Cara Optimasi Keyword agar Masuk Peringkat di Google, Lengkap!

Cara Optimasi Keyword agar Masuk Peringkat di Google, Lengkap!

Salah satu tips agar traffic website meningkat adalah menerapkan cara optimasi keyword. Keyword ranking (yang berarti situs masuk peringkat di mesin pencari untuk kata kunci tertentu) memiliki dampak besar pada traffic sebuah website. Penelitian menunjukkan kalau hampir setengah dari jumlah pengguna mesin pencari mengklik hasil yang ada pada halaman pertama, dan lebih tinggi peringkat web pada SERP, berarti semakin baik website tersebut.

Kebanyakan pemilik website memiliki pertanyaan seputar bagaimana meningkatkan peringkat kata kunci seperti, “Bagaimana agar situs saya bisa masuk peringkat untuk kata kunci yang saya targetkan?” atau “Kata kunci apa yang masuk peringkat di Google untuk situs saya? Untuk itu, kamu harus tahu cara optimasi keyword di website dengan tepat.

Tool untuk keyword ranking bisa menjawab pertanyaan tersebut. Tapi yang dibutuhkan adalah masuk peringkat lebih tinggi dan berada di urutan atas, melebihi situs para kompetitor. Peringkat kata kunci yang lebih tinggi bisa diperoleh dengan research tool untuk kata kunci. Berikut informasi penting tentang cara optimasi keyword yang bisa kamu simak.

Baca Juga: 9 Cara Riset Keyword Agar Website Ada di Halaman Pertama Google

1. Gunakan Tools Riset Kata Kunci

Cara optimasi keyword yang pertama adalah memanfaatkan tools riset sebaik mungkin. Bila ingin melacak peringkat kata kunci di mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo, pastikan kamu fokus pada keyword yang tepat. Sering kali orang terlalu mengandalkan keyword suggestion tool dari pihak ketiga. Masalah dengan tool dari pihak ketiga ini adalah tidak dipersonalisasi. Tool ini memberikan kata kunci populer yang umum ke siapa saja, jadi kamu tidak tahu bagaimana relevansinya pada bisnis.

Solusinya adalah membuat daftar kata kunci berdasarkan pada data yang nyata dan bersifat pribadi. Dengan menggunakan wordstream untuk riset kata kunci, kamu bisa peroleh database kata kunci yang privat, personal, ekstensif, akurat, dan relevan.

Baca juga: Tools SEO untuk Optimasi Website

Kamu bisa tahu kalau sebuah kata kunci relevan untukmu ketika daftar keyword berasal dari kata kunci aktual yang orang gunakan untuk menemukan situsmu. Selain itu, kamu akan tahu kata kunci mana yang menghasilkan lebih banyak traffic dan konversi. Tool kata kunci untuk publik hanya menyediakan estimasi yang tidak jelas yang tidak berguna untuk membuat keputusan marketing.

Fokus pada kata kunci long tail

Manfaat lain dari menggunakan tool kata kunci wordstream adalah kemampuannya untuk memberikan long tail keyword. Kata kunci long tail cenderung lebih panjang, yang kurang umum tapi menawarkan beberapa keuntungan bagi search marketer:

  • Kompetisi lebih sedikit. Lebih sedikit orang yang mencoba memasukkan frase kata kunci long tail sehingga situs kamu memiliki kesempatan lebih baik untuk masuk peringkat atas.
  • Lebih tertarget. Kata kunci yang lebih panjang menunjukkan apa yang pengguna cari, jadi kamu bisa lebih baik dalam melayani mereka dengan konten web yang lebih spesifik.

Baca juga: 15 SEO Tools Murah, Gratis, dan Terbaik untuk Menganalisis Website Kamu

Organisasi Keyword yang Berkontribusi

Pengelompokkan kata kunci yang efektif memberi perbedaan besar untuk meningkatkan peringkat kata kunci individual. Hal ini dikarenakan kelompok kata kunci yang berkaitan memungkinkan inisiatif search marketing yang lebih strategis.

Kelompok kata kunci yang terorganisir dengan baik berkontribusi pada:

  • Iklan PPC yang lebih tertarget. Iklan yang lebih tertarget memiliki click through rate yang lebih tinggi yang akan meningkatkan lead untuk peringkat lebih baik pada kampanye iklan kata kunci kamu.
  • Landing page lebih tertarget. Landing page yang sesuai antara iklan dan kata kunci akan meningkatkan nilai kualitas, dan landing page yang dioptimasi juga meningkatkan tingkat konversi.
  • Arsitektur informasi yang lebih kuat. Struktur kelompok keyword akan menginformasikan organisasi website. kamu juga bisa menggunakan keyword analytic data untuk memprioritaskan workflow (menciptakan iklan grup dan konten web seputar kata kunci yang menghasilkan paling banyak traffic).

Membuat kelompok kata kunci di wordstream sangat efisien karena software ini secara otomatis menyarankan pengelompokkan berdasarkan relevansinya. Data kata kunci yang nyata dan akurat serta organisasi yang lebih baik memberi nilai lebih pada usaha search marketing kamu dibanding software peringkat kata kunci tingkat dasar. Baca lebih lanjut artikel kami tentang cara mempromosikan blog agar masuk peringkat Google.

Baca juga: Panduan Lengkap SEO Update 2020

Wordstream memberikan tool yang sebenarnya meningkatkan peringkat untuk kata kunci yang paling penting untuk bisnis. Jadi ketika pelanggan potensial mencari kata kunci yang berhubungan, situs kamu akan ditemukan, melampaui kompetitor.

Tapi kadang SEO tidak bekerja seperti yang kita inginkan. Wajar bila Google memberi peringkat halaman untuk kata kunci yang lain, jadi apa yang bisa kamu lakukan? Bagaimana memandu Google agar meningkatkan peringkat halaman untuk kata kunci yang kamu inginkan?

Jawaban sederhana untuk pertanyaan di atas adalah kamu perlu pastikan Google menerima signal yang tepat dari halamanmu, tapi pekerjaan ini tidak selalu mudah. Ada garis tipis yang memisahkan optimasi dan over optimasi. Optimasi menjadi hal yang baik karena meningkatkan peringkat halaman, sedangkan over optimasi tidak baik karena bisa menghasilkan yang sebaliknya.

2. Optimasi Kata Kunci

Cara selanjutnya adalah melakukan optimasi keyword di website. Berikut bagaimana kamu bisa mengoptimasi sebuah halaman untuk kata kunci tertentu dan meningkatkan peringkat dengan cara efisien dengan menghindari kesalahan over optimasi.

Baca juga: Cara Mengatur Plugin ‘All In One SEO Pack’ untuk WordPress

Peringkat Awal Kata Kunci

Sebelum melakukan hal lain, ketahui dimana peringkat halaman kamu hari ini untuk kata kunci yang kamu inginkan. Tanpa informasi ini, kamu tidak bisa mengukur kemajuannya.

Kamu bisa melakukannya secara manual seperti mencari kata kunci di Google dan mencatat posisi kamu atau menggunakan tool rank tracking yang bisa melakukannya secara otomatis.

Jangan berharap berpindah dari posisi 40 ke posisi 10. Peningkatan peringkat memang terjadi perlahan, tapi kamu perlu tahu dimana starting point.

Baca Juga: Apa itu Internal Link? Pengertian & Perbedaan dengan Eksternal Link

Eksplorasi variasi

Ketik kata kunci target di Google keyword tool. Ada dua hal yang kamu cari, pertama menemukan variasi dari kata kunci target, terutama kata kunci long tail. Kedua, mencari kompetisi untuk tiap kata kunci tersebut. Kamu akan menggunakan data ini nantinya.

Melakukan riset cepat untuk keyword memberi kamu ide yang lebih baik tentang bagaimana sulitnya kata kunci kamu dan pilihan lain yang kamu miliki. Selanjutnya, masuk ke mesin pencari Google dan ketik kata kunci. Cari 3 hal berikut:

  • Kata kunci yang disarankan oleh Google ketika kamu mengetik kata kunci
  • Halaman yang muncul pada halaman hasil pertama mesin pencarian
  • Saran untuk related searches pada bagian bawah halaman.

Baca juga: 7 Strategi SEO Kuno yang Sebaiknya Mulai Kamu Tinggalkan

Revisi dan Konfirmasi Ekspektasi

Penelitian awal (sebelum membuat perubahan apapun pada halaman) untuk memastikan kalau ekspektasi kamu tepat. Dengan ekspektasi berupa hasil akhir yang ingin kamu peroleh, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Apakah ekspektasi realistis?

Bila kata kunci target memiliki traffic yang tinggi, berarti kompetisinya banyak. Apakah kamu bisa berkompetisi dengan website lain?

Perhatikan lebih seksama pada 10 hasil pertama. Apakah semuanya dari website dengan otoritas tinggi? Apakah Google memberi peringkat pada domain (misalnya, home page dari sebuah website) atau halaman tunggal untuk kata kunci tertentu?

Klik link dan buka 5 halaman pertama. Apakah kontennya lebih baik kuantitas dan kualitasnya dibanding konten kamu?? Teliti tiap website dengan lebih hati-hati. Apakah website besar memiliki banyak halaman? Apakah bentuknya blog? Apakah website korporasi? Coba kumpulkan informasi sebanyak mungkin.

  • Kenapa harus melakukan semua ini?

Jawabannya sederhana. Dalam hidup tidak ada yang tidak mungkin, tapi dalam SEO, tidak semua hal mungkin.

Kadang kita tidak memberi peringkat untuk apa yang kita mau tapi untuk apa yang realistis. Tapi ada jalan keluarnya, misalnya kamu ingin mengoptimasi website agar masuk peringkat untuk “content marketing.” Tapi ini terasa tidak mungkin. Kamu bisa lihat hasil Google untuk kata kunci ini.

Kecuali website kamu bisa berkompetisi dengan wikipedia dan website dengan otoritas tinggi lainnya, tak ada yang bisa kamu lakukan untuk bisa berada posisi pertama. Kamu mungkin bisa berada di halaman kedua atau ketiga tapi itu yang terjauh yang bisa lakukan.

Baca juga: Tingkatkan SEO Anda dengan AMP

  • Haruskah menyerah dan berhenti?

Tentu tidak, di sinilah kata kunci long tail dan optimasi halaman yang tepat bisa menyelamatkan.

Lihat daftar kata kunci long tail yang telah kamu kumpulkan dan temukan kata kunci dengan volume signifikan tapi tidak begitu kuat kompetitornya. Misalnya, “tips konten marketing” jadi calon long tail yang baik atau yang lebih baik adalah “tips konten marketing untuk bisnis kecil.”

Beberapa pihak berargumen traffic yang diperoleh dari kata kunci long tail tidak menyamai kata kunci utama. Memang ada benarnya, tapi ini jadi pendekatan yang lebih realistis untuk keberhasilan kata kunci. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu mengejar peringkat yang tidak bisa kamu peroleh tapi fokuslah pada identifikasi kata kunci yang bisa secara realistis meningkatkan hasil halaman kamu.

Jangan lupa kalau peringkat tinggi untuk kata kunci long tail dapat membangun kepercayaan yang perlahan bisa menghasilkan peringkat lebih baik untuk kata kunci yang lebih kompetitif.

Baca juga: Bing Webmaster Tools: SEO Tools untuk Website

3. Perhatikan On-Page SEO

Cara optimasi keyword di website agar masuk peringkat Google adalah memperbaiki sisi on-page SEO. On Page SEO adalah rangkaian proses atau cara untuk mengoptimasi SEO website dari sisi konten di dalamnya. Setelah memiliki ekspektasi yang realistis, kamu bisa mulai melakukan langkah nyata. On-page SEO  jadi titik permulaannya, khususnya:

  • Judul halaman

Sertakan kata kunci target atau variasinya pada judul halaman, tapi jangan berlebihan. Menyebutkan kata kunci dengan cara natural pada judul sudah cukup.

  • Deskripsi halaman

Google bisa memilih untuk tidak menunjukkan deskripsi kamu pada SERP, tapi menyediakan deskripsi untuk tiap halaman website kamu tetap jadi hal yang penting dilakukan, terutama halaman yang ingin kamu masukkan ke peringkat yang lebih tinggi.

  • Variasi Kata Kunci

Secara akurat deskripsikan konten halaman dan sertakan variasi dari kata kunci target.

  • Tag H1

Review kode HTML (buka halaman, pergi ke “View source” dan cari H1). Pastikan halaman kam hanya memiliki satu set tag H1. Tag H1 tidak sama persis dengan tag judul halaman, tapi harus mengandung variasi kata kunci target.

  • Konten Halaman

Di tahun 2011, kepala ranking team Google menerbitkan penjelasan tentang apa saja kriteria website kualitas tinggi. Ini jadi dokumen paling penting ketika bicara tentang SEO karena menjelaskan apa yang Google cari ketika menilai halaman. Hal seperti kualitas konten, orisinalitas, formatting, analisis mendalam, presentasi, dan author trust memilki peran penting.

Baca juga: Panduan Optimasi Google Ads

Kamu perlu pastikan kata kunci target dan variasinya disebutkan di konten halaman. Jangan over optimasi, tapi kamu perlu pastikan pencarian judul halaman dan tag H1 konsisten dengan konten halaman. Beberapa tool bisa menghitung kepadatan kata kunci dan memberi rekomendasi, tapi menyebutkan kata kunci beberapa kali pada konten sudah cukup.

  • Data yang Terstruktur

Mikro data, rich snippet, skema, semua nama ini terkait dengan data terstruktur. Meski ini belum jadi bagian dari algorithma peringkat Google, cepat atau lambat akan jadi bagian dari proses ranking. Dengan mengimplementasikan data terstruktur, kamu memudahkan Google memahami isi dari halaman kamu dan meningkatkan kemungkinan untuk masuk peringkat lebih tinggi. Data terstruktur tidak hanya tersedia untuk produk dan organsisasi, tapi juga digunakan untuk artikel dan blog post.

  • Berpikir internal

Ketika berusaha meningkatkan posisi peringkat untuk halaman tertentu, bagian lain situs kamu bisa membantu. Gunakan variasi kata kunci target sebagai anchor text pada halaman lain dan beri tautan ke halaman yang ditargetkan.

  • Relevansi dengan halaman lain

Selain internal link, hal lain yang perlu diperhatikan adalah konten terkait yang diterbitkan pada website. Ini berarti kamu perlu menciptakan halaman yang menargetkan kata kunci yang berhubungan lainnya.

Meski kamu perlu mengoptimasi halaman situs dengan konten yang relevan untuk halaman yang kamu ingin peringkatnya lebih tinggi, jangan hanya berpikir tentang teks. Gunakan konten jenis lain seperti infografik, video, slideshow, dan sebagainya. Perhatikan juga tren blogging terbaru, terutama yang berhubungan dengan frekuensi publisitas. Silahkan baca tips kami tentang cara menulis konten dan menghindari penalti Google.

4. Optimasi Off Page SEO

Sejauh ini semua langkah berhubungan dengan perubahan yang bisa kamu buat pada website, tapi jangan lupakan peran dari off page SEO. Cara optimasi keyword untuk website perlu memperhatikan dari sisi off-page SEO. Bergantung bagaimana kompetitifnya kata kunci kamu, kamu harus berhati-hati membangun beberapa link eksternal ke halaman kamu.

Identifikasi website yang relevan dan terpercaya untuk menjadi link. Tidak perlu mengoptimasinya karena tidak seperti internal link, link eksternal tidak menggunakan anchor text berisi kata kunci.

Tujuan kamu bukan untuk membuat Google bingung dan membuatnya percaya kalau kamu berusaha mengelabui sistem dengan membangun link buatan, tapi agar menjadi terorganisir dan kamu menambahkan nilai pada konten situs lain. Ketahui teknik mudah optimasi off page.

  • Media Sosial

Cara lain untuk membuat halaman tertentu dikenal oleh pengguna lain dan secara dramatis meningkatkan kemungkinan mendapat link natural adalah mempromosikannya di media sosial.

Gunakan Facebook untuk meningkatkan halaman kamu, gunakan Twitter untuk mempromosikan tweet, atau Pinterest’s promoted pins untuk membuat halaman lebih terlihat untuk lebih banyak orang.

Intinya adalah harus gunakan teknik apapun yang valid untuk membuat konten berada di depan banyak mata dan mereferensikan konten kamu pada blog atau website mereka. Orang-orang ini tidak harus target audiens (orang yang kemungkinan membeli produkmu atau berinteraksi dengan halaman kamu), tapi orang yang bisa mempengaruhi target audiens, seperti jurnalis, blogger, penulis yang tekenal dengan publikasinya, dan sebagainya.

Yang perlu diingat, tujuan kamu adalah bukan memperoleh lebih banyal sales atau kunjungan ke halaman, tapi untuk meningkatkan peringkatnya.

Baca Juga: Cara Optimalkan SEO WordPress untuk Tingkatkan Ranking Website

Sudah Tahu Cara Optimasi Keyword?

Cara optimasi keyword website agar masuk peringkat di Google memang tidak mudah. Dibutuhkan ketekunan dan pengetahuan khusus. Tugas SEO seperti mencoba meningkatkan peringkat halaman untuk keyword tertentu membutuhkan waktu. Butuh waktu untuk Google melihat perubahan pada halaman yang diterbitkan, jadi jangan tergesa mengambil langkah terlalu cepat.

Prosesnya berupa:

  • Optimasi halaman judul, deskripsi, dan konten dari kata kunci target
  • Lakukan off page SEO
  • Monitor posisi peringkat

Semoga artikel ini membantu dan salam sukses online!