Apakah kamu pernah mendengar nama domain XYZ? Beberapa dari kamu mungkin masih asing atau bahkan belum pernah mengetahui keberadaan domain dari tiga huruf terakhir dalam susunan abjad ini. Padahal, thedomains.com mencatat bahwa pada November 2015, sudah ada 1.5 juta website yang menggunakan akhiran .xyz pada domain mereka.

Domain XYZ dikembangkan oleh Daniel Negari sejak tahun 2014. Menurutnya, kebutuhan untuk alternatif nama domain sudah ada sejak orang-orang mulai kesulitan memilih nama untuk ekstensi domain .com sehingga ekstensi domain dengan tiga huruf terakhir dari susunan abjad sepertinya akan banyak digunakan dan mudah diingat. Benar saja, seiring perkembangannya, domain XYZ terus mengalami peningkatan pengguna hingga berhasil mencapai urutan ke-4 domain yang sering didaftarkan pada Juni 2016.

Mengapa Domain XYZ?

Lalu, apa alasan yang bisa meyakinkanmu sehingga kamu merasa perlu menggunakan domain XYZ?

Domain ini didesain agar dapat digunakan oleh berbagai kalangan, terutama mereka yang masuk dalam generasi X, Y, dan Z. Oleh karena itu, situs domain XYZ juga menyediakan berbagai ekstensi domain lebih detail lainnya yang mengarahkan pada pengguna dalam generasi X hingga Z, seperti .college, .car, .baby, atau .monster untuk memilih ekstensi domain mereka. Namun, jika kamu ingin mencakup audiens yang lebih luas, sebaiknya kamu menggunakan domain utama dengan akhiran .xyz.

Kelebihan Domain XYZ

Sebelum memilih domain XYZ sebagai ekstensi domainmu, mungkin kamu bisa mengecek beberapa faktor berikut untuk menjadi bahan pertimbangan:

  • Namanya mudah diingat

    Selain menjadi tiga huruf terakhir dalam susunan abjad, domain XYZ juga bisa berarti tiga julukan generasi usia, yaitu generasi X yang lahir sekitar tahun 1961-1980, generasi Y sekitar tahun 1981-1995, dan generasi Z yang lahir sekitar 1996-2010.

  • Sudah terindeks oleh Google

    Setidaknya pada tahun 2018, ekstensi domain ini masih belum terindeks Google. Akibatnya, saat website berdomain XYZ diakses, pengunjung akan diarahkan ke halaman Google Search terlebih dulu. Tapi, sekarang website dengan domain XYZ dapat segera diakses tanpa melewati halaman Google Search.

  • Kesempatan mendapatkan domain premium

    Mengingat umur domain XYZ yang masih seumur jagung, tidak heran jika kamu mudah menemukan nama domain yang belum dipakai oleh orang lain. Jadi, kamu bisa mendapatkan domain premium, yaitu memilih sendiri nama domain yang sesuai dengan keinginanmu. Tapi, jika kamu berniat menggunakan domain premium, pastikan kamu bergerak cepat agar nama domain incaranmu tidak diambil orang lain.

  • Bisa digunakan untuk berbagai keperluan

    Beberapa ekstensi domain mempunyai fungsinya masing-masing, misalnya .com yang digunakan untuk korporat atau komunitas, .org untuk organisasi, sampai .ac.id untuk instansi pendidikan di Indonesia. Namun, jika kamu melihat daftar website yang menggunakan domain XYZ di sini, kamu akan melihat berbagai jenis website berekstensi domain XYZ yang digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari agensi, bisnis startup, organisasi, bahkan website profil individu. Tidak menutup kemungkinan pula, kamu bisa menggunakan ekstensi domain ini untuk membuat sesuatu yang lebih kreatif, there’s nothing to lose, right?

Tak hanya kelebihan, ada pula beberapa kekurangan yang dimiliki ekstensi domain yang satu ini.

Kekurangan Domain XYZ

  • Karena penggunanya jauh lebih sedikit dari domain .com, nama ini masih agak asing di telinga orang awam.

  • Murah di tahun pertama, selanjutnya menjadi harga normal yang tidak jauh berbeda dengan domain lainnya.

Namun, jika dihitung lebih rinci, akan tetap lebih menguntungkan jika kamu mengombinasikan diskon dari promo domain XYZ dan paket cloud hosting dari Dewaweb, karena saat ini domain .xyz hanya seharga Rp12 ribu jika kamu membeli di Dewaweb. Tapi sayangnya, kamu harus bergerak lebih cepat karena promo ini hanya berlangsung hingga 22 Januari 2020.

Solusi lainnya, kamu bisa membeli paket cloud hosting di Dewaweb mulai dari paket Warrior dan nikmati free lifetime domain untuk semua ekstensi, termasuk domain .xyz. Jadi, semua keputusannya kembali padamu, keuntungan apa yang ingin kamu peroleh dan kerugian apa yang ingin kamu hindari dari pemilhan ekstensi domain untuk website-mu?

Contoh website Domain XYZ

Berdasarkan kelebihan di atas, apakah kamu sudah mulai mendapat hasil pertimbangan? Agar dapat memberikanmu pencerahan mengenai jenis website apa saja yang menggunakan ekstensi domain .xyz, berikut ini ada beberapa contoh website dengan akhiran domain .xyz yang mungkin bisa menambah inspirasimu:

Berasal dari Bali, Organic Culture merupakan bisnis yang menjual acar timun organik. Bisnis ini telah berdiri sejak tahun 2015, setahun setelah domain XYZ dirilis. Selain membudidayakan pertanian Indonesia, Organic Culture juga memanfaatkan website untuk memperluas bisnisnya menggunakan domain XYZ.

Kamu bisa menjadikan website milik Emma Lewis sebagai inspirasi. Fotografer asal Britania Raya ini menggunakan domain XYZ sebagai akhiran pada website-nya. Tak hanya unik, tapi harga yang dibandrol juga terbilang murah untuk ukuran individu.

Tak mau ketinggalan, industri konglomerat yang sekaligus menjadi induk perusahaan Google, Alphabet, juga menggunakan .xyz sebagai akhiran nama domain mereka. Penamaan domain dan pemilihan nama domain extension juga menjadi pertimbangan, karena tujuan Alphabet menggunakan domain XYZ adalah untuk mewakili bahasa, salah satu inovasi terbesar manusia yang diawali dengan “abc” dan diakhiri dengan “xyz.” Ide ini cocok juga untuk kamu yang ingin membuat nama domain unik untuk brand-mu.

Website yang satu ini merupakan website profil tokoh fiksi dari serial TV Amerika Serikat berjudul Silicon Valley. Tak banyak informasi yang disajikan, tapi website ini cukup ampuh “menghidupkan” tokoh dalam serial tersebut. Kamu bisa menggunakan cara ini juga jika kamu ingin membuat “kartu nama online.”

Selain digunakan sebagai profil atau bisnis, tak menutup kemungkinan kamu bisa menggunakan domain XYZ untuk membuat organisasi sosial seperti yang dilakukan oleh seorang pemain basket sekaligus motivator, Harold Lefty Williams. Bersama istrinya, Lefty membuat website amal yang difokuskan bagi pendidikan untuk anak-anak. website ini telah membuktikan, bahwa ekstensi domain untuk organisasi tidak terbatas pada .org saja. Kamu setuju nggak?

Social News merupakan website asal India yang membagikan berita dari dalam dan luar negeri. Sama seperti portal berita pada umumnya, artikel atau berita yang terkumpul dalam website ini dibagikan ke beberapa rubrik berbeda. Namun, website ini terlihat lebih banyak membahas topik mengenai film, baik lokal maupun internasional.

Baca juga: Cara Menggunakan Heading pada WordPress bagi Pemula

Simpulan

Tertarik membeli domain .XYZ? Order sekarang di sini.
Hanya Rp 12.000 untuk 1 tahun pertama! Promo terbatas sampai dengan 22 Januari 2020.

Setelah mengetahui fakta mengenai domain XYZ, kelebihan dan kekurangannya, serta contoh website untuk menjadi bahan inspirasi, apakah menurutmu kamu perlu menggunakan domain XYZ? Tidak perlu buru-buru, tentukan domain yang sesuai dengan identitas calon website yang ingin kamu buat. Tentu saja kamu juga perlu pertimbangkan nama domain yang cocok untuk calon website-mu. Satu hal yang perlu kamu ingat, jika nama domainmu sudah bagus, pastikan pula kamu menggunakan cloud hosting yang sudah terjamin cepat dan aman agar website-mu selalu bisa diandalkan!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia