Cara Menulis di Blog dan Tips Menarik Pembaca ke Blog Kamu

Cara Menulis di Blog dan Tips Menarik Pembaca ke Blog Kamu

Blog adalah sebuah jurnal online yang sering di-update, bahkan setiap hari. Blog ibarat cara untuk mengetahui kabar tentang teman atau anggota keluarga tanpa perlu menghubungi mereka lewat telepon. Terkadang para blogger pemula masih kesulitan untuk mendapatkan pembaca/pengunjung setia blog mereka. Bila kamu membutuhkan tips untuk menarik pengunjung blog, kamu ada di artikel yang tepat. Kali ini Dewaweb akan berbagi informasi tentang panduan dasar cara menulis di sebuah blog.

Mengetahui tips dan cara menulis di blog yang benar dapat meningkatkan pengunjung website-mu. Yuk simak panduan berikut ini!

Baca Juga: 9 Cara Jitu Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan Besar

Cara Menulis di Blog

Menulis di blog butuh ketekunan, tidak ada blog yang secara instan mendapat banyak pengunjung dan pembaca setia.  Berikut ini beberapa cara untuk menulis di blog yang bisa kamu terapkan:

Mengembangkan gaya penulisan

Kebanyakan orang tidak sering menulis di kehidupan sehari-hari atau bahkan memiliki buku harian. Menulis tentang diri sendiri bukan hal yang mudah, dan kamu akan dapati diri sendiri membeku di depan layar komputer tanpa tahu harus menulis apa.

Bila ingin memiliki gaya penulisan yang menarik, kamu perlu banyak membaca. Bacalah novel, blog, majalah, dan sebagainya, untuk memperoleh inspirasi tentang cara manulis artikel sendiri. Kamu bisa belajar bagaimana orang lain membentuk kalimat dan membangun paragraf. Kamu juga akan belajar tentang cara menggunakan lelucon dan bermain dengan bahasa. Banyak membaca juga membuat kamu peka tentang apa yang membuat sebuah teks enak dibaca.

Kebanyakan teks dalam web tidak bersifat formal. Blogging bisa menggunakan gaya informal. Meski tidak semua blog sama dan tidak semua blogger serupa. Ada blog yang menulis dengan cara formal, begitu juga sebaliknya. Pilih yang sesuai dengan audiensmu. Tentukan gaya yang cocok untukmu dan blogmu.

Agar teks menarik untuk pembaca, kamu perlu memvariasikannya. Coba variasikan kalimat panjang dengan kalimat pendek. Hindari kalimat panjang berturut-turut. Membaca melalui layar komputer atau layar handphone akan terasa lebih sulit, dan kalimat-kalimat panjang yang rumit membuat membaca jadi lebih sulit lagi.

Perhatikan cara kalimat-kalimat disusun. Coba ganti urutan kata. Jangan lupa coba gunakan sinonim bila kamu terlalu sering menggunakan sebuah kata. Beberapa orang sangat sering menggukana kata “dan” atau “juga”. Kamu bisa memvariasikannya dengan “begitu juga”atau kata lain yang sesuai agar teks jadi lebih menarik.

Berikut beberapa saran yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan gaya penulisan pada blog:

  • Menulislah dengan cara seperti kamu berbicara. Hindari jargon dan istilah rumit. Bila tulisan terkesan tidak alami, coba pikirkan bila kamu menyampaikannya pada teman dengan berbicara padanya, bukan melalui tulisan.
  • Tulis blog seolah berbicara dengan teman atau anggota keluarga tertentu. Menentukan seseorang yang kenal baik dan siapa yang mungkin membaca blog akan membantumu rileks dalam gaya penulisan. Itu sebabnya kebanyakan orang sering memulai postingan blog dengan kata “Dear diary.” Tujuannya untuk membuat tulisan sebagai cerminan diri sendiri dan bukan sebagai tulisan yang sangat resmi.
  • Perhatikan audiens, misalnya bila kamu menulis hanya untuk teman dekat dan keluarga. Bila blog yang kamu buat untuk menarik pembaca lebih luas, kamu perlu membuat referensi atau glossary untuk membantu pembaca baru mengikuti alur tulisanmu.
  • Luangkan waktu mengunjungi blog lain yang akan mirip seperti niche blog kamu. Baca satu atau dua blog selama beberapa minggu dan perhatikan beberapa hal seperti panjang postingan, frekuensi postingan, gaya penulisan, dan materi subjeknya. Kamu bisa peroleh ide baru di blog sendiri dengan melihat apa yang terasa menarik pada blog orang lain.

Konsisten update blog

Salah satu cara menulis blog yang menarik banyak pembaca adalah sering melakukan pembaruan blog. Ketika mulai menulis di blog, kamu juga harus bersiap menghabiskan waktu mengerjakannya setiap hari. Bagi kebanyakan orang, perlu disiplin untuk menulis.

Mulailah dengan memperhatikan bagian hidup yang paling menarik, serta hal yang menurut teman dan keluarga juga menarik. Jangan takut menulis tentang aktifitas sehari-hari, seperti membayar tiket parkir dan memperbaiki mobil, tapi jangan lupa bicara tentang apa yang kamu pikirkan dan rasakan. Semua area ini memungkinkanmu untuk update di blog.

Bila akan bekerja sama dengan beberapa orang dalam satu blog, bicarakan seberapa sering tiap orang memposting agar bisa fokus pada blogmu. Tentukan melakukan update blog mingguan, dua mingguan, atau bulanan, coba konsisten tentang kapan menambahkan postingan baru agar pembaca tahu kapan memperolehnya.

Baca Juga: Cara Monetisasi Blog, 11 Tips Sukses Dapat Uang dari Blog [Terbaru]

Buat jadwal posting blog

Cara menulis blog selanjutnya adalah membuat jadwal posting. Bila kamu ingin menghasilkan uang dari blog, kamu perlu secara konsisten membuat orang datang ke blog dan membaca kontennya. Konten yang diupdate harus baru dan segar. Pembaca tidak akan melihat hits tertinggi dari blog, tapi mereka ingin konten yang baru.

Bukan hanya pembaca yang menyukasi konsistensi, mesin pencari Google juga demikian. Kamu tentu ingin berpihak pada mesin pencari karenanya, kamu perlu memposting secara teratur. Semakin banyak postingan, akan semakin baik.

Ada banyak software penjadwalan yang bisa membantumu memastikan tidak melewatkan satu postingan. Sehingga memberimu keleluasaan untuk menjadwalkan postingan pada tanggal dan waktu tertentu. Jadi tidak ada alasan untuk tidak posting secara teratur.

Tips agar Blog Menarik untuk Dibaca

Berikut ini beberapa tips yang membantu menarik pembaca untuk mengunjungi blog-mu. Simak di bawah ini!

Perhatikan kualitas konten 

Tak peduli berapa banyak mata tertuju ke blog, pembaca potensial jangka panjang akan hilang bila kamu kekurangan konten yang berkualitas. Selalu gunakan konten berkualitas, baik berupa gambar, tulisan, atau ilustrasi.

Ketika menulis, lakukan editing berulang kali hingga merasa kerjamu sudah sempurna, sudah dipercantik, dan dipresentasikan dengan cara yang sangat manis. Konten berkualitas tak akan lekang oleh waktu dan berkesan.

Ukur diri terhadap para kompetitor. Bila kamu melihat sesuatu yang unik dan orisinil yang kompetitor miliki dan mendapat feedback bagus, kamu bisa lakukan hal sama tapi dengan cara yang jauh lebih baik. Blogger dan pengusaha secara konstan mengulangi ide bagus lain dan menyulingnya hingga tercipta produk yang sempurna. Lakukan hal yang sama pada konten blog untuk membuatnya menarik bagi pembaca dan membuat mereka betah di blogmu.

Baca Juga: Mengenal Struktur Navigasi Web, Jenis-Jenis, dan Tips Membuatnya

Ajak pembaca memberi komentar

Aspek penting dari blog adalah bagian tulisan blogger serta komentar dari pembaca. Ketika mengunjungi sebuah blog, kamu akan menemukan link komentar di bawah teks dari tiap postingan blog. Meng-klik link tersebut membuatmu bisa membaca komentar dari orang lain dan mengirim komentar sendiri. Biasanya blogger membuat komentar mereka sendiri di postingan, tapi kadang blogger menambahkan respon ke bagian komentar karena ini jadi cara lebih langsung untuk membalas komentar seseorang.

Tidak semua blogger memasang feature komentar, tapi bila kamu ingin membangun dialog dengan pembaca, feature komentar jadi cara paling baik.  Feature komentar juga jadi cara mudah untuk melibatkan pembaca dan mendapat feedback tentang apa yang kamu lakukan pada blog.

Bila memasang feature komentar pada blog, pastikan untuk selalu membacanya. Feature ini membuat orang lain bisa menambahkan komentar ke blog dan kamu mungkin tidak selalu suka dengan apa yang mereka katakan. Misalnya kadang spammer melakukan teknik marketing yang tidak diinginkan di blog. Tapi software blogging bisa menghilangkan komentar yang tidak diinginkan dengan lebih mudah.

Menambahkan Google Analytics

Menambahkan Google Analytics ke blog akan membantu memahami lebih banyak tentang traffic situs kamu. Analytics bisa memberitahumu ketika situs menerima traffic paling banyak, seberapa sering orang mengunjunginya, berapa lama waktu yang mereka habiskan di web, dan kemungkinan mereka pergi dari website bila kontenmu tidak cukup menarik.

Mempelajari berbagai metrik ini akan membantumu menghias blog menjadi format yang menarik yang membuat pembaca betah untuk waktu lebih lama. Kamu juga perlu memonitor analytics untuk menemukan siapa yang membuat tautan ke blog, dan dimana kebanyakan traffic-mu berasal. Misalnya, kamu bisa ketahui kalau kebanyakan audiens datang dari Twitter. Dengan begitu, kamu bisa membuat notifikasi untuk para follower di Twitter tiap kali menerbitkan blog post baru untuk memanfaatkan sumber traffic ini.

Baca Juga: 10 Platform Blog dan Panduan Memilih Platform Blogging Terbaik

Bangun audiens dari komunitas online

Dengan asumsi blog memiliki niche spesifik, kamu lebih mungkin mendapat pengikut setia dengan networking bersama mereka yang memiliki minat serupa. Komunitas dan forum online jadi cara bagus untuk memperkenalkan blog kamu.

Kamu bisa libatkan diri di semua komunitas yang kamu anggap relevan dengan blog, dan buat tautan balik ke kategori di dalam blog bergantung komunitas yang berpartisipasi di  dalamnya. Bila blog personalmu terdiri dari topik campuran, dengan masing-masing pembaca pada tiap kategori. Dengan mengelompokkan postingan menjadi bagian-bagian seperti teknologi, video games, belanja, dan sebagainya, pembaca kamu tahu persis dimana memperoleh konten yang mereka inginkan.

Dengan cara ini, kamu akan secara efektif menargetkan komunitas yang tepat dengan mengarahkan pembaca ke konten yang kamu harap mereka sukai. Bila mereka merasa kontenmu menarik, ada kemungkinan mereka mulai browsing area lain dari website-mu dan menemukan ada bagian yang lebih menarik, lalu mereka mulai menelusui konten lainnya. Dengan cara ini, kamu perlahan memperkenalkan pembaca baru ke blog dengan cara yang halus.

Baca Juga: 10 Pilihan CMS Website Terbaik untuk Kelola Situs Web

Membuat konten yang mudah dibagikan

Tips cara menulis di blog yang menarik banyak pembaca adalah membuat konten yang mudah dibagikan. Bila ingin orang membagikan konten di jaringan mereka, buat agar mereka mudah melakukannya melalui tombol sharing. Kamu bisa akhiri postingan blog dengan tombol sharing. Selain itu, melengkapi konten dengan infografis juga salah satu tips yang bagus. Dengan begitu, ketika orang membaca konten, langkah selanjutnaya adalah membagikannya.

Tombol share memungkinkan pembaca membagikan konten blog dengan hanya mengklik tombol tersebut. Menambahkan tombol seperti ini untuk media sosial dan email bisa meningkatkan traffic ke blog. Ketahui kesalahan yang harus dihindari blogger pemula.

Optimalkan SEO

Tips lain cara menulis di blog yang ampuh menarik pembaca adalah optimasi Search Engine Optimization. Dengan mengoptimasi SEO, mesin pencari seperti Google, Bing, dan sebagainya lebih mudah mengindeks blogmu. Dengan begitu, blog kamu semakin mudah ditemukan pengunjung.

Untuk mengoptimasi SEO website, ada dua metode yang perlu dilakukan, yakni metode on-page dan off-page. Simak penjelasan lebih lanjut di artikel Dewaweb tentang On-page SEO dan Off-page SEO.

Sudah Tahu Cara Menulis di Blog?

Kamu sudah mengetahui cara menulis di blog dari penjelasan di atas. Sekarang saatnya kamu menerapkannya untuk menarik banyak pembaca ke blog. Memang dibutuhkan waktu dan ketekunan untuk bisa meraih kesuksesan di blog, namun dengan berbagai usaha, kamu pun juga bisa sukses lewat blog. Semoga artikel ini membantumu ya, salam sukses online!