Apa itu Direct Marketing? Penjelasan Terlengkap Direct Marketing di 2022

Apa itu Direct Marketing? Penjelasan Terlengkap Direct Marketing di 2022

Direct marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau pelanggan dengan pendekatan personal. Biasanya, tujuan dari direct marketing adalah untuk berinteraksi langsung dengan pembeli atau konsumen.

Namun, belum banyak yang memahami apa itu direct marketing, jenis, serta manfaatnya untuk bisnis.

Oleh karena itu, simak penjelasan tentang apa itu direct marketing, kelebihan, contoh, dan langkah membuat strategi yang tepat untuk bisnismu.

Siap belajar?

Apa Itu Direct Marketing?

Direct marketing atau yang disebut juga dengan pemasaran langsung adalah strategi marketing yang memungkinkanmu melakukan kontak langsung dengan pelanggan potensial.

Strategi ini bisa kamu jalankan baik secara offline atau tatap muka maupun online melalui internet.

Baca Juga: Digital Marketing: Optimasi Keyword Website Menembus Halaman Pertama Google

Bedanya dengan jenis strategi marketing lain, direct marketing tidak memerlukan pihak ketiga seperti iklan. Alhasil, kamu bisa berkomunikasi dan menerima respons langsung dari pelangganmu.

Beberapa media yang biasa digunakan adalah telepon, email, atau SMS. Simak apa saja contoh direct marketing di bawah ini, ya.

Kelebihan Direct Marketing

Setelah mengetahui apa itu direct marketing, tentu kamu ingin mempertimbangkan terlebih dulu, apa saja kelebihan direct marketing yang bisa kamu dapatkan untuk bisnismu.

Tenang, berikut ini ada beberapa kelebihan utama yang bisa kamu dapat jika mengandalkan direct marketing untuk bisnis yang kamu jalankan.

Keuntungan bagi pebisnis/penjual:

  • Bisa mendapat respons langsung dari pelanggan.

  • Memiliki kendali penuh atas media atau platform yang digunakan.

  • Bila ada masalah, dapat segera ditangani karena proses penyampaian informasi lebih cepat.

  • Meningkatkan loyalitas pelanggan karena ada pendekatan yang lebih personal.

Keuntungan bagi pelanggan:

  • Mempermudah komunikasi dengan penjual.

  • Permasalahan akan lebih cepat teratasi.

  • Jika ada pertanyaan akan lebih cepat dijawab.

  • Lebih mudah mengetahui informasi terbaru tentang produk terkait.

Jika dilakukan dengan tepat, bukan tidak mungkin kamu akan memperoleh berbagai keuntungan di atas, terutama loyalitas pelanggan.

Sebab, tak hanya mempersingkat proses komunikasi, tapi kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan pelangganmu secara personal melalui direct marketing.

Baca juga: Pengertian Riset Pasar, Jenis, Tujuan, dan Tips Melakukannya

Contoh Direct Marketing

Agar kamu tak kebingungan jenis direct marketing seperti apa yang ingin kamu jalankan, berikut ini ada beberapa contoh direct marketing yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu.

Email Marketing

Statista memperkirakan, akan ada 4,6 miliar pengguna email di tahun 2025. Oleh karena itu, email marketing bisa menjadi salah satu contoh efektif untuk menjalankan direct marketing.

Sebab, kamu bisa membangun koneksi dengan pendekatan yang lebih personal melalui kalimat yang disampaikan melalui email.

Kamu bisa menjalankan newsletter atau membuat kupon khusus bagi pelanggan yang berlangganan email bisnismu.

Beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan adalah KIRIM.EMAIL, MailChimp, atau SendinBlue.

Social Media Marketing (SMM)

Menjalankan social media marketing bisa menjadi strategi yang tak kalah menarik untuk melakukan direct marketing.

Bagaimana tidak, per Januari 2021, We Are Social mencatat ada 61,8% atau sekitar 170 juta dari total populasi orang di Indonesia sudah menggunakan media sosial.

YouTube menduduki posisi pertama sebagai media sosial yang paling banyak digunakan, diikuti oleh WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

Tapi, kembali lagi pada siapa target audiensmu dan bagaimana kamu akan menyajikan kontenmu, karena tujuan utama SMM adalah untuk membangun hubungan antara bisnis dan audiens melalui konten interaktif atau engaging.

Baca Juga: Digital Marketing VS Traditional Marketing, Mana yang Lebih Baik?

Digital Marketing

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan suatu bisnis menggunakan berbagai platform yang tersedia di internet.

Oleh karena itu, SMM dan email marketing juga termasuk dalam bagian dari digital marketing. Kamu bisa memulainya dengan mempelajari cara membuat Facebook Ads atau Instagram Ads.

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengandalkan digital marketing untuk strategi direct marketing yang kamu jalankan, seperti untuk menjangkau target audiens, mengurangi biaya pemasaran, bahkan membangun brand image bisnismu.

Brosur/Leaflet

ilustrasi brosur/leaflet as direct marketing

Brosur atau leaflet biasanya digunakan oleh pemilik bisnis lokal yang ingin menjangkau pelanggan dari area sekitar toko.

Strategi direct marketing ini juga digunakan oleh pasar swalayan untuk mengabarkan promosi yang sedang berlangsung.

Kedua tipe bisnis ini memanfaatkan brosur atau leaflet, karena meski area jangkauannya terbatas, tapi memasarkan produk menggunakan cara ini bisa lebih efektif. Sebab, jika ada calon pelanggan yang tertarik, mereka bisa bertanya langsung atau segera menugunjungi lokasi bisnis.

Telemarketing

Telemarketing adalah salah satu kegiatan direct marketing yang memanfaatkan komunikasi melalui telepon untuk menghubungi calon pelanggan potensial.

Selain itu, pendekatan menggunakan strategi telemarketing juga lebih personal karena interaksi dengan pelanggan berlangsung di telepon.

Strategi telemarketing biasanya digunakan oleh bank untuk menawarkan kartu kredit hingga produk terbaru mereka.

Kamu bisa memanfaatkan contoh direct marketing ini untuk mempromosikan produk, meningkatkan penjualan, atau melakukan follow up dengan calon pelangganmu.

TV Home Shopping

Apakah kamu pernah melihat tayangan promosi alat kecantikan atau peralatan memasak di televisi? Jika ya, inilah salah satu strategi direct marketing yang disebut TV Home Shopping.

Sesuai namanya, pembelian melalui tayangan TV memungkinkan calon pelanggan untuk berinteraksi langsung dengan penjual dengan melihat informasi produk melalui televisi.

Kemudian jika tertarik, mereka dapat melakukan panggilan langsung melalui telepon atau aplikasi perpesanan seperti WhatsApp.

Live Shopping

contoh shopee live dan instagram live shopping

Sejak kemunculan fitur Live Streaming di beberapa media sosial dan aplikasi marketplace, tak sedikit bisnis yang turut menjalankan live shopping untuk menjajakan produk mereka.

Sebut saja aplikasi TikTok, Instagram, Facebook, atau Shopee yang sering digunakan pebisnis untuk menjual produk mereka.

Baca Juga: Online Shop, Marketplace, dan eCommerce: Apa Bedanya?

Biasanya para pebisnis ini menjual produk dengan melakukan review langsung sekaligus berbincang dengan pelanggan mereka.

Alhasil, ada interaksi langsung dari proses pemasaran antara penjual dengan pembeli. Bila perlu, kamu juga bisa menyiapkan voucher khusus live shopping untuk menarik calon pelanggan.

SMS Blast

ilustrasi contoh direct marketing sms blast

SMS blast bisa menjadi salah satu strategi direct marketing menarik untuk bisnismu. Sebab, kamu bisa menjangkau target audiens lebih luas, bahkan mereka yang tidak memiliki smartphone. Ditambah lagi, target pelangganmu bisa menerima pesan dalam waktu kurang dari 3 menit.

Selain cepat, pelangganmu juga tak memerlukan koneksi internet untuk menerima pesan, karena pesan akan langsung masuk ke bar notifikasi mereka.

Salah satu bisnis yang sering menjalankan SMS blast adalah Starbucks yang secara otomatis mengirimkan SMS saat pengguna berada di sekitar outlet mereka. Menarik, ‘kan?

Baca Juga: 7 Langkah Perencanaan Strategi Content Marketing untuk Bisnismu

Langkah Membuat Strategi Direct Marketing

Berikut ini ada beberapa langkah penting yang perlu kamu lakukan untuk membuat strategi direct marketing yang optimal untuk bisnismu.

Tentukan Target Pasar

Berdasarakan data pelanggan yang kamu miliki, kamu dapat menentukan seperti apa target pasar yang kamu tuju, seperti demografi mereka, lokasi, atau perilaku dan ketertarikan mereka saat membeli sesuatu. Selain dapat menargetkan ke audiens yang tepat, kamu juga bisa memberikan promosi yang sesuai.

Kamu bisa memulainya dengan memahami apa kelebihan produkmu dan posisinya jika dibandingkan dengan pesaing.

Kemudian, ketahui apa tren yang sedang berlangsung dan tentukan bagaimana kamu ingin menempatkan produkmu di masyarakat. Pelajari bagaimana cara menempatkan bisnismu menggunakan strategi STP.

Pilih Bentuk Direct Marketing

Setelah mengetahui 8 contoh direct marketing di atas, kamu dapat memilih strategi apa yang akan kamu gunakan. Jangan lupa, sesuaikan pilihan dengan target audiens yang ingin kamu jangkau. Jika targetmu adalah kaum Milenial, kamu bisa memanfaatkan media sosial, tapi jika targetmu adalah orang di sekitar area distribusi, kamu bisa menggunakan brosur, dan sebagainya.

Kemudian, kamu bisa menentukan jenis promosi yang akan diberikan, apakah beli 1 gratis 1, potongan harga, atau paket/bundling produk.

Ada satu tips bermanfaat yang bisa kamu terapkan, jika tujuanmu untuk mengenalkan produk ke pelanggan, berikan potongan harga 50%. Namun, jika pelangganmu sudah familiar dengan produkmu, kamu bisa menjalankan promo beli 1 gratis 1.

meme direct marketing 1

Tentukan Jalur Transaksi/Pembelian

Usai memilih bentuk direct marketing yang kamu ingin jalankan, jangan lupa untuk mempermudah jalur transaksi agar proses pembelian dapat berjalan lancar. Sebab, kenyamanan yang dirasakan pelanggan saat melakukan pembayaran juga bisa menjadi nilai tambah untuk bisnismu.

Ada beberapa jalur transaksi atau pembelian yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Website

    Website adalah jalur transaksi paling direkomendasikan, karena selain terlihat lebih profesional, kamu juga bisa memberikan diskon spesial untuk pelangganmu. Jalur transaksi ini juga mempermudah kamu untuk mencatat statistik interaksi pelanggan dengan bisnismu untuk menhitung jumlah leads.

    Namun, buatlah desain yang simpel dan jelas, agar saat pembeli mengunjungi website-mu, mereka mudah memahami cara penggunaannya. Jika tak ingin repot, kamu juga bisa membuat landing page. Tapi, jangan lupa untuk memilih layanan cloud hosting terbaik dari Dewaweb, agar website-mu tak hanya cepat, tapi juga aman dan selalu bisa diandalkan.

  • Toko Online

    Toko online bisa menjadi salah satu solusi untuk mempermudah proses pembelian setelah kamu menjalankan direct marketing. Bedanya dengan website, kamu bisa lebih fokus pada pengelolaan produk. Jadi, kamu tak perlu mengutak-atik tema secara mendalam.

    Tidak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan Dewastore jika ingin membuat website toko online untuk bisnismu. Dibandrol mulai dari Rp100 ribuan per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan website toko online yang apik. Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan website toko online dengan Instagram Shopping.

  • eCommerce

    Salah satu jalur transaksi yang bisa kamu pertimbangkan adalah eCommerce. Pasalnya, jalur transaksi yang satu ini dapat menghemat waktu pelangganmu saat transaksi. Selain itu, eCommerce juga memungkinkan tokomu untuk melayani pembelian selama 24 jam tanpa henti.

    eCommerce bisa juga kamu gunakan jika produk yang kamu jual adalah dalam bentuk digital, seperti foto, desain digital, ebook, dan sebagainya. Cari tahu apa saja peluang bisnis menguntungkan yang bisa kamu coba dari rumah di artikel “10 Peluang Bisnis Rumahan yang Menguntungkan”.

Analisis Hasil Direct Marketing

meme direct marketing 2

Setelah menjalankan strategi, jangan lupa untuk menganalisis bagaimana hasil direct marketing yang kamu jalankan. Tujuan dari direct marketing adalah untuk mendapat respons langsung, alhasil kamu pun bisa menganalisis hasilnya lebih cepat.

Kamu bisa memanfaatkan beberapa tools analisis, seperti Google Analytics atau tool analisis dari email marketing yang kamu gunakan. Selain itu, kamu juga bisa memperkirakan secara manual, bagaimana respons pelanggan terhadap brosur atau SMS blast yang kamu bagikan. Selalu buat inovasi menarik agar bisnismu tak kalah bersaing, ya!

Baca Juga: 10 Online Marketing Tools yang Dibutuhkan Saat Memulai Bisnis

Siap Mulai Direct Marketing untuk Usahamu?

Setelah mempelajari apa itu direct marketing, kelebihan atau keuntungan yang bisa didapat, contoh atau jenis direct marketing, serta langkah untuk membuat strategi direct marketing yang efektif untuk bisnismu, inilah waktu yang tepat untuk mempraktikkannya. Direct marketing bisa menjadi salah satu pertimbanganmu saat ingin menjalankan strategi baru.

Demikian pengertian, jenis hingga langkah membuat strategi direct marketing untuk bisnismu ini. Jangan lupa untuk selalu memilih yang terbaik untuk bisnismu, termasuk untuk website. Pastikan kamu memilih cloud hosting terbaik agar website-mu cepat, aman, dan selalu bisa diandalkan. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sukses online!