Domain OR ID: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Domain OR ID: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Sebuah organisasi umumnya memiliki website sebagai sarana penyampaian informasi kepada anggota atau masyarakat luas. Jika diperhatikan, kebanyakan organisasi di Indonesia menggunakan ekstensi domain OR ID pada situs web mereka. Mengapa demikian?

Nama domain merupakan identitas yang nantinya akan dikenal dan diingat oleh pengunjung. Dalam hal ini, OR ID dipilih karena dianggap paling sesuai untuk mewakili organisasi itu sendiri.

Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang OR ID, di artikel ini Dewaweb sudah merangkum semua informasinya untukmu. Simak ulasannya sampai akhir, ya!

Apa itu Domain OR ID?

Secara harfiah, domain OR ID adalah gabungan dari dua suku kata, yakni ‘OR’ (organization) dan ‘ID’ (kode negara Indonesia). Domain ini sangat cocok digunakan untuk membangun situs web resmi organisasi, khususnya yang berada di Indonesia. Selain itu, penggunaannya merupakan opsi terbaik agar situs terlihat semakin profesional dan kredibel.

Perlu diingat bahwa domain ini tidak bisa digunakan oleh sekolah, kampus, pemerintah, atau situs lainnya secara sembarangan. Pasalnya, OR ID adalah ekstensi domain khusus yang diperuntukkan bagi website organisasi saja. Oleh sebab itu, jika kamu berniat membangun situs web organisasi, sebaiknya pilih nama domain dengan ekstensi OR ID.

Salah satu contohnya adalah organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. Melalui situsnya, masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang pelayanan donor darah, bencana alam, kesehatan, sosial, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Domain .NET, Fungsi, Keunggulan dan Kegunaannya

Fungsi Domain OR ID

Setiap jenis domain memiliki kegunaannya masing-masing, baik yang bersifat khusus (.id, .co.id, .or.id, .go.id, dll) maupun generik (.com, .net, .biz, .xyz, dll). Sama halnya OR ID, dimana domain ini hanya bisa dipakai untuk memenuhi keperluan organisasi saja. Adapun beberapa fungsi domain OR ID yang harus kamu ketahui, di antaranya sebagai berikut:

1. Sebagai sarana dalam berkomunikasi

Fungsi pertama domain OR ID adalah sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan pihak lain. Dalam hal ini, setiap informasi penting harus dicantumkan selengkap mungkin agar masyarakat dapat melakukan kontak secara mudah. Sebut saja seperti informasi terkait kepengurusan, nomor telepon, alamat, dan masih banyak lagi.

2. Efisien dalam memanfaatkan jaringan

Kelengkapan informasi akan membantu klien mencari tahu keberadaan dan eksistensi website organisasi. Hal ini memungkinkan mereka memeriksa website terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama. Selain itu, kamu juga dapat mencantumkan media lain seperti situs jejaring sosial dan email guna memperluas jaringan.

3. Berkaitan dengan ruang lingkup organisasi

Melalui website resmi, kamu bisa membagikan lingkup dan aktivitas rutin organisasi. Misalnya seperti kegiatan donor darah, pelatihan, penghargaan, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mengenalkan program-program organisasi yang melibatkan masyarakat umum.

4. Mampu meningkatkan kredibilitas suatu organisasi

Apapun bentuknya, organisasi membutuhkan kredibilitas tinggi di mata masyarakat. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan kepercayaan terhadap visi dan misi organisasi. Nah, adanya website resmi berekstensi OR ID mampu meningkat kredibilitas sekaligus memastikan kepada masyarakat bahwa organisasi benar-benar ada.

5. Membuka kerja sama baru

Sama halnya perusahaan, organisasi juga memerlukan kerja sama dengan pihak lain agar mampu bertahan dan berkembang. Terlebih di era teknologi seperti sekarang, dimana hampir setiap orang memiliki kemudahan akses informasi melalui internet. Mengingat hal tersebut, penggunaan website merupakan langkah terbaik untuk membuka kerja sama baru.

Baca Juga: Mengenal Istilah Top Level Domain dan Kegunaannya untuk Website

Syarat Domain OR ID

Perlu diingat bahwa domain OR ID dikhususkan untuk kepentingan organisasi sehingga syarat pembuatannya pun berkaitan dengan legalitas instansi. Tidak perlu khawatir, organisasi yang dibangun sesuai prosedur seharusnya dapat melengkapi dokumen persyaratan dengan mudah.

Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi ketika daftar domain OR ID:

  • Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Republik Indonesia/Paspor yang masih berlaku.

Baca Juga: Expired Domain: Penjelasan dan Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Cara Membuat Domain OR ID

Untuk membuat domain OR ID, kamu perlu mengunjungi penyedia layanan registrasi domain terpercaya dengan sistem keamanan yang sudah terjamin seperti Dewaweb. Dewaweb selalu mendukung setiap situs yang menggunakan domain TLD Indonesia agar brand asli tanah air ini semakin mendunia.

Adapun cara membuat domain OR ID bisa kamu lakukan dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka halaman daftar domain Dewaweb.

Langkah 2: Cek ketersediaan nama domain dengan cara menuliskannya di kolom pencarian, lalu klik ‘Check’.

cara membuat domain or id - klik 'check'

Langkah 3: Muncul informasi ketersediaan nama domain beserta pilihan masa aktif dan harganya. Centang nama domain yang ingin dibeli, jangan lupa atur periodenya sesuai kebutuhanmu, lalu klik ‘Order’.

cara membuat domain or id - klik 'order'

Langkah 4: Kamu akan dibawa ke halaman cart untuk memastikan rincian pemesanan. Jika sudah sesuai, klik ‘Checkout’ dan bayar tagihannya.

cara membuat domain or id - klik 'checkout'

Domain secara otomatis ditambahkan ke akun Dewaweb milikmu setelah pembayaran dikonfirmasi. Di tahap ini, kamu telah berhasil membeli nama domain dan perlu mengupload beberapa dokumen persyaratan yang diperlukan.

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri, Mudah Tanpa Ribet!

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa domain OR ID adalah salah satu domain TLD Indonesia khusus untuk website organisasi dengan legalitas yang jelas. OR ID hanya diperuntukkan bagi kepentingan organisasi sehingga lembaga resmi lain seperti sekolah, kampus, maupun pemerintah tidak dapat menggunakannya.

Terlepas dari itu, kamu bisa gunakan layanan hosting dan domain dari Dewaweb. Ada banyak pilihan ekstensi domain murah dengan kualitas dan keamanan tingkat tinggi. Sebut saja seperti .com, .net, .co.id, .id, .go.id, .web.id, .tv, dan masih banyak lagi. Untuk domain OR ID, kamu bisa membelinya dengan harga terjangkau mulai dari Rp50 ribu saja, lho!