Expired Domain: Kelebihan, Cara Cek, dan Cara Membelinya

Expired Domain: Kelebihan, Cara Cek, dan Cara Membelinya

Bagi kamu yang lebih memilih membeli expired domain daripada membeli yang baru, maka sangat perlu mengetahui cara cek domain expired yang berkualitas.

Adapun alasan sebagian besar blogger memilih membeli domain kadaluarsa ini karena sudah memiliki domain authority serta backlink sehingga website akan semakin mudah menempati peringkat bagus di Google.

Jadi, apakah worth it membeli domain lama? Ya, tentu saja! Namun, sebelum membeli, kamu harus tahu cara mencari domain expired yang bagus. Langsung simak!

Apa Itu Expired Domain?

Berbeda dengan aged domain, domain expired artinya domain yang sudah terdaftar oleh individu atau bisnis namun tidak diperbarui setelah berakhir atau sengaja menghentikan kontrak sehingga menjadi kadaluarsa.

Ada beberapa kemungkinan lainnya juga mengapa domain bisa expired seperti lupa memperbarui domain atau memang tidak berniat memperpanjang karena suatu alasan.

Jika domain tidak diperbarui dalam jangka waktu 30 hari, maka domain ini akan dinyatakan sebagai domain kadaluarsa dan si pencatat domain akan memulai melelangnya.

Penawaran atau lelang ini nantinya akan berlangsung selama 7 hari. Selanjutnya, domain akan diberikan kepada penawar harga beli yang lebih tinggi.

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

Kelebihan Expired Domain

1. Punya ranking website tinggi

Keuntungan menggunakan domain kadaluarsa adalah sudah memiliki ranking website tinggi sehingga pemilik baru tidak perlu bersusah payah untuk membangun dan mempromosikan dari nol.

Baca Juga: Bagaimana Cara Ranking 1 Google? Ini Penjelasan Lengkapnya

2. Sudah memiliki backlink

Hal ini karena pemilik lama sudah membangun backlink sehingga kamu hanya perlu menambahkan atau memodifikasi backlink yang sudah ada.

Namun, agak sulit menemukan domain expired yang memiliki backlink berkualitas. Jika backlink tidak berkualitas atau spam justru akan merugikanmu.

Oleh karena itu, kamu harus mengecek terlebih dahulu riwayatnya seperti yang akan dibahas juga di artikel ini.

3. Terhindar dari penalti Google

Sederhananya, pemilik baru hanya menggunakan kembali (reuse) domain yang sudah lama ada di indeks Google. Makanya, pemilik baru dapat terhindar dari dugaan penggunaan teknik promosi ilegal yang dapat menyebabkan turunnya ranking website.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Agar Website di Index Oleh Google

Kekurangan Expired Domain

1. Tidak sepopuler sebelumnya

Popularitas domain kadaluarsa juga direset di sebagian besar mesin pencarian. Idealnya setelah expired domain diaktifkan kembali, popularitasnya akan kembali dalam kurun waktu satu atau dua bulan.

Namun, ada kemungkinan popularitasnya tidak kembali seperti sebelum masa kadaluarsanya.

2. Kualitas backlink kurang baik

Alasan membeli domain expired mungkin karena sudah memiliki backlink. Namun, kamu perlu memeriksanya apakah backlink tersebut benar-benar berasal dari website asli atau bukan.

Walaupun memiliki backlink yang banyak tetapi kualitasnya buruk maka tidak akan berpengaruh banyak ke trafik. Sementara jika backlink sedikit tapi berkualitas baik maka dapat meningkatkan trafik website.

Baca Juga: 15 Cara Membuat Backlink Berkualitas yang Efektif untuk Website

3. Kemungkinan pernah dipergunakan untuk bisnis tidak sehat

Kamu juga perlu memerhatikan rekam jejak dari pemilik sebelumnya. Jika pemilik sebelumnya menggunakan domain ini untuk melakukan cyber crime, maka kemungkinan kamu akan ikut terkena imbasnya.

Baca Juga: Waspada Pencurian Data! Coba Tips Ini untuk Menghindarinya

4. Tidak bisa custom nama domain

Kekurangan terakhir adalah kamu tidak bisa meng-custom nama domain tersebut. Kamu hanya bisa memilih nama yang kamu inginkan dari yang sudah ada.

Maka dari itu, memilih domain expired sebenarnya cukup sulit karena banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Mulai dari nama yang harus disesuaikan dengan merek, cara pelafalan namanya, reputasi, hingga kualitasnya.

Baca Juga: Cara Mengganti Domain Bawaan Blogspot Jadi Custom Domain

Cara Mencari Domain Expired yang Bagus

Sebelum masuk ke bagian cara beli domain yang sudah expired, sebaiknya kamu melakukan beberapa hal berikut:

1. Cek riwayat domain

Jika domain kadaluarsa ini digunakan untuk tujuan spam oleh si pemilik website sebelumnya, maka ada kemungkinan besar bahwa website kamu nantinya bakal terpengaruh buruk juga.

Hal ini sebenarnya adalah yang pertama yang perlu kamu cek ketika sedang melihat-lihat domain kadaluarsa yang cocok secara SEO atau branding.

Kamu bisa mengecek riwayat konten yang ada di domain kadaluarsa menggunakan Wayback. Wayback sudah mencatat snapshot dari halaman-halaman yang sebelumnya ada di domain itu.

Dengan begitu kamu bisa melihat kontennya sekilas dan menentukan apakah konten itu spam atau bukan.

2. Periksa apakah tautannya mengandung spam

Sinyal lain yang menentukan apakah domain kadaluarsa itu dulunya dipakai untuk spamming atau tidak adalah dengan memeriksa profil backlink-nya.

Kamu bisa memeriksa backlink yang ada menggunakan Ahrefs . Tools ini punya database backlink terbesar di seluruh internet. Atau kamu bisa coba pakai beberapa tools yang tersedia di internet.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui semua backlink lama yang mengarah ke domain itu apakah spam atau bukan.

3. Periksa otoritas domain

Otoritas domain atau domain authority (DA) adalah salah satu metrik terbaik ketika mengukur kekuatan peringkat dari sebuah website. Pastikan bahwa domain yang akan dibeli itu punya nilai DA minimal 20+.

Jika kamu mendapati domain itu memiliki otoritas domain kurang dari 20, maka risikonya tidak sepadan dengan harganya seberapa murahpun itu.

Ingat, otoritas domain tinggi sangatlah penting. Itulah alasan utama mengapa orang memilih membeli domain yang kadaluarsa.

Kamu bisa cek otoritas domain dari domain apapun hanya dengan menggunakan Open Site Explorer . Tools lainnya yaitu Small SEO Tools dan Moonsy.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Domain Authority

Cara Beli Domain yang Sudah Expired

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mencari tahu cara beli domain yang sudah expired:

Cek Domain Expired

Sebelum membeli, kamu hendaknya memilih dan memilah dahulu domain expired yang berkualitas dengan cara cek domain expired.

1. Kunjungi situs khusus domain expired

Silakan kunjungi halaman situs berikut https://www.expireddomains.net/ lalu ikuti langkah-langkah di bawah.

2. Sign-up

  • Ketikkan username, password, dan email kamu
  • Klik “Sign-Up” untuk mendaftar
  • Buka email untuk mengaktifkan akun

Sebenarnya, kamu bisa mencari expired domain di sini tanpa harus memiliki akun tetapi nantinya tidak bisa menggunakan filter pencarian sebagaimana ada pada langkah keempat.

3. Login

Setelah mengaktifkan akun, klik Login di pojok kanan atas website dengan akun yang sudah kamu buat tadi.

cek domain expired - login

4. Pilih “Deleted Domain”

Setelah login, kamu akan masuk ke member area. Di sini, kamu bisa klik “Deleted Domain” untuk melihat semua domain kadaluarsa dengan ekstensi beragam.

cek domain expired - deleted domain

Namun, kamu juga bisa mencari ekstensi domain tertentu dengan mengklik “Deleted.com”, “Deleted.net” dan sebagainya (tombolnya ada di sebelah Deleted Domain).

5. Pilih “Filter”

Selanjutnya, kamu bisa memilih menu “Filter” di bagian kiri untuk memudahkanmu mencari expired domain dengan spesifik, misalnya mengandung kata tertentu.

menu filter

Setelah memilih, kamu bisa langsung beli domain expired.

Cara Beli Domain Expired

Setelah cek domain expired, kamu bisa langsung membelinya dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Klik di salah satu domain expired pilihanmu hingga muncul tampilan tempat membeli domain, seperti Namecheap, Godaddy, atau lain sebagainya (pada tutorial ini menggunakan Namecheap).
  2. Klik namecheap.com pada tampilan tersebut.
  3. Lalu kita akan diarahkan ke situs Namecheap beserta domain expired yang kita pilih.
  4. Proses selanjutnya yaitu seperti membeli domain pada umumnya. Kamu akan diminta membuat akun Namecheap terlebih dahulu, kemudian tinggal ikuti alur pembeliannya.
  5. Lengkapi kolom isian dengan jelas seperti alamat dan nomor telepon.
  6. Hilangkan ceklis pada “I’m registering on behalf of a company” jika kamu tidak mewakili perusahaan. Klik tombol Continue.
  7. Kamu akan melihat data-data yang baru saja kamu input sebagai identitas dari pemilik domain. Jika sudah benar langsung saja klik Continue.
  8. Pilih metode pembayarannya lalu klik Continue.
  9. Kamu akan menerima email notifikasi bahwa pembayaran sudah berhasil beserta invoice lengkapnya.
  10. Selesai! Kamu sudah berhasil membeli expired domain!

Baca Juga: Cara Membeli Hosting Gratis Domain di Dewaweb

Tertarik Membeli Domain Expired?

Domain expired artinya domain yang sudah terdaftar sebelumnya namun tidak diperbarui setelah berakhir atau sengaja menghentikan kontrak sehingga menjadi kadaluarsa.

Domain kadaluarsa ini kemudian dilelang kembali dan masih bisa diperbarui. Adapun keuntungan menggunakan domain ini adalah sudah memiliki domain authority serta backlink sehingga website akan semakin mudah menempati peringkat bagus di Google.

Namun terdapat beberapa kekurangannya, di antaranya pernah dipenalti Google, popularitas domain tidak sebagus semula, dan juga tidak bisa custom nama domain.

Jika ingin membuat domain baru yang bisa kamu custom sesuai keinginan dan lebih murah, kamu bisa beli domain di Dewaweb, lho!

Kamu bisa mendapatkan domain di Dewaweb dengan beragam pilihan ekstensi domain seperti .COM, .NET .CO.ID sampai .XYZ dengan harga yang terjangkau!

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat, ya. Kamu bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Salam sukses!