Berselancar di dunia maya adalah salah satu kegiatan yang sangat disukai masyarakat masa kini. Dari usia muda hingga tua, melihat berbagai hal dan mendapatkan info di internet menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Rasanya aneh ketika dalam waktu satu hari sama sekali tidak bermain internet.

Biasanya ketika ingin berselancar di dunia maya, kamu akan menggunakan browser. Pada dasarnya, browser adalah program terpenting untuk bisa membuka internet. Kamu perlu browser agar bisa membuka berbagai website yang kamu inginkan. Berfokus tentang browser di PC, sudah banyak browser yang tersedia saat ini, tapi sebenarnya mana browser terbaik yang nyaman untuk digunakan untuk browsing?

Chrome

Browser buatan raksasa perusahaan teknologi, Google ini adalah yang sangat banyak digunakan. Karena memiliki berbagai keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh browser lainnya. Berpenampilan minimalis, tidak ada banyak bagian-bagian mengganggu yang bisa memakan layar PC kamu hingga bisa digunakan di berbagai platform dan bisa saling tersambung antar platform yang kamu gunakan. Inilah yang membuat Chrome menjadi favorit banyak orang.

Chrome juga dikenal sebagai browser yang bisa lebih cepat ketika ingin membuka halaman website. Sama seperti browser lainnya, Chrome juga memiliki fitur menyimpan history, download, bookmark, incognito mode serta berbagai extension yang bisa menunjang pekerjaan kamu .

Mozilla Firefox

Browser legenda ini sudah lahir sebelum Chrome diciptakan Google. Mozilla Firefox memiliki tampilan yang lebih ramai dibandingkan Chrome dan bisa dipasang oleh berbagai extension yang membantu kamu dalam berselancar di dunia maya. Fitur-fitur yang tersedia di Mozilla Firefox seperti reading mode dan PDF reader menjadi keunggulan tersendiri. Pada dasarnya, lawan terberat Chrome dalam meraih predikat browser terbaik adalah Mozilla Firefox.

Opera

Browser yang identik dengan pemakaian untuk smartphone ini juga memiliki browser PC yang menarik untuk dicoba. Sama seperti Chrome, Opera memiliki tampilan yang minimalis dan memiliki perbedaan sidebar. Kalau browser ada di bagian atas layar kamu, Opera memiliki sidebar di sebelah kanan layar.

Selain itu, Opera juga memiliki Turbo Mode yang membuat kamu bisa lebih cepat dalam membuka halaman website ketika internet yang kamu gunakan sedang lambat dan membuat kamu terlalu lama dalam membuka halaman website.

Maxthon

Dibandingkan tiga nama browser di atas, Maxthon termasuk browser underrated. Namun jangan salah, selama tiga tahun berturut-turut, Maxthon pernah mendapatkan status browser terbaik menurut website About.com.

Jika melihat fitur yang ditawarkan oleh Maxthon, penghargaan itu tidaklah aneh mengingat Maxthon memiliki barisan fitur yang layak untuk digunakan seperti blokir ads, pilihan bahasa, night mode hingga integrasi cloud service yang sangat memudahkan kamu dalam menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari.

UC Browser

Sama seperti Opera, UC Browser juga memiliki popularitas tinggi bagi pengguna smartphone. Dengan pengiklanan yang massif agar banyak orang yang tahu tentang UC Browser, nama browser dari Tiongkok ini masuk sebagai salah satu top of mind di dalam smartphone. Menariknya, UC Browser juga memiliki program di PC yang bisa kamu gunakan dengan fitur-fitur unggulan seperti integrasi cloud service dan data compression.

Vivaldi

Vivaldi termasuk salah satu browser yang tidak terlalu dikenal banyak orang. Maklum saja, browser ini baru dirilis pada tahun 2017 silam. Meskipun terhitung sebagai pemain baru, Vivaldi mencoba memberikan fitur-fitur yang berbeda dibandingkan para pesaingnya yang sudah lebih dahulu muncul. Mulai dari fitur tab yang bisa kamu taruh di sisi kiri, kanan, atas atau bawah sesuai dengan keinginan, pengambilan screenshot yang mudah serta tab group.

Jadi, mana browser terbaik yang akan kamu pilih?