Konten On-Site dan Off-Site untuk Menaikkan Peringkat Website di Google

Konten On-Site dan Off-Site untuk Menaikkan Peringkat Website di Google

Artikel kali ini akan menyoroti banyak hal penting yang dapat membantu kamu menulis konten lebih baik, meningkatkan peringkat situs atau blog kamu, dan juga menghindari penalti dari Google, termasuk Google Panda yang menghapus situs berkualitas rendah.

Konten menjadi bagian penting dari sebuah situs dan pada dasarnya kontenlah yang mengisi sebuah situs. Hampir segala sesuatu bisa dianggap konten.

Kita umumnya menganggap konten adalah teks yang terlihat di situs. Namun, konten juga bisa berupa gambar, video, infografis, siaran pers, buku elektronik (E-book), newsletter, blog, vlog, panduan, laporan resmi, ulasan, daftar, penelitian, dan podcast.

Lalu bagaimana menggunakan tiap jenis konten tersebut dan menyatukannya dalam strategi keseluruhan kita?

Baca juga: Cara Membuat Blog dan Tips Untuk Blogger Pemula

Konten On-Site

konten on site

Untuk lebih sistematis, mulailah dengan konten utama. Alasannya? Karena ini akan menjadi halaman utama situs kamu dan kategori utama halaman situs. Pikirkan mengenai halaman mana yang menjadi navigasi utama situs kamu. Ini harus menjadi fokus pertama kamu.

Lihat keseluruhan dari tiap halaman, satu per satu. Baca apa yang ada di situs kamu.

Bagaimana tulisan kamu? Apa perasaan kamu saat membacanya? Apakah kamu merasa perlu memiliki lebih banyak konten? Apakah kamu merasa situs ini bisa menjadi situs dengan otoritas yang baik mengenai topik tersebut? Apakah kamu merasa bosan saat kamu mencoba membaca kontennya? Bisakah poin-poin yang disebutkan ditulis dengan menggunakan bulleted list atau sub judul?

Sekarang coba baca halaman situs dari dua pesaing kamu dengan topik yang sama. Kedua situs yang menduduki peringkat pertama di mesin pencari dan cobalah lihat kata kunci yang kamu inginkan. Bagaimana konten tersebut? Bagaimana perasaan kamu mengenai konten tersebut?

kamu mungkin sudah mulai melihat polanya. Saat membuat konten, kamu perlu menempatkan diri kamu di posisi yang sama saat kamu memulai usaha. kamu memberitahu diri sendiri bahwa kamu akan memulai suatu usaha karena kamu merasa kamu bisa melakukannya dengan lebih baik ketimbang orang lain di bidang usaha kamu.

Itulah sikap mental yang perlu kamu miliki saat membuat konten. Jika kamu yakin kamu adalah yang terbaik di bidang yang kamu tekuni, maka tunjukkan kepada para pembaca kamu.

Apa yang membuat perusahaan kamu unik atau berbeda? Apa yang kamu lakukan yang tidak dilakukan orang lain di bidang usaha kamu? Bagaimana produk dan layanan pelanggan kamu lebih baik dibanding orang lain? Ini yang perlu ditampilkan dalam konten kamu. Dan inilah yang mesin pencari ingin lihat.

kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam menulis dokumen panjang mengenai sesuatu yang semua orang sudah tahu atau mereka bisa temukan di Wikipedia. Atau kamu bisa fokus pada apa yang bisa kamu lakukan secara berbeda atau lebih baik daripada orang lain.

Baca Juga: 5 Plugin untuk Melindungi Konten kamu

Setelah kamu melihat dan memperbaiki konten inti kamu dan membuatnya menarik, maka sekarang waktunya melihat halaman dalam dan lakukan hal yang sama. kamu akan menemukan halaman-halaman tertentu yang tidak perlu. Mungkin kamu bisa menghapus halaman-halaman tersebut.

Menghapus halaman tidak selalu jadi hal buruk. Mesin pencari melihat sitemap kamu dan menentukan situs kamu mengenai apa berdasarkan relevansi keseluruhan konten di situs kamu.

Jadi jika kamu punya halaman situs yang tidak terlalu berhubungan dengan apa yang kamu lakukan, mungkin sudah waktunya memindahkan konten tersebut ke halaman lain atau menghapusnya. Pastikan kamu tidak lupa menggunakan 301 redirect.

kamu akan kaget melihat berapa banyak halaman yang kamu bisa konsolidasikan di situs besar untuk menciptakan halaman baru yang bisa terlihat lebih bagus. kamu juga bisa menyimpan konten lama kamu dan menemukan cara untuk menggunakannya kembali nanti di laman lain seperti di blog.

Tujuan utama dibalik mengaudit konten di halaman utama situs kamu adalah menampilkan gambaran jelas bagi pengguna. kamu ingin mereka senang membaca situs kamu dan tahu pasti siapa kamu, apa yang kamu lakukan, apa produk dan layanan yang kamu miliki, dimana lokasi kamu dan bagaimana menghubungi kamu.

Jangan lupa untuk berpikir seperti orang besar. Mereka tidak hanya sekedar menaruh konten di laman. Tiap konten yang dihasilkan punya tujuan. Silahkan baca artikel kami tentang konten blog berkualitas.

Begitu kamu selesai melihat konten utama situs kamu, maka waktunya melihat ke bagian yang lebih kecil, seperti blog. kamu akan menggunakan cara yang serupa saat melihat postingan di blog kamu.

Gunakan spreadsheet yang berisi daftar untuk mengisi artikel apa saja yang ada di blog kamu. Dari situ, kamu bisa membuat kategori. Lihatkan artikel-artikel dalam blog yang serupa dan bisa disatukan.

Nantinya kamu bisa melihat kalau kamu punya analisa data mengenai halaman-halaman dan postingan blog ini. kamu tentu tidak ingin merusak traffic yang kamu miliki dengan memindahkan atau menghapusnya.

Cara yang bagus untuk konten blog yang sudah usang adalah menggunakanya kembali. Terutama jika artikel tersebut mendapat traffic sebelumnya. kamu bisa saja meremajakan konten tersebut.

Coba tulis ulang kembali atau tambahkan gambar-gambar baru pada konten tersebut. Selain itu, pastikan kamu masih menyimpan link ke artikel itu dan taruhlah di akun media sosial kamu.

Jika kamu punya blog di situs kamu yang sudah sangat lama, kemungkinannya akan ada banyak konten spam. Coba teliti lagi dan hapus semuanya sesegera mungkin. Sekali lagi, jangan lupa gunakan 301 redirect.

Satu hal yang perlu kamu ingat tentang konten on site; spam mengganggu, maka kamu harus menghapusnya. Jika tidak, Google yang akan melakukannya. Tidak ada alasan untuk mempertahankan konten yang buruk di situs kamu. Tidak ada cara untuk menipu mesin pencari.

Jika kamu bisa menemukan caranya, kemungkinan orang lain juga sudah menemukan cara tersebut. Dan kemungkinan besar Google telah menerapkan cara untuk menemukannya, menemuinya, dan menjatuhkan penalti untuk konten buruk itu.

Baca Juga: Konten yang Berpengaruh Buruk Terhadap SEO Blog

Konten Off Site

konten off site

Satu bentuk infografis terbaik adalah yang digunakan surat kabar USA Today selama beberapa dekade. Grafis mereka singkat, namun manis dan langsung pada pokok masalah.

kamu perlu menggunakan lebih banyak lagi infografis jika itu cocok untuk pembaca kamu. Yang kamu lakukan adalah bukan mencoba menciptakan infografis. kamu hanya menghasilkan sepotong konten yang kemungkinan besar bisa membuat pembaca kamu melakukan sesuatu untuk kamu dan mengirim kamu uang karena telah membeli produk dan jasa kamu.

Baca juga: 10 Website Gratis Untuk Membuat Infografis

Ebook bisa menjadi cara yang bagus untuk memberikan informasi yang berharga bagi pembaca kamu. Bagusnya lagi, dengan menggunakan buku elektronik atau ebook, kamu tidak perlu mencari penerbit atau menghabiskan banyak uang untuk menulisnya. Ebook bisa kamu tulis dalam format Microsoft Word dan menyimpannya dalam bentuk PDF.

Ebook bisa menjadi alat yang sangat hebat karena beberapa alasan. Pertama, kamu bisa menggunakannya untuk membuat pengunjung situs kamu mengisi formulir kontak untuk mendapatkan unduhan eBook kamu secara gratis. Dengan melakukan ini, kamu juga menambah daftar email list kamu juga.

Kemudian kamu bisa memanfaatkan eBook untuk menulis ulang beberapa artikel yang sudah lama. Mungkin kamu punya beberapa halaman lama yang tidak pas dengan tampilan baru struktur situs kamu. Jangan buang konten tersebut. Perbaiki sedikit, dan satukan. Lakukan apa yang perlu kamu lakukan dan terbitkan buku elektronik pertama kamu.

Tidak ada cara yang benar atau salah dalam menulis Ebook. Saya yakin ada beberapa alasan yang membuat orang membuat eBook dan semakin banyak alasan kenapa orang membacanya. Banyak orang menyukai eBook karena umumnya eBook itu singkat dan sederhana. Mereka bisa mengunduhnya dengan cepat dan membacanya dimana saja, baik di ruang tunggu atau dalam pesawat.

Banyak tipe konten off site yang bisa kamu gali. Pikirkan mengenai dimana pembaca kamu berada dan coba gali lebih dalam lagi tema yang kamu kuasai untuk mendekati mereka.

Coba pelajari apa yang kamu ingin hasilkan. Mungkin kamu perlu membeli buku kecil, membaca situs lain, atau menonton video mengenai bagaimana menulis newsletter atau bagaimana memulai Podcast kamu. Apapun itu, yang penting adalah kamu mempunyai ide dan memulai membuat konten.

Jangan takut untuk selalu mencoba hal yang berbeda. Lihat mana yang bisa berfungsi dan terus lakukan itu. Jika tidak, jangan menyerah. Coba tulis ulang kembali di media yang berbeda. kamu akan terkejut bagaimana beberapa konten tertentu yang terlihat tidak berharga bisa diubah dan dipublikasikan di sarana yang berbeda dan menjadi hit.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di WordPress, Gratis dan Praktis!

SEO dan Konten Lokal

Sebagai penutup pembicaraan mengenai tipe konten yang berbeda, kita akan membahas mengenai SEO lokal. Banyak orang merasa tertarik dengan ini. Bisa dipastikan optimasi kamu sangat berkaitan dengan konten. kamu bisa pelajari mitos tentang SEO di artikel kami lainnya.

Satu hal pertama yang kamu lakukan untuk SEO lokal adalah memastikan bahwa kamu menampilkan informasi usaha kamu di situs kamu secara akurat. Ini harus dilakukan karena pengunjung bisa lebih mudah menemukan informasi, begitu pula dengan mesin pencari.

Cara yang paling nyata dan umum adalah mempunyai halaman contact di situs kamu. Mungkin ini terkesan berlebihan, namun pastikan semua informasi kontak di situs kamu sudah benar dan diperbarui. Ada banyak sekali situs dengan informasi kontak yang tidak akurat.

Cara lain yang umum adalah menaruh kontak di bagian bawah atau di samping situs kamu.  Mungkin kamu adalah jenis usaha yang bergantung pada pelanggan yang datang ke kantor atau toko kamu. kamu bisa menaruh informasi ini sedikit di depan atau di tengah.

kamu perlu mengetahui siapa pengunjung kamu dan dimana mereka bisa melihat informasi ini.

Kemudian pikirkan segala sesuatu yang orang inginkan dari sebuah informasi kontak. Apakah mereka perlu arahan ke lokasi kamu? Apakah usaha kamu mempunyai beberapa lokasi kantor dan mereka perlu informasi untuk tempat terdekat dari mereka? Apakah kamu punya layanan pesan antar? Apakah mereka tahu berapa jam kamu buka? Atau bagaimana mereka bisa membuat janji dengan cepat?

Hal-hal semacam ini penting bagi pelanggan kamu, maka pertimbangkanlah. Buatlah mereka mengalami hal yang menyenangkan dengan perusahaan kamu.

Setelah kamu memahami SEO lokal di situs kamu, kamu perlu beralih ke situs lain yang mempunyai informasi perusahaan kamu. Periksa situs-situs seperti Google My Business, Yelp, Yellow Page, City Search, dan sebagainya.

kamu perlu pastikan situs-situs tersebut mempunyai informasi yang tepat mengenai perusahaan kamu dan datanya cocok dengan yang tertera di situs kamu. Cari tahu ide bisnis apa saja yang cocok untuk bisnis berskala kecil.

Alasan lain mengapa hal ini layak dimasukkan dalam konten karena belum tentu situs-situs tersebut mempunyai informasi yang akurat. Maka, kamu harus memantaunya secara berkala.

Selain mengenai bagian “Tentang Kami” di situs kamu, alangkah bagusnya jika kamu mempunyai beberapa konten yang sudah siap. Setelah itu, kamu bisa menulis segala informasi kontak, nomor telepon, alamat, dan lainnya.

Pastikan kamu menambahkan gambar yang menarik termasuk logo dan gambar toko kamu serta segala fasilitasnya. Gunakan kata kunci yang menarik dan terkesan natural dalam deskripsi kamu dan pastikan menulis kata-kata yang membuat mereka menekan tombol Call to Action.

Buat pelanggan kamu terdorong menuliskan ulasan mengenai situs kamu. Pastikan kamu menanggapi semua ulasan sesegera mungkin. Orang menyukai pengakuan ini. Berterima kasihlah kepada mereka yang telah menuliskan ulasan positif. Mungkin kamu bisa menawarkan mereka kupon untuk kunjungan berikutnya.

Cobalah berempati pada pengunjung yang meninggalkan komentar kurang baik. Di kemudian hari kamu bisa memperbaiki layanan kamu.

Ulasan adalah konten luar biasa yang digunakan banyak orang. Orang memutuskan membeli sesuatu atau makan di sebuah restoran berdasarkan ulasan. Selain itu, ulasan berperan dalam mesin pencari dan tampil di halaman depan dan tengah situs. Beberapa orang bahkan beranggapan bahwa ulasan punya bobot tersendiri dalam hasil pencarian di Google atau lainnya.

Ide utamanya adalah kesadaran akan konten kamu. Jangan terbatas dengan konten di situs kamu. Berpikirlah kreatif dan coba ketahui dimana para pembaca kamu. Selalu mencoba hal baru, tidak usah takut gagal dan cobalah mengubah kegagalan menjadi kesuksesan.

Dulu banyak penulis dipekerjakan di dunia SEO untuk memproduksi banyak konten. Hal ini efektif selama bertahun-tahun sebelum hadirnya Google Panda yang menjatuhkan penalti pada konten yang buruk. Banyak konten yang tersedia dan kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakannya jika perlu.

Namun, tulislah konten yang lebih dari sekedar bagus. kamu tidak bisa berharap orang-orang lebih tahu mengenai apa yang kamu bahas dibanding kamu dan staf kamu.

Ada baiknya kamu memperhatikan saran selanjutnya mengenai menulis konten. Baik kamu melakukannya sendiri atau menemukan cara untuk melibatkan anggota staf, eksekutif, brand ambassador atau bahkan pelanggan kamu.

Siapa yang bisa menulis mengenai usaha kamu dengan lebih baik? Jangan percayakan konten kamu pada penulis yang tidak dikenal namun kamu rekrut semata-mata untuk mengisi kekosongan. Jika sesuatu layak ditulis, maka hasilnya akan bagus.

Lalu, pikirkan mengenai pengunjung kamu. Bukan kamu. Jika kamu memprioritaskan pengunjung situs kamu, maka kamu akan menang. Jadilah pemimpin di industri yang kamu geluti. Jika kamu menghasilkan konten yang bisa melibatkan pengunjung situs kamu, mereka tak akan ragu membagikannya.

Itulah penjelasan mengenai jenis konten on-page dan off page. Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah untuk menggunakan hosting terbaik agar situs berjalan lancar. Di Dewaweb, kamu bisa memilih domain dan hosting murah lengkap dengan SSL certificate dan backup server.

Semoga membantu!