  • News & Releases

3 Rekomendasi Anime Terbaik di 2019 yang Wajib Kamu Tonton

Tidak lengkap rasanya bila kamu menghabiskan tahun 2019 ini tanpa menyaksikan anime terbaik. Bagi pecinta anime, kamu patut berbahagia karena…

3 days ago
  • Content Marketing
  • Digital Marketing

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Mengedit Foto di Android dan IOS

Aplikasi untuk mengedit foto saat ini tidak hanya dibutuhkan bagi para penggiat fotografi. Kamu yang ingin mendapat banyak likes dan…

4 days ago
  • Digital Marketing
  • Email Marketing

Cara Membuat Signature di Gmail, Outlook, dan Yahoo

Keberadaan signature pada email akan membuat pesan Anda terlihat memiliki ciri tersendiri dan lebih terkesan profesional. Sayangnya, meski mafaatnya begitu…

5 days ago