Dewacloud blog featured image

Diskon Dewacloud: Semakin Resource, Semakin Murah!

Dewacloud merupakan sebuah cloud platform dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan hyper scalers seperti Google Cloud Platform, Microsoft Azure, atau Amazon Web Services.

Di Dewacloud, kamu hanya perlu membayar sejumlah resource yang digunakan oleh aplikasimu dengan model pay-per-use pricing.

Tak hanya itu, kamu juga dapat memperoleh harga yang jauh lebih terjangkau dengan diskon otomatis dari platform Dewacloud.

Kamu akan mendapatkan diskon otomatis Dewacloud berdasarkan jumlah resource yang kamu reserve untuk setiap node dalam environment kamu. Semakin banyak resource yang kamu gunakan, semakin murah biaya per cloudlet yang perlu dibayarkan.

Tingkatakn diskon dibagi berdasarkan beberapa resource:

  • RAM/CPU (cloudlet)
  • Storage
  • Traffic
  • Public IP & SSL

Diskon Berdasarkan Cloudlet

Cloudlet merupakan pengukuran resource RAM & CPU yang digunakan oleh Dewacloud. Satu cloudlet kurang lebih mewakili 128 MiB RAM dan 400 MHz CPU.

Penghitungan cloudlet dilakukan dengan menjumlahkah penggunaan seluruh server dalam masing-masing environment. Jadi, semakin banyak cloudlet yang kamu gunakan untuk masing-masing node dalam sebuah environment, semakin besar diskon yang akan kamu dapatkan.

Dewacloud memiliki dua jenis cloudlet, yaitu reserved dan dynamic:

  • Reserved cloudlets ‘digunakan’ ketika kamu mengatur batas atas penggunaan cloudlet di Topology Wizard. Kamu dapat melihat diskon yang kamu dapatkan ketika mengatur environment. Total reserved cloudlets dalam satu environment akan menentukan tingkatan diskon yang akan digunakan.
  • Dynamic cloudlets dihitung berdasarkan penggunaan resource untuk setiap jam. Total dynamic cloudlet yang digunakan oleh environment kamu dalam satu jam menentukan tingkatan diskon untuk periode jam tersebut.

Jika kamu menggunakan kedua jenis cloudlet di environment kamu, maka tingkatan diskon untuk masing-masing jenis cloudlet bisa saja berbeda.

tingkatan diskon dewacloud

Kamu dapat melihat rincian lebih lanjut tentang tingkatan diskon yang akan kamu dengan meng-klik menu Balance > Quotas & Pricing.

quotas & pricing dewacloud

Disk Space

Penggunaan Disk Space akan dihitung per jam dengan hitungan jumlah penyimpanan (dihitung dalam GB) yang digunakan oleh environment kamu.

Dewacloud memberikan fasilitas penyimpanan gratis hingga 10GB, sedangkan untuk penggunaan lebih dari jumlah tersebut akan dikenakan biaya mulai dari Rp 2/GB untuk setiap jam penggunaan.

quotas & pricing Dewacloud - disk space

Traffic

Biaya pada tab Traffic dihitung per jam untuk setiap jumlah traffic eksternal (dalam GB) yang digunakan oleh environment kamu.

Pada saat penulisan artikel ini, kamu dapat menggunakan 2GB traffic per jam tanpa kuota secara gratis. Jadi, kamu tak perlu mencemaskan biaya membengkak yang disebabkan oleh traffic spike.

quotas & pricing Dewacloud - traffic

Options

Pada tab ‘Options’, kamu akan menemukan informasi tentang rincian biaya dan diskon untuk dua sub-tab: SSL dan Public IP.

quotas & pricing Dewacloud - SSL & Public IP

Dewacloud SSL

Jika kamu menggunakan SSL built-in yang telah disediakan oleh Dewacloud, maka kamu tak perlu membayar biaya tambahan. Kamu dapat mengatur SSL custom atau dari thrird-party melalui menu pengaturan di masing-masing application server.

Public IP

Public IP merupakan alamat IP eksternal yang dapat diakses secara langsung dari luar cluster. Biaya penggunaan Public IP akan dihitung per jam.

Siap Coba Dewacloud?

Itu tadi adalah rincian biaya & diskon yang akan kamu dapatkan dari Dewacloud PaaS. Semakin banyak resource yang kamu gunakan, maka semakin besar diskon yang kamu dapatkan.

Kamu dapat mencoba Dewacloud secara gratis selama 14 hari juga, loh! Deploy aplikasimu di Dewacloud sekarang dengan biaya yang jauh lebih terjangkau.