Mau Belajar Digital Marketing? Ini Panduan Lengkapnya!

Mau Belajar Digital Marketing? Ini Panduan Lengkapnya!

Digital marketing adalah upaya memasarkan produk atau layanan dengan memanfaatkan platform online. Di era digital yang terus berkembang ini, digital marketing telah menjadi salah satu kunci dalam kesuksesan bisnis. Dengan memanfaatkan platform online dan alat-alat yang tersedia, kamu dapat mencapai audiens yang lebih luas, membangun merek yang kuat, dan meningkatkan penjualan.

Sebelum menerapkan pada bisnis kamu, sebaiknya ketahui lebih lanjut pengertian digital marketing, hingga strateginya. Pada artikel Dewaweb kali ini kamu akan menemukan informasi untuk belajar digital marketing secara lengkap, yuk simak sampai akhir!

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah upaya atau strategi dalam mempromosikan produk melalui semua jenis media digital dengan tujuan pemasaran tertentu.

Banyaknya pengguna internet saat ini membuat berbagai perusahaan menggunakan internet untuk menjangkau audiens secara luas, hal itulah yang turut memicu munculnya e-commerce dan meningkatnya transaksi secara online.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kamu ingin belajar digital marketing. Karena saat ini digital marketing adalah cara yang efektif untuk mempromosikan produk dan memberitahu kepada calon pelanggan.

Baca Juga: Digital Marketing VS Traditional Marketing, Mana yang Lebih Baik?

Pentingnya Digital Marketing

Sepenting apa sih digital marketing sampai-sampai kamu harus belajar digital marketing untuk pemasaran bisnismu? Dilansir dari HubSpot, saat ini Google menguasai lebih dari 92% pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia, harus kita akui bahwa Google masih menjadi tempat kita mendapatkan berbagai informasi secara online.

Setiap detiknya, Google memproses hingga 63 ribu penelusuran. Angka tersebut tentu sangat besar dan menunjukkan bahwa mesin pencari memiliki popularitas yang tinggi.

Tanpa kamu sadari, popularitas mesin pencari mampu membawa keuntungan bisnis bagi kamu yang mampu menempati peringkat pertama dalam hasil pencarian. 

Saat ini berbagai perusahaan berlomba-lomba agar website mereka dapat tampil pada urutan pertama Google. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan strategi digital yang tak lain yaitu digital marketing.

Maka dari itu dengan belajar digital marketing mampu membantu meningkatkan peringkat website sehingga akan ada lebih banyak audiens yang menemukan bisnis kamu.

Salah satu cara belajar digital marketing yaitu melalui event SEOCON 2023, di sana kamu akan belajar secara langsung dengan berbagai pakar SEO dan digital marketing yang sudah expert di bidangnya.

Baca Juga: 9 Tren Digital Marketing 2023 yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis

Setelah mengerti pentingnya belajar digital marketing, di bawah ini ada beberapa manfaat digital marketing yang akan didapatkan oleh bisnis kamu.

1. Membantu menjangkau target audiens

Dengan memanfaatkan berbagai alat digital marketing, kamu dapat mengumpulkan data yang akurat mengenai perilaku dan preferensi pengguna dalam segmen pasar yang sudah kamu tentukan.

Dengan memiliki data ini, kamu dapat merancang strategi yang paling cocok untuk pasar yang kamu targetkan sehingga penerapannya dapat menjadi lebih efektif.

2. Mempercepat pertumbuhan bisnis

Digital marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan saluran digital, dengan begitu kamu tidak memerlukan media fisik seperti brosur, baliho, atau banner. Selain itu, pemasaran dapat dilakukan secara mudah dan cepat hanya dengan beberapa klik.

Adanya platform digital seperti media sosial dan mesin pencari juga menghilangkan kebutuhan bisnis untuk menyebarkan brosur atau memasang baliho di lokasi dengan lalu lintas tinggi. Hal ini memungkinkan bisnis untuk fokus pada pengembangan aspek lainnya dan mempercepat pertumbuhannya.

3. Mempermudah evaluasi strategi

Menggunakan platform digital tidak hanya membuat pemasaran lebih efektif, tetapi juga mampu menyajikan data  seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, persentase konversi penjualan dan lain sebagainya. Kamu bisa manfaatkan data tersebut untuk mengidentifikasi strategi yang berhasil dan menentukan apa yang masih perlu diperbaiki.

4. Mengurangi biaya pemasaran

Strategi digital marketing mampu mengurangi biaya pemasaran, karena kamu tidak perlu lagi mencetak poster atau banner dan berujung membuang dana untuk hasil yang kurang efektif.

Dengan belajar digital marketing kamu akan mengetahui apa saja cara organik untuk memasarkan produk tanpa mengeluarkan biaya yang cukup besar.

5. Membangun citra bisnis di dunia digital

Meningkatnya jumlah pengguna internet dan keberadaan platform online, mampu meningkatkan citra brand melalui pemasaran digital. Kebanyakan pembeli cenderung mencari produk atau layanan secara online sebelum melakukan transaksi.

Dengan begitu bisnis akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan, dan mereka akan memiliki keyakinan bahwa merek kamu dapat dipercaya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Digital Marketing Channel untuk Bisnis

Strategi Digital Marketing

Bagi kamu yang tertarik belajar digital marketing, di bawah ini beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu terapkan pada bisnis.

1. Website

Website adalah salah satu hal yang sebaiknya dimiliki setiap perusahaan atau brand, dengan memiliki website, brand dapat meningkatkan eksposur produk mereka di era digital. Selain itu, website juga dapat membantu perusahaan skala kecil dan menengah dalam mempercepat pertumbuhan bisnis mereka.

Untuk mengoptimasi website agar memperoleh peringkat tinggi di Google atau mesin pencari lain, kamu bisa menerapkan teknik SEO baik on-page maupun off-page.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi digital marketing yang kedua adalah SEM, strategi ini berfokus pada penggunaan iklan berbayar di mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas dan lalu lintas situs web kamu. Jadi dapat dikatakan bahwa SEM bekerja dengan cara ‘membeli’ traffic kemudian jika ada yang mengklik iklannya, kamu harus membayar ke mesin pencari. Tujuannya SEM yaitu agar website kamu muncul di halaman pertama pencarian mesin pencari.

3. Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi digital marketing di mana kamu akan menciptakan berbagai jenis konten untuk mencapai dan berinteraksi dengan audiens.

Konten yang dihasilkan bisa berupa artikel, video, infografis, e-book, atau berbagai konten lainnya yang bermanfaat bagi pengguna.

Salah satu karakteristik utama dari content marketing adalah fokus pada konten yang informatif dan tidak langsung menjual produk secara hard selling melainkan soft selling

4. Social Media Marketing

Social media marketing merupakan pemasaran produk yang dilakukan melalui media sosial.

Kamu bisa mempromosikan melalui Instagram, TikTok, Facebook, LinkedIn, atau sosial media lainnya, yang terpenting adalah kamu harus mengetahui dengan baik siapa target audiens-nya dan platform apa yang paling tepat. 

Dalam membuat konten penting untuk membuatnya secara menarik agar dapat membantu meningkatkan engagement dari audiens.

5. Email Marketing

Email marketing adalah strategi digital marketing yang dilakukan dengan mengirimkan email kepada pelanggan atau subscriber yang telah mengikuti bisnis kamu.

Fokus utama dalam email marketing yaitu bagaimana kamu dapat membuatnya semenarik mungkin agar pelanggan mau membacanya, hingga mengklik tautan promosi yang ada di dalamnya.

6. Video Marketing

Video marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan konten video untuk mencapai target audiens dan mempromosikan produk, layanan, atau merek.  

Pemanfaatan video sebagai media pemasaran memiliki keunggulan dalam menyampaikan pesan secara visual serta dapat lebih meyakinkan dibandingkan dengan konten tulisan. Video marketing dapat dilakukan melalui berbagai platform seperti situs web, media sosial, YouTube, TikTok, atau berbagai platform lainnya.

7. Pay Per Click (PPC)

Berikutnya adalah strategi PPC (Pay-Per-Click) yaitu salah satu metode periklanan yang sangat populer di internet, di mana pengiklan hanya membayar jika iklannya di klik oleh audiens.

Salah satu platform yang terkenal untuk beriklan menggunakan model PPC adalah Google Ads. Google Ads menawarkan jaringan layanan yang luas, sehingga memberikan pilihan yang akurat dalam menargetkan iklan.

8. Influencer Marketing

Strategi digital marketing yang terakhir yaitu influencer marketing. Influencer marketing adalah strategi pemasaran di mana brand bekerja sama dengan influencer atau selebgram yang memiliki jumlah pengikut yang besar di media sosial sehingga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku dan keputusan pembelian.

Ketika memilih influencer, pastikan relevan dengan brand yang kamu miliki, kemudian ketahui juga target audiens dari influencer tersebut apakah sama dengan target kamu atau tidak.

Baca Juga: Pengertian KOL dan Fungsinya dalam Strategi Marketing

Kesimpulan

Digital marketing adalah suatu bentuk pemasaran yang menggunakan platform digital untuk mencapai target audiens dan mempromosikan produk atau layanan. Hal ini melibatkan berbagai strategi mulai dari website, content marketing, social media marketing, email marketing, dan berbagai strategi yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Belajar digital marketing mampu membantu memasarkan bisnis kamu secara lebih efektif sehingga dapat menjangkau lebih banyak audiens serta meningkatkan konversi penjualan.

Bagi kamu yang tertarik belajar digital marketing secara profesional, ikuti event SEOCON 2023, yaitu konferensi SEO tahunan terbesar dengan audiens global khususnya Asia Tenggara.

Di sana kamu akan belajar digital marketing secara langsung bersama puluhan pakar SEO dari berbagai perusahaan ternama. Yuk, tunggu apa lagi amankan tiketmu sekarang juga!