8 Cara Ampuh Buat Artikel yang Berkualitas dan Disukai Google

8 Cara Ampuh Buat Artikel yang Berkualitas dan Disukai Google

Membuat artikel yang berkualitas dan menarik adalah sebuah keharusan. Kamu perlu mengalokasikan waktu untuk menciptakan konten berkualitas dan membangun brand dengan baik. Bila hanya menulis konten seadanya, pada akhirnya akan merugikan karena akan membuang waktu dan energi. Maka itu, kamu harus tau cara buat artikel yang berkualitas untuk menarik banyak trafik di search engine seperti Google.

Untuk meningkatkan peringkat SEO, mendapat traffic dan lead, kamu pelu menciptakan konten menarik dan berkualits untuk blog atau website. Bila kamu menulis konten yang orisinil, mesin pencari akan membantu situsmu mendapat lebih banyak ekspos. Google ingin memberi reward pada situs dengan kualitas tinggi yang mengandung konten orisinil.

Jadi, konten menarik tak hanya membuat website jadi lebih baik, tapi juga meningkatkan peringkat situs sehingga memiliki dampak positif bagi bisnis. Yuk simak cara membuat artikel yang menarik dan berkualitas berikut ini!

Baca Juga: 7 Cara Menulis Deskripsi Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Ciri Artikel yang Berkualitas

Sebelum membahas cara membuat artikel yang menarik, kamu perlu tahu ciri artikel berkualitas. Bila konten kamu memenuhi semua standar ini berarti kamu melakukan permulaan yang baik.

ciri artikel berkualitas

Mudah Ditemukan (Findable)

Konten yang kamu tulis akan sia-sia bila tak ada yang membacanya. Karena itu, konten harus mudah ditemukan setidaknya dalam dua cara:

  • Dari dalam situs. Bila seseorang sudah berada di dalam situs kamu, mereka harus bisa menemukan kontenmu yang terbaru dan terbaik
  • Dari luar situs. Orang yang tidak tahu website kamu harus bisa menemukan konten melalui situs pencarian Google

Cara terbaik untuk bisa ditemukan oleh mesin pencari adalah menyesuaikan konten dengan kata kunci yang relevan. Lalu optimasi konten untuk kata kunci tersebut.

Baca Juga: 10 Website Terbaik untuk Cek Plagiasi Konten dan Artikel

Bisa Dibagikan (Shareable)

Ada dua hal yang membuat konten bisa shareable, yakni:

  • Konten yang bermanfaat dan bermutu. Ketika seseorang menemukan konten yang sangat bagus, mereka ingin menyebarkannya
  • Konten mudah dibagikan. Buat setiap orang yang menemukan kontenmu mudah untuk membagikannya

Baca Juga: Panduan Lengkap Content Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Berikut beberapa hal dasar tentang konten yang bisa dibagikan:

  • Alokasikan waktu untuk “framing.” Ini berarti headline, gambar, dan bagian yang terlihat saat pembaca membuka kontenmu. Semakin banyak orang yang melihat headline kamu dan merasa tertarik, semakin besar kemungkinan mereka akan mengklik dan membacanya. Ini memaksimalkan potensi konten untuk dibagikan di
  • Gunakan sharing tool yang mudah. Gunakan tools seperti social share yang mendorong pembaca membagikan konten kamu di berbagai media sosial.

Baca Juga: 15 Contoh Copywriting Headline untuk Meningkatkan Minat Beli

Mudah Dibaca (Readable)

Bagi sebuah konten, keterbacaan adalah hal yang sangat penting. Dari perspektif design, konten yang mudah dibaca berarti tidak berat bagi mata, jadi perhatikan faktor berikut:

  • Ukuran tulisan
  • Warna teks dan latar belakang. Misalnya, merah pada latar hitam bukan ide yang baik
  • Luas kolom. Terlalu luas akan membuat pembaca tersesat ketika bergerak kembali ke margin kiri
  • Leading (jarak vertikal antar garis tidak terlalu dekat).

Selalu Diingat (Memorable)

Konten yang bagus tidak hanya menghibur selama 2 menit dan lalu hilang dari pikiran. Artikel atau konten yang bagus membuat pembaca ingin kembali membacanya dan merekomendasikannya ke teman. Kamu bisa membuat konten lebih memorable dengan memastikan membuat konten yang tidak hanya meniru apa yang orang lain katakan.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Judul Konten yang Menarik dan Engaging

Cara Buat Artikel yang Menarik dan Berkualitas

Apapun alasan kamu untuk memiliki website, baik untuk bisnis atau hobi pribadi, sangat penting untuk menjalankannya dengan baik. Mulai dari segi desain, isi dan konten di dalamnya. Berikut ini beberapa cara untuk buat artikel yang berkualitas dan menarik bagi pembaca.

Pertama kita perlu melihat apa yang membuat sebuah konten jadi berkualitas. Berikut cara membuat artikel yang menarik untuk kamu ketahui:

1. Buat Konten yang Orisinil

Cara buat artikel yang bagus pertama-tama harus orisinil. Seperti telah disebutkan di atas, konten orisinil sejalan dengan Google dan pengunjung situs kamu. Orisinil juga berarti orisinalitas dari sisi idenya. Menjiplak konten orang lain akan menyebabkan hukuman dari Google yang bisa membuatmu kembali ke titik awal. Pelajari lebih lanjut tentang menulis konten untuk menaikkan peringkat situs.

Baca Juga: Apa itu Carousel? Pengertian, Jenis dan Tips Membuatnya

2. Fokus Ciptakan Headline yang Kuat

Selain orisinil, artikel harus memiliki judul atau headline yang menarik. Ini adalah salah satu cara ampuh untuk buat artikel yang disukai Google. Headline yang baik membangkitkan minat dan mengundang pembaca. Faktanya, 80 persen orang hanya akan membaca headline, sedangkan hanya 20 persen yang membaca seluruh isi konten. Inilah yang membuat headline sama pentingnya dengan artikel itu sendiri.

Baca Juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

3. Bisa Memberikan Jawaban

Apa tujuan akhir dari mesin pencari? Untuk menyediakan sejumlah jawaban. Google mahir dalam hal ini. Ketiklah sebuah pertanyaan di Google dan kamu akan disajikan tautan, gambar, dan video.

Ketika orang menggunakan mesin pencari, yang mereka inginkan adalah jawaban, dan menjadi tugas mesin pencari untuk memberikan jawaban. Sama halnya ketika orang membaca sebuah postingan blog, melihat infografik, atau menonton sebuah video, mereka menginginkan jawaban untuk mendapat pengetahuan.

Baca Juga: Cara Ampuh Membuat Artikel SEO Friendly di Blog dan Website

Satu tips penting, orang tidak hanya menginginkan jawaban, tapi mereka menginginkan jawaban dengan cepat. Jadi buat kontenkamu mudah dibaca agar orang bisa menangkap bagian yang penting dengan cepat.

Coba baca judul atau sub judul dari buku atau artikel non fiksi. Pembaca akan dibuat bertanya-tanya atau merasa penasaran. Menjadi tugas penulis untuk memberi jawaban dan menyajikan informasi yang mendukung.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Clickbait, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya

4. Akurat dalam Melaporkan dan Mengambil Informasi

Kamu menulis sebuah artikel untuk blog perusahaan, ratusan orang akan membacanya. Namun bagaimana bila ternyata apa yang kamu tulis tidak akurat? Bisa bayangkan dampak negatifnya pada perusahaan dan reputasi pribadi kamu. Ingat, blog adalah refleksi dari perusahaan. Bila ada masalah dengan blog, akan berdampak pada bagaimana orang melihat produk.

Setiap statistik yang ditampilkan harus diverifikasi. Banyak postingan blog akan memberi tautan ke statistik dan sumbernya.

Akurasi membangun kepercayaan pembaca. Berikut beberapa tips berkaitan dengan hal ini:

  • Pertimbangkan siapa yang ditautkan. Apakah sumber yang dipercaya dan memiliki otoritas? Memberi tautan ke website berkualitas akan membangun lebih banyak kepercayaan dari pembaca.
  • Memberi tautan ke lebih banyak konten. Semakin banyak mendukung apa yang kamu tulis, konten akan menjadi semakin terpercaya.
  • Buat tautan ke sumber dan konten lain untuk membantu mesin pencari mengetahui isi dari konten kamu, dan bagaimana seharusnya konten ini dikategorikan.

Baca Juga: Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

5. Ciptakan Konten yang Engaging

Konten yang engaging adalah salah satu tips dalam cara buat artikel yang berkualitas. Engaging content menawarkan sesuatu yang baru, perspektif baru, pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi, atau menghibur. Konten yang engaging memberi pembaca sesuatu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Baca Juga: Cara Lengkap Optimasi Keyword agar Masuk Peringkat di Google

Berikut beberapa tips untuk membatu kamu menulis konten yang engaging:

  • Buat pembaca bertanya-tanya. Ini bukan berarti membuat postingan yang belum selesai, tapi menyertakan pertanyaan yang membuat pembaca merefleksikan bagaimana mereka bisa mengimpelementasikan pengetahuan yang kamu berikan.
  • Bagian perkenalan yang mengesankan. Ingin tahu bagaimana cepatnya orang membuat penilaian tentang sebuah postingan blog? Kebanyakan orang mungkin hanya perlu membaca beberapa kalimat awal untuk menentukan sebuah postingan layak dibaca. Beritahu pembaca kenapa mereka perlu tetap berada di konten kamu dan beritahu apa yang akan dibahas di blog post ini. Buat mereka ingin membacanya.
  • Orang menyukai cerita. Kamu bisa gunakan anekdot di bagian perkenalan atau cerita dalam postingan blog. Cerita bisa membantu mengklarifikasi sebuah poin. Bila memungkinkan, tambahkan cerita pada postingan blog kamu. Ini akan membuat postingan lebih engaging dan juga membantu pembaca belajar.

Bila kamu menyediakan konten yang mengundang banyak komentar, mesin pencari akan menganggap postingan kamu penting dan diupdate secara teratur. Ini jadi cara bagus untuk membuat mesin pencari kembali ke situsmu lebih sering.

Baca Juga: Konten yang Berpengaruh Buruk Terhadap SEO Blog

6. Menambahkan Gambar dan Video

Orang belajar dengan cara berbeda. Beberapa orang belajar lebih baik dengan melihat, sedang lainnya belajar lebih baik dengan mendengar. Satu hal yang pasti, tambahan visual membuat konten lebih menarik dan mudah disimak. Baik gambar, video, atau diagram, dapat membantu mengilustrasikan poin kamu.

Banyak buku yang menambahkan gambar untuk meningkatkan pengalaman membaca dan pelajaran dari penulis. Apapun yang kamu tuliskan, tambahkan gambar. Tak ada yang mau melihat paragraf teks saja, jadi tambahkan gambar untuk membangun atau menambahkan nilai.

7. Tulis Konten Pendek dan Meruncing

Satu pelajaran menulis yang penting adalah membatasi kesalahan. Ini cukup menantang dan membutuhkan kerja keras, tapi membuat komposisi konten jadi jauh lebih baik.

Tak ada yang lebih baik selain postingan blog atau artikel yang singkat dan langsung pada inti persoalan yang berisi informasi. Jadi jangan fokus pada jumlah kata. Postingan blog yang lebih panjang tidak berarti postingan yang lebih baik. Dan sering kali, membuat postingan blog yang pendek lebih sulit dan lebih butuh waktu dibanding menulis sebanyak yang kamu bisa.

Baca Juga: Contoh dan Tips Membuat Copywriting Makanan untuk Menarik Pembeli

8. Selalu Update Website atau Blog

Memulai sebuah blog atau website adalah sebuah komitmen. Bila kamu menulis beberapa postingan dan lalu meninggalkan tugas ini, kamu tidak akan memiliki banyak pembaca atau pelanggan baru. Tidak hanya itu, mesin pencari juga tidak menyukai situs yang tidak secara teratur diupdate.

Bila kamu memiliki blog atau situs, kamu perlu mengupdatenya secara teratur dengan konten berkualitas. Banyak situs dengan konten terbagus diupdate secara berkala. Situs yang memposting lebih sering memiliki gelombang pengunjung lebih kuat.

Untuk membantumu, kamu bisa simak video tutorial dari Dewaweb tentang tips membuat blog agar lebih menarik. Yuk simak berikut ini!

Sudah Tahu Cara Buat Artikel Menarik?

Cara buat artikel berkualitas dan menarik bukan hal mudah, tapi akan terasa lebih ringan ketika kamu menulis sesuatu yang kamu memiliki passion di dalamnya. Hal menarik tentang konten adalah tidak lekang oleh waktu. Kamu bisa menulis sesuatu hari ini dan 3 tahun dari sekarang apa yang kamu tulis masih tetap dilihat dan dibagikan orang, yang membawa traffic kembali ke situsmu.

Selain konten yang menarik dan berualitas, kamu juga harus memastikan untuk memakai hosting murah terbaik agar situs lebih mudah diakses, ya!

Nah, bagi kamu yang masih kesulitan dalam pembuatan artikel dan membutuhkan jasa menulis artikel profesional, kamu bisa menggunakan Turnbacklink yang menyediakan layanan penulisan artikel sesuai kaidah SEO. Turnbacklink akan membantu kamu membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan marketingmu.