Apa Itu Exact Match Domain dan Pengaruhnya untuk SEO?

Apa Itu Exact Match Domain dan Pengaruhnya untuk SEO?

Istilah exact match domain kerap dikenal ketika Google belum melakukan update pada algoritmanya. Jadi, untuk bisa mendapatkan kesempatan muncul di halaman Google, kebanyakan website menggunakan exact match domain ini. Sederhananya, exact match domain ini merupakan domain yang sesuai dengan keyword yang sedang ditargetkan.

Melihat dari penjelasan singkat di atas, dapat diketahui bahwa pengaruh exact match domain terhadap SEO cukup besar. Sebab seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, exact match domain merupakan nama domain yang memiliki high valuable keyword di dalamnya.

Ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang exact match domain dan pengaruhnya untuk ranking di Google Search? Simak informasinya pada artikel yang sudah Dewaweb rangkum di bawah ini ya.

Baca juga: 10 Domain Name Generator untuk Mencari Nama Domain yang Sesuai

Apa itu Exact Match Domain?

Menyadur buku Pengantar Komunikasi Pemasaran Digital, exact match domain adalah domain yang mengandung kata kunci yang sama persis dengan ditargetkan pemilik website untuk mesin pencari. Sebagai contoh, apabila target kata kuncinya adalah ‘mainan anak’, nama domain yang dapat digunakan adalah mainananak.store.

Tidak hanya bertujuan untuk muncul di halaman pertama Google saja, pengguna exact match domain juga memiliki harapan agar website ini dijangkau oleh target pemasarannya. Seperti contoh yang ada di atas, seseorang yang menggunakan keyword mainan anak pada domain, ingin websitenya dijangkau oleh anak-anak atau orang tua untuk membeli mainan.

Sebetulnya, awal mula kepopuleran EMD ini mulai dikenal pada tahun 2003, pada saat itu, ada salah satu domain yang bergerak dibidang pariwisata, yakni hotels.com, laku terjual dengan harga Rp 11 juta. Nama domain tersebut pada akhirnya menjadi salah satu pembelian nama domain termahal sepanjang masa.

Semenjak itu, banyak teori yang mengatakan bahwa keyword phrase pada domain name akan memberikan benefit ranking yang tinggi bagi para penggunanya. Maka itu, jangan heran apabila penggunaan EMD di zaman dahulu juga berpengaruh dan sering digunakan oleh beberapa orang.

Baca juga: Apa itu Subdomain dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Apakah Exact Match Domain Mempengaruhi Ranking di Google Search?

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, EMD merupakan istilah yang mempengaruhi rangking di Google Search pada zaman dulu. Pada tahun 2011, seorang ahli SEO, Bill Slawski, melakukan investigasi Google’s exact match domain patent dan memberikan sejumlah informasi yang bermanfaat.

Berdasarkan investigasi tersebut, Bill memuat teori bahwa keyword yang terletak pada domain ternyata bisa bekerja lebih baik. Di tahun yang sama, Matt Cutts dari Google membahas tentang kekhawatirannya mengenai nama domain. Matt bahkan mengungkapkan bahwa:

“Sekarang jika kamu masih ragu, biarkan saya memberikan sedikit saran, kami (Google) telah mengecek ranking dan bobot yang kami berikan terhadap keyword domain, dan sebagian orang mengeluh karena kami memberikan bobot lebih terhadap keyword pada domain.”

Setelah itu, tepatnya di tahun 2012, Matt memberikan informasi bahwa keyword di domain akan memberikan dampak negatif pada ranking apabila tidak dilakukan dengan benar. Matt juga menambahkan bahwa nama domain sama sekali tidak memberikan dampak apapun terhadap Google ranking.

Pernyataan ini sendiri juga dikatakan oleh seorang Search Advocate Google, John Mueller pada tahun 2020, yaitu:

“Hanya karena sebuah website memiliki keyword di dalam domain, tidak berarti website itu lebih relevan dibanding website lainnya untuk keyword tersebut. Singkatnya, Anda tidak perlu memasukkan keyword ke nama domain.”

Baca juga: Apa Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

Kendati demikian, ada beberapa nama domain yang pada saat ini menggunakan keyword untuk muncul pada halaman Google dan berhasil. Supaya lebih jelas, berikut beberapa domain yang hingga sekarang masih menggunakan metode EMD ini, yakni:

Contoh 1

contoh exact match domain - hotelContoh 2

contoh exact match domain - rumah

Contoh 3

contoh exact match domain - lawyer jakarta

Tips Memilih Exact Match Domain

Setelah mengetahui apa pengertian dari exact match domain dan pengaruhnya untuk rangking di Google, tentunya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara memiliki exact match domain yang tepat. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara memilih exact match domain, di antaranya:

1. Usahakan memilih nama domain yang singkat

Langkah pertama yang dapat dilakukan ketika memilih domain yang singkat. Sebagaimana yang diketahui, domain memang dibuat untuk membantu para pengunjung agar mudah untuk diingat.

Tidak hanya itu, panjang atau tidaknya nama domain juga menjadi faktor penentu skor Google Trustrank yang berpengaruh besar pada rangking website di SERP. Semakin ringkas nama domain yang diberikan, semakin mudah bagi para pengguna website untuk mengingatnya.

2. Coba menggunakan TLD populer

Top Level Domain adalah bagian akhir dari nama domain yang terletak setelah tanda titik atau ‘dot’ pada domain. Adanya TLD ini bisa membantu website supaya terhindar dari indikasi spam, sebab TLD memiliki trust rating yang tinggi. Ada beberapa contoh TLD yang dapat digunakan, yaitu .com, .co, .org, dan lain sebagainya.

Dari contoh-contoh TLD yang disebutkan, contoh TLD populer yang memiliki trust score tertinggi adalah .com. Penggunaan .com ini sudah dipakai 46,9% dari nama-nama domain yang sudah terdaftar.

3. Mendukung dengan strategi SEO yang tepat

Strategi SEO yang dimaksud untuk memilih nama domain, ialah mengunggah konten berkualitas dan relevan, rutin melakukan optimasi pada landing page, hingga membangun profile backlink. Apabila tidak menggunakan strategi SEO, exact match domain akan percuma saja dan tidak akan mendapatkan keuntungan apapun.

Baca juga: 12 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Kesimpulan

Exact match domain adalah domain yang mengandung kata kunci yang sama persis dengan ditargetkan pemilik website untuk mesin pencari. Sebagai contoh, apabila target kata kuncinya adalah ‘mainan anak’, nama domain yang dapat digunakan adalah mainananak.store.

Tujuan adanya EMD ini adalah untuk muncul di halaman pertama Google dan semakin dikenal eksistensinya oleh para penggunanya. Sebagai informasi, EMD ini sendiri disebut-sebut memberikan pengaruh untuk rangking Google. Oleh karena itu, banyak website yang menggunakan suatu keyword sebagai nama domain.

Supaya penggunaan EMD ini semakin bermanfaat, kamu juga harus memaksimalkan dengan menggunakan beberapa tips, di antaranya mengusahakan untuk membuat nama domain yang ringkas, menggunakan TLD yang populer, dan mendukung EMD dengan penggunaan strategi SEO.

Bagaimana? Sudah paham tentang apa saja yang dimaksud dengan EMD dan tips memilihnya? Semoga artikel yang Dewaweb berikan ini bermanfaat untuk kamu, ya.