15 Domain Termahal di Dunia, Tertarik untuk Membelinya?

15 Domain Termahal di Dunia, Tertarik untuk Membelinya?

Sebuah domain baru dapat dibuat bermodalkan puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Namun, tahukah kamu bahwa harga domain bisa melambung fantastis? Domain termahal di dunia bahkan memiliki harga tak masuk akal mencapai triliunan rupiah.

Karena sejumlah alasan, nama domain bisa dijual dengan nilai tinggi. Contohnya bisa kamu lihat di Indonesia pada musim pemilu 2019 beberapa waktu lalu. Ada dua domain yang mengkombinasikan nama pasangan calon Jokowi dan Ma’ruf, yakni jokowimaruf.id dan jokowimaruf.com. Keduanya bernilai fantastis dan menyentuh angka Rp1 Miliar.

Lantas, mengapa harga domain mahal? Kali ini Dewaweb akan membahas alasan dibalik tingginya harga suatu domain beserta deretan nama-nama domain termahal secara ringkas. Simak terus sampai akhir, ya!

Baca Juga: Expired Domain: Penjelasan dan Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Mengapa Harga Domain Mahal?

Ada beberapa alasan mengapa domain bisa sangat mahal, di antaranya adalah sebagai berikut:

Memiliki reputasi yang bagus

Reputasi domain sangat berpengaruh terhadap harga, semakin bagus reputasi maka lebih tinggi pula nilai jualnya. Hal ini dikarenakan pembeli tidak perlu ribet melakukan optimasi dari awal. Berbeda dengan membeli domain baru, dimana kamu harus mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk membangun reputasi dan membesarkan nama domain tersebut.

Termasuk ke dalam domain premium

Domain premium umumnya dibanderol dengan harga lebih mahal daripada domain reguler. Hal ini dikarenakan domain premium memiliki ciri khas unik yang memperkuat branding produk atau perusahaan. Ciri yang dimaksud yaitu nama domain terdiri dari kombinasi singkat dua hingga empat karakter saja.

Ada banyak perusahaan terkemuka yang menggunakan domain premium untuk website mereka. Sebut saja seperti MI.CO.ID, OLX.CO.ID, JD.ID, PO.CO.ID, JNE.CO.ID, dan masih banyak lagi.

Mengandung keyword populer dan mudah diingat

Harga domain bisa menjadi mahal jika di dalamnya mengandung keyword atau kata kunci populer dan mudah diingat. Domain ini banyak diincar karena diklaim mampu meningkatkan ranking situs web untuk niche tertentu. Misalnya, clothes.com, cars.com, insurance.com, business.com, dan lain-lain.

Ekstensi yang digunakan

Meski sepele, namun pemilihan ekstensi domain ternyata cukup berpengaruh terhadap nilai jual domain. Dalam hal ini, penggunaan ekstensi harus match dengan domain serta mampu mewakili nama bisnis atau perusahaan secara jelas. Misalnya POCO Indonesia, anak perusahaan Xiaomi tersebut menggunakan nama domain dan ekstensi yang sangat menarik, yakni PO.CO.ID.

Baca Juga: 10 Domain Name Generator untuk Mencari Nama Domain yang Sesuai

Rekomendasi Domain Termahal di Dunia

Di bawah ini adalah deretan domain termahal di dunia:

1. Shoes.com

Harga: US$9 juta atau sekitar Rp141 miliar, pemilik: DSW

domain termahal di dunia - shoes

Domain termahal di dunia yang pertama adalah shoes.com, domain ini awalnya dijual kepada Walmart senilai US$9 juta. Kemudian, dijual kembali dengan harga sama kepada DSW yang merupakan brand desainer sepatu. Shoes.com adalah domain yang mengandung kata kunci populer dan relevan dengan niche bisnis sepatu. DSW membeli domain tersebut untuk keperluan branding dan strategi bisnis.

2. Tesla.com

Harga: US$11 juta atau sekitar Rp172 miliar, pemilik: Elon Musk

domain termahal di dunia - tesla

Tesla Motors merupakan salah satu perusahaan milik Elon Musk yang bergerak di industri otomotif. Sebelumnya, Tesla Motors menggunakan domain yang mirip dengan nama perusahaannya, yakni teslamotors.com. Elon Musk memutuskan membeli dan memakai tesla.com karena domain tersebut lebih singkat, jelas, dan mencerminkan brand.

3. Hotels.com

Harga: US$11 juta atau sekitar Rp172 miliar, pemilik: Hotels.com

domain termahal di dunia - hotels

Hotels.com merupakan domain situs web booking hotel yang dibeli oleh David Roche senilai US$11 juta. David menganggap pembelian domain ini sangat penting karena sangat sesuai dengan brand miliknya. Selain itu, domain hotels.com mengandung kata kunci populer serta mudah diingat oleh masyarakat luas.

4. Fund.com

Harga: US$12 juta atau sekitar Rp188 miliar, pemilik: Fund.com Inc.

domain termahal di dunia - fund

Fund.com termasuk ke dalam domain premium karena hanya terdiri dari 4 huruf saja. Domain ini dibeli oleh Fund.com Inc., selaku perusahaan penerbitan informasi jasa keuangan. Perusahaan ini membeli domain tersebut karena relevan dengan niche website perusahaan yang mencakup reksa dana, saham, investasi, dan sebagainya.

5. NFTs.com

Harga: US$15 juta atau sekitar Rp235 miliar, pemilik: Anonim

domain termahal di dunia - nfts

Domain termahal di dunia selanjutnya adalah NFTs.com yang terjual dengan harga US$15 juta. Ini merupakan penjualan domain paling mahal yang terjadi di tahun 2022. Jika dilihat dari namanya, domain ini berkaitan erat dengan teknologi blockchain. Meski begitu, semuanya masih serba misterius, termasuk nama pembeli dan rencana penggunaan website-nya.

Baca Juga: Tutorial Pointing Domain Sendiri ke Website Blogspot

6. Insure.com

Harga: US$16 juta atau sekitar Rp251 miliar, pemilik: QuinStreet

insure

Insure.com adalah domain pertama yang dibeli oleh QuinStreet sebesar US$16 juta pada tahun 2009 silam. Nilai ini telah melambung fantastis hingga sepuluh kali lipat dari harga awal pembeliannya. Bukan tanpa alasan, QuinStreet menilai domain ini cukup populer dan relevan dengan niche website-nya, yakni asuransi.

7. 360.com

Harga: US$17 juta atau sekitar Rp267 miliar, pemilik: Qihoo

360

360.com adalah domain yang dibeli oleh Qihoo untuk membuat brand baru yang mencakup seluruh produk miliknya. 360.com menjadi satu-satunya domain full numeric dengan nilai jual paling mahal di dunia, yakni sebesar US$17 juta. Terlepas dari itu, nama domain yang mengandung unsur numerik memang cukup populer di China.

8. Internet.com

Harga: US$18 juta atau sekitar Rp282 miliar, pemilik: QuinStreet

internet

Selain insure.com, QuinStreet juga membeli domain internet.com sebesar US$18 juta. Domain ini merupakan sebuah platform yang berisi berbagai macam informasi, terutama berita seputar internet. Tetapi, pada tahun 2021 QuinStreet memutuskan menjual kembali internet.com dengan minimal bid price US$35 juta.

9. Voice.com

Harga: US$30 juta atau sekitar Rp470 miliar, pemilik: Black.one

voice

Daftar domain mahal selanjutnya adalah voice.com. Black.one membeli domain ini dengan harga fantastis mencapai US$30 juta untuk membuat platform media sosial mereka. Domain ini bernilai tinggi karena namanya terdiri dari lima karakter yang mudah diingat. Selain itu, ekstensi .com yang merupakan ekstensi populer tampak begitu match dengan nama domain-nya.

10. PrivateJet.com

Harga: US$30,1 juta atau sekitar Rp472 miliar, pemilik: Nation Luxury Transportation

Domain termahal lainnya adalah privatejet.com yang dibeli oleh Nation Luxury Transportation sebesar US$30,1 juta. Perusahaan ini merupakan penyedia layanan transportasi di Atlanta. Tujuan pembelian privatejet.com yaitu untuk menjangkau audiens lebih luas, terutama orang-orang yang gemar menggunakan layanan travel kelas atas.

Baca Juga: Mengenal Istilah Top Level Domain dan Kegunaannya untuk Website

11. VacationRentals.com

Harga: US$35 juta atau sekitar Rp549 miliar, pemilik: Vrbo

vacation rentals

Jika kebanyakan domain mahal memiliki nama singkat dan unik, lain halnya vacationrentals.com yang terlihat sedikit panjang. Meski begitu, pencarian keyword “Vacation Rentals” tergolong tinggi di industri tersebut sehingga harganya melambung tinggi. Vrbo rela merogoh kocek sebesar US$35 juta demi menghadapi para pesaingnya.

12. Insurance.com

Harga: US$35,6 juta atau sekitar Rp558 miliar, pemilik: QuinStreet

insurance

Domain termahal selanjutnya adalah insurance.com yang dibeli oleh QuinStreet senilai US$35,6 juta. Domain ini dibeli karena sesuai dengan industri yang mereka geluti, yakni asuransi. Selain itu, tren pencarian kata kunci “insurance” tergolong tinggi dan stabil.

13. CarInsurance.com

Harga: US$49,7 juta atau sekitar Rp780 miliar , pemilik: QuinStreet

QuinStreet cukup aktif memburu domain yang berkaitan dengan asuransi. Salah satunya yaitu carinsurance.com yang dibeli pada tahun 2010 silam seharga US$49,7 juta. QuinStreet menggunakan domain ini untuk membuat website berisi informasi seputar asuransi mobil. Selain mudah diingat, carinsurance.com mengandung kata kunci populer dan relevan dengan niche bisnis mereka.

14. LasVegas.com

Harga: US$90 juta atau sekitar Rp1,4 triliun, pemilik: Vegas.com, LLC

las vegas

Pada tahun 2005, lasvegas.com dibeli seharga US$90 juta oleh vegas.com, LLC untuk membuat situs layanan agensi travel. Perusahaan menginginkan domain ini karena memiliki ranking tinggi untuk pencarian kata kunci “Las Vegas”. Selain itu, lasvegas.com merupakan exact match domain untuk menjangkau audiens yang ingin mengunjungi kota Las Vegas.

15. Business.com

Harga: US$345 juta atau sekitar Rp5,4 triliun, pemilik: RH Donnelley Corp

business

Domain termahal di dunia peringkat pertama adalah business.com dengan harga mencapai US$345 juta. Domain ini dibeli oleh RH Donnelley Corp untuk membuat website layanan advertiser. Alasan utama pembelian adalah tingginya volume pencarian kata kunci “business” serta nama domain sangat relevan dengan niche bisnis.

Baca Juga: Domain Gratis yang Bisa Dipakai untuk Membuat Website

Tertarik Membeli Domain Termahal di Dunia?

Itulah 15 daftar domain termahal di dunia yang Dewaweb rangkum untukmu. Harga sebuah domain bisa bernilai tinggi karena beberapa alasan, di antaranya yaitu karena domain mudah diingat, singkat, unik, kualitas SEO mumpuni, dan lain sebagainya. Apakah kamu tertarik untuk membeli salah satu domain di atas?

Sebenarnya, kamu bisa mendapatkan domain bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Dengan sedikit riset, kamu bisa membuat domain sendiri yang relevan dengan niche bisnis.

Nah, kamu bisa membeli domain murah melalui penyedia layanan terpercaya se-Indonesia seperti Dewaweb. Ada banyak ekstensi yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan, mulai dari .com, .org, .net, .id, .co.id, .web.id, .biz.id, dan masih banyak lagi. Jika kamu membeli paket domain dan cloud hosting sekaligus, Dewaweb akan memberikanmu domain gratis seumur hidup, lho.

Menarik bukan? Yuk, buat domain bisnis impianmu sekarang.