dewaweb-blog-profesi-copywriter

Mengenal Copywriting dan Tips untuk Menulis Copy yang Menarik

Kamu mungkin sering mendengar atau juga melihat istilah ini banyak dipakai sekarang, terutama di dunia kerja. Jika kamu mengetikkan kata copywriter di kolom pencarian pada berbagai platform online lowongan kerja, kamu akan menemukan banyak sekali perusahaan atau industri, baik itu perusahaan rintisan (startup) atau perusahaan besar yang berskala multinasional sedang mencari pengisi profesi ini.

Jadi, apa sih sebenarnya copywriter ini dan apa saja cakupan kerjanya? Mari cari tahu dengan membaca artikel kami!

Apa itu Copywriter?

Copywriter adalah profesi menulis teks yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau juga memasarkan produk maupun jasa yang ada dari klien/perusahaan di tempat ia bekerja.

Beberapa tahun belakangan ini, profesi ini semakin marak diperbincangkan dan menjadi populer. Hal ini disebabkan oleh perkembangan bisnis yang tak lagi konvensional di era perkembangan teknologi yang pesat. Perusahaan atau brand yang ada sudah mulai menyadari pentingnya representasi mereka di berbagai media yang ada, baik itu online maupun offline.

Baca Juga: 5 Rahasia Menulis Deskripsi Produk Jualan Online

Copy itu sendiri merupakan karya yang dihasilkan oleh seorang copywriter. Tulisan yang dimuat atau dipublikasikan biasanya berupa informasi, manfaat serta kelebihan suatu produk atau jasa yang membuat brand tampak bernilai.

Copy ini juga berarti naskah yang isinya memiliki sifat persuasif, untuk mendorong adanya perubahan pkamungan atau kepercayaan dari penerima/audiensnya.

Jadi, copy yang bagus sudah pasti merupakan copy yang sukses membujuk penerima pesannya untuk pada akhirnya mengambil suatu keputusan membeli atau menggunakan produk/jasa yang dipasarkan tersebut dan menjadi pelanggan setianya.

Perbedaan Copywriting dan Content Writing

Karena salah satu tujuan copywriting adalah persuasi, maka seorang copywriter bertanggungjawab atas branding sebuah perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan awareness dan penjualan.

Sedangkan seorang content writer bertugas untuk membuat konten bersifat informatif dan engaging yang terkait dengan industri perusahaan tersebut.

Perbedaan Job Description Copywriter dan Content Writer

Adapun perbedaan tugas seorang copywriter dan content writer adalah sebagai berikut ini:

Copywriter:

  • Menulis teks untuk materi iklan dan pemasaran
  • Membuat konten yang engaging untuk media sosial
  • Meningkatkan visibilitas brand melalui berbagai media
  • Menulis konten website terkait dengan branding seperti homepagelanding page, dan product page
  • Mengubah direksi kreatif dan teknis menjadi konten persuasif
  • Berkolaborasi dengan PR dan marketing untuk mengembangkan berbagai materi dan konsep campaign

Content Writer:

  • Membuat konten berkualitas dengan riset untuk publikasi digital ataupun cetak
  • Mengatur jadwal riset, penulisan, dan publikasi konten
  • Melakukan keyword research untuk menemukan topik-topik yang berpotensi untuk dijadikan konten
  • Mengembangkan konten yang saling terhubung antar satu platform dengan yang lain
  • Meningkatkan visibilitas brand dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO) agar konten mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari

Tips Copywriting

Panduan Lengkap buat Copywriter dari Dewaweb

Berikut ini ada beberapa tips copywriting yang bagus untuk membantu kamu mencapai tujuan pembuatan konten itu sendiri!

  • Tulislah konten kamu dengan proses yang benar yaitu adakan tujuan, bentuk struktur, kembangkan kerangka tersebut dan tambahkan kreatifitas kamu
  • Inti dari konten itu sendiri haruslah menjadi suatu pengalaman yang kaya bagi audiens baik itu membaca, menonton atau mendengar dan juga berpikir
  • Sampaikan konten kamu dengan langsung dan jelas
  • Perkuat argumen kamu dengan data dan fakta
  • Bangun kepercayaan audiens dengan menjadi diri sendiri dan tidak berusaha meniru cara penyampaian dari brand lain
  • Jika kamu membuat suatu pernyataan soal brand kamu, gunakanlah bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Ini membantu audiens kamu untuk merasa terhubung dalam waktu cepat. Jika ada kebutuhan untuk menguraikan pesannya, coba kasih penjelasan mendetail. Jangan sekali-kali berasumsi orang bisa memahami brand kamu dengan sendirinya tapi juga jangan membuat audiens merasa bodoh.

Baca Juga: 7 Strategi Content Marketing untuk Bisnis kamu

Bagaimana, apakah artikel ini sudah membantu kamu dalam memahami apa itu copywriter? Jika kamu sudah mengenali apa saja teknik copywriting dan bagaimana peluang kerja copywriter, kamu dapat segera memulai untuk raih kesempatan kerjanya sekarang! Saat ini ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang beredar di internet terkait pekerjaan satu ini.