Cara Pasang Iklan Banner di Website dengan Mudah dan Cepat

Cara Pasang Iklan Banner di Website dengan Mudah dan Cepat

Cara pasang iklan banner di website bukan hal yang sulit untuk dipelajari. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah mempromosikan usaha, jasa, hingga produk di banner dalam sebuah website. Harapan dari menggunakan banner di website ini ialah untuk memperkenalkan produk hingga jasa yang ditawarkan. Tidak hanya itu, banner pada website juga bisa membantu menaikkan jumlah penjualan.

Sebelum mengetahui bagaimana cara memasang iklan banner di suatu website, penting juga untuk mengetahui macam-macam plugin yang digunakannya. Mulai dari AdInserter, OptinMonster, Advanced Ads, Simple Banner, dan lain sebagainya. Setiap plugin yang digunakan memiliki kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu lebih jelas plugin yang akan digunakan.

Ingin tahu bagaimana cara memasang iklan banner di website? Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, simak penjelasan yang sudah Dewaweb rangkum di bawah ini, ya.

Baca juga: 15 Cara Membuat Backlink Berkualitas yang Efektif untuk Website

Apa itu Banner?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, banner adalah media promosi yang berisi pesan atau berita yang menjadi informasi untuk orang banyak, sekaligus menjadi bahasa promosi untuk berdagang yang akan menarik minat para konsumen untuk mengenali sebuah produk yang diiklankan.

Selain menjadi wadah untuk mempromosikan suatu barang, banner juga bisa berfungsi untuk media informasi hingga identitas atau suatu ciri khas. Supaya banner ini bisa berfungsi dengan baik, penting untuk mengetahui seluk-beluk tentang bagaimana cara memasang banner di suatu website dengan tepat.

Baca juga: Cara Membuat Website dan Blog di HP, Gak Perlu Komputer!

Macam-Macam Plugin AdSense untuk Pasang Banner di WordPress

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banner pada suatu website membutuhkan sebuah plugin. Sebagai informasi, plugin adalah kode software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut. Oleh karena itu, plugin memiliki peran penting agar banner di suatu website bisa muncul dan bekerja dengan baik.

Untuk membantu cara memasang iklan banner di website, berikut ada beberapa rekomendasi plugin adsense untuk iklan yang sudah Dewaweb rangkum.

1. Google Site Kit

Google Site Kit adalah sebuah plugin WordPress yang berfungsi untuk mengintegrasikan beberapa tools analytics dari Google, sehingga dapat dikelola melalui satu panel saja. Jika dilihat dari fiturnya, Google Site Kit memang diakui memiliki fitur yang lengkap, mulai dari format iklan, statistik, dan lain sebagainya.

2. Ad Inserter

Ad Inserter adalah plugin manajemen iklan yang memuat banyak fitur periklanan tercanggih untuk menyisipkan kode-kode iklan di posisi optimal. Ad Inserter menawarkan berbagai macam keuntungan, mulai dari mendukung kode iklan HTML, memungkinkan pengguna plugin untuk memasang kode iklan khusus pada halaman website, dan lain sebagainya.

3. Advanced Ads

Advanced Ads adalah plugin WordPress yang memiliki berbagai macam kemudahan melalui fitur-fitur yang dimilikinya, seperti mendukung berbagai jenis iklan, memungkinkan terjadinya rotasi iklan, hingga menjadwalkan tanggal kadaluarsanya. Pada versi Pro-nya, plugin AdSense untuk WordPress ini menyediakan fitur kecepatan yang lebih mumpuni daripada versi gratis.

4. Quick Adsense

Quick Adsense adalah plugin untuk membantu pemilik blog dalam menempatkan kode iklan secara otomatis tanpa pusing membaca berbaris-baris koding dari theme wordpress. Jika dilihat secara sekilas, plugin ini memang membantu customer untuk menampilkan banner pada suatu website. Namun, plugin ini lebih cocok digunakan oleh penggunanya yang cukup sederhana.

5. Easy Google AdSense

Easy Google Adsense adalah cara untuk mempermudah proses monetisasi website menjadi lebih sederhana. Jadi, kamu tidak perlu menambahkan secara manual kode iklan untuk memasang adsense ke dalam website tertentu. Adapun kelebihan lain dari Easy Google AdSense, yakni dapat menggunakan Auto Ads secara otomatis untuk menampilkan iklan yang potensi performanya oke.

Baca juga: 11 Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Konsumen dan Contohnya

Bagaimana Cara Pasang Iklan Banner di Website?

Setelah mengetahui secara lengkap pengertian dari banner dan macam-macam plugin yang dimiliki. Lantas, bagaimana cara pasang iklan banner di website? Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya pada artikel di bawah ini.

1. Login halaman

bagaimana cara pasang iklan banner di website - login wordpress
2. Upload banner iklan dengan ukuran yang sudah ditentukan

cara pasang banner iklan di website - add media
3. Buka plugin banner yang digunakan, jika belum mempunyainya, kamu bisa melakukan aktivitas terlebih dahulu

pilih plugin bannergoogle site kit
4. Masukkan kode
5. Pilih letak iklan yang diinginkan
6. Iklan pun berhasil ditampilkan

contoh banner iklan

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

Bagaimana Cara Pasang Iklan Banner di Widget?

1. Upload banner yang akan diiklankan

cara pasang iklan banner di widget - upload banner
2. Masuk ke widget

cara pasang iklan banner di widget - masuk ke widget
3. Tambah HTML khusus
4. Masukkan kode HTML
5. Banner iklan pun berhasil ditampilkan

cara pasang iklan banner di widget

Baca juga: 10 Plugins Joomla yang Wajib Dimiliki untuk Lengkapi Website

Sudah Paham Cara Pasang Iklan Banner di Website?

Melihat penjelasan yang ada di atas, apakah kamu paham bagaimana cara pasang iklan banner di website? Namun sebelum itu, pastikan bahwa kamu sudah memiliki plugin banner yang akan digunakan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan desain banner. Semoga artikel yang sudah Dewaweb rangkum ini bermanfaat untuk kamu, ya. Selamat mencoba!