dewaweb-blog-gimana-cara-kecilin-ukuran-file-cara-mengkompres-file

Mungkin Anda pernah mencoba mengupload sebuah file ke website atau sebagai attachment di email Anda dan Anda mendapat pesan bahwa file Anda terlalu besar ukurannya. Lalu bagaimana caranya agar file Anda bisa diupload tanpa mengurangi kualitas? Jawabannya adalah file compression. Di artikel ini, kami akan membahas apa itu file compression dan bagaimana cara mengkompres file.

Apa itu File Compression?

File compression adalah sebuah proses dimana file-file Anda dijadikan satu paket atau dikecilkan ukurannya untuk mengurangi ukuran file. Software-software kompresi memperbolehkan Anda untuk mengambil banyak file dan menjadikan mereka satu di dalam sebuah file dimana ukuran file gabungan ini lebih kecil dibanding ukuran file originalnya.

Sebenarnya, file compression sendiri bisa memiliki beberapa artian. Yang paling simple adalah mengurangi ukuran sebuah file. Biasanya, ketika Anda ingin mengupload sebuah file, baik dalam bentuk gambar maupun dokumen seperti PDF, ada batas ukuran yang diperbolehkan oleh website. Rata-rata batasnya adalah 25MB. Jika lebih dari itu, Anda perlu mengurangi ukurannya.

Selain mengurangi ukuran file secara personal, file compression juga digunakan untuk mendeskripsikan proses dimana Anda menjadikan beberapa file menjadi satu file, biasa menjadi format ZIP atau RAR agar menjadi lebih praktis dan bisa dibagikan ke orang lain dengan mudah.

Baca juga: Brotli – Algoritma Kompresi Google Untuk Mempercepat Website

Kenapa kita membutuhkan file compression?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, file compression dibuat dengan tujuan untuk membuat penyimpanan data Anda lebih maksimal. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang keuntungan melakukan file compression.

Untuk membuat penyimpanan file dan backup file yang lebih efisien. Dengan file compression, Anda bisa menyimpan dan melakukan backup data dengan lebih cepat karena ukuran file yang lebih kecil.

  • Agar bisa diupload ke halaman web untuk didownload orang lain. Mungkin Anda pernah mencoba mengupload sebuah file ke website Anda dan gagal dikarenakan size yang terlalu besar. Size file yang lebih kecil akan mempermudah proses pengupload-an. Apalagi jika file ini nantinya akan di-download orang lain. Tentu kalau size file nya lebih kecil akan lebih mudah untuk diupload dan juga didownload.
  • Agar bisa di-attach di email. Selain website, layanan email juga biasa membatasi berapa besar file size yang bisa Anda upload. Misalnya, jika Anda menggunakan Gmail, Anda hanya bisa mengirim file sebesar 25MB. Lewat dari size itu, akan diupload ke Google Drive oleh Google. Agar file Anda bisa diupload sebagai attachment email, Anda memerlukan file dengan size kecil. Disinilah Anda membutuhkan file compression.

Nah, kalau Anda ingin tahu cara mengkompres file, lanjut baca artikelnya ya!

Cara Mengkompres File: Gambar

Jika file compression yang ingin Anda lakukan adalah untuk mengurangi ukuran sebuah file gambar, ada banyak website yang bisa Anda gunakan. Dengan ukuran gambar yang kecil, Anda sebenarnya juga mengoptimasi kecepatan website Anda, loh. Berikut ini adalah beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk mengkompres file gambar.

Tinyjpg & Tinypng 

Tinyjpg adalah salah website kompresi foto yang banyak digunakan untuk memperkecil ukuran file foto dengan format JPG/JPEG. Dengan tinyjpg, Anda bisa mengurangi ukuran file menjadi 60%-70% lebih kecil dengan kualitas yang tetap tinggi.

Kalau tinyjpg digunakan untuk foto dengan format JPG/JPEG, tinypng digunakan untuk memperkecil ukuran file foto dengan format PNG.  Sama dengan tinyjpg, Anda tidak perlu khawatir kualitas foto Anda akan berkurang karena meskipun website ini mengurangi ukuran file menjadi 60%-70% lebih kecil, kualitas foto akan tetap bagus.

Baik tinyjpg maupun tinypg memperbolehkan Anda untuk mengupload 20 foto dalam waktu yang bersamaan. Dalam sebulan, Anda bisa mengupload sampai 100 gambar untuk diperkecil ukurannya. Ukuran setiap file tidak bisa lebih dari 5MB. Setelah dikompres, Anda bisa mendownload gambar langsung ke komputer Anda atau menyimpannya di Dropbox. Bagi Anda pengguna WordPress dan Magento, tinyjpg dan tinypng juga tersedia dalam bentuk plugin dan extension sehingga Anda tidak perlu ke website mereka untuk mengkompres gambar.

Compressor.io

Compressor.io adalah salah satu tools kompres gambar yang tidak akan mengurangi kualitas gambar Anda tetapi bisa mengurangi ukuran file dengan maksimal. Tools ini bisa digunakan untuk mengoptimasi gambar dengan format JPEG, PNG, Gif, dan SVG. Dengan Compressor.io Anda bisa mengurangi ukuran file sampai dengan 90%. Sayangnya, jika Anda menggunakan Compressor.io, Anda tidak bisa mengupload beberapa file dalam waktu yang bersamaan, jadi Anda perlu mengkompres file satu per satu.

Cara Mengkompres File: File PDF

Salah satu jenis dokumen yang paling banyak dikompres adalah file dengan format PDF. Di luar sana ada banyak website yang menawarkan layanan ini. Berikut ini adalah beberapa website kompres PDF terbaik yang bisa Anda coba.

SmallPDF

SmallPDF adalah salah satu website yang paling sering digunakan untuk mengkompres file PDF. Anda hanya perlu mengupload file yang ingin Anda kompres dan mereka akan melakukan sisanya untuk Anda. Tidak hanya untuk mengkompres file PDF, SmallPDF juga menawarkan berbagai layanan seperti memisahkan dan menggabungkan PDF, konversi PDF ke berbagai format lainnya, serta mengedit sebuah file PDF.

Adobe Acrobat XI Pro

Bagi Anda yang sudah memiliki software Adobe Acrobat XI Pro di komputer atau laptop Anda, Anda bisa menggunakannya tidak hanya untuk membuka file PDF tapi juga mengkompres file. Anda hanya perlu memilih menu File > Save as Other > Reduced Size PDF. Lalu pada pilihan Make Compatible With pilih Retain Existing. Kemudian klik OK. Kemudian Anda tinggal menyimpan file ke komputer atau laptop Anda.  

PDF Compressor

Salah satu website yang juga terkenal dan banyak digunakan adalah PDF Compressor. Dengan website ini Anda bisa mengkompres file PDF Anda hingga 70%. Anda juga bisa langsung mengupload beberapa file di saat waktu yang bersamaan. Ini tentunya membantu Anda untuk menyimpan waktu. Tidak hanya kompres file, PDF Compressor jika bisa digunakan untuk mengkonversi file PDF menjadi format DOC, DOCX, Text, JPG, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa mengkonversi file dengan format lain menjadi PDF.

Dewaweb cashback 30%

Cara Mengkompresi File: Membuat File Zip

Tidak hanya memperkecil ukuran file gambar atau dokumen, kompres file juga bisa dilakukan dengan menggabungkan beberapa file menjadi satu file dengan format zip. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Cara mengkompres file untuk menjadi format zip sebenarnya cukup mudah. Anda bahkan tidak perlu menggunakan software untuk membuatnya.

Untuk Pengguna Windows

  • Buat sebuah folder berisikan seluruh file yang ingin Anda jadikan satu. Setelah itu, beri nama folder itu sesuai dengan nama file ZIP yang Anda inginkan.
  • Klik kanan pada folder tersebut. Pilih opsi Send to dan ini akan membuka sub menu baru. Pilih Compressed (zipped) folder pada submenu. Setelah ini, file zip Anda akan langsung dibuat oleh Windows.
  • Kalau file zip Anda memiliki banyak isi, Anda mungkin akan membutuhkan beberapa waktu untuk membuat file ini. Progress bar akan muncul dan setelah semuanya selesai, file zip akan muncul di lokasi yang sama dengan folder originalnya.

Untuk Pengguna Mac OS

  • Buat sebuah folder berisikan semua file yang ingin Anda jadikan file zip. Jangan lupa beri nama foldernya sesuai dengan nama yang ingin Anda berikan ke file zip.
  • Klik kanan pada folder tersebut dan pilih opsi Foldernya akan dikompres secara otomatis menjadi file zip. File zip-nya akan muncul di lokasi yang sama dengan folder orginalnya.

 Simpulan

Di artikel ini kami sudah membahas tentang cara mengkompres file. Dengan file compression, Anda sudah tidak perlu pusing lagi dengan ukuran-ukuran file, baik gambar maupun dokumen, yang terlalu besar dan mungkin menghambat pekerjaan Anda. Jika Anda mengetahui tools atau website kompresi file yang bagus,  jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar di bawah artikel ini. Semoga artikel ini membantu ya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia