10 Cara Cek Harga Website Paling Praktis dan Mudah, Wajib Tahu

10 Cara Cek Harga Website Paling Praktis dan Mudah, Wajib Tahu

Apakah kamu tahu jika bisa cek harga website lewat internet? Biasanya ada orang yang hendak menjualkan website-nya, namun mereka belum tahu berapa harga yang pantas dipatok.

Maka dari itu muncullah situs cek harga website, pada situs ini nantinya terdapat estimasi harga dari website yang kamu cari. Apa saja situs cek harga website tersebut? Langsung saja simak artikel Dewaweb hingga akhir ya!

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Website Pertamamu (Tanpa Koding!)

Mengapa Harus Cek Harga Website?

Mungkin diantara kamu bertanya-tanya untuk apa kita harus cek harga website. Sebenarnya cek harga website ini dapat digunakan baik untuk kamu yang ingin membeli ataupun menjual website.

Bagi kamu yang ingin membeli website milik orang lain, kamu jadi bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Selain itu, pada beberapa situs cek harga website juga terdapat informasi mengenai statistik situsnya seperti page view, penghasilan iklan, dan masih banyak yang lain.

Sedangkan untuk sisi penjual, kamu juga dapat memperkirakan berapa harga yang perlu dipatok ke pembeli, sehingga kamu tidak akan menjual terlalu rendah ataupun tinggi. 

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Website Pertamamu (Tanpa Koding!)

Situs untuk Cek Harga Website

Untuk kamu yang hendak mengecek harga website, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi situs cek harga website. 

Urlwebsite.com

cara cek harga website - urlwebsite

Situs pertama yaitu urlwebsite.com. Jika kamu browsing di internet dengan keyword “cek harga website”, maka situs muncul paling atas adalah urlwebsite.com. Pada situs ini kamu hanya perlu memasukan URL situs yang ingin di cek, kemudian centang pada verifikasinya lalu klik Hitung.

Setelah itu muncul estimasi harga, analisis, hingga judul situsnya.

Urlrate.com

cara cek harga website - urlrateSitus ke dua yaitu urlrate.com, situs cek harga website ini memiliki kecepatan yang lebih lambat jika dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, hal tersebut sebanding dengan informasi yang ditampilkan.

Selain memberikan estimasi harga, urlrate.com juga menyediakan banyak informasi seperti jumlah kunjungan harian, bulanan, search engine index, ranking website, dan masih banyak lagi.

Worthofweb.com

cara cek harga website - worthofweb

Worthofweb adalah salah satu situs yang bisa kamu gunakan juga, namun yang perlu kamu tahu situs ini tidak bisa mengecek situs yang belum begitu banyak memiliki traffic. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir, situs worthofweb membutuhkan waktu yang cepat untuk mengecek situs. Selain itu mereka kerap memberikan tips dan trik agar pemilik dapat meningkatkan harga situsnya.

Siteprice.org

cara cek harga website - siteprice

Berikutnya adalah situs siteprice.org, sama seperti sebelumnya situs ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengecek harga website. Selain itu ditambah dengan informasi yang cukup lengkap.

Bahkan terdapat informasi backlink, DA, PA, domain age, dan masih banyak info lain tentang website tersebut.

Baca Juga: Cara Cek DA & PA Website untuk Meningkatkan SEO [2022]

Siteworthtraffic.com

cara cek harga website - siteworthtraffic

Situs cek harga website berikutnya adalah siteworthtraffic.com. Situs ini memberikan penjelasan yang cukup berbeda dari yang lain yaitu ringkasan performa situs akan dijabarkan secara deskriptif seperti gambar di atas tadi.

Ada beberapa informasi pada deskripsi tersebut, seperti estimasi harga website, jumlah visitor, page views, global rank, hingga estimasi revenue dari adsense.

Trysiteprice.com

trysiteprice

Trysiteprice.com merupakan situs untuk mengecek harga website yang cukup friendly, kemudian ditambah dengan lengkapnya informasi yang diberikan, bahkan hingga informasi basic seperti keyword atau niche situs website tersebut.

Selain basic information, mereka juga memberikan data seperti lokasi negara, hingga IP address, sangat lengkap kan?

Getwebprice.org

getwebprice

Berikutnya adalah situs getwebprice.org. Sama seperti situs lainnya, ia juga memberikan informasi umum mengenai website tersebut, seperti keyword yang dipakai, hingga performa SEO-nya.

Statscrop.com

statscrop

Dari semua rekomendasi situs di atas, statscrop.com yang memberikan informasi paling lengkap, bahkan hingga domain profile seperti nama dan email owner-nya pun muncul.

Selain itu terdapat informasi basic lain seperti traffic website, pengunjung, pendapatan dari ads, umur situs, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa rekomendasi situs yang bisa kamu gunakan untuk mengecek harga website. Kemudian selanjutnya kita akan masuk pada cara melakukan pengecekannya.

Baca Juga: Cara Daftar Google AdSense Lengkap agar Permintaan Akun Diterima

Cara Cek Harga Website dengan Mudah

Berikut ini cara cek harga website melalui internet dengan salah satu situs di atas.

  1. Buka browser kamu kemudian ketikkan “cek harga website” seperti berikut.
  2. Setelah itu muncul banyak rekomendasi situs lalu pilih salah satu.cek harga situs
  3. Kemudian di sini kita akan mencoba dengan situs urlwebsite.com.
  4. Buka situs tersebut dan masukan alamat situs yang ingin di cek.ketik url
  5. Klik Saya bukan robot. Klik Hitung dan tunggu beberapa saat.
  6. Kemudian jika berhasil maka muncul tampilan seperti di bawah ini.muncul estimasi harga

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil cek harga website dengan salah satu rekomendasi di atas. 

Baca Juga: Apa Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

Tips Menjual Website

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara cek harga website-nya, sehingga kamu dapat memperkirakan harga yang akan diberikan pada pembeli. Kemudian Dewaweb juga memiliki beberapa tips agar dalam menjualkan website.

Gunakan hosting yang aman dan terpercaya

Tips pertama adalah gunakan hosting website yang aman dan terpercaya. Salah satu yang membuat harga website mahal adalah penggunaan hostingnya. Semakin bagus kualitas hosting maka semakin aman dan mudah pengelolaan situsnya. Kamu bisa gunakan Dewaweb sebagai penyedia layanan cloud hosting terbaik yang aman dan terpercaya.

Gunakan domain yang bernilai

Selain hosting, pemilihan nama domain juga tak kalah pentingnya. Kebanyakan pembeli biasanya akan menggunakan situs untuk bisnis atau yang lain, maka dari itu pastikan gunakan domain yang bernilai.

Lalu jangan lupa juga gunakan domain TLD atau top level domain, karena domain tersebut dianggap lebih profesional.

Gunakan desain website yang menarik

Selanjutnya kita akan beralih pada sisi visual, ketika mengunjungi situs, hal pertama yang kita lihat adalah desainnya. Website design tersebut dapat memberikan first impression pada situs kamu.

Maka dari itu sebisa mungkin gunakan desain yang menarik, tetapi juga tidak meninggalkan unsur kegunaan serta keefektifannya.

Tambahkan konten web original

Situs yang mahal juga dapat dipengaruhi oleh konten website yang original. Oleh karena itu pastikan isi website kamu dengan konten yang original serta bermanfaat. Sehingga tidak akan di cap spam oleh Google. Itulah mengapa penting untuk mengetahui istilah content marketing juga.

Baca Juga: 8 Cara Buat Artikel yang Berkualitas dan Disukai Google

Tingkatkan performa SEO website

Banyak konten namun performa buruk maka tidak ada artinya, konten yang bagus harus dibarengi dengan performa SEO juga. Ada tiga jenis SEO yang harus diterapkan, diantaranya yaitu.

  • On page SEO: teknik untuk mengoptimasi konten website dan tampilannya.
  • Off page SEO: teknik optimasi SEO di luar website, seperti backlink.
  • Technical SEO: upaya untuk mengoptimasi struktur website agar sesuai dengan kaidah SEO.

Apabila semua sudah terpenuhi maka performa website kamu akan semakin baik, sehingga harga jual website pun akan semakin tinggi.

Simpulan

Ada beberapa rekomendasi situs cek harga website yang bisa kamu gunakan. Pada situs tersebut kamu dapat menemukan berbagai informasi mengenai situs. 

Sehingga antara penjual dan pembeli situs sama-sama diuntungkan. Penjual dapat memperkirakan harga jual, kemudian pembeli dapat melihat dulu harga belinya serta berbagai informasi lain. Semoga artikel ini membantu ya!