Cara Gunakan Facebook Ads Library untuk Intip Iklan Kompetitor

Cara Gunakan Facebook Ads Library untuk Intip Iklan Kompetitor

Salah satu cara mencari referensi iklan atau ads adalah melihat contoh iklan milik kompetitor. Terdapat satu fitur milik Facebook yaitu Facebook ads library yang dapat membantu kamu melihat iklan milik kompetitor atau brand lainnya.

Untuk kamu yang hendak membuat iklan di Facebook, sebaiknya simak terus rangkuman Dewaweb kali ini. Kita akan membahas apa itu fitur Fb ads library, fungsi, hingga cara menggunakan Facebook ads library. Langsung saja simak yuk!

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Iklan di Facebook Ads dari Awal Sampai Publish!

Apa Itu Facebook Ads Library?

Facebook ads library adalah fitur gratis milik Facebook atau Meta yang menampilkan semua iklan yang tayang baik pada Facebook, Instagram, Messenger hingga Audience Network.

Pada Fb ads library, kamu dapat melihat semua iklan yang sedang tayang, lengkap dengan tanggal penayangan, platform yang digunakan, gambar sampai copywriting yang digunakan.

Ada dua jenis iklan yang terdapat di Facebook ads library, yaitu iklan umum seperti pemasaran produk serta iklan pemilu atau politik. Kamu hanya bisa melihat iklan umum yang masih aktif, sedangkan iklan politik tetap bisa kamu lihat meski statusnya sudah tidak aktif.

Dengan sistem yang transparan dan gratis, FB ad library bisa diakses siapapun di internet sekalipun tidak memiliki akun Facebook. Itulah mengapa fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk mengintip iklan milik kompetitor.

Baca Juga: Panduan Membuat Akun Instagram Bisnis

Fungsi Facebook Ads Library

Adanya fitur Facebook ini tentu harus kamu manfaatkan sebaik mungkin. Lantas, apa saja fungsi Facebook ads library? Berikut beberapa diantaranya.

Untuk mendapati referensi iklan

Ketika hendak membuat sesuatu, apapun itu pasti kita perlu melakukan riset untuk mencari referensi. Iklan juga sama, kamu bisa melihat referensi dari iklan yang sudah tayang.

Dengan Fb ads library, kamu bisa mendapatkan referensi iklan dari kompetitor brand kamu. Mulai dari gaya bahasa yang digunakan, platform dan yang lainnya. Dari situ kamu bisa jadikan referensi untuk membuat iklan yang lebih baik lagi. Jangan lupa juga untuk memberikan hal unik dan sedikit berbeda dari kompetitor agar membuat pelanggan tertarik.

Menyusun strategi bisnis

Melihat gaya iklan yang dibuat kompetitor bisa membuat kamu mengenali strategi yang sedang dilakukan. Apabila campaign iklan mereka berhasil, maka kamu bisa ikuti jejak strategi tersebut.

Sedangkan apabila gagal, maka kamu bisa menyusun strategi bisnis dan buat iklan yang lebih baik lagi, sehingga peluang keberhasilannya akan lebih besar.

Untuk bisa mencapai itu, maka kamu harus bisa melakukan riset kompetitor dengan baik. Nah, di bawah ini kita akan bahas apa saja hal penting yang harus diperhatikan.

Baca Juga: 9 Cara Mudah Memulai Bisnis Online buat Pemula, Terlengkap!

Hal yang Diperhatikan dalam Riset Iklan Kompetitor

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika meriset iklan milik kompetitor menggunakan Fb ads library, di antaranya sebagai berikut.

Pilih iklan yang masih aktif

Pertama adalah melihat iklan yang masih aktif. Kebanyakan iklan yang masih aktif apalagi dalam waktu penayangan yang lama artinya dapat menghasilkan konversi produk. Sedangkan iklan yang kurang berhasil cenderung akan ditutup oleh advertiser.

Tanggal penayangan iklan

Selanjutnya adalah melihat tanggal pertama kali penayangan iklan. Pastikan kamu melihat contoh iklan kompetitor dengan penayangan yang terbilang masih baru. Karena hal ini akan berkaitan dengan trend.

Selain itu, tanggal penayangan juga bisa menghindarkan persaingan bisnis. Misalnya kompetitor A membuat iklan diskon pada waktu tertentu. Nah, apabila kamu hendak melakukan campaign bisnis yang sama, coba atur ulang strategi bisnis kamu.

Caranya adalah memundurkan jadwal campaign agar tidak bersaing pada waktu yang bersamaan dan berpengaruh pada penjualan produk kamu.

Baca Juga: Mengenal Conversion Rate, Faktor Penting, dan Cara Optimasinya

Jenis dan platform iklan

Hal yang perlu diperhatikan ketika meriset pada Facebook ads library selanjutnya yaitu melihat jenis dan platform yang digunakan. Kamu bisa melihat jenis atau format iklan yang dibuat kompetitor, apakah dalam bentuk gambar, video atau yang lain.

Selain formatnya, lihat juga platform yang digunakan. Sebab, tidak semua format iklan pas digunakan pada semua jenis platform.

Misalnya format iklan carousel yang lebih cocok dipasang pada feed Instagram dan masih banyak jenis iklan lain. Dari situ bisa kamu jadikan referensi untuk membuat iklan ke depannya.

Visual iklan

Setelah melihat format iklan pada Fb ads library, selanjutnya adalah visual. Visual dari iklan biasanya menggambarkan citra brand tersebut.

Ada beberapa jenis visual yang sering digunakan, seperti meme, foto before-after hingga gambar produk dengan detail yang jelas. Pola visual yang digunakan pada iklan kompetitor bisa kamu jadikan referensi dan ajang untuk terus memperbaiki cara membuat visual iklan.

Copywriting

Jika sudah meriset format dan visualnya, kemudian cek copywriting yang digunakan pada iklan tersebut. Copywriting merupakan salah satu hal penting dalam sebuah iklan.

Ada beberapa komponen pada copywriting seperti headline, deskripsi dan dilengkapi tombol CTA. Saat meriset copywriting pada Facebook ads library, perhatikan penggunaan bahasa, frasa serta kalimat persuasif yang bertujuan mengajak pelanggan.

Semakin banyak melihat copywriting membuat kamu mendapat lebih banyak referensi dan ide. Dari situ kamu bisa menentukan mana yang paling efektif untuk diterapkan pada bisnis.

Baca Juga: Contoh dan Tips Membuat Copywriting Makanan untuk Menarik Pembeli

Sekarang kamu sudah tahu apa saja hal yang harus diperhatikan ketika meriset iklan. Selanjutnya, kini tinggal terapkan pada cara menggunakan Facebook ads library.

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Di bawah ini terdapat langkah menggunakan Facebook ads library, langsung saja simak berikut caranya.
Buka FB Ads Library

Pertama buka situs Fb ads library, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut. Kamu bisa login akun Facebook terlebih dulu atau langsung menggunakan fiturnya.

buka facebook ads library

Baca Juga: 10+ Marketing Trends 2022 yang Wajib Kamu Ketahui

Pilih lokasi target iklan

Setelah itu pilih lokasi negara yang akan kamu targetkan, contohnya Indonesia. Kamu juga bisa menuliskan nama negaranya pada kolom pencarian berikut.

cara gunakan facebook ads library - pilih negara

Pilih kategori iklan

Di samping kolom negara, terdapat kolom kategori. Kamu dapat memilih kategori semua iklan atau kategori isu, politik dan pemilu.

pilih kategori iklan

Filter iklan berdasarkan kata kunci

Jika sudah, kamu bisa langsung memfilter iklan berdasarkan kata kunci iklan yang akan kamu buat. Contohnya di sini adalah iklan jasa pembuatan website.

pilih kata kunci iklan

Baca Juga: 13 Keyword Tools Gratis dan Terbaik untuk Riset Kata Kunci

Pilih iklan berdasarkan pengiklan

Pada Facebook ads library terdapat fitur filter, pada fitur tersebut ada beberapa bagian, yang pertama adalah filter berdasarkan pengiklan. Kamu bisa memilih kompetitor mana saja yang ingin kamu lihat iklannya.

Pilih platform iklan

Bagian kedua adalah platform, kamu bisa memilih untuk semua platform, hanya Instagram, Facebook, Messenger atau Audience Network.

pilih platform iklan fb

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Iklan di Instagram Ads dari Nol

Filter iklan berdasarkan jenis media

Setelah memilih platform, kemudian terdapat filter berdasarkan jenis media yang digunakan pada iklan. Ada beberapa media yang biasa digunakan seperti meme, gambar, teks, video hingga gabungan dari beberapa media tersebut.pilih iklan dari media

Filter iklan berdasarkan status aktif

Berikutnya kamu bisa memfilter iklan sesuai statusnya, apakah hanya ingin melihat iklan yang aktif atau beserta yang sudah tidak aktif.

cara gunakan facebook ads library

Pilih iklan berdasarkan tanggal penayangan

Bagian terakhir yang bisa kamu filter adalah tanggal penayangannya. Contohnya di bawah ini yaitu iklan yang tayang dari tanggal 4 Mei hingga 4 Juli. Jika sudah kamu sesuaikan semuanya, kemudian klik Terapkan filter untuk menampilkan hasilnya.cara gunakan facebook ads library - pilih tanggal iklan

Baca Juga: Jadwal FYP TikTok 2022 untuk Upload Video

Bandingkan iklan kompetitor

Setelah filter diterapkan, maka muncul tampilan seperti berikut. Hasil iklan di bawah ini sudah disesuaikan berdasarkan setting filter sebelumnya. Mulai dari status iklan hingga tanggal.

Dengan menggunakan fitur filter maka jangkauan riset kamu bisa lebih diperkecil dan hanya berfokus pada hal-hal yang ingin kamu lihat saja.bandingkan kompetitor

Gunakan FB Ads Library untuk Sukseskan Iklan!

Sekarang kamu sudah lebih tahu seperti apa fitur Facebook ads library. Fitur ini sangat memudahkan brand ketika hendak membuat iklan karena bisa mengintip iklan kompetitor.

Dari sana kamu bisa mendapatkan ide dan referensi iklan serta membuat strategi agar campaign iklan bisa sukses. Tunggu apalagi, manfaatkan fitur Fb ads library dan segera terapkan pada bisnismu. Selamat mencoba, semoga berhasil!