13 CMS untuk Website Forum & Cara Membuatnya di WordPress

13 CMS untuk Website Forum & Cara Membuatnya di WordPress

Membuat sebuah website forum online dapat menjadi langkah yang tepat untuk meningkatkan interaksi antara pengguna dan pengunjung situs web. Dengan adanya web untuk forum diskusi, pengguna bisa makin terlibat dengan sebuah konten di website sekaligus memperluas jaringan sosial.

Nah, jika kamu ingin membuat forum online sendiri, ada banyak Content Management System (CMS) yang dapat memudahkan proses pembuatannya. Dengan menggunakan sebuah CMS yang tepat, kamu dapat dengan mudah membuat dan mengelola sebuah forum yang menarik dan ramah pengguna.

Di artikel ini, Dewaweb akan memberikan beberapa rekomendasi CMS terbaik untuk membuat forum online dan juga panduan cara membuatnya di platform WordPress. Selamat membaca!

Baca Juga: Apa Itu CMS? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Apa Itu Website Forum?

Website forum adalah jenis website yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam diskusi online tentang topik tertentu. Fungsi utamanya adalah untuk menyediakan platform bagi pengguna untuk berbagi informasi, pendapat, dan pengalaman mereka tentang topik yang diminati.

Dalam sebuah web diskusi online, pengguna dapat membuat postingan baru atau membalas postingan orang lain, membentuk thread diskusi yang terorganisir. Dari web ini, pengguna bisa mendapatkan saran, solusi, atau informasi yang berguna dari orang-orang dengan minat atau pengalaman yang serupa. Melalui fitur-fitur seperti pesan pribadi, pengguna juga dapat berkomunikasi secara langsung satu sama lain.

Website jenis ini sering digunakan dalam berbagai jenis komunitas online, seperti komunitas penggemar, komunitas hobi, atau komunitas seputar topik tertentu. Adapun beberapa contoh website forum paling terkenal seperti Quora, Kaskus, dan Reddit.

13 CMS untuk Website Forum

Berikut ini adalah beberapa daftar CMS yang bisa kamu gunakan untuk membuat situs forum diskusi online:

1. WordPress

WordPress adalah salah satu CMS yang paling populer di dunia. Dengan WordPress, pengguna dapat membuat, mengelola, dan mengedit situs web dengan mudah tanpa harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam.

WordPress juga dapat digunakan sebagai CMS untuk situs forum online. Dengan menggunakan plugin-plugin tertentu, pengguna dapat membangun dan mengelola forum secara efisien di dalam situs web mereka.

Jadi, jika kamu sudah familiar dengan WordPress, maka sangat disarankan untuk membuat forum menggunakan CMS ini saja. Sebab, kamu hanya perlu menambahkan plugin forum kemudian melakukan konfigurasi sedikit. Selanjutnya, forum sudah dapat digunakan.

Baca Juga: Apa Itu WordPress? Fitur, Fungsi, dan Keunggulannya

2. vBulletin

Bagi yang sudah sering browsing internet dari tahun 2000-an mungkin familiar dengan nama ini. vBulletin adalah sebuah perangkat lunak untuk membuat forum yang sudah ada sejak lama. Kebanyakan forum yang sudah besar dan terkenal dibuat dengan menggunakan vBulletin.

CMS forum yang satu ini pertama kali dirilis pada tahun 1999 dan sudah terkenal sebagai salah satu solusi web forum PHP. Saat ini, vBulletin sudah sampai pada vBulletin 5 dengan fitur kustomisasi yang beragam.

Setiap forum vBulletin memiliki built-in SEO dan fitur-fitur keamanan yang lengkap. Selain itu, vBulletin juga menyediakan berbagai pilihan tema kustom yang bermacam-macam. Setiap forum yang dibangun dengan vBulletin juga sudah dioptimasi agar menjadi mobile-friendly. Fitur ini membuat vBulletin menjadi salah satu CMS forum yang paling responsif.

vBulletin memberikanmu kontrol penuh atas banyak hal termasuk user dan moderator permissions, jumlah sub-forums, metadata, avatar pengguna, emoji kustom, dan masih banyak lagi. Yang mungkin perlu diperhatikan adalah vBulletin bukanlah CMS forum yang paling mudah digunakan. Bahkan WordPress bisa dibilang lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan jika dibandingkan dengan vBulletin.

3. Vanilla Forums

Salah satu CMS gratis yang bisa digunakan untuk membuat forum adalah Vanilla Forum CMS. CMS yang satu ini juga menggunakan PHP dan adalah salah satu CMS forum yang muncul beberapa waktu belakangan ini.

Vanilla Forum memiliki dua paket:

  • Open source gratis Vanilla forum di mana kamu bisa men-setup dan mengelola forum
  • Sebuah forum dengan hosting cloud yang dikelola oleh tim mereka

Pilihan yang pertama memberi kebebasan untuk mengelola forum sesuai kemauan dan kebutuhanmu. Sementara pilihan kedua membantumu agar tidak pusing dengan pekerjaan admin dan membiarkan para ahli yang bekerja. Tentunya kamu harus membayar untuk pilihan yang kedua.

Semua kode yang ada pada Vanilla forum adalah 100% open source dan gratis. Ini membuat pemecahan masalah pada Vanilla forum mudah untuk dilakukan. CMS yang satu ini memiliki komunitas developer yang siap dan mau membantu jika kamu menemukan masalah pada kode open source-nya.

Di Vanilla, kamu mendapat kontrol penuh atas desain keseluruhan forum, profil user, dan permissions untuk user dan moderator. Fitur ini mirip dengan vBulletin, tetapi gratis. Vanilla juga memiliki fitur untuk bisa kustomisasi badges atau lencana untuk pengguna. Kamu juga bisa membuat support Q&A dan bahkan membuat mobile forum untuk pengguna smartphone.

4. IPS Forums

Salah satu forum CMS yang sudah ada sejak lama adalah IPS Forums, yang sebelumnya dikenal dengan nama Invision Power Board. Pertama kali dibuat di tahun 2002, IPS Forums sering dianggap sebagai rival dari vBulletin. Sampai sekarang, CMS untuk membuat forum ini masih terus berjalan dengan fitur yang sama, tetapi CMS ini di re-write di tahun 2012 untuk membuat paket Invision Power Service atau IPS.

Adapun fiturnya seperti modul blog kustom, sebuah modul konten, modul e-commerce, dan modul galeri gambar. Semua fitur tersebut masuk di dalam satu paket IPS yang membuatnya menjadi salah satu CMS yang paling terampil dan itu menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang tetap menggunakan IPS.

Jika dibandingkan dengan vBulletin, kamu hanya perlu membayar satu kali dengan lisensi seumur hidup untuk menggunakan vBulletin dan mendapatkan semua update dan support-nya. Sementara IPS ada biaya perpanjangan setiap 6 bulan untuk terus mendapatkan dukungan dan update pada platform. Namun jika kamu ingin membangun keseluruhan portal web maka IPS mungkin sepadan dengan harganya.

5. Joomla

Joomla adalah CMS yang sering digunakan untuk membuat dan mengelola berbagai jenis website. Joomla memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk digunakan sebagai CMS untuk situs forum. Dengan Joomla, pengguna dapat dengan mudah membuat, mengatur, dan mengedit konten pada website forum tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang pemrograman web.

Selain itu, Joomla juga menyediakan banyak ekstensi dan templat yang dapat digunakan untuk mempersonalisasi tampilan dan fungsi dari situs forum. Hal ini dapat membantu pengguna untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik sesuai dengan kebutuhan dan tujuan situs forum diskusi mereka.

6. bbPress

Jika kamu menggunakan CMS WordPress untuk membangun forum online, maka bbPress adalah plugin yang paling umum digunakan. Plugin ini menggunakan lisensi open source yang sama dengan WordPress sehingga kamu bisa men-download dan langsung menggunakannya tanpa membayar biaya apapun.

Plugin ini juga dibuat khusus agar langsung bisa digunakan secara bersamaan di dashboard WordPress sehingga kamu bisa langsung mengelola website dan forumnya di satu tempat yang sama. Efisien bukan?

7. Drupal

Drupal adalah CMS yang populer dan kuat yang digunakan untuk membangun dan mengelola berbagai jenis situs web. Drupal dapat digunakan untuk membuat dan mengelola berbagai jenis situs, termasuk blog, situs berita, situs e-commerce, dan bahkan situs forum.

Drupal memiliki banyak fitur yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk membangun forum online. Drupal dapat dengan mudah dikustomisasi dan diperluas dengan menggunakan modul dan tema yang tersedia.

Dengan menggunakan Drupal, pengguna dapat dengan mudah membuat dan mengatur forum online, mengelola pengguna dan peran mereka, serta memoderasi konten. Drupal juga menawarkan keamanan yang kuat dan sistem otentikasi yang dapat membantu mencegah serangan dan melindungi privasi pengguna.

Baca Juga: Berkenalan dengan CMS yang Paling Dinamis, Drupal!

8. Discourse

Discourse dibuat oleh Jeff Atwood yaitu orang yang membuat Stack Overflow. Discourse adalah salah satu opsi non-PHP karena CMS ini dibangun di atas Ruby on Rails. Banyak forum besar menggunakan Discourse karena ini bisa dianggap sebagai sebuah platform komunikasi dibanding CMS untuk komunitas besar.

Sebagai contoh, komunitas developer Twitter menggunakan Discourse karena Discourse lebih mudah digunakan dibanding CMS forum lainnya.

contoh-CMS-forum-discourse-twitter-dev-community

Discourse juga menawarkan kustomisasi plugin integrase untuk Slack, Google Analytics, dan WordPress. Discourse tidak bekerja seperti CMS forum pada umumnya. Discourse tidak memiliki alternative sub-forum. Homepage-nya akan menampilkan semua threads baru secara default.

Ini mungkin akan membuat homepage kamu terasa penuh. Bisa dibilang, Discourse tidak se-organisir CMS forum lainnya. Tetapi jika kamu menginginkan sistem CMS yang mudah digunakan, Discourse bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

9. phpBB

phpBB adalah salah satu platform CMS yang banyak digunakan. CMS forum yang satu ini juga open-source dan menawarkan user experience berkualitas tinggi walaupun gratis.

phpBB juga merupakan salah satu CMS forum yang paling simple untuk digunakan dan kamu bisa menjalakannya dengan mudah. Kamu hanya perlu men-download phBB dari website resminya, meng-install phpBB di server PHP atau MySQL, dan mulai membuat board diskusi.

Sama dengan CMS open source pada umumnya, phpBB juga memiliki komunitas support yang besar. Kamu juga tidak perlu khawatir karena phpBB sudah dioptimasi untuk perangkat mobile.

Selain itu, resources mereka juga gratis. Jika kamu bisa menemukan extension atau tema yang ingin kamu gunakan, kamu tinggal men-download-nya dan menjalakannya di forummu. Platform forum yang satu ini juga mendukung 50+ bahasa sehingga kamu bisa menggunakan bahasa lokal jika dibutuhkan.

10. MyBB

MyBB juga merupakan salah satu CMS untuk membuat forum yang sudah cukup lama. Pertama kali dirilis pada tahun 2002 sudah berjalan selama hampir 2 dekade secara konsisten.

Di dalam admin panelnya, kamu mendapat kontrol penuh atas theme forum, fungsi-fungsinya, calendar, polling, profil, private message, chat, dan masih banyak lagi.

contoh-forum-myBB

Gambar di atas adalah contoh forum yang dibuat dengan menggunakan MyBB. Forumnya sendiri terlihat mirip dengan vBulletin sehingga ini bisa menjadi alternative yang baik jika kamu tertarik untuk menggunakan vBulletin.

Sayangnya platform myBB masih kurang mendapat support mobile. Jadi, akan sedikit merugikan karena sulit diaksesk melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Namun, MyBB mendukung beberapa bahasa sehingga bisa menjadi pilihan tepat jika ingin membuat website internasional.

Baca Juga: Berbagai CMS Untuk Membuat Social Media Sendiri

11. Simple Machines Forum (SMF)

Simple Machines Forum atau SMF adalah sebuah platform yang didukung oleh PHP dan mengikuti struktur vBulletin. Sayangnya, sistem SMF bisa dibilang sebagai salah satu yang paling sulit untuk dikustomisasi.

Para web developer sering mengatakan bahwa SMF adalah salah satu forum CMS terbaik di luar sana, tetapi CMS yang satu ini juga termasuk yang susah untuk dipelajari. Kamu butuh waktu untuk mempelajarinya agar bisa memanfaatkan fitur-fiturnya di forum. Meski begitu, SMF menawarkan salah satu user experience terbaik.

12. NodeBB

Semakin banyak developer berpindah ke Node.js karena kemampuan kustomisasi dan kemudahan penggunaan. Nah, kalau kamu ingin menggunakan setup Node.js, NodeBB bisa menjadi CMS untuk membuat forum yang tepat.

Sayangnya forum ini tidak gratis dan sedikit lebih sulit untuk di-setup. Kamu perlu memiliki kemampuan web development untuk benar-benar bisa bekerja dengan NodeBB.

NodeBB sendiri sebenarnya salah satu CMS yang bagus karena mereka memfokuskan perhatian mereka pada user experience. Karena ini adalah stack JavaScript penuh, halaman biasanya dimuat melalui Ajax secara dinamis, membuat user experience-nya terasa jauh lebih mulus.

contoh-forum-nodeBB

Gambar di atas adalah contoh forum yang dibuat dengan NodeBB. Profil pengguna dan thread forumnya sendiri didesain dengan simple dan theme default-nya juga bisa dikatakan cukup basic. Tetapi jika kamu mau belajar tentang bahasa templating, kamu bisa melakukan beberapa hal lebih dengan NodeBB.

13. Xenforo

Pada akhir tahun 2000-an, beberapa pendiri original vBulletin keluar dan membangun forum baru. Forum tersebut melalui banyak perubahan sampai akhirnya menjadi XenForo. CMS ini dibuat berdasarkan vBulletin original sehingga ada banyak ide-ide seperti nested comments, breadcrumbs, dan balasan Ajax dinamis.

Untuk harga lisensinya bisa dibilang lebih murah dari vBulletin dan termasuk dalam lisensinya adalah 12 bulan support untuk setiap lisensi. Jika kamu melihat demo forum Xenforo, kamu akan melihat bahwa mereka memiliki style yang mirip dengan vBulletin.

XenForo didukung oleh komunitas yang siap membantu kapan saja. XenForo hadir dengan panel admin yang sangat bersih sehingga merupakan salah satu forum yang mudah dikelola. Sayangnya, Xenforo tidak memiliki banyak add-ons atau templates.

Membuat Website Forum dengan WordPress

Cara membuat situs forum diskusi online sebenarnya sama saja seperti cara membuat website di WordPress pada umumnya. Hanya saja ada tambahan langkah memasang plugin forum serta mengonfigurasinya. Berikut langkahnya:

1. Tentukan domain dan hosting

Langkah pertama tentukan nama domain yang kamu inginkan. Domain adalah alamat unik yang merepresentasikan brand atau website milikmu, sehingga perlu pertimbangan matang untuk memilih nama beserta ekstensinya.

Sama seperti domain, hosting adalah aspek penting yang wajib ada ketika mengembangkan website. Layanan ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan aset dan seluruh data situs milikmu. Kamu perlu mempertimbangkan hosting terbaik dengan spesifikasi bagus yang pasti cepat dan aman.

Untungnya kamu bisa beli hosting gratis domain di Dewaweb, lho! Yap, mulai pembelian paket Hunter ke atas selama minimal satu tahun, kamu bisa mendapatkan domain dengan ekstensi tertentu secara gratis. Domain tersebut bisa digunakan untuk seterusnya selama kamu memperpanjang paket. Yuk cek sekarang!

Baca Juga: Cara Membeli Hosting dan Domain di Dewaweb

2. Install WordPress

Kamu dapat meng-install WordPress melalui Softaculous App Installer. Berikut adalah cara instal WordPress untuk website kamu:

  1. Buka cPanel melalui namawebsite.com/cpanel.
  2. Masukkan Login ID dan Password.
  3. Ketik Softaculous Apps Installer di kolom pencarian.
  4. Cari WordPress di interface Softaculous.
  5. Klik Install.
  6. Isikan informasi yang diperlukan, jangan lupa atur username dan password.
  7. (Opsional) Pilih tema yang ingin digunakan.
  8. Klik Install di bagian bawah halaman.

Jika kamu belum paham, silakan kunjungi artikel cara install WordPress di cPanel yang dilengkapi dengan gambar.

3. Masuk ke dashboard WordPress

Selanjutnya masuk ke dashboard WordPress untuk mengatur isi website. Untuk membukanya, kamu dapat menambahkan “wp-admin” tepat di belakang nama domain, contohnya: www.domainkamu.com/wp-admin. Selanjutnya, kamu cukup login menggunakan email dan password akun WordPress-mu. Tampilannya akan seperti ini:

WordPress login Dewaweb

4. Pilih tema website forum

Selanjutnya pilihlah tema website sesuai keinginan dan kebutuhanmu. Berikut langkahnya:

  1. Setelah masuk ke dashboard, pilih Appearance > Themes > Add New yang berada di sebelah kiri tampilan dashboard. Kemudian, pilih dari ratusan tema gratis yang tersedia.
  2. Jika tema sudah terpasang, jangan lupa untuk mengaktifkannya sebagai tema website kamu dengan cara pilih Install > Activate
  3. Setelah memasang tema, kamu perlu menyesuaikan tampilan website kamu agar tampak lebih profesional. Kamu dapat melakukan ini melalui Dashboard > Appearance > Customize.

Jika langkah di atas kurang mudah dipahami, kamu bisa mengunjungi artikel Cara Install Tema Website WordPress [Cepat & Mudah] yang memberikan langkah lebih detail beserta gambarnya.

Baca Juga: 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu

5. Tambahkan plugin forum ke WordPress

Selanjutnya tambahkan plugin forum, misalnya plugin bbPress. Berikut langkahnya:

  • Di dashboard WordPress pilih menu Plugins > Add New
  • Ketik ‘forum’ di menu pencarian
  • Pilih bbPress > Install Now > Activate
  • Kembali ke dashboard WordPress dan pilih menu Forum > Add New
  • Masukkan nama forum & deskripsi forum sebagai berikut:
    1. Type: pilih Forum untuk menampilkan daftar topik
    2. Status: pilih Open agar daftar topik terbuka untuk diskusi para anggota
    3. Visibility: kamu bisa pilih Public atau Private untuk mengatur siapa saja yang dapat mengakses website forum milikmuLakukan pengaturan website forum di opsi Forum Attribute
  • Setelah semua informasi forum dipastikan sesuai, klik Publish untuk meluncurkan forum

6. Konfigurasi forum di WordPress

Langkah terakhir yaitu kamu hanya perlu melakukan beberapa konfigurasi forum saja, misalnya membuat forum pertamamu. Berikut ini langkahnya:

  • Di dashboard WordPress pilih menu Topics > Add New
  • Selanjutnya isi form topik dengan pertanyaan seputar topik yang ingin dimunculkan. Tentukan pengaturan topik di opsi Topic Attributes:
    1. Type: pilih Normal agar topik ditampilkan di halaman depan website. Topik baru akan selalu muncul paling atas dilanjutkan dengan topik-topik lama di urutan kedua dan seterusnya
    2. Status: pilih Open untuk membuat topik terbuka untuk diskusi
    3. Forum: isi dengan nama forum yang tepat jika memiliki lebih dari beberapa forum diskusi dalam website
  • Setelah semua informasi terisi, pilih Publish

Selesai, forum pertamamu sudah jadi. Selanjutnya kamu bisa mengeksplor konfigurasinya lebih jauh lagi untuk melakukan pengaturan lebih dalam. Selamat mencoba!

Sudah Siap Bangun Website Forum?

Website forum adalah sebuah platform yang sangat efektif untuk membangun komunitas online. Jenis website ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti berbagi informasi, mendiskusikan topik tertentu, atau bahkan untuk membangun jaringan bisnis.

Sebenarnya semua forum CMS ini fantastis, hanya saja setiap CMS memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Semua tergantung pada kebutuhan dan keinginanmu. Jadi, apakah kamu siap membangun website untuk berdiskusi milikmu sendiri?

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks. Salam sukses online!

Asset Blog Dewaweb
Dewaweb Team

Pluviophile. Adulting while figuring out how to listen to audiobooks without getting distracted.