website pribadi featured image

20+ Contoh Website dan Blog Pribadi Kreatif untuk Inspirasimu

Mencari inspirasi contoh website atau blog pribadi?

Kalau kamu sedang kehabisan ide, mengunjungi website dan blog lain bisa mendatangkan inspirasi baru untuk meng-upgrade tampilan website, atau jika hendak membuat blog baru.

Tapi terkadang, untuk menemukan blog atau website baru yang bisa dicontoh dapat menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, berikut ini Dewaweb siapkan contoh blog dan website pribadi yang bisa kamu jadikan panutan. Yuk simak!

Baca Juga: Penjelasan Blog: Sejarah, Struktur, Jenis dan Manfaatnya

20+ Contoh Website atau Blog Pribadi Inspiratif

Nah, berikut ini adalah contoh website dan blog pribadi terbaik yang dapat kamu jadikan inspirasi.

1. Garry Le Masson: Portofolio Web Analytics Consultant

contoh blog atau website pribadi - portofolio

Merasa familier dengan tampilan website tersebut? Desain website portofolio Gary memang diadaptasi dari tampilan Google. Yang menjadikan unik, semua unsur di dalamnya disesuaikan dengan komponen portofolio dirinya.

Bukan hanya pada tampilan beranda saja, ketika membuka menu “Google Resume”, tampilannya seperti hasil pencarian Google seolah kamu memasukkan keyword nama Gary.

Gary benar-benar memperhatikan detail pada website portofolionya. Bahkan dari bentuk favicon website-nya juga menyerupai Google. Sangat menarik dan out of the box ya!

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Blog Baru bagi Pemula

2. Albino Tonnina: Portofolio Web Engineer

contoh blog pribadi - portofolio

Ini merupakan salah satu contoh website portofolio dengan ide menarik yang patut kamu kunjungi.

Membuat website portofolio pribadi adalah cara yang tepat untuk menunjukkan skill kamu, seperti yang dilakukan Albino, seorang web engineer.

Untuk memberi kesan hidup pada website, Albino menggunakan konsep parallax effect reveal scroll. Obyek di dalam website akan berubah menjadi bentuk baru saat di-scroll.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Website dari Nol sampai Jadi

3. Humans of New York: Blog Fotograficontoh blog atau website pribadi - fotografi HONY

Humans of New York (HONY) adalah website fotografi yang bagus untuk dijadikan inspirasi.

Dibuat oleh Brandon Stanton, fotografer yang melakukan perjalanan ke berbagai negara untuk memotret dan menceritakan kisah kehidupan sehari-hari orang yang ditemuinya dalam perjalanan.

Desain website ini mengutamakan user experience yang baik. Begitu masuk ke homepage-nya, pengunjung disuguhkan dengan tiga kategori utama “Stories, Countries, Series”. Ini memudahkan pembaca untuk menemukan konten yang dicari dengan cepat.

Cobalah kelompokkan konten blog ke dalam kategori sesuai minat untuk meningkatkan UX pada website-mu.

4. Anak Jajan: Food Blog

contoh blog atau website pribadi - anakjajan food blog

Dari namanya, kamu pasti sudah tahu kalau blog ini berisi segala hal seputar makanan dan wisata kuliner. Food blog milik Marius dan Veronica ini berhasil meraih kesuksesan dengan berbagai penghargaan.

Di blognya, mereka membagikan hal-hal menarik di setiap kedai makanan yang dikunjungi. Isi kontennya bisa dibilang sangat lengkap.

Pada menu website, kamu bisa menemukan rekomendasi tempat makan yang dikategorikan sesuai tipe makanan, lokasi (dari dalam hingga luar negeri) dan mal atau tempat nongkrong di daerah seputaran Jakarta.

Uniknya, ada tambahan widget Google Translate yang otomatis dapat menerjemahkan website ke dalam berbagai bahasa. Hal ini akan meningkatkan UX, karena pengunjung bisa menikmati konten dalam bahasa pilihannya.

5. Not Jess Fashion: Fashion Blog

contoh blog atau website pribadi - fashion blog

Bagi penyuka fashion, blog ini merupakan salah satu contoh website pribadi yang patut jadi inspirasi. Memulai blognya tahun 2014, Jessica Wang merupakan top fashion blogger dan digital influencer terkemuka di New York.

Tak sekedar menampilkan foto dengan gayanya, Jessica selalu totalitas dalam membagikan inspirasi melalui blognya. Ia juga kerap membagikan konten seputar gaya hidup, traveling, makanan, hingga kecantikan dengan tetap menonjolkan sisi fashion sebagai niche utamanya.

Di setiap postingannyam ia selalu memberikan link “Shop The Post” yang mengarahkan pengunjung untuk bisa membeli produk yang ia gunakan pada foto.

Baca Juga: 10 Template WordPress untuk Fashion Blog

6. Naked Traveler: Travel Blog

contoh blog atau website pribadi - the naked traveler

Dengan blog, kamu juga bisa mengukir prestasi lho! Contohnya blog satu ini, yang bisa dibilang blog terpopuler di Indonesia. Trinity adalah orang di balik suksesnya Naked Traveler. Ia adalah travel blogger pertama di tanah air.

Bermula dari hobi menulis catatan saat traveling, pada tahun 2005 Trinity mulai menulis cerita perjalanannya di blog. Semenjak itu, banyak orang menyukai kisah perjalanannya dan kemudian menarik perhatian para penerbit.

Trinity merilis buku debut pertamanya —The Naked Traveler—yang kemudian diadaptasi menjadi film di tahun 2017.

Ia meraih gelar Indonesia’s Leading Travel Writer dan dinobatkan sebagai salah satu dari 12 Wanita Indonesia Paling Berpengaruh di Twitter oleh majalah Swa pada tahun 2010.

7. Duck of York: Lifestyle Blogcontoh blog atau website pribadi - duck of york

Kalau kamu mencari inspirasi lifestyle blog, ini adalah salah satu contoh yang bagus. Penulisnya adalah Agi Tiara, blogger asal Yogyakarta yang memulai Duck of York pada tahun 2014.

Blog ini tampil menawan dengan dominasi whitespace. Di setiap postingannya, terdapat foto-foto beresolusi besar dengan editan visual yang menarik.

Dari homepage-nya, pengunjung disuguhi dengan tampilan fullscreen judul blog berlatar putih, dengan tiga menu website di bagian atas.

Bukan hanya dari tampilan saja, Agi pandai mengemas konten-konten blognya menjadi sangat menarik untuk dibaca. Mulai dari hal seputar kecantikan, editorial, review makanan, traveling, hingga buah pemikirannya ia cantumkan dalam blog.

Baca Juga: Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

8. Rumah Inspirasi: Parenting Blogcontoh website pribadi - rumah inspirasi

Rumah Inspirasi merupakan website untuk membantu orang tua yang ingin belajar memulai homeschooling, meningkatkan kapasitas parenting, dan entrepreneurship pada anak. Diprakarsai oleh keluarga Sumardiono, yang memilih model pembelajaran homeschooling untuk ketiga anaknya.

Kontennya meliputi materi-materi pembelajaran homeschooling lengkap dengan ebook yang bisa diunduh, artikel parenting, dan podcast dari webinar online yang diselenggarakannya secara rutin. Bisa dibilang, konten blog ini sangat lengkap untuk membantu orang tua dalam mendidik anak.

9. Eating Bird Food: Cooking BlogAsset Blog Dewaweb

Bagi yang hobi masak-memasak, blog ini patut dijadikan inspirasi.

Brittany adalah kreator di blog ini yang merupakan ahli gizi dan personal trainer. Kecintaannya terhadap pola gaya hidup sehat mendorongnya untuk berbagi dengan membuat blog Eating Bird Food.

Pengunjung disuguhkan dengan tampilan blog nuansa cerah dengan foto-foto makanan yang menggugah selera. Yang menjadikannya unik, tiap resep masakannya memiliki cerita dan keunikan tersendiri.

Ia membagikan hal-hal menarik terkait masakannya seperti cerita singkat di balik pembuatan, info kandungan nutrisi makanan, serta foto dan video tutorial memasak.

Baca Juga: Pengertian Tagline, Jenis, dan 10+ Tips Membuat Tagline Unik

10. Iwan Banaran: Blog Otomotif

Asset Blog Dewaweb

Contoh website pribadi dengan niche otomotif bisa kamu lihat pada blog Iwan Banaran.

Dilihat dari penampilannya, blog ini memang terbilang sangat padat. Banyak banner iklan yang memenuhi tampilan website. Meski begitu, setelah menelusuri kontennya, kamu akan paham mengapa banyak pengiklan tertarik menyewa space di blog ini.

Bagi penggemar otomotif khususnya roda dua, blog Iwan bisa dibilang sebagai portal informasi terkini. Fokus pada niche yang spesifik tidak menyebabkan Iwan kehabisan ide dalam mengembangkan blognya.

Ia membagi topik blog ke dalam lima kategori yang selalu hangat dibicarakan peminat otomotif. Selain itu, Iwan kerap memproduksi konten video yang diunggah ke YouTube.

11. Mike Perry Studio: Artist Blog

Asset Blog Dewaweb

Mike Perry adalah seniman / ilustrator asal Amerika, yang karyanya sudah diakui dan banyak meraih penghargaan.

Mike Perry Studio merupakan situs pribadinya yang digunakan sebagai sarana menampilkan hasil karyanya dalam bentuk portofolio. Selain itu, ia juga menjual beberapa karya seninya melalui situs pribadinya tersebut.

Tampilan homepage menggunakan desain header horizontal scrolling berlatar putih untuk menampilkan beberapa karya-karyanya. Penggunaan GIF di beberapa unsur dalam blog memberi kesan yang lebih hidup dan dinamis. Boleh dicontoh juga nih!

Baca Juga: Apa Itu Chatbot? Penjelasan, Cara Kerja, dan Manfaatnya bagi Bisnis

12. Fall for DIY: DIY Blog

Asset Blog Dewaweb

Contoh website pribadi unik lainnya bisa kamu lihat pada Fall for DIY. Dari namanya saja, pasti kamu sudah bisa menduga blog ini tentang apa.

Meski memilih niche yang cukup spesifik, Francesca berhasil mengemasnya ke dalam blog yang menarik untuk dikunjungi. Pengunjung blognya dimanjakan dengan tampilan website yang fresh dan bersih.

Francesca membagikan hal seputar DIY atau kerajinan tangan yang dibuat dengan barang-barang tidak terpakai. Tak kehabisan akal, Ia mengelompokkan barang karya DIY-nya dalam beberapa kategori. Mulai dari hiasan interior, peralatan kantor, hiasan pesta, dan fashion.

13. Kucing Malas: Blog Komunitas Pecinta HewanAsset Blog Dewaweb

Selanjutnya ada blog untuk komunitas pecinta hewan. Kucing Malas sebetulnya bermula dari instagram @kucingmalasid yang didirikan oleh Dipa dan Uchy, sepasang suami-istri pecinta kucing. Melihat antusiasme yang meningkat, mereka mendirikan website yang kemudian semakin berkembang pesat.

Opsi menu pada website ini terbilang cukup banyak bila dibandingkan blog lainnya. Di bawah bagian menu, terdapat button yang menampilkan emoji kucing dengan berbagai ekspresi. Ini akan mengarahkan pengunjung ke laman kumpulan artikel kucing sesuai kategori. Unik juga ya!

Baca Juga: Ingin Jadi Digital Nomad? Ikuti Tips Suksesnya Di Sini!

14. By Kwest: Healthy Lifestyle BlogAsset Blog Dewaweb

Kalau kamu hobi berolahraga dan memiliki gaya hidup sehat, blog satu ini layak jadi panutan. Kira, pendiri By Kwest merupakan seorang atlet, content creator, dan entrepreneur.

Tampilan homepage cukup simple, berisi foto dirinya berukuran fullscreen dengan hamburger menu di sisi kanannya. Menariknya, ada beberapa penggunaan copywriting yang bagus pada blognya.

Tampilan minimalis homepage dilengkapi tagline “Your new favorite place for all things wellness“, dengan tanda panah ke bawah yang mengajak pengunjung untuk scroll mencari tahu lebih lanjut tentang blognya.

Pembaca juga diarahkan untuk follow social media-nya dengan kalimat “Are we friends yet?” di bagian informasi social media.

Baca Juga: 15 Contoh Copywriting Headline untuk Meningkatkan Minat Beli

15. Dani Rachmat: Financial Blog

Asset Blog Dewaweb

Jika memiliki keahlian di bidang keuangan, kamu bisa saja membuat blog seperti yang satu ini.

Blog Dani Rachmat fokus pada topik finansial dan perencanaan keuangan. Dengan niche ini, ia membagikan konten artikel seputar investasi, asuransi, menyusun dana pensiun, tabungan, kredit, hingga cerita pengalaman mengurus keuangan.

Meski topik yang dibahas cukup serius, pembaca awam tetap bisa memahami penjelasan dengan mudah karena menggunakan bahasa sehari-hari di setiap tulisannya. Dari segi tampilannya, blog ini cukup simple dan mudah diakses.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Jitu untuk Dapat Uang dari Blog

16. A Model Recommends: Blog KecantikanAsset Blog Dewaweb

Ruth Crilly, seorang model fashion asal London memulai website pribadinya di tahun 2010. Sesuai namanya, A Model Recommends berisi kumpulan rekomendasi produk kecantikan, mulai dari skincare, makeup, parfum, hingga perawatan tubuh.

Blog dengan niche beauty ini tampil menawan dengan desain minimalis dan foto-foto beresolusi tinggi. Untuk melengkapi konten-kontennya, ia juga kerap mengupload video seputar kecantikan dan rekomendasi produk ke dalam blognya. Ruth juga kerap membagikan cerita seputar kehidupan pribadinya dalam blog.

Baca Juga: 7 Cara Mudah untuk Buat Website & Blog Gratis di Wix

17. Bixbux: Blog Internet MarketerAsset Blog Dewaweb

Bixbux adalah contoh blog yang bagus dengan niche internet marketing. Sekarang topik ini memang banyak diminati dan dicari semua orang. Kalau kamu punya keahlian di bidang ini, membuat blog bisa jadi cara untuk meningkatkan karir dan skill-mu.

Banyak hal yang bisa dibahas dengan niche internet. Di Bixbux, kamu bisa menemukan artikel-artikel terkait media sosial, SEO, bisnis online, hingga review produk teknologi. Penjelasan di artikelnya juga mudah dipahami bagi orang awam di bidang internet marketing.

Baca Juga: Apa Itu Passive Income, Tips, dan Cara Mendapatkannya?

18. Desty Baca Buku: Book Blog

contoh blog website pribadi

Book blogger asal Indonesia, Pauline Destinugrainy sudah aktif menulis resensi buku ke dalam blognya sejak 2011. Kalau kamu hobi baca buku, blog ini bisa dijadikan inspirasi.

Isi ulasannya ringkas, namun sangat informatif. Dalam menulis ulasan buku, ia menjelaskan topik utama dan alur cerita. Kemudian ia memberi sedikit komentarnya soal buku tersebut. Bagian akhir, ia memasukkan penilaiannya dalam bentuk star rating.

19. Catarina Mira

Asset Blog Dewaweb

Blog Catarina Mira bisa dibilang salah satu website pribadi yang unik. Ketika mengunjungi blognya, kamu akan disuguhkan dengan foto-foto beresolusi tinggi dan berukuran besar. Terkadang kamu harus scroll lebih lanjut untuk melihat foto secara keseluruhan.

Tidak banyak tulisan yang ditampilkan di dalamnya. Pengunjung seperti dimanjakan dengan foto-foto dengan penempatannya yang sangat memperhatikan estetika.

Tulisan blognya bisa ditemukan pada bagian “Categories” yang terletak di menu. Mira menulis blognya ke dalam Bahasa Inggris dan Portugis dengan penempatan sisi kanan dan kiri.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Melalui Fashion Blog

20. Minimalist Baker

Asset Blog Dewaweb

Masih kurang inspirasi contoh blog / website pribadi tentang makanan? Coba intip blog satu ini!

Dengan banyaknya food blog yang ada, kamu harus membuat blogmu berbeda agar lebih menonjol seperti yang dilakukan Minimalist Baker.

Sesuai namanya, blog ini memiliki konsep minimalis, baik dari desain dan kontennya. Minimalist Baker memilih niche sangat spesifik, yaitu menyajikan konten masakan sederhana. Semua resep masakannya hanya membutuhkan maksimal 10 bahan, 1 mangkok, dengan waktu memasak 30 menit saja. Unik ya!

Di dalamnya terdapat ikon-ikon menonjol yang dirancang untuk memberi tahu pembaca tentang alergen yang berbeda di tiap resep mereka. Hal ini tentu meningkatkan pengalaman pengguna terhadap website.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Food Blogger

21. Om and The City BlogAsset Blog Dewaweb

Butuh inspirasi lain untuk lifestyle blog? Yuk, cek blog satu ini!

Blog Om & The City bisa dibilang sangat memanjakan mata pembacanya. Bisa dilihat dari tata letak homepage yang rapi dan menawan. Juga dari desain, penggunaan latar putih dengan sentuhan warna cerah membuat tampilannya makin menonjol.

Jika ditelusuri tiap halamannya, kamu akan menemukan kombinasi warna yang konsisten, baik dari segi desain maupun foto-fotonya.

Kontennya pun tak kalah menarik. Di blog ini kamu bisa menemukan hal seputar hidup sehat, menjaga produktivitas, dan menerapkan sustainable living yang dikemas dengan sangat baik.

Baca Juga: 12 Tren Web Design Terpopuler di Tahun 2021 untuk Websitemu

22. Sugeng.id

Asset Blog DewawebSugeng.id merupakan salah satu blog yang populer, khususnya bagi mereka yang mempelajari SEO, WordPress, Blogspot dan blog.

Website ini membantu para blogger pemula yang tidak bisa bahasa pemograman tetapi ingin belajar ngeblog. Di blog ini, Mas Sugeng (panggilan akrab penulis blog ini) membagikan template-template Blogger yang bisa dibeli para peminatnya.

Baca Juga: Cara Ampuh Membuat Artikel SEO Friendly di Blog dan Website

Sudah Dapat Inspirasi untuk Website dan Blog Pribadi?

Itu dia tadi beberapa contoh blog atau website pribadi yang bisa jadi inspirasi kamu. Bagaimana, sudah dapat ide akan membuat website seperti apa?

Nah, ada hal penting lain yang harus kamu lakukan sebelum membuat blog atau website. Pilih layanan hosting terbaik yang mampu membuat website kamu selalu aman, cepat diakses, dan bisa diandalkan. Selalu pilih cloud hosting Dewaweb yang selalu jadi nomor satu untuk urusan website, hosting, dan server!