membuat iklan di instagram featured image

Serangan pandemi seolah tidak menurunkan pemanfaatan media sosial sebagai strategi periklanan, terutama Instagram. Malah, sejak Januari hingga Juli 2020, NapoleonCat mencatat kenaikan jumlah pengguna Instagram hingga lebih dari 11,5 juta pengguna baru. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas bagi kamu yang ingin mempromosikan produk melalui Instagram. Lantas, bagaimana cara mudah membuat iklan di Instagram?

Sebagai salah satu anak perusahaan Facebook dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif, memanfaatkan Instagram sebagai media mempromosikan produk dirasa mampu menjadi strategi yang cukup ampuh untuk diterapkan. Bagaimana tidak, menurut WeAreSocial, per Januari 2020 setidaknya ada 63 juta orang yang bisa dijangkau menggunakan media beriklan Instagram, alias Instagram Ads. Namun, berikut ini ada cara mudah membuat iklan di Instagram tanpa menggunakan Facebook. Mari simak!

Apa itu Instagram Ads

Sebelum membuat iklan di Instagram, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu, apa itu iklan di Instagram dan bagaimana tampilannya. Beberapa dari kamu mungkin pernah melihat konten dengan embel-embel “Sponsored” atau “Sponsor” di bawah username pembuat konten, atau bahkan, ada tombol yang bisa diklik langsung dan mengarahkanmu ke halaman lain, seperti website atau halaman profil pembuat iklan. Inilah hasil pembuatan iklan di Instagram alias “Instagram Ads”.

Iklan di Instagram adalah konten dalam bentuk post atau Instagram story yang memang ditujukan untuk mempromosikan suatu produk atau brand kepada pengguna terkait. Biasanya, iklan di Instagram juga dilengkapi dengan tombol call-to-action (CTA).

Tipe-tipe Iklan di Instagram

Jangan takut iklan yang kamu buat terlihat membosankan, karena ada berbagai jenis iklan di Instagram yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif media beriklan. Nantinya, harga yang akan kamu bayarkan untuk memasang iklan tergantung dari tipe atau jenis iklan apa yang kamu gunakan utnuk mempromosikan produk. Beberapa tipe iklan Instagram yang biasanya dimanfaatkan sebagai sarana beriklan yaitu:

  • Gambarmembuat iklan di instagram iklan gambarIni adalah tipe yang paling sering digunakan oleh para pengiklan. Bagaimana tidak, tujuan utama Instagram adalah untuk memamerkan gambar atau foto sehingga konten promosi yang satu ini akan lebih mudah mendapat interaksi karena dapat “berbaur” dengan konten lain yang bukan iklan. Satu hal yang akan selalu muncul di iklan Instagram adalah call-to-action yang berada di bawah gambar, seperti “Install Now”, “Sign Up”, “Visit Instagram Profile”, “Shop Now”, “Contact Us”, dan sebagainya. Perhatikan ya!
  • Videomembuat iklan di instagram video visit profileFitur video di Instagram muncul sekitar setahun setelah Instagram dirilis, yaitu sekitar tahun 2013. Saat ini, pengguna Instagram sudah sangat terbiasa dengan konten audio-visual yang satu ini. Bahkan, konten video sudah menyebar hingga ke IGTV dan live streaming. Kamu pun dapat memasang iklan di Instagram dalam bentuk video.
  • Slide showmembuat iklan di instagram slide show sign upSama seperti unggahan di Instagram pada umumnya, kamu juga bisa membuat iklan dalam bentuk slide show yang terdiri dari gambar dan/atau video. Selain dapat menampilkan lebih banyak informasi terkait produk yang kamu iklankan, peluang mendapat interaksi (engagement) pun akan semakin besar.
  • Carouselmembuat iklan di instagram carousel install nowCarousel atau iklan yang saling berurutan dalam sebuah slide show juga menjadi salah satu tipe iklan yang sering digunakan oleh berbagai brand untuk mempromosikan produk mereka di Instagram. Bedanya dengan slide show, iklan dalam bentuk carousel bisa mempunyai caption yang berbeda-beda di setiap foto.
  • Iklan di exploremembuat iklan di instagram image shop nowTak hanya di linimasa (timeline), mungkin kamu juga pernah menemukan iklan dengan label “Sponsored” atau “Sponsor” di halaman eksplor Instagram. Demi menjangkau lebih banyak target audiens, kini iklan dalam bentuk gambar, video, bahkan carousel dapat muncul pula di konten eksplor para pengguna.
  • Instagram storymembaut iklan di instagram ig story visit profileFitur yang muncul hanya dalam waktu 24 jam ini juga sudah sering digunakan untuk membuat iklan di Instagram. Bagaimana tidak, ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh IG Story, mulai dari keterbatasan waktu penayangan hingga kemudahannya mengintegrasikan iklan dengan link website tujuan.
  • Instagram Shoppingmembuat iklan di instagram image ig shoppingTipe konten iklan di Instagram yang terakhir adalah Instagram Shopping. Meski lebih mudah menampilkan harga hingga mengarahkan ke website dan deskripsi produk, namun belum banyak brand yang dapat memasarkan produk mereka menggunakan IG Shopping. Pasalnya, sebuah brand harus memenuhi kriteria tertentu dan mendapat persetujuan dari Facebook agar bisa menampilkan harga produk di konten. Kamu dapat mempelajari lebih lengkap tentang IG Shopping di artikel Cara Membuat Instagram Shopping.

Cara Membuat Iklan di Instagram

Sebelum membuat iklan di Instagram, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi terlebih dulu, yaitu:

  • Akun Instagram sudah diubah menjadi akun bisnis.
    Jika belum tau caranya, kamu dapat mempelajarinya dari artikel “Panduan Mengubah Akun Instagram Bisnis“.
  • Akun bisnis di Instagram sudah terhubung dengan akun Facebook.
    Meski kali ini kamu akan membuat iklan langsung dari Instagram, namun pihak Instagram mewajibkan pengiklan untuk login atau mendaftarkan akun ke Facebook terlebih dulu.
  • Pastikan produk tidak dilarang.
    Demi menjaga kenyamanan calon pembeli, Facebook (dan Instagram) membatasi jenis produk yang dijual. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi calon pengiklan adalah:

    • Iklan tidak mengandung unsur SARA, tidak menyinggung pihak lain, dan tidak mengandung hal-hal sensual.
    • Kalimat di iklan tidak boleh mengandung kata “Facebook”, “KW”, “replika”, “bajakan”, dan sejenisnya.
    • Jika menyertakan URL atau link tujuan, pastikan halaman website-mu aktif dan tidak hanya one-page site. Setidaknya, berikan informasi di halaman berbeda terkait brand-mu agar pengunjung bisa mengetahui informasi yang relevan dan berguna.
    • Gunakan gambar dengan kualitas baik yang tidak mengandung unsur SARA atau konten seksual. Pastikan gambar original (tidak menggunakan foto tanpa izin) dengan ukuran ideal 1080×1080 piksel. Gambar tidak boleh dalam bentuk perbandingan seperti “Sebelum:Sesudah”, dan usahakan agar tidak ada tulisan atau informasi harga pada gambar.

    Jika kamu melanggar beberapa poin di atas atau ketentuan lain yang telah diperbarui, mungkin iklanmu tidak akan ditayangkan dan kamu akan mendapat peringatan dari Facebook melalui email atau pemberitahuan Facebook. Namun tak perlu khawatir, kamu dapat memperbaiki tampilan visual iklanmu hingga layak tayang.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, ikuti cara mudah membuat iklan di Instagram langsung dari aplikasi berikut:

  1. Pilih salah satu foto yang ingin dipromosikan, lalu klik “Promote”.
    membuat iklan di instagram promote post
  2. Jika belum pernah melakukan login, kamu dapat login terlebih dulu ke akun Facebook yang akan sering digunakan untuk beriklan di Facebook maupun Instagram. Lalu, tentukan CTA yang akan ditampilkan ke target audiens. Ada tiga pilihan, yaitu “Visit Instagram Profile” agar target mengunjungi profil akun bisnismu, “Learn More” atau “Shop Now” yang sama-sama mengarahkan ke website, dan “Send Message” yang dapat segera mengarahkan target audiens ke kotak masuk Instagram alias Direct Message (DM).
    membuat iklan di instagram cta
  3. Pilih jenis target audiens, yaitu “Automatic” yang memungkinkan Instagram memilih target yang mirip dengan followers-mu atau membuat target audiens yang kamu tentukan sendiri dengan “Create Your Own”. Namun, jika pengikut akunmu baru sedikit, sebaiknya kamu menyesuaikan target audiensmu sendiri agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan sesuai keinginanmu.
    membuat iklan di instagram define audienceDi pilihan “Create Your Own” untuk menyesuaikan target audiensmu, kamu bisa menentukan dari beberapa kriteria, yaitu lokasi, ketertarikan (interests), gender, dan usia. Selama melakukan penyesuaian, Instagram akan menampilkan jumlah potensial pengguna yang akan dijangkau. Jika sudah selesai mengatur, jangan lupa beri nama pada jenis audiens ini dan klik “Done” atau “Selesai”.
    membuat iklan di instagram create audience
  4. Tentukan seberapa banyak budget yang akan kamu habiskan untuk melakukan promosi berdasarkan durasi penayangan dan berapa nominal uang untuk menjangkau target.membuat iklan di instagram budget dan durasi
  5. Hampir selesai, kamu bisa melakukan preview iklanmu terlebih dulu, baik saat ditampilkan dari timeline dalam bentuk post atau dari IG Story.
    membuat iklan di instagram preview media
  6. Perhatikan kembali promosi iklan yang akan kamu tayangkan. Mulai dari gambar, CTA, target audiens, dan budget. Setelah itu, klik “Payment” untuk menentukan cara pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa kamu pilih, seperti pada gambar berikut:
    membuat iklan di instagram payment method
  7. Jangan lupa, klik “Create Promotion” jika semua sudah selesai diatur.
    membuat iklan di instagram review create
  8. Tips: Meningkatkan kualitas tampilan visual
    Baik gambar, GIF, atau video, kamu harus dapat memastikan tampilan visual yang kamu gunakan untuk beriklan mempunyai kualitas yang bagus. Selain ukuran yang tepat, komposisi warna dan pengaturan pencahayaan hingga terlihat menarik, foto juga harus dapat menyampaikan pesan iklan yang ingin kamu sampaikan.
    Jika perlu, tunjukkan keunikan atau kelebihan dari produk yang kamu tawarkan. Misalnya, jika kamu menjual produk kue tiramisu, tunjukkan kelebihan yang produkmu miliki, seperti varian rasa yang lebih beragam atau packaging yang unik.

Jika ingin mengkhususkan iklan agar ditampilkan di IG Story, ikuti langkah mudah berikut:

  1. Siapkan konten yang akan dipromosikan, untuk IG Story, pilih gambar atau video dengan ukuran minimal 1080 x 1920 piksel atau rasio 16:9.
  2. Unggah IG Story yang hendak diiklankan.
  3. Klik IG Story yang baru saja kamu buat lalu pilih menu atau options di sebelah kanan bawah. Sebaiknya, lakukan hal ini sesegera mungkin setelah mengunggah story. Sebab, selain selisih waktu penayangannya tidak terlalu jauh, Instagram juga tidak mengizinkanmu mempromosikan story setelah beberapa jam diunggah.
    membuat iklan di instagram new story
  4. Setelah muncul beberapa menu pengaturan, klik “Promote” atau “Promosi”.
    membuat iklan di instagram ig story promote
  5. Tentukan salah satu dari tiga CTA yang akan ditampilkan ke target audiens, yaitu “Visit Instagram Profile” agar target mengunjungi profil akun bisnismu, “Learn More” atau “Shop Now” yang sama-sama mengarahkan ke website, dan “Send Message” yang dapat segera mengarahkan target audiens ke kotak masuk Instagram alias DM.
    membuat iklan di instagram cta
  6. Pilih jenis target audiens, “Automatic” atau gunakan hasil kostumisasi target audiens yang telah dibuat tadi.
    membuat iklan di instagram audience ig story
  7. Tentukan seberapa banyak budget yang akan kamu habiskan untuk melakukan promosi berdasarkan durasi penayangan dan berapa nominal uang untuk menjangkau target. Instagram menyediakan nominal ideal, yaitu Rp100 ribu untuk 6 hari, namun kamu dapat menyesuaikannya dengan budget-mu.membuat iklan di instagram budget default
  8. Jika perlu, lakukan preview iklanmu terlebih dulu.
  9. Perhatikan kembali promosi iklan yang akan kamu tayangkan. Mulai dari gambar, CTA, target audiens, dan budget. Setelah itu, klik “Payment” untuk menentukan cara pembayaran.
    membuat iklan di instagram review payment
  10. Klik “Create Promotion” dan selesai!

Sekarang kamu sudah mempelajari cara membuat iklan di Instagram dengan dua media berbeda, yaitu untuk Instagram post dan story, kini waktunya kamu bergerak untuk merencanakan konten menarik lain. Caranya, yaitu dengan memanfaatkan fitur explore dan memperkirakan konten-konten sejenis agar mendapat inspirasi konten yang sesuai dengan target audiens.

Simpulan

Bagaimana, mudah ‘kan memahami Instagram Ads hingga cara membuat iklan di Instagram? Ada beragam media pula yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan brand dan produkmu di Instagram sehingga kamu tak perlu takut target audiensmu merasa terganggu dengan iklanmu.

Meski ada berbagai persyaratan untuk membuat iklan di Instagram, namun itu semua demi kebaikan brand-mu dan untuk meningkatkan ketertarikan audiens akan iklanmu. Sekarang, semuanya kembali lagi pada kreativitasmu dalam menyajikan iklan. Untungnya, selain mempelajari panduan membuat iklan di Instagram, kamu juga mendapatkan beberapa tips untuk meningkatkan kualitas tampilan visual untuk menarik pelanggan.

Namun, akun media sosial dan e-commerce saja belum cukup, kamu juga perlu menggunakan website untuk meningkatkan kredibilitas dan mempermudah kamu untuk memperkenalkan brand-mu ke target audiens sehingga mereka bisa lebih mudah mengenal “siapa” dan “apa” tujuan bisnismu. Ingat, pastikan kamu memilih penyedia hosting yang aman, cepat, dan selalu bisa diandalkan, ya! Salam sukses online!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks