HTTP:2 - Dewaweb - Cloud Hosting Terbaik

Dewaweb menjadi layanan cloud hosting pertama di Indonesia saat ini yang “HTTP/2 READY” berkat dukungan dari LiteSpeed Enterprise versi 5.0 terbaru. HTTP/2 adalah protokol web generasi terbaru saat ini yang akan membantu mempercepat loading website kamu dan mempunyai banyak fitur baru yang canggih.

Untuk mengetahui apakah hosting website kamu sudah support HTTP/2 atau belum, silahkan gunakan tool di https://tools.keycdn.com/http2-test

Apa itu HTTP/2?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah standard protokol web yang dipakai semua software browser untuk bisa berkomunikasi dengan webserver sehingga bisa menampilkan website di layar browser.

HTTP2-graphic

Teknologi web sudah berkembang pesat selama 25 tahun terakhir dengan adanya CSS, Javascript dan video sehingga membuat tampilan website menjadi lebih menarik dan interaktif. Akan tetapi teknologi protokol web tidak banyak berkembang. Protokol HTTP/1.1 yang paling banyak dipakai saat ini dirilis pada tahun 1999 dan sudah ketinggalan jaman. Ini menyebabkan loading website interaktif semakin lama semakin lambat dan membuat banyak developer web frustrasi. Berbagai teknik dikembangkan seperti kompresi HTML, CSS, Javascript, caching, dll. Tapi semua itu hanya membuat repot dan tidak banyak membantu. Lemotnya website semakin terasa saat diakses melalui handphone/mobile yang koneksi Internet-nya cenderung tidak stabil. Ibaratnya mobil, mesin-nya sudah ketinggalan jaman, biarpun dipaksa tetap saja mentok kemampuannya. Yang harus diganti adalah mobil-nya dengan mesin yang lebih baru dan cepat.

HTTP/2 adalah protokol web generasi terbaru yang baru saja diresmikan standard-nya oleh IETF. Tujuan utama dibuat HTTP/2 adalah memperbaiki kelemahan yang ada di HTTP/1.1 dan membantu website bisa di-load lebih cepat dan juga lebih aman.

Apa perbedaan HTTP/1.1 dan HTTP/2?

HTTP/1.1 menggunakan hanya 1 koneksi untuk tiap object di webserver yang mau ditampilkan di browser. Sehingga ketika satu halaman web berisi 100 object (html, images, css, javascript), dibutuhkan 2 x 100 kali koneksi utk request data dan menunggu response dari webserver. Kalau webserver terlambat memproses salah satu request maka semua request berikutnya akan tertunda dan terjadi bottleneck.

http11-basic

HTTP/2 menggunakan teknologi “multiplexing” sehingga dalam 1 koneksi dari browser bisa request dan download beberapa object sekaligus secara paralel (multi-threading).

http2-multiplexing

Ilustrasi

HTTP/2: Seorang suami pergi belanja ke supermarket dan sudah bawa daftar barang-barang apa saja yang mau dibeli “OK kita butuh beli susu, roti, telur, dan mentega. Beres.” Dia tinggal ambil semua barang di daftar dan pergi ke kasir untuk bayar.

Dewaweb 4th Anniversary

HTTP/1.1: Seorang suami belanja ke supermarket tapi tidak bawa daftar barang yang mau dibeli, jadi tiap mau beli dia telpon istrinya dulu, “Sayang, apa kita butuh beli susu? Oh yah, ok bye.” Tidak berapa lama dia telpon lagi, “Sayang, sorry kita butuh beli roti gak yah? Oh ok, sip bye.” Setelah ambil roti, dia telpon lagi istrinya, “Sorry say, mau tanya lagi kita butuh beli telur juga? Oh ok.” Sekarang bayangkan kalau ada 100 barang yang harus dibeli, bagaimana perasaan istrinya? Cape deh, gubrak! 😀

Manfaat Utama HTTP/2

  • Mempercepat loading website secara signifikan dengan teknologi multiplexing, concurrency, kompresi header, dan server push (server bisa mem-push content untuk di-loading di background, seperti AJAX).
  • Menghemat penggunaan resources di server dan client.
  • Koneksi HTTPS berjalan lebih cepat dan lebih aman berkat teknologi kompresi dan enkripsi yang lebih efisien.
  • Memberikan kontrol lebih besar kepada developer aplikasi untuk mengatur prioritas urutan object yang mau di-load lebih dulu.
  • Lebih canggih dan cepat dibanding protokol SPDY sebelumnya. Google akan menghapus SPDY support dari browser Chrome mulai awal tahun 2016.

Apa perbedaan SPDY dengan HTTP/2?

SPDY adalah protokol yang awalnya dikembangkan oleh Google untuk memperbaiki kelemahan di HTTP/1.1. Kesuksesan SPDY menjadi dasar untuk pengembangan protokol HTTP/2.2. Setelah draft final protokol HTTP/2.2 disetujui, di bulan February 2015 Google telah mengumumkan akan menggantikan SPDY dengan HTTP/2.

Apakah HTTP/2 sudah di-support semua browsers saat ini?

HTTP/2 sudah disupport oleh browser IE versi 11, Firefox 38, Chrome 42, Safari 9, Opera 30, iOS Safari 9, Chrome for Android v42.

http2-browsersupport

Untuk browser yang belum support HTTP/2 maka protokol yang digunakan adalah HTTP/1.1 atau SPDY.

Apakah HTTP/2 sudah di-support semua web server saat ini?

Jawabannya belum. Biarpun browser yang kamu pakai sudah support HTTP/2, tetapi kalau server hosting kamu masih menggunakan webserver HTTP/1.1 maka kamu tetap tidak akan menikmati fitur HTTP/2 untuk website kamu.

Webserver Apache and nginx baru bisa support SPDY dan kemungkinan tahun 2016 baru akan support HTTP/2.

Dua webserver yang sudah full support HTTP/2 adalah Microsoft IIS 10 dan LiteSpeed Enterprise versi 5.0 yang dipakai di Dewaweb saat ini.

Apakah semua server Dewaweb sudah support HTTP/2 saat ini?

Dewaweb sudah melakukan upgrade semua server layanan cloud hosting ke HTTP/2 dan tidak ada biaya tambahan untuk menikmati HTTP/2 ini 🙂

Dewaweb menjadi layanan hosting pertama yang “HTTP/2 Ready” dan juga kompatibel penuh dengan protokol HTTP/1.1 dan SPDY. Kalau website kamu di-hosting di Dewaweb dan browser yang kamu gunakan sudah mendukung HTTP/2, maka kamu pasti merasakan loading website yang lebih cepat dan responsif, terutama kalau website kamu juga menggunakan HTTPS.

Bagaimana cara cek web server hosting sudah “HTTP/2 Ready” atau belum?

Silahkan gunakan tool di website ini:
https://tools.keycdn.com/http2-test

Alternatif lain adalah dengan menginstall plugin ini di browser Chrome atau Firefox kamu:
Plugin Chrome untuk deteksi HTTP/2 dan SPDY
Plugin Firefox untuk deteksi HTTP/2 dan SPDY

Semoga artikel ini bisa membantu kamu mengenal manfaat dari HTTP/2, teknologi web masa depan yang bisa dinikmati sekarang, hanya di Dewaweb – cloud hosting murah dan berkualitas pertama di Indonesia!

Referensi:
10 Things Your Business Needs to Know about HTTP/2
A Simple Performance Comparison of HTTPS, SPDY and HTTP/2
With HTTP/2, Akamai Introduces Next Generation Web
HTTP/s is Here, Let’s Optimize!