Gravatar: Definisi, Sejarah, dan Kegunaan

Bagi kamu yang memiliki website WordPress, mungkin kamu sadar bahwa jika kamu meninggalkan komentar pada sebuah artikel, kamu akan melihat kotak kecil di samping nama pengguna yang kamu gunakan. Kebanyakan orang yang tidak mengganti foto mereka hanya akan melihat icon abu-abu. Nah, kotak berwarna abu-abu ini disebut dengan “Gravatar.” Di artikel kali ini, kamu akan mempelajari apa itu Gravatar dan bagaimana kamu bisa menggunakannya.

Sejarah

Sebelum kita membahas bagaimana cara menggunakannya, ketahui dulu asal mula Gravatar dan definisinya. Layanan avatar unik ini adalah sebuah representasi grafis seorang pengguna internet yang bisa digunakan untuk menunjukkan jati diri pengguna secara online. Dulu, saat internet masih lebih anonim dibanding sekarang, orang-orang menggunakan icon sebagai alat identifikasi, terutama di forum diskusi online. Namun, sekarang kita bisa menambahkan informasi lain selain icon.

Sejak internet semakin berkembang, website dan blogger menjadi semakin mainstream, mengenal seseorang hanya dari icon-nya saja menjadi lebih sulit. Sekarang, kamu perlu melakukan registrasi akun untuk bisa berinteraksi dengan orang-orang lain di suatu website. Tapi sebenarnya, kamu tidak perlu melakukan login berkali-kali untuk meninggalkan komentar di sebuah website atau blog. Jadi bagaimana cara mengidentifikasi pengguna? Yap, menggunakan Gravatar.

Definisi

Gravatar merupakan singkatan dari Globally Recognized Avatar yang bisa kamu pakai hanya dengan menggunakan email. Layanan ini sama saja dengan avatar biasa, tapi Gravatar di-host di single server dan kemudian bisa digunakan di berbagai website selama kamu menggunakan alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftarkan Gravatar-mu.

Beberapa website yang menggunakan CMS WordPress sudah memiliki built-in support untuk Gravatar. Jadi saat seorang pengguna meninggalkan komentar di website dengan menggunakan email dan website yang dikunjungi mendukung penggunaan Gravatar, foto profilmu akan ditampilkan. Gambar tersebut kemudian akan ditampilkan di sebelah komentarmu, menjadikannya alat identifikasi untuk pengguna internet.

Perlukah Kamu Menggunakan Gravatar?

Masih belum tertarik untuk menggunakan Gravatar? Tidak hanya karena kemudahan pembuatannya, ada beberapa alasan lain mengapa kamu perlu menggunakan fitur internet yang satu ini.

  • Kamu memiliki satu akun untuk semua website aktif yang kamu gunakan.
  • Kamu bisa dengan mudah mengganti dan memperbarui foto Gravatar-mu dari satu website.
  • Kamu bisa membangun personal branding. Kalau kamu menggunakan foto yang sama untuk akun media sosialmu, maka orang-orang akan mulai mengenalimu. Jika kamu memang menyediakan konten yang bermanfaat, maka orang-orang akan tertarik untuk mengikuti akun media sosial atau berlangganan konten dari website-mu.
  • Ini juga bisa membantu meningkatkan traffic website. Orang-orang biasanya akan mengunjungi website-mu dengan mengklik username dari komentar yang kamu tinggalkan di website lain. Kalau kamu menggunakan foto yang menunjukkan wajahmu,  akan lebih mungkin bagi para pengguna lain untuk mengunjungi website-mu. Gravatar membantu pengguna internet untuk mengidentifikasi identitasmu dan melihat siapa yang ada di balik akun tersebut.

Cara Membuat

Sudah siap membuat akun Gravatar-mu sendiri? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini!

Kunjungi Websitenya

Pertama-tama, kunjungi website Gravatar terlebih dulu. Kamu perlu melakukan sign-in dengan menggunakan akun WordPress-mu. Jika belum pernah mempunyai akun WordPress.com, maka kamu bisa memilih untuk login dengan akun Google, Apple, atau membuat akun baru.

Jika kamu memilih Create New Account, cukup masukkan email-mu, username yang kamu inginkan, dan password sebelum kamu mengklik tombol Sign Up. Setelah itu, kamu akan mendapatkan link verifikasi di akun email-mu. Kalau sudah terverifikasi, kamu bisa kembali ke website Gravatar dan pilih Sign In. Masukkan email dan password yang kamu gunakan untuk membuat akunmu dan kamu sudah berhasil masuk ke akun Gravatar-mu.

Unggah Foto yang Ingin Kamu Gunakan

Kalau sudah masuk ke akunmu, kamu bisa mengunggah fotomu dengan mengklik pilihan “Add New Image”. Kemudian, kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

Pada layar berikutnya, kamu bisa memilih gambar dari komputermu, dari internet, mengunggah gambar dari webcam, atau menggunakan salah satu gambar yang pernah diunggah sebelumnya. Pilih lokasi yang sesuai di mana gambarmu disimpan lalu klik Next.

Setelah mengunggah gambar yang ingin kamu gunakan, kamu perlu memilih rating untuk fotomu. Ini karena pemilik website memiliki pilihan untuk tidak menampilkan foto yang memiliki rating tertentu. Jadi kamu harus memilih rating-nya.

Lengkapi Profilmu

Usai mengunggah foto, kamu perlu mengisi profilmu. Hal ini bertujuan agar orang-orang bisa mengetahui deskripsi singkat tentang dirimu dan mengunjungi website-mu jika mereka tertarik.

Kamu bisa mengisi link website-mu dengan mengklik pilihan “WEBSITE” di sebelah kanan halaman.

Kalau sudah selesai mengisi semuanya, klik Save Profile dan akun Gravatar-mu sudah jadi!

Simpulan

Gravatar berguna untuk menambahkan gambar visual unikmu yang memungkinkan orang lain mengenali dirimu di internet. Jika kamu mencoba membangun personal brand, menambahkan foto profilmu akan sangat membantu untuk membangun kredibilitasmu secara instan. Jika kamu adalah pemilik bisnis yang ingin membuat profil brand secara online, menggunakan logo perusahaan akan melakukan hal yang sama untuk mengaitkan suatu produk dengan bisnismu.

Mengingat bahwa semakin banyak layanan dan situs web yang mendukung penggunaan Gravatar, tidak ada salahnya untuk mendaftar dan mulai menggunakannya sendiri. Selain membantumu membangun brand awareness dan kemungkinan meningkatkan traffic ke situs webmu, fitur ini juga gratis dan mudah digunakan. Selamat mencoba!



Share

Recent Posts

Video Conference: Tetap Asyik Bekerja Tanpa Tatap Muka

Coronavirus Disease of 2019 alias COVID-19 akibat virus SARS-CoV-2 yang terjadi di hampir seluruh dunia…

4 days ago

Cara Cloning Website WordPress dengan Mudah

Memiliki satu website adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana jika kamu ingin menambah satu website…

1 week ago

Cara Membuat Blog dan Mengapa Kamu Memerlukannya

Seringkali kamu mendapat ide konten menarik yang mungkin dapat dieksekusi alias doable untuk dijadikan konten…

2 weeks ago

Cara Membuat Barcode dan Bedanya dengan QR Code

Ketika berbelanja di toko swalayan, kamu pasti menyadari keberadaan mesin scanner yang terletak di meja…

3 weeks ago

10+ Marketing Trends 2020 yang Wajib Kamu Ketahui

Selagi masih awal tahun 2020, kamu perlu memahami tren pemasaran (marketing trends) yang mungkin akan…

1 month ago

Tips Monetisasi Blog di Tahun 2020

“Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog pada website? Apa namanya, monetisasi blog?” Pertanyaan ini kerap…

2 months ago