5+ Tips Memilih Hosting untuk Website, Pasti Aman & Andal!

5+ Tips Memilih Hosting untuk Website, Pasti Aman & Andal!

Bagi kamu pemilik website, kamu wajib tahu tips memilih hosting untuk website agar selalu aman dan dapat diandalkan. Tentu saja, hosting sebagai tempat penyimpanan data-data penting website harus memiliki spesifikasi yang mumpuni. Jika tidak, data-data penting yang merupakan aset berhargamu tidak akan aman.

Perlu kamu ketahui, berbagai cyber crime seperti phising atau scam, mampu menyerang websitemu jika hosting yang kamu gunakan tidak bagus. Belum lagi ada berbagai virus atau malware yang selalu mencoba menginvasi websitemu. Nah, di artikel ini Dewaweb akan membahas tentang cara memilih hosting terbaik untuk websitemu, langsung simak!

Baca Juga: Bagaimana Website Dapat Terserang Malware?

Faktor Pertimbangan Memilih Hosting

Pertama, pahami kebutuhanmu terlebih dahulu. Kamu bisa berfokus pada apa yang menjadi prioritas websitemu. Berikut faktor yang harus kamu pastikan sebelum beli hosting:

  • Jenis website. Hal ini akan berpengaruh pada traffic website milikmu. Contohnya adalah website toko online atau portal berita yang mana akan lebih banyak pengunjung dibandingkan website blog pribadi.
  • Layanan yang kamu butuhkan. Hal ini seperti paket hosting, yakni seberapa besar kamu memerlukan disk storage, RAM, CPU/Bandwidth hosting, dan sebagainya.
  • Seberapa sering memerlukan backup data. Jika websitemu menampung banyak data tentunya harus sering-sering melakukan backup data, namun jika hanya blog pribadi maka tidak perlu terlalu sering.
  • Customer support. Kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu sangat membutuhkan customer support 24 jam via live chat dan telepon atau email.

Jika sudah mengetahui apa yang kamu butuhkan, kamu bisa langsung mencari informasi web hosting dan mengikuti cara-cara memilih hosting sebagaimana dibahas di artikel ini.

Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website

Dalam memilih hosting kamu terlebih dahulu harus memperhatikan spesifikasinya. Berikut beberapa aspek yang harus terpenuhi dalam sebuah layanan hosting:

  1. Kecepatan
  2. Keamanan
  3. Customer support 24/7
  4. Harga terjangkau
  5. Kemudahan bagi pengguna
  6. Testimoni atau review dari pelanggan

Sekarang, mari kita bedah satu persatu tiap aspeknya.

1. Kecepatan

Berdasarkan hasil riset dari Google, 53% pengunjung akan meninggalkan website yang memakan waktu loading lebih dari 3 detik. Maka dari itu kami sangat merekomendasikan kamu untuk mempunyai website dengan performa load speed yang cepat.

Tak hanya itu Google juga menjadikan kecepatan website pada algoritma mereka untuk website mendapatkan rank lebih tinggi di SERP. Tidak heran jika website yang biasa kamu jumpai di halaman pertama Google memiliki kecepatan website yang baik.

Mengingat hosting adalah tempat penyimpanan data pada website, maka kamu perlu mempertimbangkan kecepatan servernya pula. Jika website-mu bisa lebih cepat, maka tidak mustahil bila kamu bisa selangkah lebih maju daripada para pesaingmu.

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

2. Keamanan

Hal yang harus terpenuhi selanjutnya adalah aspek keamanan. Ketika memiliki website sendiri, tentu kamu akan mengisi website dengan berbagai informasi dan data penting untuk melengkapi baik tampilan, informasi, maupun responsivitas yang nantinya akan berpengaruh pada pengalaman pengunjung di websitemu. Dengan kata lain, websitemu adalah aset berhargamu, maka dari itu kamu harus memilih hosting yang terjamin keamanannya.

Baca Juga: Penting! Ini 12 Cara Meningkatkan Keamanan Website Kamu

3. Customer support 24/7

Tidak kalah penting, customer support 24/7 tentunya menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih hosting. Live chat telah lama menjadi pilihan saluran komunikasi untuk membantu pelanggan ketika mereka menghadapi masalah. Dengan adanya live chat, penyedia hosting bisa langsung membantumu jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada websitemu.

4. Harga terjangkau

Jangan sampai kamu terkecoh dengan harga hosting yang terlalu murah, seperti shared hosting. Biasanya, shared hosting menawarkan harga jual yang sangat murah, namun pada akhirnya, kamu perlu merogoh kocek lebih dalam saat memperpanjang layanan hosting.

Tak hanya kecepatan yang terbatas, ternyata harga terjangkau pun terkadang hanya iming-iming belaka. Jadi, perhatikan baik-baik mengenai biaya yang akan kamu keluarkan.

5. Kemudahan bagi pengguna

Penyedia hosting terbaik juga harus bisa memberikan kemudahan bagi para penggunanya, seperti memonitor resource dan menginstal software tanpa kesulitan. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa dibimbing melalui tutorial atau informasi bermanfaat dalam bentuk tulisan maupun audio-visual alias video.

6. Testimoni pelanggan

Sebaiknya kamu tidak melupakan hal penting ini; testimoni pelanggan. Selain melalui website resmi masing-masing penyedia hosting, kamu juga bisa memperoleh testimoni pelanggan dari blog ataupun forum. Namun perlu diperhatikan juga apakah testimoni tersebut sudah sesuai dengan paket hosting yang hendak kamu pilih. Jangan sampai kamu ingin memilih paket hosting X namun kamu justru membaca ulasan tentang paket hosting Y.

Yuk Pahami Tips Memilih Hosting untuk Websitemu!

Itulah beberapa cara atau tips memilih hosting untuk website yang wajib kamu ketahui. Tiga hal yang wajib ada di antaranya harus cepat, aman, serta nyaman. Selain itu, penyedia hosting yang baik adalah yang siap mendampingimu selama 24 jam setiap hari sehingga kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ada masalah di websitemu.

Tenang, semua faktor pemilihan hosting yang baik di atas sudah sesuai dengan spesifikasi hosting di Dewaweb, lho!

1. Kecepatan Website dari Dewaweb

Menggunakan teknologi Intel Xeon Gold Cascade Lake dan NVME SSD Storage yang terbaik di kelasnya dengan kemampuan 5x lebih cepat dari generasi sebelumnya serta dengan kualitas cloud hosting terbaik. Menggunakan Integrasi LSCache, HTTP/2 + QUIC + Brotli, Redis DB Caching, dan NVMe SSD Storage yang jauh lebih cepat dibanding teknologi storage sebelumnya.

2. Keamanan Website dari Dewaweb

Sudah bersertifikat keamanan internasional ISO 27001, Dewaguard akan senantiasa menjaga data dan informasi websitemu dari malware ataupun hacker. Semua server di Dewaweb juga dilindungi Imunify 360 AI Security, Gratis SSL Grade A agar website kamu bisa terindeks di mesin pencarian, MailChannels untuk memblokir email spam dan virus, serta Automatic Cloud Backup.

tips memilih hosting untuk website - hosting dewaweb

3. Support 24/7 oleh Ninja Support

Nikmati layanan customer support kelas dunia ala Ninja Dewaweb yang legendaris dan pertama di Indonesia. Kamu bisa bertanya setiap hari selama 24 jam via helpdesk (ticket support), live chat, dan telepon, GRATIS! Selain itu, layanan Ninja Support ini bukanlah bot chat.

4. Harga terjangkau

Dewaweb menawarkan harga hosting yang didukung dengan fitur terbaik. Mulai dari paket cloud hosting Scout 20 ribu/bulan, kamu sudah bisa mendapatkan gratis domain (.my.id/.biz.id/.web.id) seumur hidup selama kamu berlangganan hosting di Dewaweb.

Tenang, jika kamu sudah memiliki hosting di provider lain, kamu bisa melakukan migrasi ke Dewaweb dan mendapatkan tambahan extra cashback Rp1,2 juta dan garansi uang kembali 90 hari. Selain itu, Ninja Support Dewaweb juga akan membantu memindahkan website-mu ke Dewaweb tanpa biaya tambahan.

Baca Juga: 7+ Kelebihan Domain ID Dibandingkan Domain Lain

5. Kemudahan bagi pengguna

Dewaweb menggunakan cPanel sebagai control panel untuk mengatur dan mengelola semua data dan file dalam websitemu. Adapun cPanel ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan bahkan untuk orang tanpa keahlian IT sekalipun.

6. Testimoni pelanggan

Tidak lupa, testimoni yang asli dan jujur dari pelanggan merupakan salah satu hal yang penting sebagai bahan pertimbangan. Dewaweb dengan pengalaman lebih dari 8 tahun di bidang hosting dan domain memiliki reputasi baik dengan ulasan jujur dari penggunanya. Adapun Dewaweb sudah memiliki rating 4.8/5 yang diulas dari 1.882 pelanggan.

memilih hosting - testimoni pelanggan

Jika kamu tertarik dengan hosting Dewaweb, kamu bisa langsung klik tombol di bawah ini. Kamu juga bisa mendapatkan hosting gratis domain, lho!

Demikian artikel ini semoga membantumu, ya. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!