9 Cara Jitu Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan Besar

9 Cara Jitu Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan Besar

Cara menjadi seorang blogger membutuhkan usaha yang tak mudah, bahkan tidak sedikit para blogger yang berhenti di tengah jalan dan pada akhirnya tidak melanjutkan tulisannya di blog. Sebetulnya ada banyak penyebab yang membuat para blogger pemula berhenti untuk menulis, salah satunya adalah kehilangan motivasi.

Ketika seorang blogger sedang berada di fase tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa perasaan jenuh dan bosan untuk menulislah yang cukup mendominasi. Apabila dipaksakan, hal ini bisa menyebabkan kualitas dan frekuensi tulisan semakin menurun.

Padahal jika blog tersebut ditekuni lebih serius, bukan tidak mungkin para blogger bisa mendapatkan penghasilan dan kesuksesan, seperti Sugeng Riyadi, Herman Yudiono, hingga Raditya Dika.

Nah, kamu ingin tahu bagaimana cara menjadi blogger sukses dan berpenghasilan besar seperti tokoh-tokoh di atas? Yuk, simak penjelasannya yang sudah Dewaweb rangkum untuk kamu.

Baca juga: Pengertian Blog, Manfaat, Jenis, Hingga Strukturnya [Lengkap]

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjadi Blogger?

Sebelum terjun membuat suatu blog, pastikan bahwa kamu telah mempersiapkan dengan matang apa saja tujuan, topik, serta platform blog apa yang nantinya akan digunakan. Selain itu, niat untuk konsisten jadi hal yang harus disiapkan oleh para blogger. Supaya lebih jelas untuk mempersiapkan diri menjadi blogger, berikut informasinya.

Menentukan topik dan tujuan blog

Hal yang dapat dipersiapkan pertama kali adalah topik dan tujuan untuk pembuatan blog. Sebetulnya, tujuan tersebut tergantung pada diri dari masing-masing blogger. Ada beberapa blogger yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan menulisnya, ada yang ingin mencari penghasilan, hingga ada yang hanya ingin menghabiskan waktu luang.

Baca Juga: 20+ Contoh Website dan Blog Pribadi Kreatif untuk Inspirasimu

Setelah menentukan tujuannya, jangan lupa untuk menentukan topik apa saja yang akan dibahas dalam blog kamu. Sebagai contoh, kamu ingin menjadi seorang food blogger, maka topik yang diisi sebaiknya didominasi tentang makanan-makanan. Untuk membantu kamu menentukan topik, berikut beberapa rekomendasi niche blog yang bisa diterapkan, yaitu:

  • Ekonomi
  • Kuliner
  • Parenting
  • Wisata & Tavel
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Game Online
  • Edukasi
  • Kesehatan
  • Otomotif

Gunakan domain dan hosting web terbaik

Persiapan selanjutnya adalah memilih domain dan hosting web terbaik untuk blog kamu. Sebagai informasi, domain adalah sebuah alamat yang telah ditunjuk untuk mewakili sebuah website, sementara hosting adalah tempat penyimpanan seluruh file yang dibutuhkan oleh sebuah website.

Karena memiliki pengaruh yang penting untuk kesuksesan blog kamu, baiknya untuk memilih domain dan hosting web terbaik yang menyediakan berbagai macam fitur menguntungkan. Dengan begitu, blog yang ingin kamu kembangkan memiliki kualitas yang terbaik dan terpercaya.

Baca juga: Apa Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

Pilih platform blog yang sesuai

Persiapan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memilih platform blog. Kini, terdapat banyak pilihan platform blog yang tersedia untuk blogger pemula, mulai dari Blogger, WordPress, Medium, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa kamu tidak memilih platform yang nantinya menghambat perkembangan blog.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Blog Sendiri dari Nol Sampai Jadi! [Update 2022]

Cara Jitu Menjadi Blogger Sukses

Setelah mempersiapkan diri menjadi seorang blogger dengan menentukan tujuan, memilih domain dan hosting terbaik, hingga menggunakan CMS (Content Management System) yang tepat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara menjadi blogger yang sukses di bawah ini.

Melatih Skill Menulis

Melatih skill menulis adalah salah satu cara menjadi blogger sukses. Keahlian menulis menjadi penentu apakah artikel atau tulisan yang kamu unggah di blog merupakan produk yang berkualitas atau tidak.

Oleh karena itu, jangan berhenti untuk terus melatih skill menulis yang dimiliki dengan berbagai macam kegiatan. Ingin tau kegiatan apa saja yang bisa kamu ikuti untuk melatih skill menulis? Berikut informasi singkatnya.

  • Membaca buku yang bisa membuat kamu menambah banyak pengetahuan tentang kosa kata, susunan penulisan yang benar, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Menulis ide untuk suatu tulisan atau artikel ketika muncul suatu inspirasi, karena biar bagaimanapun ide sering muncul kapan saja
  • Jika kamu hanya ingin fokus menulis pada satu topik saja, pastikan bahwa topik tersebut merupakan hal-hal yang disukai. Sebagai contoh, kamu orang yang senang mengulas makanan-makanan di berbagai tempat, maka kamu bisa fokus menjadi food blogger.
  • Membaca ulang setiap tulisan untuk mengetahui apakah ada kesalahan-kesalahan di dalam artikel tersebut agar kamu bisa terus mengembangkan dan memperbaharui struktur tulisan yang dibuat.

Mempelajari Hal Baru

Sebagai seorang blogger, mempelajari hal yang baru setiap harinya merupakan aktivitas yang tanpa disadari dapat berpengaruh untuk perkembangan serta kualitas blog yang kamu miliki.

Karena biar bagaimanapun, blog merupakan website yang dijalankan secara pribadi atau individu, maka itu sebaiknya penuhilah pengetahuan kamu dengan hal-hal baru, mulai dari mempelajari tentang SEO (Search Engine Optimization), mengedit cover foto, mempelajari keamanan dari suatu blog, dan lain sebagainya.

Belajar Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi jadi hal penting yang harus dimiliki oleh para blogger, itu sebabnya jangan lupa untuk terus mengaktifkan kolom komentar di setiap tulisan atau artikel yang kamu susun.

Adanya sikap ini, secara tidak langsung bisa membuat kamu meningkatkan kualitas artikel, sekaligus membangun komunikasi dengan audiens. Berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk membangun komunikasi, yakni:

  • Membalas komentar yang ditulis oleh audiens, baik tentang pujian maupun kritikan.
  • Menggunakan bahasa yang sederhana dan sopan ketika berkomunikasi dengan audiens.
  • Menyediakan kotak saran yang bisa ditulis oleh audiens untuk menyampaikan saran.

Baca juga: Perbedaan Website Statis dan Website Dinamis Beserta Contohnya

Membangun Network

Cara sukses menjadi blogger selanjutnya adalah membangun network, baik dengan audiens maupun sesama blog yang lainnya. Mengapa demikian?

Karena kegiatan ini secara tidak langsung dapat menjadi upaya untuk kamu mengembangkan blog yang dimiliki kepada orang lain. Salah satu cara yang umumnya dilakukan untuk membangun network adalah bergabung dengan komunitas, berkolaborasi, dan lainnya.

Konsisten dan Produktif

Sikap yang konsisten dan ingin produktif menulis sebuah artikel atau tulisan di blog jadi hal penting yang harus ada di dalam diri seorang blogger. Memang bagi blogger pemula, kondisi ini bukan sesuatu yang mudah, terlebih jika blog milik kamu jarang dikunjungi. Itu sebabnya kamu harus tetap produktif untuk bisa mengembalikan semangat untuk menulis artikel di blog.

Promosikan Blog

Sebagai blogger pemula, memang sebaiknya kamu melakukan berbagai macam promosi blog melalui berbagai media sosial yang dimiliki, seperti Instagram hingga Twitter. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk bisa mengenalkan blog yang kamu miliki ke khalayak luas. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan motivasi yang tinggi untuk menulis di suatu artikel.

Baca Juga: 15 Jenis Blog Paling Laris yang Dapat Menghasilkan Uang

Hindari Kesalahan Blogger Pemula

Cara jitu menjadi blogger yang selanjutnya adalah menghindari kesalahan blogger pemula. Beberapa kesalahan yang dapat ditemui adalah melanggar hak cipta dengan mengambil artikel atau gambar milik media lain, menggunakan layanan hosting yang tidak tepat, mengabaikan SEO yang penting untuk menumbuhkan blog, dan lain sebaiknya.

Pelajari dan Terapkan SEO

Menerapkan SEO pada website adalah salah satu cara jitu menjadi blogger yang sukses. SEO adalah teknik yang dilakukan untuk mengoptimasi website agar mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian Google. Jika teknik SEO ini dilakukan dengan tepat, akan meningkatkan jumlah pengunjung dari blog kamu. Adapun beberapa indikator utama untuk mengoptimalkan suatu blog, di antaranya:

  • Struktur URL
  • Penggunaan SSL/TLS
  • Menentukan topik konten
  • Menentukan search internet
  • Membuat struktur konten
  • Menambahkan meta tags
  • Menambahkan backlink
  • Mengoptimalkan kecepatan website

Baca juga: 10 Cara Optimasi SEO On-Page untuk Tingkatkan Trafik Website

Bangun Audiens Blog

Cara menjadi blogger sukses selanjutnya adalah bangun audiens blog kamu. Membangun audiens blog jadi hal penting yang dapat dilakukan untuk menambahkan jumlah pengunjung di blog. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membangun audiens blog bisa dilakukan dengan menjaga dan mempertahankan hubungan komunikasi, salah satunya dengan membalas komentar audiens.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Salah satu tujuan seseorang menulis di blog yakni untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan beberapa blog yang sudah ternama dapat mendapatkan uang dengan berbagai cara, seperti Google Adsense, endorsement, dan lain sebagainya. Berikut cara mendapatkan uang dari blog yang bisa kamu ikuti nantinya.

Google Adsense

Google Adsense adalah cara gratis dan mudah untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan di samping konten online. Dengan adanya Adsense di setiap blog, maka pemilik blog bisa mendapatkan penghasilan dari si pengiklan.

Afiliasi

Afiliasi adalah bentuk kepemilikan yang secara tidak langsung maupun secara langsung bisa mengendalikan sebuah entitas. Nantinya, akan lebih baik jika blog yang memang diperuntukkan untuk afiliasi sudah memiliki traffic atau visitor terlebih dahulu.

Endorse

Endorse adalah teknik promosi yang digunakan untuk mendukung produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, endorse adalah suatu produk yang muncul dalam iklan dan konsumen menyukainya. Di dalam blog, endorse yang dilakukan yakni dengan mempromosikannya dengan artikel.

Jualan Produk

Selain Google Adsense, afiliasi, hingga endorse, blogger juga mendapatkan uang dengan menjual beberapa produk. Biasanya, produk tersebut dijual dengan menghubungkan blog yang kemudian terhubung melalui e-commerce.

Menawarkan Jasa

Blog juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menawarkan jasa, seperti tempat les online, tempat pelatihan, dan lain sebagainya. Mendapatkan penghasilan dari penawaran jasa ini bisa menguntungkan para blogger.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Website Pertamamu (Tanpa Koding!)

Siap Sukses Menjadi Blogger?

Meski ada berbagai cara menjadi blogger, tidak bisa dipungkiri bahwa proses yang dilalui membutuhkan proses dan tidak instan. Mulai dari mempersiapkan tujuan dan topik dari blog tersebut, menentukan domain dan hosting terbaik, serta mencari platform blog.

Apabila kamu berhasil membuat blog menjadi lebih besar dan sukses, bukan tidak mungkin kamu mendapatkan penghasilan dari blog tersebut, loh. Penghasilan tersebut bisa berasal dari Google Ads, endorse, afiliasi, dan lain sebagainya.

Tertarik menjadi blogger yang sukses? Jangan lupa untuk menggunakan layanan domain dan hosting terbaik dari Dewaweb yang bisa buat blog kamu cepat, aman, dan bisa diandalkan untuk segala keperluan. Salam sukses online!