Intip 5 Contoh Newsletter Ini untuk Inspirasi Email Marketingmu

Intip 5 Contoh Newsletter Ini untuk Inspirasi Email Marketingmu

 

Sedang menjalankan strategi email marketing dan mencari contoh newsletter yang menarik? Kamu ada di artikel yang tepat!

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan strategi email marketing dalam menjangkau pelanggan. Pasalnya bila dibandingkan dengan social media, strategi ini berpeluang untuk menjangkau pelanggan secara unik dan lebih personal.

Tampilan newsletter yang bagus dapat meningkatkan minat pembaca untuk membuka email yang kamu kirim. Yuk, simak contoh newsletter berikut agar strategi email marketing yang dijalankan makin sukses!

Apa itu Newsletter?

Sebelum masuk ke contoh, ada baiknya untuk memahami pengertian tentang newsletter.

Newsletter adalah email yang berisi informasi atau update dari perusahaan kepada pelanggannya. Isinya bisa berupa pemberitahuan penting, penjelasan fitur, info promo, atau artikel dan konten terbaru yang ingin disampaikan kepada pelanggan.

Newsletter biasa ditujukan kepada orang-orang tertentu yang telah mendaftarkan email mereka sebagai subscriber.

Kabarnya, metode ini merupakan strategi email marketing yang paling banyak digunakan perusahaan, sebagai media membangun hubungan yang lebih dalam dengan para pelanggan.

Baca Juga: Email Marketing: Panduan Lengkap

Contoh Newsletter Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa contoh newsletter perusahaan yang layak dijadikan sebagai referensi ketika membuat email marketingmu.

1. Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi yang memfasilitasi penggunanya untuk belajar bahasa asing. Dirancang dengan metode pembelajaran yang unik dalam bentuk game interaktif. Dengan begitu, penggunanya mendapat pengalaman belajar bahasa dengan cara yang lebih menyenangkan.

Berikut salah satu contoh newsletter yang dikirim Duolingo kepada pengguna aplikasinya.

Contoh newsletter - DuolingoNewsletter dari Duolingo menyajikan konten yang menarik dan informatif. Melalui contoh di atas, mereka memperkenalkan beragam fitur yang dimilikinya sekaligus mengajak pembaca menggunakan aplikasi Duolingo.

Tampilannya berlatar putih dengan sentuhan gambar ilustrasi yang memudahkan pembaca fokus pada isi konten. Di setiap bagiannya disisipi button dengan kalimat Call-To-Action (CTA) yang tepat untuk membantu mengarahkan pembaca mencapai tujuan.

Baca juga: Mengenal Content Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

 

Duolingo benar-benar memanfaatkan strategi email marketing untuk menjangkau pelanggan. Demi meningkatkan layanannya, para pengguna diberikan laporan mengenai progress pembelajaran yang telah dilakukan selama satu minggu melalui email seperti berikut.

contoh newsletter - duolingo

Dengan begitu, pengguna dapat mengevaluasi progress yang telah dilakukan setelah belajar menggunakan Duolingo. Berapa kata yang telah dipelajari, modul yang telah diselesaikan, dan poin yang berhasil diraih selama seminggu. Hal ini bagus untuk meningkatkan motivasi pengguna belajar menggunakan Duolingo.

2. Jenius

Jenius merupakan sebuah layanan perbankan yang menawarkan kemudahan mengatur keuangan melalui smartphone. Tabungan digital Jenius menyesuaikan layanannya kepada masyarakat yang kini sudah semakin berkembang ke arah digital savvy.

Penasaran seperti apa strategi email marketing yang dijalankan Jenius? Berikut salah satu contoh tampilan newsletter-nya.

contoh newsletter - jenius

Tampilan newsletter Jenius dikemas dengan visual yang atraktif dengan gambar ilustrasi dan warna yang selaras. Untuk bisa menggait target audiens yang lebih luas, Jenius membuat konten yang berkaitan soal keuangan menjadi ringan dan menarik agar lebih mudah dipahami bagi pembaca.

Tak melulu soal promosi, newsletter Jenius membagikan informasi keuangan yang bermanfaat bagi penggunanya. Salah satunya dengan konten mengenali modus penipuan lewat WhatsApp ini.

Informasi dibuat dalam bentuk narasi untuk memudahkan pembaca memahami isinya. Dibantu pula dengan penggunaan kalimat yang jelas dengan gaya bahasa yang ringan khas anak muda.

Baca Juga: Cara Menulis di Blog dan Tips Menarik Pembaca ke Blog Kamu

3. Zalora

Zalora merupakan ecommerce yang menjual berbagai fashion items, mulai dari pakaian wanita dan pria hingga aksesoris dari bermacam-macam brand. Setiap hari, Zalora mengirimkan newsletter kepada para subscribernya dengan berbagai macam penawaran yang mereka buat.

contoh newsletter - zalora

Dilihat dari strukturnya, newsletter dengan tampilan seperti ini sangat khas bagi perusahaan yang bergerak di bidang ecommerce. Bagian letterhead memuat logo perusahaan, kemudian di bawahnya terdapat promo banner sebagai informasi utama yang difokuskan bagi audiens.

Di bawah promo banner, Zalora memuat foto produk-produk terkait yang dirancang seperti sebuah katalog mini. Tentunya lengkap dengan harga dan link menuju produk tersebut yang memudahkan audiens untuk langsung berbelanja.

Tak jarang, mereka juga menyisipkan banner-banner dalam bentuk GIF yang menarik perhatian pembaca melihat informasi yang disampaikan di dalamnya.

Baca Juga: Cara Optimasi Email Marketing untuk Meningkatkan Open Rate dan CTR

4. The Athletic

The Athletic merupakan sebuah website berita olahraga yang berbasis subscription. Situs sport journalism ini menyediakan berbagai info mulai dari berita olahraga, hasil pertandingan, kisah dari klub-klub olahraga hingga jadwal pertandingan.

Berikut contoh tampilan email newsletter yang dikirimnya kepada subscriber.

The athletics

Di dalam newsletternya, The Athletic menampilkan beberapa berita ter-update yang bisa dinikmati pembaca di situs mereka. Berlatar putih, didominasi dengan foto serta judul berita yang catchy dan deskripsi singkat di bagian bawahnya. Terdapat button di tiap berita dengan CTA ‘Read Full Story’ untuk mengarahkan pembaca ke artikel lengkap.

Model newsletter blog biasanya memiliki desain yang cukup simpel. Hal ini berguna agar perhatian pembaca lebih banyak mengarah pada isi informasi atau teks yang ditampilkan.

5. Scope

Scope adalah organisasi yang bergerak di bidang charity untuk difabel atau orang-orang berkebutuhan khusus di Inggris. Scope mengajak masyarakat untuk berdonasi, ber-volunteer, menggalang dana dan bergabung dengan campaign mereka demi mendukung para disabilitas.

Scope

Contoh newsletter Scope di atas memuat aktivitas yang dilakukan untuk mendukung kampanye bagi penyandang disabilitas. Mulai dari donasi, bergabung menjadi volunteer, dan semacamnya.

Scope memberikan informasi kepada pembaca tentang bagaimana mereka dapat berpartisipasi dalam membantu  penyandang disabilitas melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan.

Baca Juga: Yuk, Belajar Membuat Konten Email Marketing yang Menarik dari 5 Brand Ini

Tak lupa, Scope menyampaikan bagaimana donasi-donasi yang telah disumbangkan dapat membantu setiap anak difabel meraih kehidupan yang lebih baik. Di bagian akhir, mereka mengajak pembaca untuk mendukung kampanye dengan menandatangani petisi.

Simpulan

Semoga contoh newsletter perusahaan di atas dapat memberikan inspirasi padamu dalam membuat email marketing. Sebagai media penghubung antara perusahaan dengan pelanggan, newsletter tidak melulu digunakan sebagai media promosi. Supaya pelanggan tidak bosan, kamu dapat membagikan hal-hal informatif lainnya yang berguna bagi pembaca.