Sejarah dan Fakta Domain Murah Dewaweb

Sederhananya, domain adalah nama dari website yang ada di internet. Sebelum kamu mengatur atau mengembangkan website-mu, kamu membutuhkan sebuah domain murah agar dapat disesuaikan dengan budget. Domain ibarat panggilan yang membuat website-mu memiliki identitas, seperti nama bagi seorang manusia atau perusahaan.

Secara teknis, domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputernya seperti web server atau email server di internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna internet dalam melakukan akses ke server. Selain itu, nama domain juga bisa dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus menghafal deretan angka yang biasa dikenal sebagai alamat IP.

Sejarah Domain Dunia

1985

Lima belas Maret 1985, muncullah sebuah domain bernama symbolics.com. Nama domain tersebut digunakan oleh perusahaan komputer bernama Symbolics Inc. dari Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Jadi, inilah perusahaan pertama di dunia yang mendaftarkan nama domainnya. Ini adalah domain murah pertama di dunia. Selama 25 tahun lamanya, pemilik domain tersebut masih sama hingga akhirnya pada 2009 domain symbolics.com diambil alih oleh pihak lain.

1995

Sebelum tahun 1995, semua orang beramai-ramai ingin membuat nama domain sendiri yang terdaftar secara gratis. Tetapi kemudian pada tahun 1995, orang-orang awam tak lagi ingin melakukan hal ini karena National Science Foundation telah menetapkan tarif tertentu untuk setiap pendaftaran domain yang ingin dilakukan. Pada waktu itu harganya mencapai US$100 untuk mengaktifkan domain selama dua tahun.

1998

Pada tahun ini Departemen Perdagangan dari Amerika Serikat mengeluarkan proposal privatisasi domain yang kini dikenal dengan istilah DNS (Domain Name System). Bagi pemerintah Amerika yang mengontrolnya, hal ini dikatakan baik karena mereka menganggapnya dapat meningkatkan kompetisi pasar. Tetapi keputusan tersebut diprotes oleh para aktivis internet yang akhirnya meminta dibuatnya ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sebagai pengganti pemerintah AS soal pengaturan internet yang ada.

2003

Beberapa nama domain penipu mengarahkan pengunjung internet ke situs porno yang tak sesuai dengan nama domainnya. Akibat banyaknya penipuan nama domain murah yang terjadi di AS, akhirnya UU perlindungan nama domain dirilis. UU yang diberlakukan ini dimanfaatkan pula untuk menghukum pembuat domain tipuan tersebut.

2017

Seiring berjalannya waktu, penggunaan domain murah terus meningkat hingga pada kuartal ketiga tahun 2019 nilai ini mencapai angka fantastis yaitu sekitar 359,8 juta nama domain. Rincian lengkap soal jenis ekstensi apa saja yang bertambah dan sebagainya bisa kamu baca di artikel Verisign Blog. Selain memaparkan hasil penggunaan domain, artikel pada link tersebut juga diperbarui setiap tiga bulan sekali.

Jenis-Jenis Ekstensi Domain

Secara umum, jenis domain terbagi menjadi dua yaitu generic Top-Level Domains (gTLD) dan country-code Top-Level Domain (ccTLD).

Generic Top-Level Domain (gTLD)

Generic Top-Level Domain adalah nama domain yang berakhiran dengan .com, .net, .org, .edu, atau .gov. Jenis domain ini juga kerap kali disebut sebagai Top-Level Domain (TLD) yaitu domain yang posisinya langsung di bawah root (titik di belakang nama domainnya). Jenis domain ini tidak dikhususkan untuk negara tertentu sehingga siapa pun dapat mendaftarkannya.

Berikut adalah contoh-contoh ekstensi nama domain pada jenis gLTD beserta penggunaannya:

  • .com: biasa dipakai untuk keperluan komersial atau perusahaan
  • .biz: biasa dipakai untuk keperluan bisnis
  • .edu: biasa dipakai untuk keperluan pendidikan
  • .name: biasa dipakai untuk keperluan web pribadi
  • .net: biasa dipakai oleh website yang membahas tentang internet
  • .org: biasa dipakai oleh website organisasi
  • .xyz: biasa dipakai sesuai keperluan kamu

Country-code Top-Level Domain (ccTLD)

Jenis domain yang satu ini merupakan nama domain yang disesuaikan dengan negara asal domain. Domain satu ini dioperasikan dan didaftarkan pada masing-masing negara dan pada beberapa domain mempunyai tambahan “.co” sebelum ccTLD. Contohnya, jika sebuah website mempunyai domain namawebsitemu.com, maka dalam bentuk ccTLD-nya akan menjadi namawebsitemu.co.id (akhiran “.id” adalah country-code domain di Indonesia, sama seperti “.uk” di Inggris atau “.au” di Australia).

Berikut adalah contoh-contoh ekstensi nama domain pada jenis ccTLD beserta penggunaannya:

  • .ac.id : dipakai untuk perguruan tinggi di Indonesia
  • .co.id : dipakai untuk organisasi komersial di Indonesia
  • .or.id : dipakai untuk organisasi di Indonesia
  • .net.id : dipakai untuk organisasi pemegang izin penyelenggara jasa telekomunikasi
  • .go.id : khusus untuk instansi pemerintahan yang ada di Indonesia

Masa Aktif Domain

Pernahkah kamu mengalami kejadian ketika alamat website yang biasa kamu kunjungi tiba-tiba menghilang atau berubah sama sekali tampilannya dari yang biasa kamu kenali? Mungkin masalahnya terletak pada masa aktif domain website yang sudah berakhir.

Kalau kamu mengelola website-mu sendiri, penting bagimu untuk mengingat kapan masa berlaku hosting dan domainmu berakhir. Masa berlaku ini bisa kamu cek melalui WHOIS. Berikut adalah tiga jenis masa tenggang yang ada terkait masa aktif domainmu:

  • Renewal Hold

    Jangka waktunya sekitar 0 hingga 40 hari. Pada periode ini status website-mu masih belum dapat dipastikan. Ini merupakan peringatan waktu akan berakhirnya masa berlaku domain milikmu.

  • Redemption Period

    Jangka waktu sekitar 40 hingga 70 hari. Pada periode ini kamu bisa memperpanjang masa aktif domainmu dengan tarif normal atau tak terlalu mahal. Masa ini berlaku 40 hari setelah domainmu kedaluwarsa. Pada masa ini juga seluruh hal yang terkait dengan domainmu seperti email, FTP, dan lainnya tidak lagi terkait sehingga halamannya akan diganti dengan halaman lain yang tidak relevan.

  • Pending Deletion

    Jangka waktu untuk memproses perpanjangan domain ini berlaku selama 3 hingga 5 hari kerja sejak masa tenggang Redemption Period berakhir. Biaya yang dikenakan untuk menebus domain adalah sebesar 10 kali dari harga normalnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, ‘kan?

Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah domain tidak lagi aktif, tidak hanya masa berlakunya yang kedaluwarsa. Kalau begitu, apa sajakah faktor lainnya? Berikut ini rinciannya:

  • Pihak yang membantumu melakukan perpanjangan domain gagal melaksanakan tugasnya.
  • Domainmu diambil alih oleh penjahat cyber dan dibuat menjadi kedaluwarsa.
  • Pihak yang jadi tempat perpanjangan domain memblokir akses kepemilikan domain.
  • Nama domain sedang dalam sengketa akhirnya dimenangkan pihak kedua.
  • Kamu sebagai pemilik domain memang tak ingin melanjutkan aktivasi domainmu.

Cara Membuat Domain Murah

Pada website registrar yang ada, langkah-langkah umum untuk mengaktifkan sebuah domain adalah seperti berikut:

  1. Pikirkan image atau citra apa yang kamu inginkan untuk menjadi nama domainmu.
  2. Karena nama harus unik, coba pikirkan beberapa alternatif yang belum pernah dipakai orang lain.
  3. Daftarkan nama domainmu ke website registrar.
  4. Informasikan nama domain ke hosting website-mu.

Tak peduli domain murah atau mahal, ada beberapa tips yang patut kamu perhatikan, yaitu:

  1. Hindari domain gratis. Tidak masalah jika domain murah karena sedang ada promo domain murah, tapi hindari domain gratis seperti .ga dan .tk untuk berbisnis.
  2. Buatlah nama domain yang mudah diketik.
  3. Buatlah nama domain yang singkat, panjang karakter terbaik adalah 12-13 karakter.
  4. Buatlah nama domain yang dapat mewakili website-mu.
  5. Hindari pencantuman angka atau tanda baca pada nama domain jika tidak diperlukan.
  6. Buatlah nama domain yang unik dan mudah diingat.

Kalau kamu masih mengalami kesulitan ketika menentukan nama domain, kamu bisa membaca artikel Dewaweb tentang tools yang dapat digunakan untuk menentukan domain. Beberapa tools bahkan bisa kamu gunakan untuk menghasilkan nama-nama baru sesuai kata yang kamu pilih, yaitu Dot-o-mator dan Bust A Name. Ditambah lagi, daftar tools yang disebutkan dalam artikel di atas biasanya gratis.

Tapi, bagaimana kalau nama domain yang kamu inginkan sudah tidak aktif lagi? Lalu, apa saja syarat dan langkah yang diperlukan untuk merealisasikannya? Kamu bisa melakukan transfer domain untuk mengatasi hal ini dan ketahui syarat hingga langkah yang diambil pada artikel berjudul “Proses Transfer Domain” berikut.

Cara Mengetahui Riwayat Suatu Domain

Domain yang hendak kamu gunakan mungkin pernah dipakai oleh orang lain sebelumnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek terlebih dulu seperti apa reputasi nama domain tersebut di masa lalu. Lakukan pengecekan sejarah domain tersebut melalui Wayback Machine dengan mengetikkan nama domain yang hendak kamu gunakan. Jika domainmu mempunyai reputasi buruk, jangan ragu untuk mencari nama lain kecuali jika kamu ingin memiliki website yang cukup kontroversial.

Fakta Unik Soal Domain

Berikut ini 10 fakta unik dan menarik tentang domain yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya!

  1. Huruf awalan yang paling banyak dipakai dalam domain yang teregistrasi secara resmi adalah huruf “s”, kemudian peringkat kedua dan seterusnya jatuh pada huruf “c”, “a”, “m”. Sementara itu, huruf awalan yang paling tidak populer untuk dipakai dalam sebuah nama domain selama ini adalah huruf “q”, “x”, “y”, dan “z”.
  2. Nama domain paling pendek sedunia adalah g.cn yang dimiliki oleh Google untuk mempermudah user dari Cina untuk mengakses situs mereka.
  3. Pada bulan April 2012, Mike Mann meregister 14,962 domain dalam sehari. Dia berencana untuk menjual domain-domain ini. Menurut Mr. Mann, perusahaannya mendaftar 300 alamat web per harinya untuk dijual. Setiap bulannya, perusahaannya mendapat penghasilan rata-rata $400,000 atau sekitar Rp5,4 milyar.
  4. Nama domain termahal sedunia sepanjang masa (diperkirakan hingga tahun 2040) adalah lasvegas.com yang pada tahun awal tahun 2017 bernilai US$90,000,000.
  5. Nama domain Skype semula bukan skype.com tetapi skyper.com dengan “r.” Nama itu adalah singkatan dari singkatan dari “Sky peer-to-peer”. Sayangnya, ada kesalahan yang dilakukan oleh pihak yang mengurus registrasi domainnya, si pengurus bilang nama tersebut tak tersedia dan langsung mengubahnya menjadi Skype.
  6. Semua nama domain yang hanya terdiri dari tiga huruf sudah terdaftar. Jadi kalau kamu ingin memilikinya, kamu harus membayar untuk transfer domain.
  7. Semua domain yang hanya mengandung huruf a sampai sebanyak 63X huruf a sudah terdaftar (misal a.com, aa.com, dan seterusnya). Jadi, kalau kamu ingin menggunakannya, kamu harus membayar sejumlah uang untuk transfer domain.
  8. Ketiga domain ini terlarang untuk digunakan: example.com, example.net, example.org, karena ketiganya hanya digunakan untuk keperluan IANA saja.
  9. Facebook membeli nama domain fb.com seharga $8,5 juta pada tahun 2010.
  10. Kalau ekstensi domain untuk Indonesia adalah .id , ekstensi untuk Antartika juga ada yaitu .aq.

Simpulan

Selamat, kamu telah mengetahui info-info mendasar terkait domain murah. Kamu tidak hanya mengetahui definisi sederhana dan teknis domain, tapi juga mengetahui bagaimana sejarah domain sejauh ini hingga pada 2019 mencapai angka jumlah domain terdaftar yang fantastis. Selain itu, kamu juga bisa segera mendaftarkan domainmu agar tidak keburu digunakan oleh orang lain melalui halaman ini.

Ada beberapa hal yang perlu perhatikan sebelum mendaftarkan nama domainmu di web registrar, salah satunya yang terpenting adalah mengetahui riwayat nama domainmu jika domain tersebut pernah digunakan oleh pihak lain. Jangan sampai nama domain tersebut mempunyai sejarah buruk dengan berbagai jenis malware atau phishing. Kamu juga bisa menggunakan tools melalui link yang tertera di atas. Terakhir, Dewaweb telah memberikan 10 fakta unik dan menarik tentang domain yang tak boleh kamu lewatkan.

Semoga artikel ini bisa membantumu mengenal dan memahami domain. Sebelum selesai, bacalah artikel berikut untuk meningkatkan nilai Domain Authority (DA) agar kamu bisa lebih memahami hubungan antara SEO dengan reputasi website berdasarkan domain yang kamu miliki. Selamat mencoba!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia