10 Google Apps yang Wajib Anda Download dari Play Store

10 Google Apps yang Wajib Anda Download dari Play Store

Anda para pengguna smartphone, pasti ingin memiliki berbagai aplikasi yang mampu mempermudah pekerjaan sehari-hari Anda. Berikut ini kami akan berikan daftar Google Apps yang wajib Anda download dari Play Store.

Selain menjadi mesin penelusur raksasa dengan lebih dari triliunan pengguna di seluruh dunia, Google juga membuat berbagai aplikasi berguna bagi para penggunanya. Tenang, semua aplikasi yang kami sarankan berikut juga tanpa dikenakan tarif tertentu karena gratis dari Google!

Rekomendasi Aplikasi Google yang Harus Anda Punya

Kami merangkum 10 Google Apps terbaik yang telah kami susun berdasarkan prioritas kegunaan/manfaatnya. Simak lebih lanjut!

Google Maps

Google Maps

Dibandingkan dengan aplikasi Waze (alternatif Maps milik Google), Google Maps lebih banyak memberikan pilihan rute untuk moda transportasi yang berbeda.

Selain itu, Google Maps juga memberikan informasi transportasi online (seperti Gojek dan Grab) yang dilengkapi dengan estimasi waktu dan biaya perjalanan.

Google Maps juga terintegrasi dengan Google Street View yang dapat memberikan foto terkini dari sebuah lokasi. Tentunya hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan lokasi secara akurat.

Pada pembaruan terkininya, Google Maps juga sudah sediakan Indoor Maps (peta dalam ruangan) untuk titik-titik keramaian seperti mall dan theme park.

Baca Juga: Google AdMob: Monetisasi Iklan Dalam Aplikasi

Google Mail

Gmail

Google Mail, atau lebih dikenal dengan Gmail, adalah aplikasi email terpopuler di dunia dengan total 5 milliar+ unduhan di Google Play Store.

Dengan aplikasi Google Mail ini, Anda dapat mengakses berbagai aplikasi lain yang sudah terintegrasi dengan Google.

Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur pengelompokan yang membagi email Anda ke folder-folder tertentu.  Hal ini akan memudahkan Anda dalam memilah email mana yang penting, dan mana yang tidak menjadi prioritas.

Selain menggunakan akun Google, Anda juga dapat menggunakan akun email POP3 dan IMAP, sehingga mempermudah pengguna akun email non-Google.

Google Search

Aplikasi Google Search

 

Google Search adalah aplikasi yang sangat membantu dalam berbagai situasi. Aplikasi Google satu ini dapat membantu Anda mencari jawaban dari hampir semua pertanyaan.

Bahkan jika Anda ingin mencari tahu judul, penyanyi, dan lirik sebuah lagu, Anda dapat menemukannya dengan pencarian suara.

Selain itu, Google Search juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi Google lainnya seperti Google Maps, YouTube, Google Photos, dan Google Discover . Ini tentunya akan memudahkan Anda dalam kebutuhan pencarian dan konsumsi konten sehari-hari.

Google Board

Gboard

Google Board, atau disingkat Gboard, adalah aplikasi papan ketuk untuk smartphone yang dilengkapi berbagai fitur berguna.

Salah satu fitur yang paling digemari adalah voice typing (penulisan suara) dan swipe typing (penulisan geser). Kedua fitur ini memungkinkan pengguna aplikasi Google Board untuk mengetik dengan cepat dan mudah.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur berbagai aspek dari Gboard ini.

Aspek-aspek yang bisa diatur antara lain: tinggi keyboard, tema, bahasa, pembenaran ejaan, kamus, dan bahasa penulisan.

Baca Juga: 5 Aplikasi Android Untuk Web Developer

Google Drive

 

Google Drive

Salah satu keunggulan utama dari Google Drive sebagai Cloud Storage adalah integrasinya dengan Google Docs dan Gsuite (aplikasi email bisnis berbasis Google).

Integrasi ini tentunya akan menyebabkan pengguna Google untuk semakin setia dengan produk-produk Google.

Untuk akun gratis, Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 15 GB. Kapasitas tersebut akan dikurangi juga oleh penggunaan Gmail dan Google Photos. Jika Anda kehabisan ruang, Anda dapat membeli penyimpanan tambahan mulai dari 100GB hingga 2 TB.

Untuk Anda yang sering kehabisan ruang penyimpanan di smartphone, wajib download aplikasi Google Drive ini.

Snapseed

Google Snapseed

Aplikasi Snapseed adalah hasil kembangan NikSoftware yang kemudian diakuisisi oleh Google. Aplikasi photo editor satu ini digadang-gadang sebagai saingan utama VSCO dan Photoshop Mobile yang menjadi favorit para penggemar mobile photography.

Snapseed juga menawarkan fitur-fitur canggih seperti brush, heal, clone stamp, dan lain-lain. Wajib download aplikasi Google satu ini untuk Anda yang gemar foto dengan smartphone.

Google Primer

Primer

Google meluncurkan sebuah aplikasi bagi smartphone untuk memberi kursus mengenai digital marketing pada suatu startup/ bisnis rintisan.

Primer adalah aplikasi mobile yang bertujuan agar para pakar bisnis dapat berbagi ilmu , tips, kuis, studi kasus dan insight dalam menjalankan bisnis.

Aplikasi dari Google satu ini dapat membantu Anda buat memperoleh customer dan menghindari kesalahan bisnis yang sering terjadi.

Pembelajaran mengenai marketing yang bisa Anda di Google Primer meliputi content marketing, media coverage, search engine marketing, dan masih materi digital marketing lainnya.

Untuk para pelaku usaha, UMKM dan freelance, wajib sekali download aplikasi Google Primer.

Baca Juga: 10 Mesin Pencari Selain Google

Google Keep

Keep Notes

Google Keep adalah sebuah aplikasi catatan (notes) buatan Google yang dirilis tahun 2013. Aplikasi ini dapat mempermudah Anda dalam mencatat sesuatu dengan berbagai format, seperti tulisan, coretan tangan, gambar, dan suara.

Tentunya hal ini akan memperlancar produktifitas Anda. Google Keep juga mempermudah Anda dalam mengingat ide-ide yang terbesit saat berada di luar.

Salah satu kelebihan Google Keep adalah ketersediaannya di banyak perangkat sekaligus. Hal ini memungkinkan Anda untuk mensinkronkan catatan-catatan yang ada di handphone untuk kemudian dicek di komputer, dan sebaliknya.  Jadi, Anda tidak perlu berkali-kali melihat smartphone yang dapat merusak konsentrasi.

Google Lens

Lens

Google Lens adalah aplikasi pencarian visual yang menggunakan sensor kamera untuk menemukan gambar yang sama dari internet.

Aplikasi ini sangat memudahkan Anda yang sering kesulitan untuk mencari nama-nama barang yang ingin dibeli dari toko online.

Selain itu, Google Lens juga dapat membaca barcode, QR code, dan mengambil teks dari foto yang Anda ambil.

Google Translate

Google Translate

Google Translate sudah menjadi solusi penerjemahan sehari-hari bagi miliaran pengguna.

Dengan perkembangan teknologi, kini Google Translate dapat langsung menerjemahkan sebuah tulisan dari kamera smartphone Anda.

Hal ini tentunya sangat membantu bagi Anda yang sering berpergian ke luar negeri untuk membaca rambu, menu, nama toko dan sebagainya.

Selain itu, terdapat juga fitur penerjemahan dari Audio. Sehingga Anda dapat secara langsung berkomunikasi dalam bahasa asing.

Simpulan

Nah, itu dia beberapa Google Apss yang wajib Anda download di Play Store . Beberapa aplikasi bisa Anda gunakan untuk menambah wawasan, sementara yang lainnya jelas bisa mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari.

Sebagai provider hosting murah dan vps murah, khususnya cloud hosting Indonesia yang telah bersertifikat kualitas internasional , kami berkomitmen untuk mensukseskan Anda secara online.

Untuk mendapatkan info mengenai berbagai cara untuk sukses online, segera gabung ke email kami di kolom yang tersedia di halaman ini.