Cloud Hosting Indonesia dengan Fitur Premium Gratis (BitNinja + Patchman + Let’s Encrypt SSL)

Cloud Hosting Indonesia dengan Fitur Premium Gratis (BitNinja + Patchman + Let’s Encrypt SSL)

Sebagai bentuk komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada semua pelanggan tercinta, Dewaweb menjadi web hosting terbaik Indonesia yang memberikan tiga fitur perlindungan premium baru tanpa dikenakan biaya apa pun alias gratis. Ketiga fitur ini (BitNinja + Patchman + Let’s Encrypt SSL) berlaku untuk semua layanan shared cloud hosting, baik Personal maupun Corporates.

Cloud Hosting Indonesia Murah Pertama

Sejak diluncurkan tahun 2014 lalu, Dewaweb terus bertumbuh pesat dan mengukuhkan diri sebagai layanan cloud hosting Indonesia dengan berbagai teknologi canggih dan fitur premium yang tidak ada di provider hosting lain. Selain fitur-fitur High Performance Cloud Hosting dan HTTP/2 Support yang sudah tersedia sebelumnya, Team Dewaweb terus melakukan riset untuk meningkatkan keamanan cloud platform Dewaweb, karena kami percaya keamanan website-website pelanggan sangat penting.

1. BitNinja Server Security

Dengan BitNinja, semua cloud server Dewaweb terlindungi dari serangan botnet dan DDoS Layer 7 berbasis HTTP menggunakan metode “port honeypot”. BitNinja akan men-setup beberapa open port “dummy” untuk menjebak botnet yang datang. Semua IP botnet ini akan direkam dalam database BitNinja Defense Network dan kemudian akan diblokir otomatis. Silakan tonton video berikut ini untuk melihat cara kerja BitNinja.

https://youtube.com/watch?v=LgDH1RXiElw

Baca Juga: Pengaruh Lokasi Server untuk Website dan Cara Memilihnya

Beberapa alasan mengapa BitNinja itu penting:

  • Perlindungan Terhadap Botnet

Botnet atau Robot Network kerap digunakan untuk tujuan kriminal seperti pencurian data-data pribadi atau data-data krusial seperti data keuangan. Untuk membatasi infeksi, BitNinja bukan hanya memblokir akses ke domain murah yang berbahaya, tapi juga mencegah sistem untuk terhubung kembali ke server. Hal ini berguna agar botnet tidak dapat mengakses server dan menginfeksi jaringan lainnya.

  • Custom Honeypot

Membangun Honyeposts secara kustom disesuaikan dengan kebutuhan. Honeypots dibangun untuk “menjebak” IP adalah. Dengan menyesuaikan pengaturan aplikasi, virus dapat diidentifikasi dan diblokir. Secara umum, pengaturan ini mencakup semua

  • Web Application Firewall (WAF)

Web Application Firewall (WAF) adalah alat, plugin, atau filter yang mengatur konversi HTTP. Dengan menyesuaikan pengaturan, banyak serangan dapat diidentifikasi dan diblokir. Secara umum, pengaturan ini melindungi dari serangan seperti cross-site scripting, injeksi sql, keamanan XML, buffer overflow, dan pencurian data. Dengan begini kita bisa mencegah server kita dijadikan bagian dari serangan DDoS. Jika kita hanya menggunakan WAF biasa, jangan harap hasilnya bisa maksimal kecuali jika kita menggunakan BitNinja karena BitNinja akan terus melatih dan memperbahrui dirinya sendiri.

  • BitNinja Greylist

BitNinja greylist berisi daftar 2.1 juta IP address yang berbahaya di seluruh Internet. Daftar ini terus diperbaharui dan dikirimkan ke server Ninja dalam waktu 3 detik.

  • Log Analisis

Secara sederhana, log analisis adalah proses pengumpulan data. Disebut juga audit trail yang mencatat segala aktivitas seperti waktu, user, data yang diakses, dan lain-lain. Proses pengumpulan data log analisis menggunakan beragam teknik seperti pengenalan pola serangan, normalisasi, klasifikasi dan tagging, korelasi analisis, dan artificial ignorance.

  • Deteksi Virus dan Malware

Malware (termasuk virus, worms, trojan, spyware, adware, dan program berbahaya lainnya) sering dipergunakan untuk merusak sistem komputer, mengumpulkan data-data penting, termasuk mencurinya. BitNinja menggabungkan deteksi malware konvensional dengan teknologi heuristis (prosedur analisis) terbaru yang meningkatkan efisiensi deteksi.

  • 7 Lapisan Keamanan Terhadap Dampak DDoS

Salah satu bentuk serangan DDoS adalah ketika serangan itu tampak seperti aktivitas pengguna pada umumnya. Anti DDoS biasa tidak sanggup melawan serangan jenis ini karena sulit bagi mereka untuk membedakan antara pengguna biasa dengan bot. Dengan sistem Honeypot, perlindungan yang diberikan pun jadi semakin luas dan menyeluruh. Ini artinya BitNinja dapat mengidentifikasi botnet dan DDoS hingga 7 lapisan tingkat keamanan.

  • Port Honeypots

Sebuah server mendapatkan rata-rata 1000 serangan yang berbeda setiap hari. Sebagai persiapan untuk menangkis banyaknya serangan ini, BitNinja mempersiapkan 100 Port Honeypots sebagai perangkap. Port ini secara otomatis memindai segala bahaya yang mengancam server tanpa perlu diatur ulang atau maintenance.

  • Antarmuka Berbasis Perintah

Fitur ini dilengkapi dengan antarmuka yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan jaringan BitNinja.

  • Distribusi Hasil Scan

Ketika memindai server, hasil pemindaian atau scan log analisis akan didistribusikan dengan fitur pendistribusian yang unik untuk mencegah botnet mengetahui kelemahan server kita.

  • TalkBack

Dalam banyak kasus, beberapa serangan dilakukan oleh mesin atau server yang tidak bersalah atau tidak sadar bahwa server tersebut terinfeksi. Itu sebabnya BitNinja dilengkapi dengan fitur TalkBack dengan cara memberlakukan log-get-request kepada server tersebut, untuk membantu sysadmin (system adminsitration) yang terinfeksi mengenali masalahnya.

  • Antiflood

Jika serangan datang dalam jumlah besar, maka BitNinja akan secara otomatis memutuskan hubungan.

  • Laporan Berkala

Laporan audit akan dikirimkan secara berkala, berisi informasi detail tentang lalu linta server, upaya-upaya serangan, dan informasi lain yang berguna untuk evaluasi.

  • Perlindungan & Update

Sama seperti antivirus, BitNinja akan melaporkan upaya-upaya serangan dan mengunduh pembaharuan dari server pusat.

Baca Juga: Cloud Server Memberi Banyak Keunggulan pada Bisnis Anda!

2. Patchman

Salah satu problem yang sering kali dihadapi pelanggan Dewaweb adalah infeksi malware/virus yang merusak website atau mengirimkan spams dalam jumlah banyak, ini diakibatkan oleh CMS seperti WordPress dan Joomla yang tidak di-update. Biarpun kami sudah merekomendasikan untuk selalu update CMS ke versi terakhir secara teratur, tetap saja ada pelanggan yang tidak melakukan update, mungkin karena khawatir theme/plugin yang dipakai broken.

Dewaweb mengatasi ini dengan Patchman, layanan patching otomatis yang akan melakukan patch (penambalan) pada celah keamanan di core files CMS WordPress, Joomla atau Drupal – tanpa menyebabkan problem pada website yang sedang berjalan. Patchman akan memberikan notifikasi email sebelum patching dilakukan dan juga akan memberikan info kalau ada malware yang masuk ke website.

Setidaknya ada 3 keuntungan menggunakan Patchman:

  • Kontinuitas. Dengan teknologi Patchman, kami akan terus-menerus mendeteksi kerentanan dari situs web Anda dan secara otomatis membersihkan malware.
  • Hemat. Anda tidak perlu menggunakan pengamanan dari pihak ketiga karena kami sudah melakukan pengamanan untuk Anda.
  •  Menenangkan. Dengan tingkat keamanan yang tinggi, Anda tidak perlu khawatir soal malware atau bahaya hacker.

Lalu, fitur seperti apa sajakah yang dimiliki oleh Patchman?

  • Patching

Situs web yang menggunakan WordPress, Joomla, atau Drupal sering terjadi kerentanan. Patchman memberikan perlindungan kepada setiap versi CMS yang Anda gunakan.

  • Menghilangkan Malware

Para hacker biasanya meretas dan menyerang server untuk mencuri data-data penting dan mengambil keuntungan darinya. Patchman akan mendeteksi script berbahaya dan mengkarantinanya sehingga Anda tidak perlu membereskan kekacauan sendiri.

  • Notifikasi

Kami bukan saja mengamankan, tapi juga memberi Anda informasi. Jadi sebelum dilakukan patch (penambalan), Anda akan menerima email notifikasi berisi keterangan secara detail tentang isu keamanan yang sedang terjadi.

  • Roll back

Kami paham bahwa barangkali Anda khawatir soal perubahan setting setelah patching dilakukan. Maka Patchman juga dilengkapi dengan fitur “Roll Back Changes” yang bisa mengembalikan setting ke sebelum patching dilakukan.

  • Mudah Di-setting dan Dikonfigurasi

Proses scanning maupun patching tidak akan memakan waktu lama. Mudah di-setting maupun dikonfigurasi.

  • Automatisasi

Pada beberapa situasi yang kerap terjadi, kami akan melakukan setting tindakan secara otomatis. Misalnya ketika ada malware yang terdeteksi, maka akan secara otomatis dikarantina dan dieksekusi. Tentu saja Anda akan tetap mendapatkan notifikasi detail.

  • Dapat Diintegrasikan dengan cPanel, Plesk, dan DA

Control Panel apa pun yang Anda gunakan, Anda tetap bisa mengakses Patchman karena bisa diintegrasikan dengan cPanel, Plesk, atau Direct Admin.

Perlu diperhatikan bahwa biarpun ada Patchman, Anda tetap harus melakukan pengamanan WordPress dengan benar seperti melakukan update WordPress, plugin, dan themes secara teratur dan menggunakan password yang kuat seperti yang ada di artikel tips pengamanan WordPress.

Baca Juga: Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Cloud Hosting

3. Let’s Encrypt SSL

Tiga alasan utama kenapa website Anda harus menggunakan SSL (HTTPS) adalah untuk meningkatkan keamanan website, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan juga menaikkan ranking website di Google.

Let’s Encrypt adalah organisasi non-profit baru dari Linux Foundation yang menyediakan SSL gratis untuk semua pemilik website. Let’s Encrypt SSL gratis dan menawarkan perlindungan enkripsi standard, tapi tanpa garansi seperti SSL certificate komersial dari RapidSSL, GeoTrust, Thawte dan Symantec. Dewaweb Cloud Hosting memberikan kemudahan untuk semua pelanggan melakukan instalasi Let’s Encrypt SSL di websitenya hanya dalam waktu kurang dari 10 menit!

Tutorial install Let’s Encrypt SSL

Ketiga fitur premium yang kami berikan tidak hanya akan sampai di sini, kami akan terus mengembangkan teknologi untuk memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik untuk Anda. Terima kasih sekali lagi karena telah memilih Dewaweb Cloud Hosting Indonesia sebagai rumah untuk website Anda!