25 Contoh Website Portfolio Terbaik untuk Inspirasimu

25 Contoh Website Portfolio Terbaik untuk Inspirasimu

Bagi para pekerja kreatif, portfolio adalah wadah untuk unjuk karya terbaiknya. Tak jarang, portfolio dibuat seunik mungkin agar menarik perhatian. Kamu bisa melihat sendiri contoh website portfolio mereka yang bertebaran di Internet.

Portfolio didesain semenarik mungkin untuk mendapatkan kesan pertama yang lebih baik. Selain itu, portfolio yang menarik juga akan memberikanmu kesempatan lebih besar untuk bekerja sama dengan klien yang kamu inginkan.

Berencana menunjukkan hasil kerjamu lewat portfolio? Siap-siap buat orang lain terkesima dengan 25 contoh website portfolio yang bisa jadi inspirasimu. Yuk, simak selengkapnya!

1. Luky Primadani

Contoh website portfolio

Kalau kamu menyukai portfolio yang lengkap dan terstruktur, contoh website portfolio milik Luky Primadani cocok untuk jadi inspirasimu. Kamu bisa melihat CV, portfolio, tulisan, serta seminar yang pernah ia hadiri melalui dasbor menu yang ada di homepage-nya.

Desain yang dipilih juga terlihat minimalis. Meskipun berisi banyak informasi, kamu tidak akan kesulitan untuk membacanya.

Dibagian bawah website, tidak lupa Luky menyediakan kolom bagi kamu yang ingin sekadar menyapa atau mengajaknya bekerja sama.

Baca juga: Apa Itu Portofolio? Manfaatnya, Contoh, dan Bedanya dengan CV

2. Kesato

Contoh Website Portfolio

Mau terlihat kasual namun tetap memiliki kesan profesional? Contoh website portfolio dari Kesato akan cocok untuk jadi inspirasimu. Kombinasi warna biru kasual dan hitam profesional pada homepage-nya langsung memberikan kesan yang menyenangkan saat pertama kali melihat.

Pilihan gambar-gambar yang humanis hasil dari proyek digital agency ini juga cocok dijadikan sebagai latar belakang homepage yang menambah kesan ‘hangat’.

Kamu bisa mengeklik salah satu hasil kerja Kesato untuk melihat detailnya. Tidak butuh waktu lama untuk menampilkan detail informasi tiap hasil kerja karena loading website yang cepat ditambah tampilannya yang ringan dan minimalis.

Baca juga: Cara Mempercepat Website dengan Mudah

3. Melissa Sunjaya

Contoh Website Portfolio

Jika hasil kerjamu membutuhkan penjelasan detail, maka portfolio milik desainer Melissa Sunjaya bisa jadi contoh yang tepat. Dengan tampilan homepage yang minimalis, namun kaya akan informasi di halaman ke dua.

Meskipun padat akan informasi, tapi font serta kombinasi warna yang dipilih Melissa sama sekali tidak membuat lelah mata pembaca.

Melissa juga menambahkan pointer serta judul-judul kecil di samping penjelasan hasil kerjanya, sehingga informasi yang disampaikan tidak terkesan menumpuk.

Hal lain yang menjadi kelebihan website portfolio Melissa adalah adanya tombol “Prev Work”, “Next Work” dan “All Works” yang bisa memudahkan kamu melihat hasil kerja lainnya dari Melissa tanpa harus kembali ke halaman awal.

4. Emily Ridge

Contoh Website Portfolio

Contoh website portfolio selanjutnya datang dari Emily Ridge, seorang WordPress developer dan desainer. Ia memiliki tampilan homepage yang dipenuhi gambar namun sama sekali tidak menyulitkan pengujung.

Halaman ke dua lebih mirip seperti salindia presentasi, tapi inilah yang membuatnya nyaman dibaca. Setiap penjelasan ditampilkan dalam bentuk pointer serta ilustrasi yang memudahkan pemahaman pembaca.

Di bagian pinggir layout juga tersematkan layanan apa saja yang bisa Emily berikan jika kamu ingin bekerja sama dengannya. Bisa jadi inspirasi, nih!

5. Sean Halpin

Contoh Website Portfolio

Mari beranjak ke website portfolio yang akan mengajakmu berinteraksi. Sean Halpin, seorang desainer web, menciptakan tampilan website portfolio-nya dengan desain lucu dan interaktif.

Saat tiba di homepage, kamu akan melihat sebuah mata yang akan mengikuti kemanapun kursormu bergerak. Ditambah desain yang ceria, pastinya akan membuatmu betah berlama-lama.

Pada homepage, kamu hanya akan menemukan beberapa kalimat singkat di tengah gambar yang memenuhi layar. Hal ini bertujuan untuk memfokuskan perhatianmu pada desain, sebagai layanan utama yang tawarkan oleh Sean.

Jika ingin orang lain berlama-lama melihat portfolio-mu, desain website interaktif seperti Sean Halpin bisa jadi contoh yang tepat.

6. Seb Kay

Contoh Website Portfolio

Website portfolio milik Seb Kay mungkin jadi yang paling sederhana dari semua contoh web portfolio yang ada di sini. Namun, bisa jadi tampilan portfolio seperti inilah yang kamu butuhkan.

Datang dengan latar warna putih dan kombinasi dua warna hitam dan biru. Selebihnya, website ini berisi tangkapan layar dari hasil pekerjaannya.

Meskipun terlihat sangat sederhana, namun informasi yang dicantumkan di dalam website cukup jelas. Mulai dari detail proyek hingga brief yang klien berikan. Sehingga pembaca akan langsung memahami apa yang ingin disampaikan.

Seb Kay juga menyisipkan tautan ke hasil pekerjaannya bagi kamu yang ingin melihat langsung hasil kerjanya.

7. BLUWave

Contoh Website Portfolio

Contoh website portfolio kali ini datang dari digital marketing agency asal Indonesia. BLUWave memberikan pengalaman pengunjung yang menyenangkan dengan kategorisasi yang dibuatnya di bagian homepage.

Bentuk kategorisasi seperti ini sangat cocok digunakan jika hasil pekerjaanmu cukup banyak dan beragam. Sehingga, setiap orang akan menemukan apa yang mereka ingin lihat dengan mudah.

Jika mengeklik salah satu pekerjaan atau proyek, kamu akan dibawa ke halaman detail informasi. Mulai dari informasi deskripsi, serta solusi yang telah BLUWave berikan untuk kliennya.

Di bagian bawah website, kamu akan menemukan informasi mengenai profil BLUWave, beberapa kanal sosial media, serta tautan dan kontak yang bisa dihubungi. Semuanya, dibuat dengan tampilan yang ringkas.

8. Anton Cristell

Contoh Website Portfolio

Siap-siap memanjakan mata dengan website portfolio dari arsitek Anton Cristell. Tapi sebelum dibuat kagum dengan hasil kerjanya, kamu mungkin akan dibuat bingung dengan tampilan homepage yang kosong.

Bukan tanpa tujuan, homepage kosong tersebut diibaratkan sebuah kanvas yang bisa kamu gunakan untuk menggambar. Karena setiap karya, pasti dibuat dari sebuah goresan, bukan?

Jika sudah puas bermain-main dengan kanvas virtual, kamu bisa mengeklik nama Anton Cristell yang ada di bagian pojok. Setelah itu, akan muncul pilihan “Works” untuk melihat karya-karya dari Anton Cristell, atau pilihan “About” untuk mengenal arsitek tersebut lebih dekat lagi.

9. Agnes Project Asia

Contoh Website Portfolio

Website portfolio dari Agnes Project Asia bisa jadi inspirasi bagus untukmu. Selain bermain dengan kategorisasi, fitur chat yang langsung terhubung dengan WhatsApp juga sangat memudahkan orang lain untuk menghubungi web developer asal Indonesia ini.

Tidak perlu tampilan yang rumit, dengan menggeser kursor ke bawah kamu akan langsung menemukan hasil pekerjaan mereka dengan klien dari berbagai negara. Berkat kategorisasi yang mereka terapkan, tiap hasil kerja terlihat rapi dan dapat ditemukan dengan mudah.

Untuk kamu yang memiliki berbagai jenis pengalaman kerja, contoh website portfolio ini cocok jadi inspirasimu.

10. David O’leary

Contoh Website Portfolio

Bagi kamu yang memiliki portfolio voice over, Soundcloud mungkin jadi pilihan tepat untuk menampung semua hasil karyamu. Namun, tidak ada salahnya membuat web khusus untuk portfolio voice over.

Seperti yang dilakukan oleh David O’leary. Dari pertama kali membuka website portfolio-nya, kamu mungkin langsung mengetahui portfolio apa yang dimiliki oleh David.

Jika mengeklik salah satu  proyek, kamu akan ditawarkan untuk mendengarkan beberapa pilihan audio. Tampilan seperti inilah yang akan membuatmu sulit menolak untuk mendengarkan karyanya.

11. Novian Arif

Contoh Website Portfolio

Inspirasi web portfolio kali ini datang dari Art Director, Novian Arif. Kalau kamu ingin website portfolio dengan tampilan sedikit abstrak dengan unsur seni, website ini cocok jadi rujukan.

Di bagian homepage, kamu akan menemukan kutipan informasi tentang Novian Arif serta rangkuman pameran yang sudah diikutinya.

Satu detail kecil yang menarik perhatian adalah penulisan microcopy yang terlihat unik. Jika biasanya kamu menemukan kata “read more” pada tombol call to action, di website ini kamu akan melihat kata-kata yang lebih kreatif seperti “read me” atau “click to shoot.”

Detail kecil seperti inilah yang tentunya akan memperkaya pengalaman pengunjung website. Tertarik melakukannya?

Baca juga: Apa itu UX Writer? Penjelasan, Tugas, dan Skill yang Diperlukan

12. BimaCreative

Contoh Website Portfolio

Contoh web portfolio lainnya datang dari perusahan creative digital agency, Bima Creative. Saat pertama kali memasuki homepage web, kamu akan menemukan animasi bentuk bangun ruang yang bergerak secara acak.

Agar tidak terkesan terlalu ramai, Bima Creative menggabungkannya dengan layout minimalis berisi informasi layanan apa saja yang mereka sediakan.

Geser ke bawah, maka kamu akan menemukan hasil kerja mereka yang ditampilkan dalam visual grid. Kamu juga akan dengan mudah menemukan informasi kontak yang bisa kamu hubungi untuk bekerja sama dengan Bima Creative.

13. Ozzigeno

Contoh Website Portfolio

Kalau kamu bosan dengan tampilan yang didominasi warna putih, contoh portfolio website dari Ozzigeno mungkin akan membuat tampilan website-mu jadi lebih segar. Dengan komposisi warna yang pas, website dengan latar warna gelap pun akan tetap terasa hidup.

Pada homepage Ozzigeno, kamu akan melihat kombinasi warna hitam dan hijau cerah. Dengan tambahan gambar hasil kerjaan yang hanya akan berubah warna jika mengarahkan kursor ke arahnya. Memberikan kesan cerah yang tidak berlebihan.

Desainnya yang dinamis juga sangat nyaman dilihat, membuat orang lain jadi ingin memiliki website portfolio seperti ini.

14. Island Media

Contoh Website Portfolio

Digital agency Island Media, mencoba memberikan kesan profesional dengan memilih kombinasi warna hitam dan biru sebagai dua warna utama pada tampilan website-nya.

Selain bermain dengan warna, kesan profesional juga didapat dari transisi yang diterapkan di halaman ke dua. Tentunya, dibantu dengan gambar serta tulisan yang juga selaras dengan unsur lainnya.

Kalau kamu ingin membuat website portfolio yang terlihat profesional, maka website ini cocok untuk jadi inspirasimu.

15. Digital Artisan

Contoh Website Portfolio

Kembali ke tampilan website minimalis yang masih jadi kesukaan banyak orang. Dengan homepage yang didominasi tangkapan layar hasil pekerjaan dan latar putih.

Kemudian, halaman ke dua website digital agency inilah yang membuatnya bisa menginspirasi. Ingin memberikan identitas dan perbedaan pada website, maka Digital Artisan mengabaikan warna utama homepage dan memilih warna yang senada dengan warna hasil pekerjaannya.

Suasana di halaman ke dua pun berubah, membuat pengunjung website ingin membaca lebih lanjut setiap detail tulisan yang ada.

16. Himawan Pradipta

Contoh Website Portfolio

Siapa bilang writing portfolio hanya bisa diisi oleh tulisan-tulisan yang bikin lelah mata? Himawan Pradipta, seorang UX Writer sekaligus Copywriter membagikan karya tulisnya melalui website portfolio yang nyaman dibaca.

Himawan tidak ingin merusak tampilan minimalis website-nya dengan tulisan yang padat. Sehingga Ia memilih merangkum tulisannya dalam satu kalimat singkat. Selain itu, Ia juga menyelipkan tautan menuju tulisan lengkapnya jika kamu ingin lanjut membaca.

Bagi kamu yang ingin membuat writing portfolio, kamu bisa melihat contoh website portfolio sederhana milik Himawan sebagai permulaan.

Baca juga: Cara Membuat Website Sendiri dengan Mudah, 30 Menit Jadi!

17. Briandito Priambodo

Contoh Website Portfolio

Bagaimana jika kamu menemukan sebuah surat di tengah tumpukan portfolio? Berbeda dari yang lain, portfolio milik Briandito Priambodo justru dibuka dengan surat perkenalan dengan bahasa yang lugas.

Kalimat pembukanya yang menarik akan membuatmu ingin terus menggulirkan kursor ke bawah dan membaca surat tersebut hingga selesai. Sebagai seorang penulis dan storyteller, tulisan menjadi kekuatan utama Brian.

Di sela-sela pengenalannya, Brian tidak lupa menyisipkan tautan menuju tulisannya yang lain, maupun tautan menuju akun sosial medianya. Jika kamu ingin membuat portfolio yang unik, website portfolio miliki Brian bisa jadi inspirasi yang bagus.

18. Rifat Najmi

Contoh Website Portfolio

Bisa dikatakan, portfolio milik UI dan UX desainer, Rifat Najmi, adalah salah satu contoh portfolio terbaik yang ada di sini. Rifat tidak hanya memfokuskan portfolionya pada desain semata, namun ia juga memperhatikan faktor lain seperti struktur isi konten hingga gaya bahasa yang ia gunakan.

Rifat berhasil memberikan pengalaman pengunjung yang begitu menyenangkan. Dengan isi konten yang lengkap namun tidak terlalu berat, serta tampilan website yang nyaman di mata. Membuat kamu dapat memahami apa yang ingin ia sampaikan dengan mudah.

Website portfolio milik Rifat Najmi adalah pilihan yang tepat untuk jadi inspirasimu.

19. Afnizar Nur Ghifari

Contoh Website Portfolio

Tidak perlu terlalu memikirkan portfolio yang unik, yang terpenting adalah portfoliomu dapat mengalir dan mampu mengajak orang lain untuk melihatnya satu persatu. Seperti contoh website portfolio milik product designer, Afnizar Nur Ghifari.

Informasi yang ditampilkan dalam website bisa dibilang cukup padat. Namun, Afnizar memberikan pointer di beberapa pembahasan sehingga kamu bisa membacanya dengan nyaman.

Nilai tambah lainnya dari website portfolio milik Afnizar adalah adanya tombol untuk mendownload resume, serta tombol kontak yang langsung membawamu ke email milik Afnizar.

20. Davin Sujana

Contoh Website Portfolio

Jika kamu ingin hasil kerjamu bisa ditampilkan satu persatu seperti galeri handphone, maka contoh website portfolio milik arsitek fotografer Davin Sujana cocok untuk jadi inspirasimu.

Di bagian homepage kamu akan melihat satu buah foto yang bisa kamu geser ke kiri satu persatu, dan begitu seterusnya. Jika ingin melihat langsung seluruh hasil kerja Davin, kamu bisa mengeklik fitur menu “Works” yang ada di bagian bawah.

Meskipun terlihat cukup sederhana, Davin tidak lupa mencantumkan kontak yang bisa kamu hubungi tepat sejajar dengan menu “Works”.

21. Christin Theilig

Contoh Website Portfolio

Contoh website portfolio lain yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah dari travel fotografer, Christin Theilig. Meskipun seorang fotografer, Christin tidak hanya menampilkan foto dalam portfolionya.

Ia juga menceritakan dirinya melalui fitur menu “My Story” dan tulisannya di fitur menu “Blog”. Komposisi antara kata dan gambar yang ia tuangkan ke dalam portfolio terasa pas dan pastinya akan membuat kamu nyaman untuk terus membacanya.

22. Bithour Production

Contoh Website Portfolio

Ingin memberikan tampilan berbeda pada website portfolio-mu? Mungkin website dengan latar cuplikan video bisa jadi inspirasi. Tentunya, untuk kamu yang memiliki hasil kerja dalam bentuk video.

Bithour Production memberikan sentuhan dramatis dengan memasang cuplikan salah satu video buatan mereka sebagai latar belakang homepage-nya. Tentunya, cuplikan yang dipilih adalah yang bisa menarik perhatian dan bisa membuat orang betah berlama-lama di dalam website.

Kalau kamu memiliki hasil kerja yang sama dengan Bithour Production, website portfolio mereka bisa jadi contoh yang menarik.

23. Absolut Nine

Contoh website portfolio

Tampilan website portfolio yang minimalis memang selalu jadi pilihan banyak orang. Namun dengan tampilan tersebut, bukan berarti kamu tidak bisa menambahkan lebih banyak warna di dalamnya.

Contoh website portfolio milik Absolut Nine bisa jadi pilihan tepat untuk inspirasimu. Dengan menggunakan gambar-gambar yang cerah di homepage-nya, tampilan keseluruhan website jadi lebih berwarna dan terlihat menyenangkan.

Jika kamu ingin menjadikan website portfolio ini sebagai inspirasi, pastikan gambar yang kamu pilih memiliki daya tarik yang dapat membuat orang lain betah berlama-lama di website-mu, ya.

24. Annie Atkins

Contoh Website Portfolio

Contoh website portfolio yang bisa jadi inspirasi selanjutnya datang dari Annie Atkins, seorang desainer grafis film.

Menjelajahi web portfolio Annie Atkins seperti sedang membaca sebuah buku cerita digital. Dengan alur cerita yang menarik dan gambar yang indah, orang akan senang berlama-lama berada di website tersebut.

Selain itu, dengan menggabungkan gambar dan tulisan juga akan memberikanmu kesempatan untuk menjelaskan lebih detail lagi hasil kerjaan yang kamu buat.

25. HPNG Films

Contoh Website Portfolio

Sekali buka akan langsung terlihat perbedaannya. HPNG Films mengusung tema pop art untuk tampilan desain website portfolio-nya. Tabrakan warna cerah ditambah gambar-gambar lucu akan menghiburmu selama berada di dalam website.

Di bagian homepage, kamu akan langsung menemukan kolom kontak untuk menghubungi HPNG Films. Kemudian, bagian pengenalan perusahaan disusul dengan layanan-layanan yang ditawarkan oleh HPNG Films.

Meskipun warnanya terlihat cerah dan saling bertabrakan, namun hal itulah yang membuat website portfolionya memiliki ciri khas tersendiri.

Baca juga: 10 Template WordPress Untuk Website Portofolio

Mana Contoh Website Portfolio Favoritmu?

Kamu bisa menggunakan desain website yang minimalis atau yang penuh dengan warna agar portfolio-mu semakin menarik. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kenyamanan mata pembaca.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kategorisasi dan pointer di setiap penjelasan agar informasi yang kamu sampaikan tidak terkesan padat dan menumpuk.

Untuk membuat portfolio yang menarik, bukan hanya tergantung dari desain  atau pilihan warna yang digunakan saja. Namun, keseluruhan isi konten juga perlu kamu perhatikan. Jangan sampai detail penting yang seharusnya ada dalam website portfolio-mu justru tidak ditampilkan.

Kamu bisa mengambil salah satu atau menggabungkan beberapa contoh website portfolio di atas sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat berkreasi!