10 Cara untuk Jaga Privasi Kamu di Sosial Media, Penting!

10 Cara untuk Jaga Privasi Kamu di Sosial Media, Penting!

Sosial media memang membawa banyak dampak positif, kita bisa saling terhubung dengan siapapun bahkan dari luar negara. Namun, kamu juga harus tahu bahwa sosial media dapat menimbulkan dampak negatif yaitu informasi atau privasi pengguna yang bocor.

Oleh karena itu untuk melindungi data, setidaknya kamu harus tahu cara jaga privasi sosial media untuk mencegah hal di atas. Nah, kali ini Dewaweb akan memberikan beberapa cara untuk jaga privasi sosial media. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

1. Buat Sandi yang Kuat

Cara jaga privasi sosial media yang pertama yaitu mulai dari membuat sandi yang kuat. Cara ini mungkin akan terdengar biasa atau sepele, namun perlu kamu tahu bahwa privasi sosial media dapat terjaga apabila akun sosial media kamu sulit diretas atau dibajak.

Maka dari itu pastikan ketika mendaftar sosial media, buatlah sandi yang kuat serta beda dari akun-akun lainnya. Kamu dapat mengkombinasikan angka, huruf, dan karakter.

Apabila kamu orang yang cukup pelupa, sebaiknya catat setiap password yang kamu buat agar di depan tidak perlu bolak-balik ganti password.

2. Aktifkan 2FA

2FA atau two factor authentication merupakan autentikasi dua langkah yang dilakukan pengguna ketika akan login ke sebuah akun.. Jadi, selain memasukan username dan password, pengguna juga akan memverifikasi dengan langkah selanjutnya.  2FA juga menjadi salah satu cara jaga privasi sosial media

Verifikasi 2FA bisa berupa kode OTP, verifikasi wajah, sidik jari, atau jenis lainnya. Apabila autentikasi ini sudah diaktifkan, kemudian ada pengguna lain yang mencoba login, maka mereka tidak akan berhasil.Karena yang bisa melewati proses autentikasi ini hanyalah pemilik akun saja.

Baca Juga: Apa itu Biometrik? Ini Pengertian, Jenis-jenis, dan Fungsinya

3. Logout Setelah Menggunakan

Terkadang kita tidak hanya menggunakan sosial media di perangkat sendiri, tetapi juga di hp atau laptop teman. Sebaiknya, setelah login sosial media di perangkat teman, pastikan kamu tidak lupa untuk logout kembali.

Karena hal ini akan sangat berbahaya, kita tidak pernah tahu bahwa teman kita bisa saja menggunakan akun kita untuk mengakses hal-hal yang tidak senonoh, dan yang paling parah bisa saja kata sandi akunmu akan diganti.

Untuk menghindari hal tersebut maka jangan lupa untuk logout. Apabila kamu login di perangkat sendiri setidaknya kamu sudah menggunakan sidik jari atau PIN.

4. Jangan Sembarangan Klik Tautan

Cara jaga privasi sosial media berikutnya adalah tidak sembarangan klik tautan. Di internet maupun sosial media biasanya bermunculan tautan atau URL yang disebar penggunanya. Nah, apabila kamu tidak mengenal orangnya atau curiga dengan link tersebut maka sebaiknya jangan kamu klik.

Karena dari tautan saja bisa menjadi awal scamming atau peretasan. Misalnya terdapat informasi dari pihak yang mengaku Instagram dan mereka meminta mengubah password, karena kamu panik maka kamu pun mengikuti perintah tersebut.

Setelah itu kamu tidak bisa lagi login pada akun karena sudah diambil alih oleh peretas melalui link tadi. Sangat berbahaya kan? Maka dari itu pastikan tidak sembarangan mengklik tautan.

Baca Juga: 13 Jenis Cyber Crime atau Kejahatan Online Paling Berbahaya

5. Matikan Single Sign On (SSO)

SSO adalah sistem autentikasi yang memungkinkan kamu melakukan satu kali login saja untuk lebih dari 1 akun sosial media. Contohnya kamu bisa membuat akun Instagram secara cepat hanya dengan menggunakan akun Facebook.

Meski sistem ini terlihat lebih menghemat waktu, namun ternyata membawa dampak buruk. Bayangkan ketika akun utama yang digunakan diretas, maka akun sosial media lain kemungkinan besar akan diretas juga. 

6. Gunakan VPN

Cara jaga privasi sosial media berikutnya yaitu menggunakan VPN. VPN dapat membantu kamu menyembunyikan proses ketika pertukaran data.

Menggunakan VPN sama saja memiliki jalur pribadi dalam pengiriman data dan tidak ada seorang pun yang bisa melewati jalur tersebut. 

Selain digunakan ketika mengakses media sosial, VPN juga dapat kamu gunakan ketika mengakses website perusahaan kamu, bertransaksi, dan masih banyak lagi.

7. Aktifkan Mode Private

Ketika memiliki akun media sosial, mengaktifkan mode private adalah salah satu cara jaga privasi sosial media. Dengan mengaktifkan mode tersebut kamu yakin bahwa yang melihat postinganmu hanya orang-orang yanng kenal di dunia nyata. Hal ini akan meminimalisir kamu berinteraksi dengan orang asing sehingga privasi bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 10 Fungsi VPN Terhadap Aktivitas Internet yang Perlu Kamu Tahu

8. Menyeleksi Pertemanan

Setelah mengaktifkan mode private, biasanya saat ada yang meminta koneksi pertemanan maka harus di konfirmasi terlebih dulu. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan atau agar privasimu tetap terjaga, maka kamu bisa menyeleksi dulu siapa saja yang ingin berteman denganmu.

Kamu bisa mengkonfirmasi akun yang memang kamu tahu betul dan kenal siapa pemiliknya. 

9. Jangan Bagikan Lokasi di Sosial Media

Berikutnya adalah jangan membagikan lokasi di sosial media, apalagi secara real time. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu sedang tidak berada di tempat tinggalmu dan tingkat kriminalitas semakin mudah terjadi.

Selain lokasi, kamu juga sebaiknya tidak membagikan alamat rumah pribadi pada sosial media manapun. Apabila memang dibutuhkan, jangan berikan secara detail.

10. Hindari Sign In atau Sign Up dengan Media Sosial

Cara jaga privasi sosial media yang terakhir adalah hindari melakukan sign in atau sign up menggunakan media sosial langsung. Ada beragam aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam mengisi data pribadi yaitu menghubungkan langsung dengan Google, Facebook, atau yang lain.

Walaupun cara ini terkesan praktis, namun akan cukup merugikan kamu karena mereka akan mengambil data pribadimu. Jadi, sebaiknya apabila ingin mendaftar sebuah akun, maka isi data secara manual saja.

Baca Juga: Apa itu Cyber Security? Pengertian, Elemen, dan Manfaatnya

Simpulan

Itulah kurang lebih sepuluh cara untuk jaga privasi sosial media yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mulai dari yang paling mudah yaitu dengan menggunakan sandi yang kuat. Cara ini harus kamu lakukan agar privasi kamu tetap aman dan tidak begitu ter-publish.

Untuk kamu yang memiliki website, penggunaan hosting juga menjadi salah satu upaya dalam menjaga data penggunanya. Kamu bisa menggunakan hosting Dewaweb yang terbukti cepat, bisa diandalkan, dan tentunya lulus sertifikasi keamanan.

Yuk, tidak perlu lama-lama terapkan cara jaga privasi sosial media tersebut pada akunmu. Selamat mencoba ya!