Akhir-akhir ini, Anda pasti sering melihat iklan Harbolnas atau 12.12 baik online maupun offline. Mungkin ada dari Anda yang tertarik untuk tahu lebih banyak nih soal Harbolnas. Nah, di artikel kali ini, kami akan membahas apa itu sebenarnya harbolnas dan sejarahnya. Baca sampai akhir ya untuk tahu promo Harbolnas Dewaweb tahun ini!

Harbolnas: Hari Belanja Online Nasional

Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Pada hari belanja online nasional ini, Anda bisa mendapatkan promo serta diskon  menarik dan tidak tanggung-tanggung dari berbagai website e-commerce dan bisnis-bisnis online. Event tahunan ini pertama kali diadakan pada 12 Desember 2012 oleh 7 website e-commerce Indonesia mulai dari Lazada sampai Bukalapak.

Konsep Harbolnas sendiri memang mirip dengan acara diskon besar-besaran tahunan yang dilakukan di sejumlah negara besar seperti Amerika, Kanada, Jerman, Inggris, dan Jepang. Di negara-negara tersebut, mereka merayakan liburan yang dikenal dengan nama Thanksgiving Day. Perayaan ini identik dengan acara Black Friday yang biasa dilakukan pada hari Jumat setelah hari Thanksgiving. Selama Black Friday, toko-toko di negara-negara tersebut memberikan promo dan diskon besar-besaran serta membuka toko lebih lama untuk menarik pembeli. Untuk e-commerce di luar sana, mereka juga memiliki event Cyber Monday dimana website-website e-commerce memberikan promo dan diskon besar-besaran secara online melalui website mereka. Cyber Monday biasa diadakan di hari Senin setelah Black Friday.

Dewaweb cashback 30%

Pada awalnya, Harbolnas sendiri diadakan untuk mengedukasi masyarakat tentang belanja online. Pada tahun 2012, e-commerce belum memiliki popularitas seperti sekarang ini. Masih banyak orang yang kurang percaya untuk melakukan transaksi online. Website e-commerce yang sudah lebih dulu populer pada tahun itu menyadari bahwa Indonesia memiliki pengguna internet yang cukup tinggi, tetapi transaksi online belum begitu banyak. Dipelopori oleh Lazada, 12 Desember 2012 menjadi kali pertama diadakannya Harbolnas. Dengan mengambil tajuk 12.12.12, event ini juga diikuti oleh pemain-pemain e-commerce lainnya seperti Zalora, BerryBenka, Traveloka, Luxola, dan masih banyak lagi. Salah satu tujuan utama diadakannya Harbolnas ini adalah untuk memperkenalkan online shopping dan e-commerce ke lebih banyak orang Indonesia serta memajukan industri e-commerce di Indonesia.

Baca juga: Perbedaan Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce

Harbolnas 2018

Tahun ini adalah tahun ke-6 Harbolnas dan perayaannya bisa dibilang sudah menjadi semakin besar. Tahun ini, kebanyakan website e-commerce memulai event 12.12 nya selama 2 hari, mulai dari tanggal 11 Desember sampai 12 Desember 2018. Sebenarnya dari bulan September lalu, sudah banyak website e-commerce yang menawarkan promo-promo menarik serta diskon besar. Tetapi Harbolnas kali ini akan menjadi puncaknya.

Salah satu yang special dari Harbolnas 2018 ini adalah adanya pemasaran ribuan produk lokal. Pada tanggal 11 Desember 2018 nanti, Anda mungkin akan melihat banyak produk lokal di website-website e-commerce favorit Anda. Sebagai festival belanja online terbesar di Indonesia, mereka juga memiliki komitmen untuk memperkenalkan lebih banyak lagi produk lokal dari UMKM Indonesia dengan tujuan agar UMKM semakin aktif di dunia perdagangan digital. Memang tahun ini, Harbolnas mengangkat tema besar “Belanja Untuk Bangsa”. Ini diharapkan dapat mendorong produsen lokal untuk ikut berpartisipasi dan merasakan dampak serta kemeriahan dari hari belanja online nasional ini. Tahun ini, Harbolnas sendiri diikuti oleh lebih dari 300 e-commerce, mulai dari Shopee sampai Elevenia. Harbolnas tahun ini juga didukung oleh tiga kementerian yaitu Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan.

Baca juga: Virtual Account Bantu Belanja Online Jadi Lebih Praktis

Promo Harbolnas Dewaweb 2018

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dewaweb juga akan berpartisipasi di perayaan 12.12 kali ini. Apa saja yang bisa Anda dapatkan di Harbolnas tahun ini dari Dewaweb?

dewaweb-harbolnas-1212

  • Domain .com dari 120 ribu menjadi 80 ribu – untuk 100 orang pertama
  • Domain. Id dari 250 ribu menjadi 190 ribu – untuk 100 orang pertama
  • Cashback 50% untuk pembelian paket hosting baru (minimal paket Hunter dan maksimal periode hosting 1 tahun)

Kami tidak membatasi berapa banyak domain dan hosting yang bisa Anda beli, tetapi pastikan bahwa pembayaran order harus diterima maksimal pada tanggal 13 Desember 2019 pada pukul 12 siang. Jika pembayaran lewat dari tanggal ini, kami akan membatalkan order Anda.

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi halaman Harbolnas Dewaweb 2018 kami. Sampai jumpa di Hari Belanja Online Nasional!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia