Menjelang Natal dan tahun baru, siap-siap bergelimang diskon dan promo dari berbagai brand dan toko online. Bahkan sebelum sampai di bulan Desember, mungkin kamu sudah mendapat terpaan iklan sejenis dari berbagai media dalam berbagai bentuk, seperti video iklan, poster, atau unggahan-unggahan endorsement. Dari berbagai iklan tersebut, pasti ada saja yang menyebutkan “Hari Belanja Online Nasional” atau Harbolnas.

Berikut ini Dewaweb akan membahas definisi, sejarah, sampai promo yang akan kamu dapatkan sebagai bentuk partisipasi Dewaweb dalam rangka merayakan Harbolnas 2019. Simpan dulu rasa penasaranmu dan baca artikel ini hingga akhir agar kamu bisa menemukan promo yang ditawarkan. Mari kita kupas tentang Harbolnas 12.12 berikut ini.

Harbolnas: Hari Belanja Online Nasional

Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Pada hari belanja online nasional ini, kamu bisa mendapatkan promo dan diskon besar-besaran dari berbagai website e-commerce dan toko online. Acara tahunan ini pertama kali diadakan pada 12 Desember 2012 oleh tujuh website e-commerce Indonesia mulai dari Lazada sampai Bukalapak.

Konsep Harbolnas memang mirip dengan acara diskon besar-besaran tahunan yang dilakukan di sejumlah negara besar seperti Amerika, Kanada, Jerman, Inggris, dan Jepang. Misalnya di Amerika, perayaan Thanksgiving identik dengan acara Black Friday yang biasa dilakukan pada hari Jumat setelah hari Thanksgiving yang jatuh pada Kamis ketiga di bulan November.

Meski Thanksgiving merupakan budaya kental dari Amerika, tapi ketika Black Friday tiba, berbagai toko di Eropa pun turut memberikan promo besar-besaran dan toko-toko akan dibuka lebih lama demi menarik para pelanggan. Setelah Black Friday, konsumen akan kembali dimanjakan oleh Cyber Monday yang menawarkan berbagai diskon produk yang dijual secara online. Cyber Monday biasanya diadakan pada hari Senin setelah Black Friday.

Dewaweb cashback 30%

Pada peluncuran perdananya pada 12 Desember 2012, Harbolnas ditujukan untuk mengedukasi masyarakat mengenai belanja online. Masalah yang dihadapi yaitu, para pengguna yang menjadi target sasaran perusahaan e-commerce masih banyak yang merasa takut dan ragu untuk membeli barang secara online. Oleh karena itu, Lazada bersama Zalora, Berrybenka hingga Traveloka mengadakan program ini untuk memberikan kesadaran terhadap budaya belanja online.

Baca juga: Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-commerce

Harbolnas 2019

Seiring perkembangannya, program Harbolnas mendulang banyak keuntungan. Bahkan, tanpa perlu menunggu hingga bulan Desember, berbagai aplikasi dan website e-commerce berlomba-lomba menawarkan diskon besar pada hampir setiap bulan. Jika tak dapat mengikuti tren diskon besar, nasib bisnis e-commerce mungkin akan berakhir seperti Elevenia.

Meski Harbolnas diikuti oleh berbagai brand dari beragam jenis layanan atau produk, bukan berarti mereka akan bersaing mendapatkan pelanggan. Melainkan, Harbolnas bertujuan agar setiap brand dan website atau aplikasi e-commerce saling merangkul satu sama lain sehingga bisa mendapatkan keuntungan bersama. Selain itu, para penyelenggara Harbolnas juga berharap agar usaha kecil dan menengah tidak ragu lagi untuk menggunakan aplikasi dan website e-commerce sebagai media berjualan mereka. Kalau kamu adalah salah satu pemilik bisnis kecil hingga menengah, mengapa tidak sekalian memperkuat kredibilitas brand-mu dengan memperkenalkan produk atau layanan melalui website?

Mengusung tema “Belanja Untuk Bangsa,” program ini diharapkan dapat mendorong produsen lokal untuk ikut berpartisipasi dan merasakan dampak serta kemeriahan hari belanja online nasional ini. Tahun ini, Harbolnas diikuti oleh lebih dari 300 e-commerce, mulai dari Shopee sampai Traveloka. Harbolnas tahun ini juga didukung oleh tiga kementerian yaitu Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan.

Baca juga: Virtual Account Bantu Belanja Online Jadi Lebih Praktis

Tips Belanja Harbolnas

Sesudah memahami definisi dan sejarah Harbolnas, ini adalah topik yang kamu butuhkan. Menjelang Harbolnas, setiap orang berlomba-lomba mempersiapkan yang terbaik, entah toko atau brand yang menjual produk secara online hingga para calon pembeli. Kebiasaan yang sering dilakukan para pelanggan ketika menghadapi musim diskon adalah sifat konsumtif yang berlebihan alias “kalap,” apalagi ketika melihat brand yang diincar ikut mengadakan diskon besar.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan tips agar terhindar dari situasi kalap atau belanja berlebihan hingga mengambil keputusan yang tidak perlu. Dilansir dari Money Advice Service dan Telegraph, ada lima tips yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi musim diskon:

  1. Tentukan budget

    Ketika menghadapi musim diskon dan belanja besar-besaran, akan mudah bagimu untuk menjadi sangat konsumtif. Jika kamu mengeluarkan dana yang melebihi anggaran atau budget, meski brand tersebut memberikan diskon yang sangat besar, tetap saja kamu tidak berhemat. Oleh karena itu, tentukan terlebih dulu jumlah anggaran yang hendak kamu keluarkan untuk membeli produk dan pertimbangkan kembali, apakah dana yang kamu habiskan untuk produk tersebut sebanding dengan kualitas atau kegunaan yang kamu harapkan?

  2. Lakukan riset

    Sebelum menghadapi musim diskon, pastikan kamu sudah mengetahui produk apa saja yang kamu butuhkan dan inginkan. Selain untuk memenuhi kebutuhan, cara ini juga bisa diterapkan untuk menahan pengeluaranmu. Lakukan riset di sekitar brand tersebut, seperti website resmi atau aplikasi hingga website e-commerce yang menjadi partner resmi brand yang kamu incar. Jangan ragu untuk mengecek langsung di toko untuk memastikan apakah harga yang tercantum di website lebih murah ketimbang membeli langsung di toko.

  3. Pertimbangkan bagaimana caramu membayar

    Saat ini, ada berbagai cara pembayaran yang bisa digunakan ketika membeli produk secara online. Baik menggunakan kartu debit atau kredit, kamu harus tau bagaimana cara yang akan kamu gunakan untuk membayar tagihan tersebut. Jika menggunakan debit, pastikan kamu sudah mempersiapkan dana beberapa waktu sebelum diskon dimulai, tapi jika menggunakan kartu kredit, pastikan kamu bisa melunasi tagihan yang harus dipertanggungjawabkan agar kegiatan belanja online yang seharusnya menyenangkan tidak malah menjadi beban untukmu.

  4. Cermati hak sebagai pembeli

    Biasanya, setiap produk kecuali makanan mempunyai garansi selama beberapa bulan hingga tahun. Perhatikan pula garansi yang diberikan ketika kamu hendak membeli suatu produk. Sebab, ada beberapa produk yang memberikan garansi selama setahun, tapi setelahnya akan mematok harga lebih besar jika kamu melakukan perbaikan (service) di kemudian hari.

  5. Berpikir panjang

    Selain langkah-langkah di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan kegunaan dan ketahanan produk yang kamu beli. Pastikan pula kamu membeli produk tersebut dari penjual yang terpercaya. Jangan sampai, kamu tertipu diskon besar hingga tidak dapat menikmati musim hujan promo yang sedang berlangsung.

Tips tambahan:

  1. Buatlah wishlist

    Jangan hanya menentukan budget dan melakukan riset, tapi kamu juga perlu membuat wishlist yang berisi produk apa saja yang kamu inginkan. Tambahkan juga harga asli dari produk tersebut. Kamu juga bisa menambahkan produk wishlist ke aplikasi atau website e-commerce yang kamu incar, karena biasanya harga benda yang kamu simpan di wishlist bisa mengalami penurunan harga khusus lho.

  2. Baca aturan baik-baik

    Mengikuti program Harbolnas berarti kamu harus memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan, seperti potongan harga, gratis biaya pengiriman hingga cashback, Tapi, kamu perlu berhati-hati juga ketika memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan. Baca dengan teliti ketentuan yang diberikan, selain agar memahami aturan yang diberikan, kamu juga tidak akan tertipu oleh kalimat-kalimat iklan yang terkadang menjebak.

Promo Dewaweb Desember 2019

Tak mau tanggung-tanggung, Dewaweb tidak hanya mengadakan promo untuk satu hari saja, melainkan selama sebulan penuh! Bertajuk #WinterSale, kamu bisa menikmati diskon sebesar 30% untuk pembelian hosting minimal setahun. Selain itu, merchandise khusus edisi “Winter is Coming” juga sudah menunggumu. Ditambah lagi, kamu bisa mendapatkan cashback 30% untuk migrasi hosting. Menarik, ‘kan? Ayo rayakan musim dingin dengan menikmati berbagai diskon hangat dari Dewaweb!

Belum selesai sampai diskon untuk pembelian hosting, Dewaweb juga masih menyediakan satu tambahan promo untukmu! Promo yang satu ini adalah potongan harga untuk domain. Apakah kamu pernah mendengar tentang domain .XYZ? Jika belum, cek pembahasannya dari sini.

Setiap pembelian domain dengan ekstensi .XYZ, kamu akan mendapatkan potongan harga langsung untuk pembelian domain selama setahun. Kamu bisa mendapatkan harga spesial dari Rp160 ribu menjadi hanya Rp12 ribu. Segera kunjungi link ini dan registrasikan domain incaranmu!

Simpulan

Ingat ya, Harbolnas adalah salah satu hiburan yang bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan, jangan sampai kamu mengorbankan hingga berlebihan demi produk yang diinginkan. Milikilah kontrol atas diri dan pikiranmu agar musim promo ini bisa dinikmati semaksimal mungkin. Selamat berbelanja!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia