Mengenal Apa Itu Exact Match Domain & Pengaruhnya untuk SEO

Mengenal Apa Itu Exact Match Domain & Pengaruhnya untuk SEO

Exact match domain (EMD) adalah salah satu jenis domain yang bisa dipilih pada tahapan awal membuat website. Sesuai namanya, EMD berarti domain yang disesuaikan dengan kata kunci. Jadi, EMD mengandung kata kunci yang sama dengan topik atau niche situs web yang akan dibangun.

Sampai saat ini masih cukup banyak orang yang menggunakan EMD sebagai nama domain website mereka. Sebab, EMD sendiri diyakini dapat memberikan keuntungan dalam hal optimasi mesin pencari (SEO).

Namun apakah penggunaan EMD masih relevan sampai saat ini? Lalu apa hubungan dari EMD dengan SEO? Yuk kita bahas di artikel ini!

Apa itu Exact Match Domain?

Exact Match Domain (EMD) adalah jenis domain yang memiliki nama yang sama persis dengan kata kunci tertentu yang ingin ditargetkan. Sebagai contoh, jika ada sebuah situs yang memiliki domain “jasaseo.com”, maka kata kunci yang ditargetkan sudah pasti “jasa SEO”.

Cara EMD adalah ketika seseorang melakukan pencarian menggunakan kata kunci yang ada di dalam domain, maka situs tersebut akan muncul pada hasil pencarian organik dan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mendapatkan trafik web yang lebih banyak.

Penggunaan EMD ini dulunya diyakini mampu memengaruhi pencarian organik dan meningkatkan traffic website. Sebab, algoritma mesin pencari akan menganggap bahwa situs dengan domain yang sama persis dengan kata kunci yang dicari lebih relevan. Jadi, ketika suatu keyword diketikkan, website akan selalu muncul di peringkat atas.

Sebagai contoh kamu ingin membuka bisnis jual beli motor bekas, jika mengacu pada istilah EMD, berarti domain yang bisa kamu gunakan adalah jualmotorbekas.com , motorbekas.id, atau dengan ekstensi domain lainnya.

Nantinya, ketika pengguna mencari keyword “jual motor bekas” atau “beli motor bekas”, website-mu akan selalu muncul karena mengandung kata kunci yang ditargetkan.

contoh penggunaan exact match domain

contoh exact match domain - lawyer jakarta

Contohnya seperti gambar di atas. Dengan menargetkan kata kunci “tiket” serta memanfaatkan EMD, website tiket.com menjadi yang paling mudah ditemukan pengguna, disusul dengan website traveloka.com. Selanjutnya ada pula situs web lawyerjakarta.id dengan target keywordlawyer Jakarta”.

Hubungan Antara EMD dengan SEO

Exact match domain adalah metode pengoptimalan mesin pencari (SEO) di mana domain sebuah situs web mengandung kata kunci yang tepat yang dicari oleh pengguna. Sebelumnya, EMD cukup efektif dalam meningkatkan peringkat SEO.

Hal ini dikarenakan mesin pencari cenderung memberikan bobot yang lebih tinggi pada situs dengan kata kunci eksak yang ada di dalam domainnya. Namun, sejak pembaruan algoritma oleh mesin pencari seperti Google, EMD tidak lagi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peringkat SEO.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa EMD telah kehilangan daya pengaruhnya terhadap peringkat SEO. Sebuah studi kasus oleh Searchmetrics menemukan bahwa EMD tidak lagi memengaruhi peringkat organik dalam rentang waktu yang signifikan.

Meskipun ada beberapa situs yang masih berhasil mempertahankan peringkatnya dengan menggunakan EMD, namun itu lebih disebabkan oleh faktor-faktor SEO lain seperti kualitas konten dan backlink yang baik.

Baca Juga: 15 Cara Membuat Backlink Berkualitas yang Efektif untuk Website

Apakah EMD Masih Relevan Digunakan?

Pada praktik SEO saat ini, faktor lain seperti konten berkualitas, backlink, dan user experience menjadi lebih penting daripada menggunakan EMD. Mesin pencari lebih mendahulukan situs-situs yang menyediakan konten yang bermanfaat dan relevan bagi pengguna.

Dapat dikatakan, EMD tidak lagi memainkan peran yang berarti dalam meningkatkan peringkat situs web. Penting bagi pemilik situs untuk fokus pada faktor-faktor SEO yang lebih penting seperti menyajikan konten berkualitas, optimasi SEO on-page, SEO off-page, SEO technical, dan pengalaman pengguna yang baik.

Menurut Search Engine Journal, Di tahun 2012, Matt Cutts (Mantan Kepala Bagian Spam Fighter di Google) mengumumkan bahwa algoritma Google berubah yang mana bertujuan untuk mengurangi jumlah EMD berkualitas rendah di hasil mesin pencari. EMD berkualitas rendah ini seperti website yang tidak menjelaskan apapun terkait kata kunci dan hanya melakukan spam keyword saja.

Namun, penggunaan EMD bukan semata-mata langsung tidak disukai oleh Google. Selagi konten di dalam website tersebut masih relevan dan tidak mengandung spam, Google masih menyukai website dengan exact match domain.

Baca Juga: 8 Manfaat SEO untuk Bisnis, Yakin Tidak Perlu?

Keuntungan dan Kerugian menggunakan Exact Match Domain

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan exact match domain, di antaranya:

  1. Peningkatan SEO: Domain yang sesuai dengan kata kunci yang tepat dapat membantu meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian. Mesin pencari seperti Google cenderung mempertimbangkan kata kunci dalam domain sebagai faktor penting dalam rangking.
  2. Mudah diingat: Domain yang sesuai dengan kata kunci yang tepat cenderung lebih mudah diingat oleh pengguna. Hal ini dapat membantu pengguna untuk lebih mudah kembali ke website-mu.
  3. Meningkatkan kepercayaan pengguna: Pengguna cenderung lebih percaya pada website yang memiliki domain yang relevan dengan kata kunci yang mereka cari. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan meningkatkan peluang konversi.
  4. Meningkatkan brand awareness: Dengan menggunakan domain yang sesuai dengan kata kunci yang tepat, dapat membantu meningkatkan kesadaran merek milikmu. Pengguna yang berinteraksi dengan domain yang relevan cenderung lebih mungkin untuk mengingat merekmu.

Kendati demikian, ada juga kerugian jika menggunakan EMD, di antaranya seperti:

  1. Kesulitan dalam branding: Menggunakan domain yang sesuai dengan kata kunci dapat membuat sulit untuk membangun merek (branding) yang kuat. Domain tersebut mungkin terlalu spesifik dan tidak fleksibel dalam mencakup lebih banyak jenis produk atau layanan.
  2. Ketergantungan pada SEO: Website dengan EMD dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian, tetapi jika algoritma pencari berubah atau jika peringkat organik menurun, situs web dengan EMD mungkin mengalami dampak negatif yang signifikan.
  3. Kurang kreatif: EMD mungkin terlihat kaku dan tidak mencerminkan kreativitas atau inovasi dari bisnis atau merek. Ini dapat membuat sulit bagi pengguna internet untuk terhubung dengan merek secara emosional.
  4. Persaingan yang ketat: Domain yang tepat sering kali menjadi sasaran bisnis lain yang memiliki kata kunci yang sama. Ini dapat menyebabkan persaingan yang ketat dalam peringkat pencarian dan lebih sulit bagi situs web untuk mencapai visibilitas yang baik.

Tips Memilih Exact Match Domain

Berikut adalah beberapa tips memilih exact match domain yang bisa membantu dalam memilih domain yang tepat:

1. Pilih kata kunci yang spesifik dan relevan

Kata kunci yang kamu pilih haruslah menggambarkan secara akurat topik atau niche situs web dan sering dicari oleh pengguna internet. Misalnya, jika situs web yang akan dibangun adalah tentang resep makanan vegetarian, maka kata kunci yang bisa dipertimbangkan adalah “resep makanan vegetarian” atau “makanan vegetarian”.

Dengan meriset kata kunci yang spesifik dan relevan, peluang situs web mendapatkan peringkat yang baik dalam hasil pencarian mesin pencari akan lebih tinggi.

Baca Juga: 9 Cara Riset Keyword, Bisa Tembus Halaman Pertama Google

2. Perhatikan panjang domain

Sebagaimana diketahui, domain adalah nama yang dibuat untuk membantu para pengunjung agar mudah untuk mengingat alamat sebuah website. Agar mudah diingat tentunya domain tidak boleh terlalu panjang.

Sebaiknya, pilih domain yang pendek dan tidak sulit agar mudah diingat pengguna internet. Pilihlah domain yang memiliki 2-3 kata untuk memaksimalkan efektivitasnya. Jika perlu, kamu bisa menggunakan domain name generator untuk membantumu menemukan domain yang cocok.

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

3. Pakai TLD yang populer

Top level domain adalah bagian akhir dari nama domain yang terletak setelah tanda titik atau ‘dot’ pada domain. Adanya TLD ini bisa membantu website supaya terhindar dari indikasi spam, sebab TLD memiliki tingkat kepercayaan tinggi. Ada beberapa contoh TLD yang dapat digunakan, yaitu .com, .co, .org, dan lain sebagainya.

Dari contoh-contoh TLD yang disebutkan, contoh TLD populer yang memiliki trust score tertinggi adalah .com. Penggunaan .com ini sudah dipakai 46,9% dari nama-nama domain yang sudah terdaftar.

4. Riset terhadap domain yang dipilih

Sebelum memakai sebuah domain, ada baiknya kamu memeriksa lebih lanjut histori domain tersebut. Hal ini termasuk mencari tahu umur domain, apakah domain tersebut pernah digunakan sebelumnya, atau bahkan memiliki reputasi yang buruk.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa domain yang akan dipilih tidak terlibat dalam praktik spam atau blackhat SEO yang dapat merugikan situs web milikmu di kemudian hari.

Baca Juga: 5+ Cara Mudah Cek Umur Domain, Website, dan Blog

Sudah Paham Tentang EMD?

Jadi, exact match domain (EMD) adalah jenis domain yang memiliki nama yang sama persis dengan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Misalnya kamu menargetkan kata kunci “jasa SEO” atau “jasa SEO murah”, maka EMD-nya bisa menjadi “jasaseomurah.com”.

Penggunaan EMD saat ini sudah mulai ditinggalkan karena akan lebih sulit saat melakukan branding nama website. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan nama website sesuai branding namun dengan menyisipkan topik yang dituju atau spesialisasimu.

Misalnya dewaweb.com, dari nama ini tentunya para pembaca dapat dengan jelas mengetahui bahwa situs web tersebut menyediakan produk seputar website, seperti cloud hosting, beli domain, sertifikat SSL, dan sebagainya. Jadi daripada menargetkan keyword tertentu, sebaiknya pilihlah domain yang menggambarkan brand/bisnismu.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jangan lewatkan juga webinar menarik dari Dewatalks yang menyajikan topik seputar digital marketing dan pengembangan website. Salam sukses online!