Domain .XYZ: Murah dan Sudah Terindeks Google!

Domain .XYZ: Murah dan Sudah Terindeks Google!

Pernah melihat sebuah website yang berakhiran domain .XYZ? Cukup asing bukan? Tapi ternyata, domain seperti ini sama seperti .com atau .net namun namanya lebih unik dan sangat fleksibel untuk segala jenis website. Untuk mengetahui lebih dalam, langsung simak artikel ini sampai tuntas!

Baca Juga: Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Pengertian

Domain .XYZ adalah domain yang diciptakan oleh Daniel Negari dan mulai digunakan oleh publik pada Juni 2014. Jika dilihat secara sekilas, ekstensi domain yang cukup unik ini hanya terdiri dari tiga huruf terakhir dalam susunan alfabet. Namun tidak hanya sekadar susunan saja, huruf-huruf tersebut juga mewakili tiga generasi, yakni generasi X, Y, dan Z.

Baca Juga: Rekomendasi Ekstensi Domain untuk Keperluanmu

Kelebihan Domain .XYZ

Berikut ini adalah daftar beberapa kelebihannya untuk bahan pertimbanganmu:

1. Mudah diingat karena unik

Mengingat penggunaan nama domain jenis ini masih terbilang sedikit, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendaftarkan nama domain unik sesuai keinginanmu. Ditambah lagi, jika nama domain pilihanmu diakhiri dengan ekstensi yang unik, para pengunjung bisa mengingatnya dengan mudah!

2. Harga lebih murah

Harga ekstensi domain ini bahkan berkali-kali lipat lebih murah dari domain lainnya karena usianya yang masih baru jika dibandingkan .com atau .net.

3. Sudah terindeks Google

Di awal kemunculannya, jika kamu mencoba membuka website dengan ekstensi domain .XYZ, kamu akan dialihkan ke halaman pencarian Google. Berbeda dengan sekarang, di mana kamu bisa segera mengakses halaman website berekstensi domain unik ini ketika mengetikkannya di mesin pencari Google.

4. Kesempatan mendapatkan domain premium

Mengingat domain seperti ini belum banyak digunakan, maka tidak heran jika kamu mudah menemukan nama domain yang belum dipakai oleh orang lain. Jadi, kamu bisa mendapatkan domain premium, yaitu memilih sendiri nama domain yang sesuai dengan keinginanmu.

5. Fleksibel untuk berbagai keperluan

Beberapa ekstensi domain mempunyai fungsinya masing-masing, misalnya .com yang digunakan untuk korporat atau komunitas, .org untuk organisasi, sampai .ac.id untuk instansi pendidikan di Indonesia. Namun, jika kamu melihat daftar website yang menggunakan domain ini, kamu akan melihat berbagai jenis website yuntuk berbagai kepentingan.

Baca juga: Apa Itu Exact Match Domain dan Pengaruhnya untuk SEO?

Kekurangan Domain .XYZ

Tak hanya kelebihan, ada pula beberapa kekurangan yang dimiliki ekstensi domain yang satu ini. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki:

1. Cenderung masih asing

Karena penggunanya jauh lebih sedikit dari domain .com, nama ini cenderung masih asing. Kendati demikian, karena penggunaan nama domain yang masih sedikit ini kamu bisa mendaftarkan nama domain premium.

2. Murah di tahun pertama

Ekstensi domain ini memang ditawarkan dengan harga murah (berkisar Rp 35.000–Rp 75.000). Namun, harga tersebut hanya berlaku di tahun pertama, untuk tahun selanjutnya akan menjadi harga normal seperti harga domain lainnya.

Contoh Website dengan Domain XYZ

Yap, dare to be creative and unique sudah diterapkan oleh beberapa website berikut yang tidak takut menggunakan ekstensi domain .XYZ untuk berbagai keperluan website sesuai tujuan mereka masing-masing.

Daniel Negari – Blog Pribadi

website milik daniel negari

Tentu saja, Daniel Negari sebagai pendiri domain ini memiliki website dengan domain .XYZ, yaitu ceo.xyz. Adapun jenis websitenya adalah blog pribadinya yang menjelaskan perjalanan bagaimana dirinya mendirikan domain tersebut serta berbagai opini dirinya tentang sesuatu.

Emma Lewis – Portfolio

contoh website - emma lewis

Kamu bisa menjadikan website milik Emma Lewis sebagai inspirasi. Fotografer asal Britania Raya ini menggunakan domain XYZ sebagai akhiran pada website-nya. Tak hanya unik, tapi harga yang dibandrol juga terbilang murah untuk ukuran individu.

Alphabet – Brand  milik Google

contoh website - alfabet

Bahkan, Alphabet yang merupakan perusahaan bagian dari Google saja menggunakan ekstensi domain ini lho! Terbukti kredibel bukan? Website Alphabet ini dapat dikatakan memiliki nama website dan domain yang paling unik. Yap, alamat websitenya adalah abc.xyz yang merupakan penggabungan tiga alfabet awal dan akhir. Keren!

Organic Culture Bisnis

contoh website domain xyz - organic culture

Berasal dari Bali, Organic Culture merupakan bisnis yang menjual acar timun organik. Bisnis ini telah berdiri sejak tahun 2015. Selain membudidayakan pertanian Indonesia, Organic Culture juga memanfaatkan website untuk memperluas bisnisnya menggunakan domain XYZ.

Dare 2 Dream Organisasi

contoh website domain xyz - d2d

Selain digunakan sebagai profil atau bisnis, tak menutup kemungkinan kamu bisa menggunakan domain XYZ untuk membuat organisasi sosial seperti yang dilakukan oleh seorang pemain basket sekaligus motivator, Harold Lefty Williams. Bersama istrinya, Lefty membuat website amal yang difokuskan bagi pendidikan untuk anak-anak. website ini telah membuktikan, bahwa ekstensi domain untuk organisasi tidak terbatas pada .org saja. Kamu setuju nggak?

Hooli – Profil

contoh website domain xyz - hooli

Website yang satu ini merupakan website profil tokoh fiksi dari serial TV Amerika Serikat berjudul Silicon Valley. Tak banyak informasi yang disajikan, tapi website ini cukup ampuh “menghidupkan” tokoh dalam serial tersebut. Kamu bisa menggunakan cara ini juga jika kamu ingin membuat “kartu nama online.”

Social News – Portal Berita

Asset Blog Dewaweb

Social News merupakan website asal India yang membagikan berita dari dalam dan luar negeri. Sama seperti portal berita pada umumnya, artikel atau berita yang terkumpul dalam website ini dibagikan ke beberapa rubrik berbeda. Namun, website ini terlihat lebih banyak membahas topik mengenai film, baik lokal maupun internasional.

Baca juga: Apa Perbedaan Domain dan Hosting untuk Website? Ini Penjelasannya

Tertarik Menggunakannya?

Domain .XYZ ini memang tergolong cepat naik daun karena namanya yang unik dan mudah diingat. Hanya satu tahun setelah go public, yaitu pada 2015, penggunaannya langsung mencapai 1,5 juta nama domain.

Selain itu, masih banyak juga pilihan nama domain yang bisa kamu dapatkan dengan ekstensi ini karena penggunanya belum sebanyak .com. Jika menggunakan domain .com biasanya tidak banyak nama domain yang tersisa, apalagi yang premium.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya untuk websitemu? Jika kamu menjatuhkan pilihanmu pada domain .XYZ dengan segala kelebihan yang dimilikinya, kamu bisa langsung membelinya di Dewaweb dengan langsung klik tombol di bawah:

Di Dewaweb, kamu tidak hanya mendapatkan promo domain dan hosting murah tetapi juga keamanan website yang terjamin selama 24 jam setiap hari. Mengantongi sertifikat keamanan internasional ISO 27001, para Ninja dari Dewaguard siap melindungi websitemu dari ancaman hacker dan gangguan apapun.

Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb serta mengikuti webinar seputar dunia digital di Dewatalks. Salam sukses!