cara menggunakan spamexperts featured image

Cara Menggunakan SpamExperts Dewaweb dengan Mudah

Ketika beraktivitas di internet, kamu pasti sering menggunakan email, baik untuk berkomunikasi dua arah dengan kerabat, mendapat informasi terkait produk langgananmu, atau bahkan mengirimkan email newsletter kepada pelanggan bisnismu. Agar sistem keamanan emailmu tidak lengah, kamu perlu memahami cara menggunakan SpamExperts yang telah disediakan di Dewaweb.

Mengingat email sering digunakan, tak jarang pengguna internet lebih memilih menggunakan penyedia email gratis (Gmail, Yahoo, dsb.). Padahal, penggunaan email dengan domain sendiri lebih terlihat profesional. Selain itu, ada banyak masalah lain yang mengancam email, seperti email spoofing, scamming, dan lainnya sehingga kamu perlu waspada dan siap melindungi email dari ancaman tersebut.

Untungnya, Dewaweb telah menyediakan layanan cloud hosting yang sudah digabung dengan fitur SpamExperts yang dapat mengamankan aktivitas email kamu dengan berlangganan minimal paket Warrior. Fitur ini hanya dapat digunakan pada domain utama akun hosting, jadi tidak bisa ditambahkan ke domain tambahanmu, ya!kam

SpamExperts

SpamExperts memiliki teknologi keamanan email yang dapat menyaring email masuk yang dianggap spam. Biasanya, SpamExperts menilai sebuah email dari beberapa kategori, sepeti subjek email yang tidak jelas, pengirim email yang tidak memiliki DomainKeys Identified Mail (DKIM), lampiran yang mengandung malware, dan beberapa faktor lain.

Cara Menggunakan SpamExperts

Pastikan kamu sudah menggunakan minimal paket Warrior, lalu cek pada menu Email Routing. Pastikan domainmu telah menggunakan Routing – Local Mail Exchanger, jika tidak, ubah ke Routing Local dan klik “Change”.

cara menggunakan spamexperts konfigurasi email

Ke menu Zone Editor – Manage, pilih filter MX, lalu ikuti records di bawah ini untuk dapat menggunakan fitur tersebut.

Asset Blog Dewaweb

 

Biasanya akan ada propagasi DNS hingga kamu harus menunggu beberapa menit sampai beberapa jam. Jika propagasi sudah selesai, kunjungi menu cPanel – SpamExpert dan klik Login pada domain yang dimaksud, tampilan di bawah ini adalah contoh interface dari SpamExpert.

cara menggunakan spamexperts interface spamexperts

Telusuri Email Masuk

Email-email yang masuk dapat kamu telusuri (track) dengan mengklik menu Incoming – Logs. Sesuaikan Query Rules dan klik Show Results untuk menampilkan hasilnya.

cara menggunakan spamexperts log search

Penjelasan Query Rules:

Timestamp – berdasarkan waktu.
Sender – berdasarkan akun email pengirim.
Recipient – berdasarkan akun email penerima.
Subject – berdasarkan judul atau subjek email.
Status – berdasarkan status email yang sudah disaring.

Asset Blog Dewaweb

Dari gambar di atas, klik pada tanda panah ke bawah ke kotak paling kiri lalu akan muncul pilihan action seperti di bawah ini.

cara menggunakan spamexperts action

Jika ada email yang statusnya ditolak (rejected) dan ingin tidak tersaring, maka pilih actionChange action for message like this”, kemudian atur sesuai keinginanmu dan klik “Save”.

cara menggunakan spamexperts add new custom email

Track Email Spam

Jika ingin melihat email spam yang masuk dan tersaring, kamu dapat mengecek dari menu Incoming – Spam Quarantine.

Asset Blog Dewaweb

Lalu, jika ingin menggunakan action pada email tersebut, klik tanda panah ke bawah dan pilih sesuai action yang diperlukan seperti di bawah ini.

cara menggunakan spamexperts actions list

Penjelasan action pada gambar di atas:

Remove from quarantine – melakukan penghapusan email dari list karantina.

Release from quarantine – melepas email yang dipilih dari list karantina untuk dipindahkan ke kotak masuk.

Release and train from quarantine – melepas email yang dipilih dari list karantina dan ditandai supaya tidak dikarantina lagi dari pengirim yang sama. 

Download quarantined message – unduh isi email yang dikarantina.

Simpulan

Usai memahami cara menggunakan SpamExperts, sekarang kamu dapat mengelola email-email yang masuk dengan lebih mudah. Perlu diingat, fitur SpamExperts hanya dapat digunakan khusus untuk email masuk. Namun, jika ingin mengamankan email yang kamu kirim, gunakan menu Track Delivery di cPanel.

Mengingat kamu sudah mengetahui cara menggunakan SpamExperts, kini kamu sudah tak perlu takut dengan email-email yang spam yang masuk, karena SpamExperts dapat membantumu mengatasi hal ini dengan mudah.

Kami sangat merekomendasikan fitur ini, terlebih jika bisnismu sangat bergantung pada aktivitas menggunakan email. Kamu juga dapat bertanya tentang fitur ini pada Ninja Support legendaris Dewaweb melalui tiket support dari dashboard klien Dewaweb, website, atau menelepon langsung ke helpdesk..

Fitur ini tak terbatas hanya bagi pengguna hosting, namun para pengguna Virtual Private Server (VPS) di Dewaweb juga bisa menggunakannya. Khusus bagi pengguna VPS, silakan hubungi sales kami untuk penawaran harga sesuai custom berapa domain yang ingin di-protect.

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!