Daftar Domain Gratis untuk Membuat Website

Daftar Domain Gratis untuk Membuat Website

Sebagai pemula di dunia website, domain gratis tentunya menjadi hal yang sangat menggiurkan untuk dicoba. Yap, domain adalah salah satu elemen terpenting dalam sebuah website, yakni sebagai alamat yang memudahkan calon pengunjung untuk mengenal dan mengingat suatu halaman website.

Domain gratis ternyata memang bisa kamu gunakan untuk membuat website, lho. Berikut Dewaweb sudah rangkum daftar domain gratis yang cocok kamu pakai untuk membuat website pertamamu. Langsung simak sampai tuntas!

 

Baca juga: Apa Itu Domain? Penjelasan Lengkap untuk Pemula

Daftar Domain Gratis

Berikut ini adalah beberapa daftar domain gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat website. Domain gratis berikut berasal dari beberapa country code top-level domain (ccTLD).

  • .tk

Domain .tk adalah salah satu domain gratis yang bisa kamu gunakan untuk melakukan eksperimen untuk website. Nama .tk adalah singkatan dari Tokelau, daerah di sekitar Selandia Baru. Domain ini cocok kamu gunakan sebagai simulasi website, mengingat .tk masih terlihat kurang kredibel.

  • .ml

Domain gratis yang satu ini berasal dari salah satu daerah di Afrika Barat, yaitu Mali. Karena gratis, mau tak mau domain .ml mempunyai batasan tertentu, seperti jumlah traffic yang terbatas, nama domain yang terbatas, serta kredibilitas yang kurang meyakinkan. Namun demi fungsinya untuk melakukan eksperimen pada website, ekstensi domain ini masih bisa kamu gunakan.

  • .ga

Sama seperti Mali, .ga juga berasal dari benua yang sama, Afrika, tepatnya dari daerah Gabon. Penggunaan domain ini bisa berbayar jika menggunakan jenis domain spesial, yaitu domain yang menggunakan sedikit huruf sehingga lebih mudah diingat. Harga yang dibanderol untuk domain spesial ini sekitar US$ 6.95 per tahun atau sekitar Rp100 ribu.

  • .cf

Nama .cf adalah singkatan dari Central African atau Afrika Tengah. Sama seperti yalainnya, .cf juga mempunyai batasan tertentu. Kamu juga bisa membeli domain .cf jika ingin menggunakan nama domain premium. Tapi jika target sasaranmu adalah pengunjung website dari Indonesia, yakin kamu ingin membelinya?

  • .gq

Berdasarkan informasi dari freenom.com, domain gratis yang berasal dari Guinea Ekuator (Equatorial Guinea) ini juga menyediakan domain spesial yang dibanderol dengan harga sama dengan tiga ekstensi domain lainnya, kecuali .tk. Pasalnya, jika ekstensi domain lain dapat dibanderol seharga US$ 6.95, .tk mungkin bisa lebih mahal.

Baca Juga: Sejarah dan Fakta Domain di Dunia

Penyedia Domain Gratis

Berikut ini adalah beberapa layanan penyedia domain gratis yang dapat kamu gunakan:

1. Freenom

Freenom menyediakan berbagai macam ekstensi domain (TLD) seperti .tk, .ml, .ga, .cf, dan .gq. Untuk mendapatkan domain gratis dari Freenom, kamu tinggal mengunjungi situs freenom.com dan ikuti panduan yang tersedia.

2. Dot.tk

Selain Freenom, kamu juga bisa mendapatkan salah satu domain gratis dari Dot.tk. Namun, websitemu nantinya hanya memiliki ekstensi domain .tk (bawaan dari Dot.tk). Contohnya, nama website kamu akan menjadi “www.websiteku.tk”.

3. Biz.nf

Selain kedua penyedia domain gratis di atas, ada juga Biz.nf. Sama seperti Dot.tk, domain gratis dari Biz.nf memiliki ekstensi domain .co.nf. contohnya , nama website kamu akan menjadi “www.websiteku.co.nf”.

Perlu diingat bahwa domain gratis tersebut mungkin hanya cocok jika kamu gunakan sebagai website simulasi saja. Jika kamu ingin memiliki website yang lebih kredibel dan dikenal oleh Google Bot, mau tak mau kamu harus menggunakan domain berbayar.

Kisaran Harga Domain Berbayar

Berikut kisaran harga dan jenis generic top-level domain (gTLD) yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu:

  • .com: biasa dipakai untuk keperluan komersial atau perusahaan. Harga per tahun: Rp145 ribu.
  • .org: biasa dipakai oleh website organisasi. Harga per tahun: Rp190 ribu.
  • .biz: biasa dipakai untuk keperluan bisnis. Harga per tahun: Rp260 ribu.
  • .name: bisa dipakai untuk keperluan website profil pribadi. Harga per tahun: Rp150 ribu.
  • .id: cocok dipakai jika target pasarmu adalah orang Indonesia. Harga per tahun: Rp250 ribu.

Baca Juga: Top Level Domain (TLD): Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Cara Mendapatkan Domain Gratis

Di Dewaweb, kamu bisa mendapatkan domain berbayar secara gratis. Selain itu, banyak pilihan TLD (ekstensi domain) seperti .com atau .net yang bisa kamu dapatkan gratis! Mau tau caranya? Simak langkah berikut!

  1. Kunjungi halaman beli hosting murah Dewaweb.

domain-gratis-hosting-murah

  1. Pilih paket hosting Warrior selama setahun. Selain Warrior, kamu juga bisa mendapatkan domain gratis dari paket Guardian, Crusader, Paladin, sampai Oracle.
  2. Cek ketersediaan nama domain yang ingin kamu gunakan, pastikan paket yang kamu pilih sudah sesuai, pilih server hosting dan CMS jika perlu. Setelah itu, klik “Tambahkan ke Cart“. domain-gratis-paket-warrior
  3. Jangan lupa klik “Click here to add it” untuk menambah kode voucher dari promo yang sedang berlangsung, lalu klik “Checkout”. domain-gratis-review
  4. Di halaman Checkout, isi data yang diminta untuk mendaftar sebagai member atau login jika kamu sudah mempunyai akun klien di Dewaweb.
  5. Beri tanda centang lalu klik “Selesaikan Order”. domain-gratis-checkout
  6. Lakukan proses pembayaran dan pilih metode pembayaran sesuai keinginanmu seperti gambar berikut:

domain-gratis-payment1

domain-gratis-payment

 

  1. Cek email konfirmasi pembayaran yang diikuti oleh informasi mengenai pesananmu beserta link untuk login sebagai pengguna di akun cPanel.

Cara lainnya, kamu bisa mengetikkan (namadomainmu).com/cpanel di web browser milikmu lalu masukkan username dan password. Perhatikan baik-baik karena email ini berisi informasi yang akan kamu butuhkan ketika mengurus website melalui cPanel.

Simpulan

Kamu memang dapat memanfaatkan layanan domain gratis oleh penyedia seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun pilihan TLD-nya tentu saja terbatas dan sudah bawaan. Selain itu, perlu diingat juga bahwa domain gratis tersebut tidak termasuk layanan web hosting.

Untuk mendapatkan layanan web hosting dan domain sekaligus, kamu dapat memanfaatkan promo dari Dewaweb. Di Dewaweb, selain kamu bisa memilih TLD keinginanmu (seperti .com atau .net), website kamu juga akan selalu terlindungi 24 jam setiap hari. Jadi. kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu websitemu mengalami masalah. Masih ragu untuk mencoba domain gratis dari Dewaweb?

Artikel informatif lainnya seputar dunia digital dan website dapat kamu baca di blog Dewaweb. Kamu juga dapat mengikuti webinar seputar bisnis online, digital marketing, hingga website development di Dewatalks. Salam sukses!