Categories: Development & Security Website & Development

Cara Menggunakan Google Pagespeed Insight

Setiap berselancar di dunia maya, kamu pastinya akan membuka berbagai jenis website yang kamu sukai. Dari yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, berbelanja online  hingga media sosial. Rasanya sulit untuk tidak membuka website tersebut ketika bermain internet. Dan demi bisa membuka website itu semua, kamu perlu jaringan internet yang prima pula agar tidak lambat saat membukanya.

Sayangnya, jaringan internet yang lambat masih menjadi salah satu permasalahan utama di Indonesia. Masalah ini sebenarnya sudah terasa mulai diperbaiki seiring berjalannya waktu tapi tetap saja ada yang masih merasakan lambatnya berinternet di sini.

Namun apakah kamu tahu kalau tidak hanya kualitas internet yang baik saja yang diperlukan untuk membuka website dengan cepat? Ada satu bagian lagi yang harus dipenuhi agar website bisa dibuka dengan cepat yaitu dari sisi pemilik website itu sendiri. Sebagai pemilik website, pastinya mereka ingin memiliki website yang ringan dan bisa dibuka oleh semua orang kapan pun dan di mana pun walau internet yang digunakan itu lambat.

Untungnya, ada satu tool dari raksasa teknologi, Google yang bisa digunakan untuk menilai apakah kecepatan website tersebut sudah memadai atau belum. Nama tool itu adalah Google Pagespeed Insight. Dengan tool ini, maka penilaian terhadap website tersebut bisa dinilai dengan standar Google yang tentunya sudah paham betul persoalan urusan ini dan bisa melihat dengan detail. Ditambah lagi, Google Pagespeed Insight ini bisa digunakan secara gratis.

Tapi bagaimana cara untuk menggunakan Google Pagespeed Insight dengan baik dan benar? Berikut penjelasannya.

Buka Google Pagespeed Insight

Tentu saja langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka website Google Pagespeed Insight. Kamu bisa mengaksesnya dengan cepat di sini.

Masukkan alamat website kamu

Langkah kedua adalah memasukkan url website kamu atau yang ingin kamu cek di dalam kolom yang sudah disediakan di bagian tengah. Jika sudah, maka kamu tinggal mengklik tombol analisis.

Kamu langsung mendapatkan analisis

Setelah kamu sudah mengklik tombol analisis¸ maka kamu perlu menunggu sebentar untuk mendapatkan hasil analisisnya. Ketika sudah muncul, maka kamu bisa melihat berbagai penilaian yang cukup banyak. Namun yang paling pertama kamu lihat adalah skor kecepatan didasarkan pada data lab yang dianalisis oleh Lighthouse. Jika angkanya berwarna hijau, maka sudah cepat, tapi jika merah, maka itu termasuk lambat.

Membaca analisis lainnya

Selanjutnya di bawahnya ada empat bagian analisis lainnya yang bisa kamu baca. Tapi bagaimana cara membacanya?

  • Field Data dan Origin Summary

Dibagi dua yaitu First Contentful Paint (FCP) dan First Input Delay (FID). FCP melihat waktu gambar dan tulisan muncul saat dibuka, sedangkan FID melihat jarak waktu ketika interaksi seperti mengklik tautan dengan respon dari browser terkait interaksi tersebut.

  • Data Lab

Ada enam penilaian di dalam bagian data lab seperti:

– First Contentful Paint: waktu gambar dan tulisan pertama muncul.

– Speed Index: waktu isi website terlihat jelas. Semakin rendah, semakin bagus.

– Time to Interactive: waktu pertama sebuah laman dianggap interaktif.

– First Meaningful Paint: melihat kapan konten utama dari satu laman muncul.

– First CPU Idle: melihat waktu pertama pengunjung bisa melakukan input.

– Estimated Input Latency: melihat lama waktu website merespon input pengunjung.

  • Opportunities

Bagian ini melihat bagaimana peluang untuk memperbaiki website kamu agar bisa mendapatkan nilai yang jauh lebih bagus dari pada saat ini.

  • Diagnostics

Bagian ini melihat hal-hal apa saja yang dinilai dari website kamu sendiri.

  • Passed Audits

Bagian ini melihat segala macam penilaian yang sudah ditentukan Google Pagespeed Insight. Semakin banyak warna hijau, maka semakin bagus kualitas website kamu.

Itulah cara menggunakan Google Pagespeed Insight yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Google memang telah mempermudah aktivitas masyarakat banyak sejak lama dan sekarang berkat Google Pagespeed Insight, maka website yang kamu miliki bisa lebih maksimal lagi.



Dewaweb Team

Share
Published by
Dewaweb Team
Tags: Google google pagespeed insight

Recent Posts

  • Content Marketing
  • Digital Marketing

Kamu Wajib Paham! Inilah Bedanya Copyright, Trademark, dan Patent

Copyright adalah hal penting dalam dunia bisnis yang harus diperhatikan agar bisnis berjalan lancar dan bisa mendapatkan keuntungan yang pantas.…

7 hours ago
  • Business
  • Online Business

Inilah Bedanya Investasi Saham dengan Trading Saham

Investasi menjadi kata yang sering didengar pada beberapa waktu terakhir hingga detik ini. Hal ini dikarenakan terbukanya jalan lebar di…

1 day ago
  • Digital Marketing
  • Tips & Tricks

Android vs iOS: Mana yang Lebih Sesuai dengan Kebutuhan Kamu?

Bidang smartphone telah cukup kacau selama dekade terakhir. Menyusul rilis iPhone asli pada tahun 2007, pasar menjadi berantakan. Banyak perusahaan…

2 days ago
  • News & Releases

3 Rekomendasi Anime Terbaik di 2019 yang Wajib Kamu Tonton

Tidak lengkap rasanya bila kamu menghabiskan tahun 2019 ini tanpa menyaksikan anime terbaik. Bagi pecinta anime, kamu patut berbahagia karena…

3 days ago
  • Content Marketing
  • Digital Marketing

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Mengedit Foto di Android dan IOS

Aplikasi untuk mengedit foto saat ini tidak hanya dibutuhkan bagi para penggiat fotografi. Kamu yang ingin mendapat banyak likes dan…

4 days ago
  • Digital Marketing
  • Email Marketing

Cara Membuat Signature di Gmail, Outlook, dan Yahoo

Keberadaan signature pada email akan membuat pesan Anda terlihat memiliki ciri tersendiri dan lebih terkesan profesional. Sayangnya, meski mafaatnya begitu…

5 days ago