Cara Lengkap Optimasi Keyword agar Masuk Peringkat di Google

Cara Lengkap Optimasi Keyword agar Masuk Peringkat di Google

Terdapat banyak cara optimasi keyword yang dapat dilakukan untuk menaikkan peringkat di Google. Salah satu langkahnya adalah memanfaatkan tools untuk meriset kata kunci. Penggunaan tools tersebut dapat menjawab beberapa pertanyaan, seperti ‘Bagaimana agar situs masuk ke ke dalam halaman pertama Google’, hingga ‘Kata kunci seperti apa yang masuk peringkat di Google.

Lebih lengkapnya, berikut Dewaweb sudah merangkum cara lengkap optimasi keyword supaya artikel yang kamu unggah, masuk ke dalam peringkat Google. Yuk, simak informasinya pada artikel berikut ini.

Baca juga: 9 Cara Riset Keyword Agar Website Ada di Halaman Pertama Google

1. Gunakan tools riset kata kunci

Cara optimasi keyword yang pertama adalah memanfaatkan tools riset sebaik mungkin. Bila ingin melacak peringkat kata kunci di mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo, pastikan kamu fokus pada keyword yang tepat. Sering kali orang terlalu mengandalkan keyword suggestion tool dari pihak ketiga. 

Masalah dengan tool dari pihak ketiga ini adalah tidak dipersonalisasi. Tool ini memberikan kata kunci populer yang umum ke siapa saja, jadi kamu tidak tahu bagaimana relevansinya pada bisnis.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat daftar keyword yang berasal dari kata kunci aktual yang biasanya digunakan untuk menemukan situs kamu. Kamu dapat mengetahui sebuah kata kunci relevan untuk kamu, yakni ketika daftar keyword berasal dari kata kunci aktual yang digunakan untuk menemukan situs kamu.

Baca Juga : Perlu Dihindari! Ini 7 Kesalahan Riset Keyword yang Tak Disadari

2. Optimasi kata kunci

Cara selanjutnya adalah melakukan optimasi keyword di website. Berikut bagaimana kamu bisa mengoptimasi sebuah halaman untuk kata kunci tertentu dan meningkatkan peringkat dengan cara efisien dengan menghindari kesalahan over optimasi. Berikut langkah-langkah optimasi kata kunci yang bisa dilakukan:

  • Memeriksa peringkat awal akta kunci

Sebelum melakukan hal lain, ketahui dimana peringkat halaman kamu hari ini untuk kata kunci yang kamu inginkan. Tanpa informasi ini, kamu tidak bisa mengukur kemajuannya.

Kamu bisa melakukannya secara manual seperti mencari kata kunci di Google dan mencatat posisi kamu atau menggunakan tool rank tracking yang bisa melakukannya secara otomatis.

Jangan berharap berpindah dari posisi 40 ke posisi 10. Peningkatan peringkat memang terjadi perlahan, tapi kamu perlu tahu dimana starting point.

  • Eksplorasi variasi

Ketik kata kunci target di Google keyword tool. Ada dua hal yang kamu cari, pertama menemukan variasi dari kata kunci target, terutama kata kunci long tail. Kedua, mencari kompetensi untuk tiap kata kunci tersebut. Kamu akan menggunakan data ini nantinya.

Melakukan riset cepat untuk keyword memberi kamu ide yang lebih baik tentang bagaimana sulitnya kata kunci kamu dan pilihan lain yang kamu miliki. Selanjutnya, masuk ke mesin pencari Google dan ketik kata kunci. Cari 3 hal berikut:

  • Kata kunci yang disarankan oleh Google ketika kamu mengetik kata kunci
  • Halaman yang muncul pada halaman hasil pertama mesin pencarian
  • Saran untuk related searches pada bagian bawah halaman

Baca juga: Berapa Lama Waktu Untuk Blog Berada Di Halaman Pertama Google

3. Perhatikan On Page SEO

Optimasi keyword yang selanjutnya adalah memperhatikan On Page SEO. Sebagai informasi, On Page SEO adalah rangkaian proses atau cara untuk mengoptimasi SEO website dari sisi konten di dalamnya. Setelah memiliki ekspektasi yang realistis, kamu bisa melakukan optimasi on page SEO, berikut permulaannya:

  • Judul halaman

Sertakan kata kunci target atau variasinya pada judul halaman, tapi jangan berlebihan. Menyebutkan kata kunci dengan cara natural pada judul sudah cukup.

  • Deskripsi halaman

Google bisa memilih untuk tidak menunjukkan deskripsi kamu pada SERP, tapi menyediakan deskripsi untuk tiap halaman website kamu tetap jadi hal yang penting dilakukan, terutama halaman yang ingin kamu masukkan ke peringkat yang lebih tinggi.

  • Variasi kata kunci

Secara akurat deskripsikan konten halaman dan sertakan variasi dari kata kunci target.

  • Tag H1

Review kode HTML (buka halaman, pergi ke “View source” dan cari H1). Pastikan halaman kam hanya memiliki satu set tag H1. Tag H1 tidak sama persis dengan tag judul halaman, tapi harus mengandung variasi kata kunci target.

  • Konten halaman

Di tahun 2011, kepala ranking team Google menerbitkan penjelasan tentang apa saja kriteria website kualitas tinggi. Ini jadi dokumen paling penting ketika bicara tentang SEO karena menjelaskan apa yang Google cari ketika menilai halaman. Hal seperti kualitas konten, orisinalitas, formatting, analisis mendalam, presentasi, dan author trust memiliki peran penting.

  • Data yang terstruktur

Mikro data, rich snippet, skema, semua nama ini terkait dengan data terstruktur. Meski ini belum jadi bagian dari algoritma Google, cepat atau lambat akan jadi bagian dari proses ranking. 

Dengan mengimplementasikan data terstruktur, kamu memudahkan Google memahami isi dari halaman kamu dan meningkatkan kemungkinan untuk masuk peringkat lebih tinggi. Data terstruktur tidak hanya tersedia untuk produk dan organisasi, tapi juga digunakan untuk artikel dan blog post.

  • Relevansi dengan halaman lain

Selain internal link, hal lain yang perlu diperhatikan adalah konten terkait yang diterbitkan pada website. Ini berarti kamu perlu menciptakan halaman yang menargetkan kata kunci yang berhubungan lainnya. Meski kamu perlu mengoptimasi halaman situs dengan konten yang relevan untuk halaman yang kamu ingin peringkatnya lebih tinggi, jangan hanya berpikir tentang teks.

Gunakan konten jenis lain seperti infografik, video, slideshow, dan sebagainya. Perhatikan juga tren blogging terbaru, terutama yang berhubungan dengan frekuensi publisitas. Silahkan baca tips kami tentang cara menulis konten dan menghindari penalti Google.

Baca juga: 10 Cara Optimasi SEO On-Page untuk Tingkatkan Trafik Website

4. Optimasi Off Page SEO

Selain memperhatikan sisi on page SEO, pastikan juga untuk memperhatikan sisi off page SEO. Hal yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi website yang relevan dan terpercaya untuk menjadi link. Tidak perlu mengoptimasinya karena tidak seperti internal link, link eksternal tidak menggunakan anchor text berisi kata kunci. Lebih mudah, kamu bisa mencari tahu bagaimana teknik mudah optimasi off page SEO.

Baca juga: Off-Page SEO: Panduan Link Building bagi Para Pemula

Sudah Tahu Cara Optimasi Keyword?

Itulah cara optimasi keyword supaya bisa masuk peringkat di Google. Cara-cara tersebut memang tidak mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan ketekunan dan pengetahuan khusus. Namun perlu diingat, Google membutuhkan waktu untuk melihat perubahan pada halaman yang diterbitkan, jadi jangan tergesa mengambil langkah terlalu cepat.

Selain melakukan cara optimasi keyword yang ada di atas, kamu juga bisa membangu website menggunakan layanan hosting dan domain terbaik dari Dewaweb. Semoga artikel ini membantu kamu ya!