HTTP SSL SSH TLS

HTTPS sebagai salah satu sinyal untuk Ranking Google yang lebih baik

Rekan-rekan yang berkecimpung di bidang SEO (Search Engine Optimization atau Optimasi Search Engine) tentu melakukan pembelajaran terus menerus, mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ranking suatu halaman website/kata kunci pada sebuah search engine, khususnya terhadap Google.

Ada banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi (menurut beberapa sumber, algoritma Google bahkan memperhitungkan hingga 200 macam faktor lebih untuk menentukan ranking suatu halaman website tertentu).

Pada artikel kali ini, penulis hanya akan membahas salah satu diantaranya, yang kebetulan juga diumumkan oleh Google sendiri pada event Google I/O yang dilaksanakan beberapa bulan yang lalu di 2014 yakni faktor HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure, kadang dikenal juga sebagai HTTP over TLS), atau yang lebih umum dikenal sebagai penggunaan Certificate SSL (Secure Socket Layer).

Penjelasan singkat SSL/HTTPS

Secara singkat, komunikasi data yang terjadi pada protokol HTTP (tanpa ‘S’) dilakukan secara plain, alias terbuka atau apa adanya. ┬áJika disadap ditengah jalan, data tersebut terlihat apa adanya dan oleh karena itu bisa dibaca dengan mudah oleh siapapun. ┬áHTTPS atau SSL adalah suatu metode enkripsi, untuk mengamankan data komunikasi tadi – sehingga apabila misalnya tersadap ditengah jalan, yang akan didapatkan adalah data yang berupa karakter-karakter aneh (data yang telah ter-enkripsi). ┬áTanpa adanya key (baik itu public key maupun private key), data ter-enkripsi semacam ini tidak akan bisa terbuka dengan mudah.

Lihat gambar berikut ini:

nonsecure

Pada gambar terlihat bagian yang di-kotak merah, menunjukkan koneksi normal (koneksi dengan HTTP, atau koneksi yang bersifat non-secure)

 

Jika koneksi pada browser Anda terlihat seperti ini (pada contoh, kita menggunakan browser Google Chrome, mungkin akan terlihat sedikit berbeda pada browser jenis lainnya):

secure

atau seperti ini:

 

secure2

Maka bisa kita katakan koneksi yang terjadi antara komputer Anda dengan server yang dituju itu sudah menggunakan HTTPS, sudah menggunakan SSL, sudah menggunakan koneksi yang secure (aman).  Silahkan Anda klik pada icon gembok tersebut, untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai SSL Certificate yang digunakan.

Usaha Google untuk mengamankan keseluruhan Internet

Saat ini para pemilik website yang sudah mulai menggunakan HTTPS pada website-website mereka masih belum begitu banyak.  Dari hasil tes Google, ranking website yang menggunakan HTTPS ini memiliki hasil baik dalam arti kebanyakan hasil dari pencarian cukup akurat dan aman.  Oleh sebab itu, Google mulai mempromosikan dan mendorong banyak khalayak khususnya para pemilik website untuk mulai mengadopsi SSL pada website-website mereka, agar hasil pencarian di search engine Google bisa mengembalikan hasil berupa website-website yang aman.

Jika keseluruhan atau kebanyakan website di dunia menggunakan SSL, maka bisa dipastikan keamanan para pengguna internet secara umum juga akan meningkat. ┬áDari sini, Google akan “menghadiahi” para pemilik website tersebut dengan hasil pencarian di search engine Google ranking-ranking yang lebih bagus.

SSL dan Faktor SEO

Secara SEO, faktor SSL ini memang belum seberapa kalau dibandingkan dengan konten berkualitas – yang memang selalu jadi acuan utama – faktor perhitungan ranking di Google. ┬áNamun seiring dengan berjalannya waktu, faktor SSL ini akan semakin berbobot, akan semakin memiliki nilai tinggi di mata search engine Google.

Bagi para pengguna, website yang tidak menggunakan SSL (dibuka dengan HTTP biasa) dengan yang menggunakan SSL (dibuka dengan protokol HTTPS) memiliki bobot psikologis yang berbeda.  Website dengan SSL Certificate akan dinilai lebih berkualitas, lebih aman, lebih terjamin.

Jika misalnya, ada 2 toko online yang saling bersaing, tentu pengguna akan merasa lebih aman untuk melakukan transaksi keuangan (misalnya membayar dengan kartu kredit) di website yang terlindungi dengan SSL, ketimbang dengan yang tidak terlindungi dengan SSL, bukan?

TIPS dan Saran Kami

Berikut beberapa tips dari kami, apabila Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan SSL pada website Anda:

  • Tentukan jenis SSL Certificate yang mana yang akan Anda perlukan
  • Jangan blokir spiders/crawlers search engine setelah Anda menggunakan SSL
  • Tes kualitas SSL Certificate Anda disini: ┬áSSL Lab

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SSL di Dewaweb, silahkan lihat halaman ini.