15 Tema WordPress Terbaik untuk Situs Pemerintah

15 Tema WordPress Terbaik untuk Situs Pemerintah

WordPress merupakan platform website populer dan kian mendominasi laman internet. Bukan hanya untuk keperluan pribadi atau bisnis, WordPress menjadi opsi utama pembuatan website resmi seperti instansi pemerintahan. Kemudahan pengembangan menjadi salah satu alasan mengapa platform ini banyak digunakan. Kamu bahkan dapat download tema WordPress pemerintah serta memasangnya tanpa ribet.

Ada banyak tema WordPress yang dapat dipilih mulai dari yang gratis hingga berbayar. Tiap tema menawarkan fitur dan kelebihan masing-masing sehingga kamu dituntut lebih teliti sebelum mengunduh dan memasangnya.

Nah, jika kamu merupakan seorang pemilik atau admin website, Dewaweb punya beberapa rekomendasi tema WordPress yang cocok untuk situs pemerintah. Pilihlah tema yang dirasa paling sesuai, baik dari segi tata letak, kelengkapan, fitur, dan aspek lainnya. Yuk, simak ulasannya pada artikel yang Dewaweb rangkum di bawah ini.

Baca Juga: 15 Kriteria Website yang Baik & User Friendly Beserta Contohnya

1. Bradbury

download tema wordpress pemerintah - bradbury

Rekomendasi download tema WordPress pemerintah yang pertama adalah Bradbury. Tema ini menawarkan tampilan yang responsif, bersih, dan cepat terutama jika halaman diakses via seluler. Bradbury cocok digunakan oleh instansi atau lembaga resmi seperti situs pemerintah, sosial, dan pendidikan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa download tema WordPress pemerintah ini secara free alias gratis di wordpress.org.

2. Cindy

download tema wordpress pemerintah - cindy

Rekomendasi tema selanjutnya adalah Cindy. Tema ini memungkinkan user menyesuaikan desain guna mendapatkan tampilan sesuai kebutuhan. Kelebihan tersebut membuat Cindy cocok diterapkan di berbagai keperluan industri, termasuk website kota, desa, politisi, bisnis lokal, hingga situs pemerintahan.Template bisa kamu dapatkan dengan membayar lisensi seharga US$80.

3. City Gov

city gov

City Gov merupakan tema premium dari athemes.com yang menawarkan desain serta fitur lebih lengkap dibandingkan dua tema sebelumnya. Sesuai namanya, City Gov sangat cocok digunakan oleh website pemerintah, baik tingkat kabupaten, kota, maupun provinsi. Untuk mendapatkan tema, City Gov dibanderol dengan harga US$60.

4. City Government

city government

Template rekomendasi berikutnya yaitu City Government yang mengedepankan desain futuristik. Dengan tampilan modern, City Government adalah pilihan terbaik untuk keperluan pemerintah seperti website daerah, department, provinsi, situs portal kota, dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan tema satu ini di Themeforest dengan harga US$59.

Baca Juga: 10 Template WordPress Company Profile yang Populer

5. City Hall

download tema wordpress pemerintah - city hall

City Hall merupakan salah satu tema yang sudah support perangkat mobile dan bisa kamu dapatkan secara gratis. Tema ini hadir dengan layout header berupa nama instansi layaknya website pada umumnya diikuti beberapa list tautan media sosial. Pada bagian footer, kamu bisa menambahkan berita atau informasi penting seputar situs.

6. City of WP

download tema wordpress pemerintah - city of wp

Dikembangkan oleh Dannci, City of WP merupakan tema situs pemerintah yang memiliki tampilan cukup mencolok terutama di bagian header. Penggunaan header berukuran panjang rasanya sangat match dengan instansi pemerintahan Indonesia dimana kebanyakan logo kerap diikuti teks. Kamu bisa memasang template City of WP dengan membeli lisensinya sebesar US$54 (sekali bayar).

7. CityZen

cityzen

Rekomendasi template situs pemerintah selanjutnya adalah CityZen. Tema ini diklaim sebagai salah satu tema WordPress pemerintah bintang lima karena kelengkapan fiturnya. Sebut saja seperti responsive design, dukungan SEO, retina display, contact form 7, kompatibel dengan elementor, dan lain sebagainya. CityZen merupakan tema berbayar sehingga kamu harus membelinya dengan harga mulai dari US$29.

8. Egovt

download tema wordpress pemerintah - egovt

Jika kamu mencari tema untuk keperluan politik atau instansi pemerintahan, Egovt adalah jawabannya. Tema ini dibekali sejumlah fitur mumpuni seperti banyaknya pilihan inner pages design, block design, demo eGovt, lifetime update, dan lain-lain. Seluruh fitur dapat digunakan jika pengguna membeli lisensi regular seharga US$59.

Baca Juga: Cara Download Template dan Plugin WordPress Premium, Mudah!

9. Endurance

download tema wordpress pemerintah - endurance

Endurance adalah tema WordPress besutan Dumitru Brinzan yang bisa kamu download langsung di wordpress.org. Template satu ini sebenarnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan situs web gereja. Namun, kamu tetap bisa memakainya untuk keperluan situs jenis lain misalnya sekolah, organisasi, komunitas, tak terkecuali instansi pemerintahan.

10. Liberty

liberty

Tema selanjutnya yaitu Liberty yang merupakan template buatan Theme Blossom. Liberty hadir membawa kesan formal dengan ciri khas penempatan logo di bagian tengah. Selain itu, keseluruhan tampilan terlihat sangat elegan sehingga cocok diterapkan pada situs instansi pemerintahan tingkat kepresidenan, kementerian, provinsi, dan tingkat lainnya. Dibanderol dengan harga terjangkau sebesar US$29, tema ini dijamin memuaskan.

11. MCKinney’s Politics

mckinneys politics

Sesuai namanya, MCKinney’s Politics diperuntukkan bagi situs-situs politik atau instansi resmi seperti website pemerintah. Tema besutan ThemeREX ini memfokuskan visualisasi berupa foto atau gambar berukuran cukup besar pada halamannya. Layout tersebut cocok digunakan oleh situs pemerintah yang mengedepankan kualitas foto. Untuk mendapatkan template MCKinney’s Politics, kamu dapat membeli lisensi penggunaannya mulai dari harga US$69.

12. Museo

download tema wordpress pemerintah - museo

Rekomendasi tema situs pemerintah selanjutnya adalah Museo yang merupakan template buatan academiathemes. Meski gratisan, Museo menghadirkan sejumlah fitur yang tak kalah menarik dibandingkan theme free lain. Keunggulan utama tema ini yaitu mobile friendly dan kecepatan pemuatan halaman. Kamu bisa download tema WordPress pemerintah ini secara langsung di wordpress.org.

Baca Juga: 15 Plugin Translate WordPress Terbaik untuk Websitemu

13. Political WP

political wp

Political WP adalah tema yang mendukung penggunaan plugin WP Page Builder sehingga memungkinkan perubahan dilakukan lebih mudah. Tema besutan ThemeSLR ini dibekali berbagai pilihan layout atau tata letak dengan format dan kualitas baik. Saking banyaknya, kamu mungkin akan kebingungan memilih layout website. Terlepas dari itu, Political WP bukanlah template gratis sehingga kamu harus mengeluarkan biaya sebesar US$59.

14. The Gov

the gov

Sama seperti City Gov, The Gov merupakan tema premium dari athemes.com yang dibanderol seharga US$60. Hadir dengan desain modern, The Gov dibuat khusus untuk menunjang keperluan website pemerintah. Tema ini memungkinkan semua informasi disajikan dalam satu situs web, misalnya informasi lalu lintas, pendidikan, lowongan kerja, area parkir, dan lain sebagainya.

15. Vantage

vantage

Rekomendasi tema yang terakhir adalah Vantage. Template satu ini mengedepankan fleksibilitas dengan memanfaatkan plugin pengeditan praktis SiteOrigin Page Builder. Vantage dibekali lebih dari lima puluh custom widget termasuk akordeon, headline, dan slider.

Bukan itu saja, Vantage memungkinkan pengguna melihat preview secara realtime dengan bantuan CSS Editor SiteOrigin. Fitur tersebut jelas akan membantumu ketika melakukan pengeditan. Menariknya, Vantage hadir sebagai tema gratis dan dapat kamu download secara cuma-cuma.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Website Sekolah dengan WordPress, Mudah dan Praktis!

Simpulan

Itulah beberapa rekomendasi template website dari Dewaweb yang mungkin bisa dijadikan referensi. Semua template mempunyai fitur serta kelebihan masing-masing, baik gratis maupun berbayar. Sedikit tips, pilih dan download tema WordPress situs pemerintah yang dirasa paling cocok dengan identitas instansi.

Sebelum mengaplikasikan tema pilihanmu, periksa terlebih dahulu kinerja website agar template dan komponen pendukung lainnya berjalan normal tanpa kendala. Salah satunya yakni masalah performa dan kecepatan. Selain berdampak buruk pada SEO, kendala ini tentu membuat pengunjung tidak nyaman dan beralih ke situs lain.

Kamu tentu tidak ingin reputasi instansi menjadi buruk, bukan? Nah, guna mendongkrak performa dan kecepatan website, sebaiknya gunakan layanan hosting terbaik seperti Dewaweb.

Dewaweb menggunakan web server LiteSpeed Enterprise yang didesain untuk mengatasi volume trafik tinggi dengan kecepatan empat puluh kali lebih cepat. Selain itu, Dewaweb menggunakan teknologi server terbaru super cepat, AMD EPYC CPU, untuk melayani workload aplikasi-aplikasi berat. Sudah siap membuat website pemerintah berperforma tinggi?