9+ Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

9+ Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

Cara menulis artikel SEO friendly dan berkualitas penting dikuasai oleh para content writer. Artikel SEO friendly adalah konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari seperti Google, agar konten tersebut lebih mudah ditemukan oleh pembaca yang mencari informasi terkait.

Artikel SEO friendly penting bagi sebuah website, terutama website bisnis. Karena mampu meningkatkan brand awareness sehingga dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

Seperti yang dilansir pada web Metric Marketing, SEO dapat mendorong lalu lintas, mempromosikan merek, terlibat dengan pelanggan, dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Dengan kata lain, SEO tidak hanya membantu website kamu muncul di hasil pencarian, tetapi juga membangun kepercayaan dan kehadiran brand yang kuat secara online. Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly. Kamu tidak perlu khawatir, karena artikel Dewaweb kali ini akan memandu kamu dan memberikan tips menulis yang bermanfaat!

9+ Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

Menulis artikel SEO friendly sangatlah penting agar mudah ditemukan pembaca dan menunjang pemahaman mereka. Maka dari itu, ikuti beberapa cara menulis artikel yang SEO friendly berikut ini.

1. Riset kata kunci

Langkah pertama adalah riset kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu. Selain relevan dengan niche blog atau brand kamu, perhatikan juga volume pencariannya.

keyword tool gratis semrush keyword overview search results

Semakin tinggi volume pencarian artinya banyak pengguna yang mencari kata kunci tersebut. Jika menggunakan kata kunci ini maka web kamu berpeluang untuk menarik pembaca, tapi kekurangannya biasanya memiliki banyak pesaing.

Sedangkan volume pencarian rendah memungkinkan web kamu untuk memenangkan peringkat di Google, namun kekurangannya belum banyak pembaca yang mencari kata kunci tersebut.

Untuk meriset kata kunci, kamu dapat menggunakan beberapa keyword tools gratis maupun berbayar, seperti:

2. Pahami search intent

Search intent adalah informasi yang ingin didapatkan pengguna ketika mencari kata kunci tertentu pada mesin pencari. Adapun beberapa jenis search intent di antaranya:

  • Informational: Pengguna mencari informasi tentang sesuatu bisa berupa definisi, tips, tutorial, dsb. Biasanya, query yang diketikkan seperti ‘cara membuat daftar isi’ atau ‘apa itu hosting’.
  • Navigational: Pengguna ingin menemukan halaman website tertentu. Contoh query untuk intent navigasi seperti ‘Facebook login’ atau ‘ubah pdf ke word’ dan sebagainya.
  • Transactional: Pengguna ingin membeli produk, melakukan pendaftaran (sign up), atau mengunduh sesuatu. Contoh query-nya seperti ‘cara membeli hosting’.
  • Commercial: Pengguna sedang meriset sebelum melakukan proses pembelian. Biasanya, pengguna sedang melakukan komparasi beberapa produk sehingga query-nya sepert ‘mobil listrik terbaik 2024’ atau ‘iphone 15 review’.

Memahami search intent penting untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan sesuai dengan maksud yang dicari oleh pembaca. Semakin relevan konten halamanmu terhadap search intent, maka pengunjung website tentu akan betah berlama-lama membaca konten tersebut. Ini akan dinilai baik oleh Google sehingga memungkinkan halaman website milikmu berada di ranking teratas SERP.

3. Gunakan struktur heading

Heading adalah judul dan sub judul pada artikel yang menggambarkan garis besar informasi. Penggunaan heading yang tepat dapat membuat artikel kamu menjadi lebih SEO friendly. 

Sebab, hal ini akan memudahkan pembaca yang seringkali melakukan scanning artikel sebelum membacanya. Namun, tidak hanya pembaca yang melakukan hal itu, mesin pencari seperti Google juga akan membaca bagaimana struktur heading yang digunakan.

cara menulis artikel seo contoh heading

Dari beberapa artikel yang menempati peringkat tinggi di Google, mereka memiliki struktur heading yang jelas. Beberapa tips penggunaan heading diantaranya seperti di bawah ini.

  • Gunakan H1 untuk judul utama artikel dan masukkan kata kunci di sana.
  • Gunakan H2 untuk sub-judul topik pembahasan, kamu juga bisa menyisipkan kata kunci.
  • Gunakan H3, H4, dst jika penjelasan semakin detail.
  • Urutkan secara logis, H2 dijelaskan di H3, jangan langsung loncat ke H4.
  • Hindari terlalu banyak sub-heading (H4 ke bawah) agar tidak rumit.

4. Perhatikan struktur artikel

Struktur artikel yang baik dapat memudahkan pembaca dalam memahami konten kamu. Ketika pembaca dapat memahami konten dengan mudah, maka informasi  juga akan tersampaikan secara tepat. 

Selain itu, penulisan struktur yang runtut juga memudahkan kamu dalam proses penulisan artikel. Secara umum, struktur artikel dibagi menjadi 3 bagian diantaranya sebagai berikut.

  • Pembuka/prolog: bagian awal yang menjelaskan latar belakang dan tujuan ditulisnya artikel tersebut. Pembuka berfungsi untuk “membuka” topik dan menarik minat pembaca untuk membaca isi sampai selesai.
  • Isi: berisi penjelasan rinci tentang topik utama artikel. Isi biasanya lebih panjang dan dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian atau poin-poin untuk membahas masing-masing aspek.
  • Kesimpulan/epilog: berisi rangkuman singkat inti pembahasan atau poin-poin penting yang dapat diambil dari artikel tersebut.

Untuk memudahkannya, kamu bisa mulai dengan membuat outline yang berisi garis besar setiap bagian dalam beberapa kalimat singkat. Kemudian kembangkan menjadi penjelasan lengkap yang saling terkait untuk setiap bagian. Struktur yang jelas dan runtut juga membantu mesin pencari dalam memahami dan mengindeks konten dengan lebih baik.

5. Perhatikan penempatan kata kunci

Menempatkan kata kunci yang tepat juga menjadi salah satu faktor dalam pembuatan artikel yang SEO friendly. Karena posisi kata kunci menentukan seberapa mudah mesin pencari seperti Google dalam mengenali topik dan inti konten artikel kamu. 

Beberapa tips penempatan kata kunci agar mudah dikenali Google yaitu sebagai berikut.

  • Letakkan kata kunci utama pada judul/heading 1 
  • Masukkan kata kunci di awal paragraf pembuka untuk menunjukkan topik utama.
  • Sisipkan kata kunci di isi artikel senatural mungkin dan tidak berlebihan karena akan dianggap spam oleh Google.
  • Sisipkan lagi kata kunci di bagian penutup artikel.
  • Masukkan juga sub keyword agar kata kunci lebih bervariasi.

6. Buat panjang artikel sewajarnya

Panjang artikel yang optimal memang menjadi perhatian dalam menulis konten yang ramah SEO. Namun, yang lebih penting adalah mengutamakan kualitas dan kelengkapan isi sesuai kebutuhan pembaca.

Yoast, salah satu plugin SEO WordPress populer, menyarankan panjang artikel minimal 300 kata agar Google bisa memahami topiknya dengan baik. Meski begitu, rata-rata panjang artikel yang disarankan adalah 1.000-2.500 kata. Pertama, artikel yang panjang cenderung memiliki penjelasan lebih lengkap sehingga memberikan nilai manfaat lebih besar bagi pembaca.

Kedua, artikel panjang yang SEO-friendly biasanya memiliki banyak elemen pendukung seperti heading, gambar, atau link. Elemen-elemen ini memberi ruang untuk memasukkan kata kunci secara lebih natural sehingga meningkatkan optimasi SEO secara keseluruhan.

Dalam pembuatannya, jelaskan informasi langsung pada intinya, tidak bertele-tele dan berputar-putar. Hindari kesalahan penulisan seperti typo atau salah ejaan yang dapat memberikan citra kurang professional. Berikan informasi yang valid dengan melakukan riset dari sumber-sumber terpercaya.

7. Tambahkan gambar yang relevan

Dalam menulis artikel yang SEO friendly, jangan hanya berfokus pada teks saja, gambar juga dapat membuat artikel terlihat lebih menarik secara visual, serta membantu menjelaskan isi artikel dengan lebih baik. Namun, untuk memaksimalkan potensi SEO dari gambar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Gunakan gambar yang relevan dengan topik artikel. Gambar yang tidak berhubungan dapat membingungkan pembaca dan dianggap spam oleh mesin pencari.
  2. Berikan nama file gambar yang deskriptif dan mengandung kata kunci utama (contoh. seo-writing-tips.jpg). Hal ini membantu mesin pencari mengindeks gambar dengan lebih baik.
  3. Manfaatkan ALT text dengan menuliskan deskripsi singkat padat mengenai gambar. Masukkan juga kata kunci di sini jika relevan.
  4. Optimalkan ukuran gambar agar tidak terlalu besar dan sehingga dapat meningkatkan kecepatan website.
  5. Jika menggunakan gambar dari sumber lain, cantumkan sumbernya untuk menghindari pelanggaran hak cipta. Namun, gambar original sendiri lebih diutamakan.

8. Tambahkan internal link

Internal link atau tautan ke halaman lain dalam website memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan SEO dan pengalaman membaca. Beberapa diantaranya seperti membantu pembaca menemukan informasi terkait lebih lanjut di website kamu secara lebih mudah. Sehingga hal ini mencegah mereka pergi ke website lain dan meningkatkan waktu membaca di situs kamu.

Serta memperkuat struktur internal website dengan menghubungkan konten-konten terkait. Google menggunakan struktur ini untuk lebih mudah mengindeks dan memahami hirarki konten.

Untuk menambahkan internal link, ikuti tips berikut.

  1. Identifikasi kata pada artikel yang terkait dengan topik lain di website kamu. 
  2. Sisipkan link kata tersebut ke artikel relevan di situs secara alami dalam konteks kalimat.
  3. Sertakan tautan ke halaman utama seperti beranda, kontak, atau layanan jika relevan.
  4. Gunakan anchor text yang deskriptif untuk memberi petunjuk mengenai halaman yang dituju.

9. Buat judul dan deskripsi meta yang menarik

Judul dan deskripsi meta adalah elemen yang muncul di hasil pencarian Google, sehingga kualitasnya sangat penting untuk menarik perhatian calon pembaca.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan judul yaitu sebagai berikut.

  • Buat judul yang menarik dan mampu membangkitkan rasa ingin tahu pembaca
  • Mengandung kata kunci utama
  • Tidak clickbait
  • Dibatasi maksimal 60 karakter agar tidak terpotong
  • Jika mengandung angka, gunakanlah angka ganjil

Sementara itu, deskripsi meta adalah ringkasan singkat konten yang membantu mesin pencari memahami isi artikel. Pastikan kamu menyisipkan kata kunci utama secara natural. Kemudian buat maksimal 160 karakter agar tidak terpotong dan diganti oleh search engine.

contoh meta description

10. Perbarui artikel secara berkala

Memperbarui artikel secara berkala sangat penting untuk menjaga relevansi dan performa SEO. Sebaiknya lakukan pembaruan setiap 6-12 bulan, atau secara kondisional jika.

  • Ada pembaruan informasi atau data terbaru untuk topik tersebut
  • Terjadi perubahan kebijakan yang berpengaruh
  • Mengalami penurunan traffic yang drastis
  • Mendapat feedback dari pembaca untuk perbaikan konten

Dalam memperbarui artikel, periksa dan perbaiki informasi yang sudah usang atau tidak akurat. Kemudian tambahkan data/insight terbaru yang relevan. Terakhir, optimalkan kembali elemen SEO seperti kata kunci dan gambar. Hal ini sangat penting dilakukan terutama bagi website yang jenis artikelnya bukan konten evergreen.

Yuk Mulai Buat Artikelmu Lebih SEO Friendly!

Menulis artikel yang SEO friendly memang membutuhkan waktu dan usaha yang lebih. Namun, hasilnya akan sepadan dengan peningkatan performa SEO website dan trafik yang lebih banyak. Dengan menerapkan tips-tips di atas seperti melakukan riset keyword memahami search intent, mengoptimalkan heading dan struktur artikel, dan yang lainnya dapat membuat situsmu lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Agar lebih mudah memonitor dan terus meningkatkan upaya SEO website, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai SEO tools gratis yang tersedia seperti Google Search Console, Google Analytics, Ubersuggest, dan lainnya. Tools tersebut akan memudahkan kamu mengidentifikasi peluang optimasi SEO berdasarkan kinerja website.

Tips di atas dapat bekerja lebih optimal jika kamu menggunakan layanan hosting andal seperti hosting Dewaweb. Dengan berbagai fitur unggulannya dapat membantu mempercepat load website dan meningkatkan skor SEO website kamu. Sekarang tunggu apa lagi? Yuk, mulai implementasikan cara menulis artikel SEO friendly ini mulai dari sekarang.

Jika kamu butuh diskusi lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat judul artikel yang menarik, cara meningkatkan ranking website, dan seputar SEO, kamu bisa bergabung dalam Grup Telegram DailySEO. Supaya lebih maksimal, kamu juga bisa membaca informasi terkini seputar SEO di halaman DailySEO.

Asset Blog Dewaweb
Aorinka Anendya

Gemar menulis tentang teknologi, bisnis, digital marketing, dan banyak topik lain. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.