Cara Tepat Membuat Strategi Content Marketing Terbaik

Content marketing belakangan ini dianggap sebagai sebuah strategi pemasaran yang paling efektif. Anggapan ini tentu tidak berlebihan jika melihat kondisi industri sekarang. Semua hal telah terdigitalisasi dan peran internet pun menjadi semakin penting. Peralihan ke era industri 4.0 mau tidak mau menggeser komponen fisik dalam industri menjadi digital.

Supaya kamu tidak kalah saing dalam era industri yang baru ini maka content marketing harus dipahami dengan baik. Tujuannya tak lain adalah supaya kamu bisa menerapkannya untuk bisa mendapatkan keuntungan dan tidak kalah saing dengan kompetitormu. Berikut ini beberapa cara tepat untuk menyusun strategi content marketing terbaik.

Mengenal content marketing

Sebenarnya, praktek pemasaran ini sudah berlangsung sejak lama bahkan sebelum era industri 4.0 dicetuskan. Menurut pengusaha sekaligus pakar digital marketing, Neil Patel, content marketing pada dasarnya merupakan sebuah storytelling. Orang yang paling baik mendongeng atau menceritakan kisahnya tentu akan memiliki lebih banyak pendengar.

Begitu pula dengan strategi pemasaran konten. Dalam stratregi pemasaran yang satu ini kontenlah yang menjadi senjata utama untuk meraih keuntungan. Kamu perlu memiliki konten yang baik, entah itu berupa tulisan, gambar, maupun video. Lalu bagaimana cara tepat untuk menyusun strategi content marketing terbaik? Kamu bisa simak dalam poin-poin berikut.

Pahami produk dengan baik

Sebelum menyusun strategi content marketing terbaik, seharusnya kamu memiliki pemahaman yang mendalam terhadap produk. Tentu tidak lucu jika kamu menjual suatu barang tanpa mengetahui detailnya dengan baik. Pastikan kamu tahu detail lengkap tentang produkmu dengan baik, entah itu bentuknya atau bahkan format penjualan yang tepat untuk produkmu.

Kamu juga harus tau target pasar produkmu. Dengan mengetahui target pasar maka kamu bisa membidik sasaran lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah meningkatkan pemahaman tentang brand awareness dan tentunya kualitas traffic jika sudah paham betul tentang target pasar. Ada beberapa tool gratis yang bisa membantumu untuk itu, contohnya Facebook Audience Insight.

Menyusun konsep untuk konten

Agar strategi content marketing bisa berjalan lancar kamu harus memiliki konsep yang jelas. Dasar untuk menyusun konsep konten bisa kamu dapatkan setelah mempelajari target pasar. Setelah mengetahui target pasar seharusnya jenis dan bentuk konten yang bisa didistribusikan pun bisa diketahui.

Sebagai contoh, jika ternyata produk atau website milikmu lebih cocok untuk anak muda maka konten yang dibuat pun seharusnya bisa menarik minat anak muda. Pada umumnya generasi muda akan lebih tertarik pada konten yang interaktif dan kekinian. Nah dari situ maka kamu bisa mulai menyusun konsep secara sistematis.

Jangan ragu untuk mencoba campaign

Sudah mulai menjalankan strategi content marketing namun hasilnya tidak terlalu signifikan? Kamu bisa coba mengimbanginya dengan campaign.  Saat ini sudah banyak situs atau media sosial yang menawarkan campaign. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan keuntungan bisnismu.

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, kamu sebaiknya mulai menyusun kalender konten. Dengan kalender konten, setiap konten yang dibuat akan lebih tertata dan terkonsep. Buatlah konten sesuai dengan hari-hari besar atau event yang kira-kira akan banyak dibicarakan orang. Kombinasikan dengan campaign untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

Untuk bisa mendapatkan keuntungan besar dari bisnis yang kamu jalankan memang tidak mudah. Content marketing menawarkan sebuah solusi atas hal tersebut. Asal kamu tidak pasif dan terus memperkaya diri tentang seluk beluk strategi pemasaran yang satu in maka bisa dipastikan hasil yang didapat pun akan maksimal.

Yuk tambah pengetahuanmu tentang content marketing dengan membaca e-book tentang Social Media Marketing yang bisa kamu baca di sini!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks