Panduan Lengkap Cara Berjualan di Facebook untuk Pemula

Panduan Lengkap Cara Berjualan di Facebook untuk Pemula

Ingin bisnismu semakin berkembang pesat? Jualan di Facebook bisa jadi salah satu cara terbaik saat ini. Facebook adalah salah satu media sosial terbesar di dunia dengan cakupan demografis pengguna yang sangat luas. Menurut data, pengguna aktif Facebook di seluruh dunia pada awal tahun 2021 ini mencapai hingga 3 miliar.

Bagi pemilik usaha, peluang ini dapat dimanfaatkan untuk media promosi. Melakukan promosi di Facebook adalah salah satu cara ampuh mendatangkan customer dan meningkatkan penjualan.

Untuk memulainya, simak artikel berikut untuk tahu tips cara berjualan di Facebook dengan mudah. Baca terus ya!

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Berjualan di Facebook untuk Pemula

Facebook

1. Membuat Facebook Page

Membuat Facebook Page memungkinkan lebih dari 2 miliar orang di Facebook menemukan bisnismu. Maka dari itu kamu wajib membuat Facebook Page sebagai katalog digital bagi bisnis.

Halaman Facebook sangat penting dimiliki suatu brand ketika melakukan penjualan di Facebook. Pelanggan lebih  dimudahkan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang apa yang ditawarkan, sekaligus dapat langsung terhubung dengan bisnismu. Simak cara membuat Facebook Page berikut ini!

Mendaftar ke Facebook Page

Cara jualan online di Facebook dimulai dengan daftar Facebook Page untuk bisnis. Buka laman Facebook Page di browser dan pilih kategori page ‘Business or Brand’ dan klik ‘Get started’

Cara jualan di Facebook-Daftar FB Page

Cara jualan di Facebook-Isi page name

Isi nama page di kolom ‘Page Name’. Gunakanlah nama brand bisnis sebagai page name. Kemudian pilih kategori bisnis usahamu. Setelah memilih kategori, ada beberapa detail yang perlu dilengkapi mengenai usahamu, seperti alamat dan nomor telepon. Jika sudah selesai, klik ‘Continue’.

Melengkapi detail bisnis

Setelah membuat halaman Facebook untuk jualan, kamu perlu melengkapi informasi mengenai bisnismu di Facebook page. Hal ini penting agar calon pelanggan dapat dengan mudah melihat informasi lengkap tentang bisnismu. Untuk mengeditnya, klik ‘Settings’ kemudian pilih ‘Page Info’ dan lengkapi data-data yang diperlukan.

  • Description

    Cara jualan di Facebook-Lengkapi descriptionKolom description diisi untuk menjelaskan secara singkat tentang bisnis atau usahamu. Jelaskan secara profesional produk apa yang kamu tawarkan dengan penjelasan singkat ke dalam (maksimal) 255 karakter. Deskripsi ini nantinya akan muncul di hasil pencarian.

  • Categories

    Di kolom category, kamu dapat melihat beberapa kategori yang sudah kamu pilih di tahap sebelumnya. Di sini kamu bisa menambahkan kategori yang lebih spesifik untuk memudahkan Facebook menampilkan page-mu ke orang-orang yang tepat.

  • Contact

    Lengkapi informasi kontak bisnis untuk memudahkan pelanggan menghubunginya. Tambahkan nomor telepon, email atau website jika punya.

  • Jangan khawatir kalau bisnismu belum punya website. Kamu bisa buat website untuk bisnis atau usahamu dengan praktis tanpa ribet. Dewastore menyediakan website siap pakai dengan web hosting terbaik di Indonesia. Website aman, cepat dan tentunya bisa diandalkan!
  • Location

    Jika bisnismu memiliki toko fisik, lengkapi informasi mengenai lokasi di kolom ini. Hal ini dapat memudahkan calon pelanggan lokal untuk memesan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

  • Hours

    Info mengenai jam operasional bisnis juga bisa kamu cantumkan. Lebih baik jika kamu melengkapinya agar pelanggan mengetahui di hari dan jam mana saja tokomu aktif beroperasi. Info jam operasional akan tampil di search result.

Upload foto profil dan cover page

Cara jualan di facebook - Upload profile and cover photo

Salah satu yang tak kalah penting, tambahkan foto profil page juga cover page bisnis. Adanya gambar atau foto profil di Facebook page berpengaruh untuk kredibilitas bisnis. Menambahkan foto dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu.

Siapkan logo bisnis atau bisa juga foto toko (jika bisnismu memiliki offline store) untuk dipajang sebagai foto profil dan cover Facebook page bisnis.

Baca Juga: 10+ Website untuk Buat Desain Logo Online Terbaik

Buat username

Jangan lupa untuk membuat username page dengan nama yang sesuai dengan bisnismu. Username digunakan seperti URL agar orang-orang dapat menemukan page-mu di Facebook.

Buatlah username yang mudah diketik dan diingat. Apakah itu nama brand-mu atau (jika nama tersebut sudah diambil) kamu bisa kombinasikan dengan beberapa karakter yang masih mudah untuk dibaca.

Klik ‘Create page @username’ pada menu di sisi kiri home page. Kemudian isi username di kolom yang tersedia. Jika sudah selesai, klik ‘Create username’.

Tambahkan tombol CTA

Pilih CTA Button

Menambahkan tombol ajakan (CTA) pada page merupakan salah satu cara sukses jualan di Facebook. Tombol Call-To-Action yang tepat akan mendorong pengunjung untuk mencapai tujuan mereka, dengan memperoleh info lebih lanjut hingga memesan produk/jasa di tokomu.

2. Posting Konten yang Relevan dengan Bisnis

Membagikan konten di page adalah cara berjualan di Facebook yang bagus untuk memberi tahu para pelanggan tentang info terbaru bisnismu. Berikan pelanggan informasi update mengenai produk, jasa, event, giveaway ataupun promo agar menarik perhatian mereka.

Konten visual

Konten visual terbukti menggait pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan postingan yang berupa teks saja. Konten berbentuk visual lebih mudah dibagikan dan memiliki potensi untuk tersebar lebih luas.

Kamu bisa memposting mengenai info promo, detail produk ataupun review produk dalam bentuk gambar dan video. Pembaca akan lebih tertarik untuk melihat konten tersebut sehingga pesan dapat langsung tersampaikan.

Selain itu, kamu juga bisa membagikan postingan misalnya untuk ucapan perayaan hari besar dalam bentuk visual yang menawan. Begitu juga dengan info-info yang relevan dengan bisnismu ke dalam bentuk infografis yang unik.

Buatlah konten visual kreatif untuk mencerminkan nilai-nilai brand-mu yang selaras dengan audiens.

Baca Juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Testimoni pelanggan

Testimoni dari pelanggan juga dapat dijadikan sebagai konten. Ulasan mengenai produk yang kamu jual dapat menambah kepercayaan calon pembeli untuk bertransaksi di tokomu.

Banyak orang melihat ulasan terlebih dahulu sebelum membeli. Jadi, langkah ini tepat bagimu untuk menampilkan pengalaman positif yang dirasakan pelanggan terhadap bisnismu. Hal ini dapat digunakan untuk menggambarkan pelanggan yang menikmati produk atau layanan yang kamu tawarkan

Buat kontes atau giveaway

Membuat kontes atau (yang lebih familiar) giveaway adalah salah satu cara menarik perhatian pelanggan. Cara ini bisa dibilang ampuh untuk menambah follower, interaksi, dan bahkan meningkatkan penjualan. Sebelum mengadakan giveaway, pastikan kalau page sudah terisi dengan konten yang berkualitas.

Arahkan audiens untuk melakukan sebuah misi. Siapkan hadiah untuk pemenang, bisa dalam bentuk hadiah produk yang kamu jual atau saldo OVO/Gopay.

Tentukan syarat dan ketentuan untuk peserta yang berhak mengikuti giveaway tersebut (seperti like, comment, atau share ke feed/story akun peserta dengan caption menarik). Kemudian berikan info batas waktu berlangsungnya giveaway.

Posting info giveaway tersebut dalam bentuk visual, agar lebih mudah dibagikan ke pengguna lainnya. Kamu bisa boost postingan tersebut supaya lebih tersebar luas.

Baca Juga: 7 Strategi Content Marketing untuk Bisnis Anda

3. Beriklan dengan Facebook Ads

Cara sukses jualan di Facebook bisa dilakukan dengan beriklan. Ada fitur untuk mendukung bisnis yang disediakan Facebook, salah satunya Facebook Ads.

Layanan pembuat iklan dari Facebook ini mengizinkan penggunanya untuk menjangkau audiens lebih optimal sehingga mencapai tingkat konversi yang lebih tinggi.

Menentukan goal

Tentukan goal yang sesuai dengan tujuan. Goal dibagi menjadi tiga, yaitu Awareness, Consideration dan  Conversion. Masing-masing memiliki tujuan berbeda di proses menjalankannya.

Menentukan goal

Set pengaturan iklan

Audiens: Tentukan audiens yang ingin kamu targetkan untuk melihat iklanmu. Audiens bisa dipilih berdasarkan lokasi, usia, gender, demografi, bahasa, minat dan behavior.

Penempatan: Pilih di mana penempatan iklan yang ingin kamu tampilkan. Penempatan iklan bisa di feed, story, right column, atau video stream. Selain di Facebook, ads juga bisa ditampilkan di platform lain seperti Instagram, Messenger dan audience network.

Anggaran: Tentukan berapa budget untuk iklan. Budget bisa diatur berdasarkan batas budget harian atau lifetime. Untuk permulaan, sebaiknya pilih budget terendah terlebih dahulu.

Penjadwalan: Atur jadwal tayang iklan sesuai kebutuhan. Kamu bisa mengaturnya untuk memulai sekarang atau di tanggal tertentu.

Buat iklan

Tahap selanjutnya ialah pembuatan iklan. Pilih format iklan yang diinginkan, sesuai dengan aset konten yang dimiliki. Bentuk iklan bisa ditampilkan ke dalam format karosel, gambar tunggal, video tunggal atau tayangan slide (slideshow).

Cara membuat iklan di Facebook Ads selengkapnya bisa kamu baca di Cara Membuat Iklan di Facebook.

 

Atau jika kamu ingin cara yang lebih praktis, kamu bisa melakukan Boost Post pada konten atau postingan yang ingin dipromosikan. Caranya, buka Facebook Page, kemudian pilih konten yang ingin dipromosikan, dan klik ‘Boost Post’.

Simpulan

Sahabat Dewaweb, itu dia cara jualan di Facebook yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kesuksesan bisnis. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Dengan membuat Facebook Page, membagikan konten yang relevan dan menarik, serta mengoptimasinya dengan Facebook Ads, akan memikat banyak pengunjung dan niscaya meningkatkan penjualan bisnismu.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu. Baca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb untuk membantumu sukses secara online.